15 Daerah Wisata Di Bekasi Yang Wajib Dikunjungi

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Sebagai kota satelit dari Jakarta, Bekasi mampu dikatakan tidak kalah sibuknya dengan ibu kota. Bekasi sangat identik dengan eksistensi pabrik industri yang membuatnya menjadi salah satu tujuan perantauan bagi penduduk dari seluruh Indonesia. Kamu pun mampu menemukan sejumlah daya tarik daerah wisata di Bekasi yang mampu menjadi pelepas penat pada akhir pekan dan ekspresi dominan liburan.

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur, ada nasehat 15 tempat rekreasi di Bekasi yang wajib dimasukkan dalam acara wisatamu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Gedung Juang 45

Tempat Wisata di Bekasi - Gedung Juang 45
Gedung Juang 45

Bekasi ialah salah satu kota yang menjadi saksi sejarah usaha bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Perjuangan rakyat Bekasi tersebut diabadikan di Gedung Juang 45. Bangunan bersejarah yang kini dimanfaatkan sebagai perpustakaan ini dulunya ialah kantor pemerintahan pada kurun pendudukan Belanda dan Jepang. Saat pasukan Tentara Nasional Indonesia berhasil mengalahkan Jepang, Gedung Juang pun berhasil diambil alih.

Gedung Juang 45 dibangun pada tahun 1901 dengan mengusung konsep arsitektur khas Eropa dan Indonesia. Meski sudah sungguh renta, Gedung Juang 45 masih bisa mendatangkan nuansa arsitektur artdeco yang menawan dan cukup menawan dijadikan sebagai objek fotografi.

Jika berminat menjelajahi keindahan arsitektur daerah wisata di Bekasi ini, kamu mampu mengunjungi lokasinya di Jalan Sultan Hasanudin 5, Tambun Selatan. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang tiket masuk seharga Rp2.000 untuk memasuki area Gedung Juang 45 yang dibuka pada pukul 08:00-15:00.

2. Saung Ranggon

Tempat Wisata di Bekasi - Saung Ranggon
Saung Ranggon

Di tengah arus modernitas, Bekasi tetap mempunyai satu daerah khusus yang didiami bangunan berusia sekitar 500 tahun. Saung Ranggon ialah salah satu primadona tempat rekreasi di Bekasi yang masih eksis sampai saat ini. Area cagar budaya Saung Ranggon berada di kawasan permukiman warga, tepatnya di Kampung Cikedokan, Cikarang Barat, yang dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan.

Menurut legenda, Saung Ranggon dibangun oleh Pangeran Rangga pada periode 16. Pangeran Rangga sendiri ialah keturunan pribadi Pangeran Jayakarta. Pada kurun awal pembangunannya, Saung Ranggon dimanfaatkan sebagai daerah menyimpan hasil panen warga sekitar. Kini, bangunan berbentuk rumah panggung yang yang dibuat dari kayu tersebut disulap selaku destinasi rekreasi sejarah pujian warga Bekasi.

3. Taman Buaya Indonesia Jaya

Tempat Wisata di Bekasi - Taman Buaya Indonesia Jaya
Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya (TBIJ) bisa jadi kawasan wisata di Bekasi yang menarik bagi kau yang ingin menyaksikan eksklusif bermacam-macam spesies binatang reptil angker satu ini. TBIJ berada di Jalan Raya Serang-Cibarusah Kilometer 3, Serang Baru, Bekasi. Di kawasan penangkaran ini terdapat setidaknya 500 spesies buaya yang terdiri dari buaya moncong panjang Kalimantan, buaya muara Sumatera, buaya Irian, dan buaya albino. Buaya-buaya tersebut kadang kala unjuk kebolehan dalam atraksi bersama pawang buaya.

Selain buaya, TBIJ juga ialah rumah bagi sejumlah spesies ular yang tak jarang pula disertakan dalam atraksi ekstrem bersama kawanan buaya. Di TBIJ, buaya tertua berusia sekitar 55 tahun, sedangkan yang termuda hanya berusia 10 tahun. Untuk mampu menyaksikan langsung aneka macam koleksi buaya di TBIJ, hadirin dewasa diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp20.000 dan Rp10.000 untuk anak-anak di atas usia tiga tahun. TBIJ dibuka setiap hari pada pukul 09:45-16:00.

Untuk kau yang juga ingin ke Jakarta, wajib hukumnya untuk tiba ke tempat-daerah ini: Tempat Wisata Jakarta – 10 Rekomendasi Menarik yang Wajib Dikunjungi

4. Taman Rusa Kemang Pratama

Tempat Wisata di Bekasi - Taman Rusa Kemang Pratama
Taman Rusa Kemang Pratama

Kemang Pratama bekerjsama merupakan area perumahan yang berlokasi di kawasan Rawalumbu, Bekasi. Keberadaan taman rusa di area perumahan tersebut ternyata cukup menarik minatwarga dari luar perumahan. Akhirnya, Taman Rusa Kemang Pratama pun semakin ramai dikunjungi dan bahkan dijadikan sebagai alternatif kawasan wisata di Bekasi bagi warga Bekasi dan sekitarnya.

Penghuni perumahan Kemang Pratama dan warga sekitar sering memanfaatkan taman ini sebagai kawasan jogging, piknik, atau sekadar berjalan-jalan dikala pagi dan sore. Pengunjung dapat berleha-leha di area Taman Rusa Kemang Pratama tanpa dipungut ongkos.

5. Venetian Water Carnaval

Tempat Wisata di Bekasi - Venetian Water Carnaval
Venetian Water Carnaval

Bekasi juga punya sarana rekreasi keluarga bernuansa kota wisata Venesia yang klasik dan unik. Venetian Water Carnaval ialah area waterpark yang berada di Perumahan Villa Mutiara Gading 2, Jalan Karangsatria Blok D2 Nomor 1-2, Tambun Utara, Bekasi.

Nuansa semarak karnaval khas Italia bahkan sudah mampu kau rasakan begitu memasuki area Venetian Water Carnaval. Desain waterboom dan area waterpark dapat membuat kamu dan keluarga mencicipi atmosfer liburan yang lebih berkesan. Kehadiran perosotan dan baskom raksasa di area kolam renang dijamin bakal membuat belum dewasa bersemangat dan tidak sabar untuk segera bermain air. Venetian Water Carnaval juga dilengkapi dengan sejumlah kemudahan pendukung seperti panggung hiburan, taman bermain anak, sampai teater 4 dimensi yang mau menciptakan piknik kian seru.

Harga tiket masuk tempat wisata di Bekasi yang satu ini pun relatif terjangkau. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang tiket masuk seharga Rp20.000 pada hari Senin-Jumat, dan Rp50.000 khusus hari libur. Waterboom Venetian Park Carnaval buka saban hari pada pukul 08:00-18:00.

6. Go! Wet Waterpark

Tempat Wisata di Bekasi - Go! Wet Waterpark
Go! Wet Waterpark

Go!Wet Waterpark bisa dibilang sebagai waterpark favorit warga Bekasi. Arena waterpark yang berlokasi di Grand Wisata Bekasi, Jalan Southern Boulveard, Kav. 1, Tambun Selatan ini mempunyai luas lahan 7,5 hektare. Lahan Go! Wet Waterpark yang luas tersebut membuatnya sebagai salah satu waterpark paling besar di Indonesia.

Di kawasan wisata di Bekasi yang satu ini, kamu dan keluarga mampu menikmati wahana permainan air yang menyenangkan mirip misalnya seluncuran, bak ombak buatan, semprotan air, hingga bersantai di arena Go!Lazy. Berkat kehadiran sejumlah wahana mempesona dan fasilitas pendukungnya, Go!Wet Waterpark tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Go!Wet Waterpark buka saban hari pada pukul 10:30-18:30 dan pukul 09:00-20:00 khusus simpulan pekan. Harga tiket masuk yang dipatok untuk pengunjung cukup umur adalah Rp150.000 dan Rp100.000 untuk bawah umur pada hari biasa. Sementara untuk final pekan dan hari libur nasional, harga tiket yang mesti dibayarkan ialah Rp225.000 untuk cukup umur, dan Rp175.000 untuk anak-anak.

7. Saung Wulan

Tempat Wisata di Bekasi - Saung Wulan
Saung Wulan

Cari rumah makan bernuansa tradisional di Bekasi? Saung Wulan tempatnya. Pusat wisata masakan Saung Wulan memadukan konsep wisata masakan dan alam yang hendak membuat piknik kau dan keluarga kian seru.

Di Saung Wulan, kamu tidak cuma dapat menyantap aneka menu Sunda di suatu saung tradisional. Pemandangan danau yang didiami sekumpulan belibis turut menambah sedapnya suasana santap bersama keluarga dan sahabat-sobat. Bahkan, di Saung Wulan pun terdapat suatu area persawahan mini di jalanan setapak menuju saung. Datanglah pada malam hari, kau akan dibuat takjub dengan situasi romantis berkat hiasan lampu warna-warni yang elok.

Di area Saung Wulan juga tersedia pembibitan aneka macam jenis ikan sepeti patin, gurami, mas, dan tawes. Pengelola Saung Wulan menawarkan alat pancing bagi hadirin yang ingin menangkap sendiri santapannya. Setiap pancingan akan dihargai sebesar Rp35.000/kg.

Dilihat dari situasi alam dan sajian kulinernya yang lezat, Saung Wulan bisa dibilang sebagai kawasan yang pas untuk acara gathering atau bahkan acara resepsi pernikahan. Restoran tradisional Sunda ini berada di Jalan Abu Bakar Nomor 60 Setiadarma, Tambun, Bekasi, dan dibuka setiap hari pada pukul 10:00-23:00.

8. Snow World International Revo Town

Tempat Wisata di Bekasi - Snow World International Revo Town
Snow World International Revo Town

Bekasi yang terkenal dengan cuaca panasnya ternyata mempunyai arena bersalju yang sering menjadi incaran para wisatawan. Snow World International Revo Town ialah tempat rekreasi di Bekasi yang mengadopsi konsep wisata salju di negara empat animo. Selain mampu mencicipi sensasi musim masbodoh, kau pun akan dibentuk kagum dengan kedatangan kreasi seni pahat es di area Snow World. Bahkan, kau pun mampu mencicipi asyiknya berseluncur di atas es yang licin. Tak heran bila banyak pengunjung yang ketagihan untuk bermain di Snow World International Revo Town.

Meski diresmikan di lahan parkir Bekasi Square, Snow World International Revo Town tetap bisa menghadirkan nuansa kota bersalju yang memesona. Harga tiket masuknya pun relatif terjangkau, yaitu Rp60.000 untuk cukup umur dan Rp40.000 untuk belum dewasa. Tiket masuk tersebut telah meliputi sewa jaket tebal untuk melindungi kamu dari dinginnya salju Bekasi.

Tertarik? Datang saja langsung ke lokasinya di Revo Town Lapangan Parkir Utara, Jalan Jend. Ahmad Yani Kav. 1 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan. Tempat wisata di Bekasi ini buka setiap hari pada pukul 13:00-20:00, dan khusus selesai pekan, Snow World dibuka lebih permulaan pada pukul 11:00.

9. Pantai Muara Beting

Tempat Wisata di Bekasi - Pantai Muara Beting
Pantai Muara Beting

Bekasi juga punya pantai yang indah untuk disambangi ketika liburan. Pantai Muara Beting ialah salah satu destinasi wisata bahari di Bekasi yang berada di kawasan Muara Gembong. Di kawasan rekreasi di Bekasi ini kau dapat bermalas-malasan sejenak sambil duduk di pinggir pantai menikmati embusan angin yang lembut dan menyejukkan. Pantai Muara Beting tidak hanya asyik dijadikan kawasan berpangku tangan. Pantai yang satu ini juga memiliki tempat konservasi di muara Pantai Bendera dan Pantai Muara Beting.

Pantai Muara Beting juga mempunyai hutan bakau seluas 70 hektare. Burung-burung yang bermigrasi dari Laut Pasifik dan laut Cina Selatan terkadang menampakkan diri di tempat hutan bakau Pantai Muara Beting setiap bulan September sampai Februari. Kawasan hutan bakau Pantai Muara Beting dapat kau telusuri dengan menaiki bahtera kayu yang dapat disewa dengan harga Rp30.000-Rp50.000. Pengunjung tidak dikenakan ongkos tiket masuk untuk menikmati indahnya Pantai Muara Beting.

10. Curug Parigi

Curug Parigi
Curug Parigi

Curug Parigi sering dijuluki sebagai Niagara Falls-nya Bekasi. Air terjun satu ini ternyata juga sempat viral di media umum berkat keindahannya. Semenjak kepopulerannya di media umum mencuat, Curug Parigi langsung ramai dikunjungi pelancong yang ingin melihat langsung keunikan teladas yang konon mempunyai debit air besar, terutama pada saat ekspresi dominan hujan.

Gemuruh air terjun Curug Parigi nyatanya sulit ditolak para pengunjung. Biasanya, pengunjung tidak akan ragu untuk menjelajahi bebatuan raksasa untuk menikmati percikan air yang berasal dari teladas. Bahkan, tak sedikit pula hadirin yang nekat berendam di kolam gerojokan. Curug Parigi berlokasi di kawasan Cikiwul, Bantargebang, Bekasi. Curug Parigi tidak mematok tiket masuk untuk pengunjungnya.

11. Vihara Dharma Jaya

Vihara Dharma Jaya
Vihara Dharma Jaya

Vihara Dharma Jaya Bekasi pun bisa jadi kawasan rekreasi yang patut kamu datangi. Keindahan arsitektur vihara yang didominasi warna merah dan ornamen khas Tiongkok dapat menjadi objek fotografi yang sayang untuk dilewatkan.

Rumah ibadah yang berlokasi di Jalan Kalong, Rawa Lumbu ini kerap disambangi para turis yang ingin mengabadikan keunikan arsitektur serta situasi khidmat jemaat vihara yang tengah beribadah lewat bidikan kamera. Potret keunikan rancangan eskterior vihara bahkan sempat wira-wiri di media sosial. Berfoto di depan vihara dengan warna yang eye-catching ini dapat menciptakan pengunjung merasakan nuansa Negeri Tirai Bambu yang kental.

12. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang
Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang bisa jadi merupakan ikon wisata Kota Bekasi. Salah satu waterpark tersohor di Bekasi ini memiliki sejumlah daya tarik yang membuatnya tidak pernah sepi. Daya tarik pertama dari daerah wisata di Bekasi ini terletak pada desainnya yang mengadopsi gaya arsitektur rumah tradisional Bali. Begitu memasuki area waterboom, kau mampu melihat patung-patung dewata serta pondok yang dihiasi atap rumbia dan bunga kemboja.

Wahana permainan yang terdapat di Waterboom Lippo Cikarang ini pun cocok dinikmati hadirin dari segala usia, terutama anak-anak. Kehadiran perosotan spiral dan dekorasi kapal bajak laut raksasa sudah tentu menciptakan pengunjung belum dewasa betah bermain air di waterpark satu ini. Bagi kau yang ingin meregangkan otot setelah mengawalbuah hati bermain di waterboom dapat menjajal bak terapi ikan.

Tertarik? Segera kunjungi Waterboom Lippo Cikarang di Jalan Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cibatu, Bekasi. Tiket masuk Waterboom Lippo Cikarang dipatok dengan harga Rp60.000 untuk hari Senin-Jumat, dan Rp95.000 khusus tamat pekan. Waterboom Lippo Cikarang buka setiap hari pada pukul 09:00-17:00, dan dibuka lebih awal semenjak pukul 08:00 khusus final pekan.

Apabila kau juga tertarik untuk ke Bali, baca juga: Tempat Wisata di Bali – 33 Tempat ini Wajib untuk Dikunjungi

13. Situ Cibeureum

Situ Cibeureum
Situ Cibeureum

Situ Cibeureum merupakan danau yang berlokasi di dua desa, yaitu Desa Lambang Sari, dan Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi.

Situ Cibeureum terbentuk secara alami dan awalnya mempunyai luas mencapai 38 hektare. Namun, pada dekade 90-an, luas Situ Cibeureum berkurang sampai menjadi 2 hektare saja. Meski demikian, daya tarik Situ Cibeureum masih belum pudar sampai dikala ini. Warga Bekasi masih sering menyambangi danau ini khususnya pada pagi dan sore hari untuk menikmati pemandangan matahari sembari menghirup udara segar.

Untuk menunjang kebutuhan para turis, pengurus kawasan wisata di Bekasi yang satu ini telah melengkapi area wisatanya dengan warung makan, saung bambu, dan tidak ketinggalan toko suvenir. Situ Cibeureum pun menjadi arena pemancingan dan trek sepeda yang mengasyikkan bagi para hadirin. Untuk dapat sampai ke Situ Cibeureum, kamu dapat memakai angkot Koasi 39 dari arah Bekasi Trade Center menuju Jembatan Legenda. Dari situ, kau dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek.

14. Hutan Kota Bekasi

Hutan Kota Bekasi
Hutan Kota Bekasi

Hutan Kota Bekasi diresmikan pada bulan Desember tahun 2012. Sejak didirikan, salah satu kawasan hijau di Kota Bekasi ini pribadi menjadi destinasi wisata favorit bagi warga dan pelancong. Deretan pohon dan koleksi flora di hutan kota menjadi pemandangan yang bisa menyejukkan mata para hadirin. Kehadiran Hutan Kota Bekasi di tengah tempat industri terperinci menjadi oase bagi penduduk Kota Patriot.

Di sepanjang trek hutan kota, kau dapat berlangsung santai atau mengendarai sepeda sambil dinaungi formasi pepohonan rimbun. Taman bermain anak dan area konservasi burung pun turut dihadirkan di taman seluas 2 hektare ini. Hutan Kota Bekasi berlokasi di Jalan Ahmad Yani, atau tepat di belakang Stadion Patriot Bekasi.

15. Danau Marakash

Danau Marakash
Danau Marakash

Danau Marakash biasanya banyak disambangi hadirin pada malam hari. Kehadiran lampu warna-warni yang terpantul di perairan menjadi daya tarik yang membuat banyak orang betah berpangku tangan sambil bercengkerama bersama sahabat di kawasan wisata di Bekasi yang satu ini.

Danau buatan yang dibuka pada tahun 1992 ini tak pernah sepi oleh hadirin. Banyak pengunjung yang datang ke Danau Marakesh untuk memancing, berwisata masakan, atau berkeliling di area tepi danau dengan menaiki delman. Tertarik? Langsung saja datang ke lokasi Danau Marakash yang berada di dalam Kompleks Perumahan Pesona Ungu, Bekasi.

Apabila kamu telah di area Bekasi, akan sayang apabila kau tidak ke kawasan-tempat rekreasi ini: 10 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!