Agrowisata Bhumi Merapi, Jogja Cocok Untuk Wisata Tamat Pekan

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

 

Buat kau yang bertempat tinggal di Yogyakarta, Sleman dan sekitarnya lalu masih gundah akan menghabiskan waktu libur simpulan pekan kemana bareng keluarga, kamu bisa pribadi tiba ke Agrowisata Bhumi Merapi.

 

Agrowisata yang luasnya mencapai 5,2 hektar ini hadir dengan daerah mencar ilmu pertanian, spot rekreasi instagramable dan pusat mencar ilmu budidaya hewan. Tentu berkunjung ke Bhumi Merapi akan menjadi pilihan terbaik melepas penat sambil memberi edukasi terhadap buah hati. Buat kau yang terpesona berlibur ke sini, yuk simak informasi lengkapnya!

 

Review Agrowisata Bhumi Merapi

 

Bhumi Merapi (raskita)
Bhumi Merapi (raskita)

 

Alamat : Jl. Kaliurang, Sawangan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map : Klik di sini
Jam buka : 08.30 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 30.000,00 (belum tergolong ongkos foto dengan hewan)

 

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan suatu kawasan wisata di kabupaten Sleman, Jawa Tengah yang datang dengan desain sebagai rekreasi edukasi dan instagramable dalam satu area sekaligus. Ada banyak spot menarik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah wisata di Sleman ini, meliputi :

 

1. Langlang Buana (spot instagramable)

 

Langlang Buana ialah spot instagramable yang Bhumi Merapi miliki. Area ini dikonsep dengan tata letak, arsitektur dan pernak – pernik yang dibentuk semirip mungkin dengan aslinya.

 

Kaprikornus kamu bisa berfoto dengan background daerah perkampungan Arab, Yunani atau Santorini tanpa perlu jauh – jauh ke sana, berikut penjelasannya :

 

A. Mediterania Street

 

Bhumi Merapi - Mediterania Street (Sikidang)
Mediterania Street (Sikidang)

 

Spot fofotografi ini bernuansa Mediterania. Rumah aneka warna dengan lampu – lampu khas Turki tergantung menjadi penghiasnya. Suasana sangat berwarna mampu kau temukan di sini

 

B. Alpen House

 

Bhumi Merapi - Alpen House (GuideKu)
Alpen House (GuideKu)

 

Di Alpen House, kamu bisa berfoto dengan background rumah – rumah ala Swiss, Eropa. Arsitektur yang khas mengkombinasikan batu dan kayu dengan jendela balkon di atas yang dipenuhi aneka ragam pot bunga anggun akan menjadi latar belakang yang bagus banget buat fotomu. Dengan jalan yang disusun menggunakan batu alam berkontur naik, menjadikan spot ini semakint erasa seperti di lokasi aslinya.

 

C. Underground

 

Bhumi Merapi - Underground (YouTube)
Underground (YouTube)

 

Underground ini ialah suatu lokasi foto terbaru di Bhumi Merapi yang datang dengan nuansa stasiun bawah tanah lengkap berhias dinding bata. Lokasinya memang sempit dibandingkan area fotografi lainnya, tetapi tetap kece banget dijadikan kawasan berfoto pengunjung.

 

D. Santorini

 

Santorini, Agrowisata Bhumi Merapi (agrowisatabhumimerapi)
Santorini, Agrowisata Bhumi Merapi (agrowisatabhumimerapi)

 

Area Santorini memberikan atmosfer Yunani tersendiri. Arsitektur bangunan dan landscape alamnya dibentuk semirip mungkin dengan Santorini yang mengombinasikan warna putih dan biru berhiaskan flora bougenville yang indah.

 

Untuk masuk ke sini, kamu harus melewati dinding benteng atau kastil dengan sumur mati yang tak boleh diabaikan juga selaku spot foto mempesona kau.

 

E. Lukisan Mural

 

Bhumi Merapi - Lukisan Mural (travel.kompas)
Lukisan Mural (travel.kompas)

 

Lukisan Mural ialah tempat wall painting di Bhumi Merapi yang menggunakan dinding luar bangunan setinggi 6 meter selaku tempat melukis. Lukisan bertema Renaissance dengan Romeo dan Juliet menjadi sebuah galeri lukisan yang patut ditonton dan dijadikan background foto sekaligus.

 

2. Area budidaya ternak

 

Bhumi Merapi - Area budidaya ternak (travelspromo)
Area budidaya ternak (travelspromo)

 

Banyak hal tentang dunia peternakan yang mampu dipelajari di sini mulai dari beternak kambing atau pun kelinci. Juga ada spot reptil yang menciptakan hadirin mampu melihat beberapa koleksi binatang reptil seperti iguana, ular, kura – kura dan banyak sekali hewan reptil lainnya.

 

Buat pecinta musang, ada juga hewan musang yang dihadirkan untuk memperkenalkan wacana jenis – jenis hewan yang mampu dipelihara dengan aman dan cara perawatan yang sempurna. Buat wisatawan yang ingin mencar ilmu wacana budidaya kambing atau mengenalkan binatang ini terhadap si buah hati juga bisa banget.

 

Pada area peternakan kambing, pelancong akan diberi potensi untuk mengenal kambing etawa yang dibudidayakan, bagaimana merawat kambing etawa mulai dari kambing etawa bayi yang mesti diberikan dot susu hingga kambing etawa cukup umur. Kamu juga bisa berguru wacana bagaimana cara memerah susunya.

 

Susu yang dihasilkan dari peternakan kambing etawa di Bhumi Merapi nantinya akan diolah menjadi aneka macam macam makanan sehat seperti ice cream dan juga yoghurt. Kamu mampu belajar teknologi yang digunakan dalam mengolah susu kambing etawa yang dihasilkan di sini.

 

Agrowisata Bhumi Merapi (jalanjalanenak)
Agrowisata Bhumi Merapi (jalanjalanenak)

 

Tidak hanya itu, di sini juga tersedia area pembuatan pakan ternak sampai dengan pembuatan limbah ternak yang dihasilkan supaya bisa dimanfaatkan kembali. Biasanya limbah ternak yang dihasilkan akan dimasak menjadi biogas dan pupuk organik untuk flora jahe dan pisang organik yang dibudidayakan juga di sini.

 

Terdapat tiga buah kandang kelinci yang tersedia. Ketiga sangkar tersebut digunakan sebagai habitat kelinci dengan jenis yang berbeda. Ada kelinci lokal, kelinci impor dan juga kelinci VIP yang tergolong jenis kelinci sangat langka.

 

Kelinci – kelinci tersebut diberi makan sejenis pellet, wortel dan sayur – sayuran yang sudah dilayukan sebelumnya. Kelinci – kelinci tersebut tidak hanya dibudidayakan saja melainkan juga bisa dibeli selaku hewan peliharaan pengunjung.

 

Di sini juga ada area penangkaran rusa serta habitat tersendiri bagi burung merpati. Kamu mampu berinteraksi dengan cara memberi pakan hewan – hewan tersebut atau berfoto dengan mereka. Tarif untuk memberi pakan atau berfoto dengan hewan – binatang yang ada di Bhumi Merapi selaku berikut :

 

  • Pakan kelinci Rp 5.000,00
  • Pakan merpati Rp 5.000,00
  • Dot anakan kambing Rp 5.000,00
  • Pakan rusa Rp 5.000,00
  • Foto dengan rusa Rp 10.000,00

 

Juga terdapat area berkuda yang disediakan khusus dan pengunjung mampu keliling dengan kuda tersebut. Tarifnya sebesar Rp 20.000,00 untuk satu kali putaran.

 

Selain di Jogja, rekreasi dengan rancangan edukasi binatang ternak seperti ini juga ada di Bandung, Baca : Farm House Susu Lembang, Wisata Terbaik di Bandung!

 

3. Taman hidroponik

 

Bhumi Merapi - Taman hidroponik (alamwisata7)
Taman hidroponik (alamwisata7)

 

Bagi turis yang suka dengan flora dan sayuran dan ingin tahu bagaimana cara merawat tumbuhan hidroponik mampu sekaligus mencar ilmu di sini. Terdapat banyak sekali macam jenis tumbuhan dan sayuran yang dibudidayakan dengan cara hidroponik.

 

Tidak cuma menyaksikan – lihat saja, aneka macam tumbuhan hidroponik yang dibudidayakan juga dilengkapi dengan isu cara budidayanya. Pengunjung dapat memberi pertanyaan terhadap pengurus atau petugas wisata. Kamu juga diperbolehkan memetik sayuran sehat yang dibudidayakan di sini loh!

 

Buat kau yang ingin sepulangnya dari Bhumi Merapi menerapkan cara budidaya yang sudah disampaikan petugas, kamu mampu beli aneka macam peralatan dan perlengkapan hidroponiknya juga di sini.

 

4. Camp Ground Area

 

Bhumi Merapi - Camp Ground Area (travel.kompas)
Camp Ground Area (travel.kompas)

 

Agrowisata Bhumi Merapi mendatangkan area camping ground yang bisa disewa. Di sini kau bisa merasakan sensasi berkemah di kaki Gunung Merapi yang memperlihatkan panorama Gunung Merapi gagah dari kejauhan.
Area outbound pun disediakan, cocok banget untuk acara gathering kampus atau perusahaan. Namun untuk berpartisipasi dalam aktivitas camping ground dan outbound di agrowisata ini ada minimal pesertanya adalah paling sedikit 15 orang.

 

Tetapi buat kamu yang tidak membawa 15 orang tetapi tetap ingin menginap di Bhumi Merapi, ada penyelesaian yang lain. Kamu bisa menyewa tenda kendaraan beroda empat dengan harga sebesar Rp 650.000,00 per malam. Dengan harga tersebut, kau sudah mendapatkan akomodasi makan, barbeque party dan menikmati semua fasilitas yang tersedia di Bhumi Merapi.

 

Kawasan rekreasi dengan area camp ground seperti ini juga bisa kamu peroleh di Bandung ialah di bumi perkemahan Grafika Cikole. Informasinya baca : Grafika Cikole, Wisata Alam di Lembang Bandung

 

5. Wisata susur goa

 

Bhumi Merapi - Goa Ponggolo (GuideKu)
Goa Ponggolo (GuideKu)

 

Untuk kau yang suka rekreasi ekstrim, terdapat wisata susur goa yang menciptakan kau mampu merasakan sensasi susur Goa Ponggolo. Goa ini yaitu goa yang dibuat pada tahun 1825 sampai 1830 pada kurun perang Pangeran Diponegoro.

 

Goa ini mempunyai panjang 350 meter dengan lebar terkecil 1 meter dan terlapang 2,5 meter. Goa ini dialiri dengan air yang mengalir deras sebagai sarana irigasi. Goa ini juga menjadi salah satu spot untuk caving dan rafting yang ditawarkan bagi hadirin.

 

6. Olahraga offroad

 

Bhumi Merapi - Jeep tour (jogjacar)
Jeep tour (jogjacar)

 

Kalau kamu suka olahraga offroad, ada layanan tour menggunakan jeep yang mampu digunakan oleh 5 sampai 6 orang dengan tarif Rp 150.000,00 per kendaraan beroda empat. Murah banget bukan?

 

Nantinya wisatawan akan diajak merasakan sensasi berkendara di bendungan Kalikuning, mata air Kalikuning, tebing Kalikuning dan juga hingga di area pintu masuk Goa Ponggolo.

 

Kalau kamu memilih menginap di bumi perkemahan Bhumi Merapi, bisa banget menginap di sana dan lalu memakai esok harinya untuk melaksanakan kegiatan olahraga offroad atau susur goa.

 

Ada wisata apalagi di Jogja?

 

Selain wisata ini, pastinya masih banyak tempat lain yang juga harus dieksplorasi di Yogyakarta. Baca : 9 Wisata di Jogja Terbaru Untuk Anak Muda

 

Baca : 30 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

 

Kamu juga bisa kulineran kalau berkunjung ke Jogja. Ya, Jogja memang surganya wisata kuliner. Rekomendasi rekreasi masakan terbaik yang mampu kamu temukan di sana, baca : 10 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

 

Tertarik ke Jogja tetapi masih belum memiliki itinerary yang pas selama di sana? Baca : Liburan Balance Antara Kekinian dan Alam Nyaman – Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam

 

Itulah info rekreasi hits dan instagramable yang juga cocok jadi wisata edukasi di Jawa Tengah. Kunjungi Agrowisata Bhumi Merapi dan dapatkan banyak pengalaman berguna di sana.

 

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!