15 Tempat Camping Di Bali Modern Dan Terpopuler, Cobain Yuk!

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Apakah kau suka melakukan aktivitas outdoor? Jika iya, berbagai acara outdoor yang mampu kau kerjakan, khususnya jika kau sedang berlibur di Bali, yakni berkemah. Ada berbagai kawasan camping di Bali yang menawarkan fasilitas yang tenteram, sehingga membuat acara berkemah kamu jadi lebih praktis.

Rekomendasi Tempat Camping di Bali

Berikut beberapa tempat berkemah di Bali yang bisa kamu pilih:

1. Danau Buyan

Youtube/Family on the way

  • Lokasi: Jalan Munduk, Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kab. Buleleng
  • Jam buka: 08.00–19.00
  • Tarif: Rp10.000,00 per orang, Rp25.000,00 per tenda (bila bawa sendiri)

Danau Buyan merupakan salah satu kawasan paling populer bagi para campers untuk berkemah di Bali. Jika kamu berangkat dari Buleleng, kamu perlu menempuh perjalanan sepanjang 25 km selama kurang lebih 45 menit.

Meskipun letaknya jauh dari hingar bingar, destinasi ini terbilang cukup mudah diakses memakai mobil dan kendaraan yang lain. Pengelola bumi perkemahan ini juga telah menawarkan area khusus bagi pengunjung yang ingin berekreasi atau berkemah, yakni di pinggir danau atau di tengah hutan. 

Di daerah perkemahan Danau Buyan, ada banyak acara seru yang mampu kamu kerjakan, loh. Mulai dari trekking di area hutan, naik perahu air, memancing, berfoto, BBQ-an, hingga memetik stroberi.

2. Kayupadi Sunrise Camping

Youtube/Kelas Radinna

  • Lokasi: Jalan Kayupadi, Songan A, Kintamani, Bangli
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif: Mulai dari Rp20.000,00 per orang

Tempat camping di Bali ini cocok jadi pilihan buat kamu yang ingin memiliki pengalaman berkemah yang lebih nyaman dan praktis. Pasalnya, kawasan perkemahan ini menunjukkan fasilitas camping yang cukup lengkap, mirip paket tenda yang harganya mulai dari Rp50.000,00–Rp150.000,00. 

Di sini, kamu juga nggak akan kehabisan kegiatan untuk dilakukan, utamanya jika berkemah bareng keluarga, sahabat, atau komunitas. Misalnya, mendaki, farm visit, hot spring, berfoto di spot-spot Instagramable, api unggun di malam hari, dan banyak lagi. Cocok banget untuk mengembangkan quality time ketika berkumpul bersama!

3. Bukit Cemara

Youtube/Joyride motocamp

  • Lokasi: Desa Yeh Kori, Kec. Bandem, Kabupaten Karangasem
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif: Rp10.000,00 per orang

Buat kamu yang ingin rekomendasi tempat camping di Bali yang letaknya cukup terpencil, kami rekomendasikan Bukit Cemara. Karena masih termasuk selaku destinasi baru, perkemahan Bukit Cemara belum terlalu banyak diketahui orang serta terusan jalannya pun cukup menantang dan terjal.

Fasilitas yang tersedia pun cukup terbatas, cuma ada toilet dan warung-warung kecil di sana. Meskipun demikian, panorama alam yang dihidangkan betul-betul memanjakan mata, loh. Mulai dari situasi bukit yang sangat asri, melihat gagahnya Gunung Agung, panorama sunrise dan sunset yang eksotis, hingga lautan awan.

4. Bali Outbound & Farmstay

Youtube/ibks

  • Lokasi: Jalan Pasar Induk Sayur Banjar Baturiti Kaja, Kab. Tabanan
  • Jam buka: 09.00–21.00 (hari biasa), 09.00–18.00 (Sabtu), 09.00–16.00 (Minggu)
  • Tarif: Mulai dari Rp100.000,00 per tenda

Ingin berkemah sekalian bersenang-bahagia dengan keluarga atau kalangan kau? Yuk, berkemah di Bali Outbound & Farmstay yang terletak di tempat Bukit Melingkuh! Tempat camping seluas 10 hektar ini memperlihatkan aneka macam acara outdoor yang seru untuk dilaksanakan bersama keluarga, teman, atau komunitas. 

Di antaranya ada ada trekking, paintball, menaiki ATV, memetik stroberi, dll. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin berkemah, pihak pengurus menyediakan tempat khusus, yakni camping ground

Di sini, kau nggak perlu kecapekan-kelelahan menjinjing dan mendirikan tenda sendiri, sebab sudah terdapat beberapa pilihan tenda yang siap kau gunakan. Mulai dari yang berkapasitas 2 orang hingga 50 orang, ada di area perkemahan ini.

5. Bukit Surga

Youtube/rasita family

  • Lokasi: Jungutan, Bebandem, Kab. Karangasem
  • Jam buka: 07.00–22.00
  • Tarif: Rp25.000,00 per orang

Ingin nasehat tempat camping di Bali yang letak dan aksesnya mudah dijangkau? Cobalah untuk berkemah di Bukit Surga yang letaknya berjarak 16 km dari pusat Karangasem. Bukit ini mempunyai ketinggian mencapai 800 mdpl, sehingga panorama yang disajikan sangatlah menawan, seperti namanya. 

Dari ketinggian tersebut, kau mampu melihat indahnya perbukitan yang berjejer, perkebunan warga yang asri, lembah, sampai keindahan Gunung Rinjani. Suasananya juga sangat hening, plus iklimnya yang sejuk membuat destinasi ini menjadi salah satu tempat berkemah terfavorit di Bali. 

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, mulai dari toilet, listrik, area parkir, hingga kanal WiFi gratis untuk ketentraman pengunjung. Karena lokasinya berdekatan dengan Agrowisata Abian Salak, Sibetan Rice Terrace, dan Bukit Cemara, kau bisa sekalian mampir ke tiga destinasi tersebut sebelum atau sesudah berkemah di Bukit Surga.

6. Bukit Asah

Youtube/Dhani cerubak

  • Lokasi: Ds. Bugbug, Sengkidu, Kabupaten Karangasem
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif: Rp10.000,00 per orang

Masih di kawasan Karangasem, Bukit Asah mampu jadi pilihan kawasan berkemah di Bali yang pantas kamu pertimbangkan. Lokasinya juga terbilang cukup bersahabat dari sentra kota Denpasar, loh, yaitu hanya sekitar 1,5 jam perjalanan. 

Selain itu, terusan jalannya juga lebar, sehingga memungkinkan kamu untuk membawa motor atau bahkan kendaraan beroda empat menuju puncak bukit. Untuk berkemah di sini, kau bisa bawa tenda sendiri atau menyewa di lokasi. 

Ada tiga jenis tenda yang bisa kamu sewa sesuai kebutuhan, di antaranya tenda kecil, sedang, dan VIP. Kegiatan yang disediakan juga sangat menawan, mulai dari memancing, trekking, boat trip, diving, sampai paragliding. Seru, kan?

7. Pantai Nyang-Nyang

Youtube/smart camping

  • Lokasi: Jalan Raya Uluwatu, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung
  • Jam buka: 09.00–17.00
  • Tarif: GRATIS

Kamu tidak salah kalau memilih pantai Nyang Nyang selaku tempat perkemahan, karena pantai ini merupakan salah satu pantai terbersih di Bali. Airnya berwarna biru kehijauan dan pantainya dihiasi pasir putih, tebing yang kuat namun indah, serta dikelilingi pemandangan yang hijau dan asri.

Ada juga kapal tenggelam setengah terkubur di pasir, yang mampu menjadi spot cantik untuk hunting foto. Suasananya akan sungguh syahdu dikala malam hari datang. 

Kamu mampu berjalan-jalan di sepanjang pantai dan dengan mudah menemukan kayu bakar untuk menghangatkan diri di malam hari. Terlebih, langit malam berbintang dan bunyi deburan ombak yang hendak membuat nuansa berkemah makin hening.

8. Desa Pinggan

Youtube/Agung trevel 98

  • Lokasi: Ds. Pinggan, Sukawana, Kec. Kintamani, Kab. Bangli
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif: Rp20.000,00 per orang

Satu lagi kawasan berkemah di Bali yang memperlihatkan pemandangan magis layaknya bangun di atas awan yaitu Desa Pinggan. 

Pinggan disebut sebagai desa di atas awan dan merupakan salah satu kawasan perkemahan yang tepat untuk menikmati keindahan matahari terbit sempurna sehabis kamu bangkit di pagi hari. Awan mengambang, matahari terbit, dan angin sejuk ialah variasi tepat yang mampu menghubungkan kembali jiwa kamu dengan alam.

Saat malam tiba, mata kau akan dimanjakan dengan ribuan cahaya yang berasal dari rumah masyarakatdesa yang tinggal di bawah area perkemahan.

9. Karang Boma Cliff

Youtube/Deny muis

  • Lokasi: Ds. Pecatu, Kuta Selatan, Kab. Badung
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif: Rp20.000,00 per orang

Rekomendasi daerah camping di Bali yang satu ini bakal membuat kamu merasakan bagaimana sensasi berkemah di atas tebing karang setinggi 97 mdpl yang menghadap eksklusif ke lautan lepas. Lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Nyang-Nyang, yaitu cuma sekitar 9–10 menit perjalanan saja. 

Meskipun terletak di puncak tebing karang, namun di sana ada area lapang yang umum dipakai oleh hadirin untuk mendirikan tenda. Selain memberikan pemandangan hamparan laut yang luas, kau juga mampu melihat kemegahan Uluwatu Temple dari kejauhan.

Untuk bisa berkemah di sini, sebaiknya kamu menjinjing perlengkapan yang memadai dari rumah, ya. Sebab, kemudahan di sini terbatas, hanya ada beberapa warung makan, area parkir, dan toilet biasa saja.

10. Kampung Kopi Kamp

Youtube/Fatih absyar

  • Lokasi: Jalan Raya Pupuan, Batungsel, Kab, Tabanan
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif: Mulai dari Rp150.000,00

Kampung Kopi Kamp termasuk salah satu tempat camping modern di Bali yang gres beroperasi 3 tahun lalu, adalah sejak 2020. Seperti namanya, area perkemahan ini terletak di area perkebunan kopi. 

Meskipun tergolong gres, kemudahan yang tersedia di sini mampu dikatakan cukup memadai, loh. Pihak pengelola sudah menyiapkan kemudahan seperti rumah makan, area parkir yang luas, toilet, daerah jual beli kayu bakar, kawasan pembersihan piring, spot-spot foto yang menawan, penyewaan jeep, sampai area untuk outbond.

11. The SILA’S Agrotourism

Youtube/wulandarifebruary

  • Lokasi: Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kab. Tabanan
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tarif: Rp100.000,00 per malam

Ini adalah sebuah daerah wisata di Bali yang di dalamnya terdapat camping ground yang sangat nyaman, karena areanya luas, higienis, dan terawat. Akses menuju lokasi pun mudah dengan jalan yang telah mulus.

Untuk bisa berkemah di sini, pertama-tama kamu harus menyiapkan tiket masuk kawasan wisata sebesar Rp10.000,00 (cukup umur) dan Rp6.000,00 (anak-anak). Kemudian, gres kau mampu menuju ke camping ground dengan memesan paket berkemah Rp100.000,00 per malam (per orang).

Harga tersebut sudah mencakup semua akomodasi, seperti tenda dome, sleeping bag, matras, lampu, listrik, bantal, sarapan, shower, dan tiket masuk kid’s zone (untuk usia 4 hingga 12 tahun).

12. Danau Tamblingan

Youtube/pulang pagi

  • Lokasi: Ds. Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng
  • Jam buka: 24 jam
  • Tarif: Mulai dari Rp20.000,00 per orang

Lokasi camping di Danau Tamblingan lebih sepi dibandingkan Danau Buyan. Camping ground-nya berada di pinggir danau bersahabat hutan dan kendaraan eksklusif bisa langsung menuju ke lokasi camping, sehingga membuat lebih mudah membawa logistik.

Suasana alam di Danau Tamblingan sangat indah, instagramable, sunyi, dan hening. Namun, tentukan kau menenteng lebih banyak selimut, baju tebal, dan topi, karena suhu pada malam hari sangat dingin, apalagi di atas jam 2 pagi.

13. Le Monte Sunrise

Youtube/camping & travelling

  • Lokasi: Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kab. Bangli
  • Jam buka: 24 jam

Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi saat kamu berada di Bangli ialah bermalam di Le Monte Sunrise. Tempat ini gres saja dibuka, sehingga belum terlalu populer. Area perkemahannya cukup luas dan terdiri atas tiga ketinggian platform yang berlawanan.

Kamu pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang hijau dan menyegarkan, karena area ini dikelilingi oleh hutan lebat. Le Monte Camp juga memperlihatkan pemandangan gunung Batur dan lanskap desa yang fantastis.

14. Taman Denbukit Camping Ground

Youtube/bali jalan jalan

  • Lokasi: Ds. Bedugul, Jalan Sugriwa Dasong Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kab. Buleleng
  • Jam buka: 08.00–17.00 (Senin s/d Jumat) dan 08.00–21.00 (Sabtu&Minggu)
  • Tarif: Rp35.000,00 per orang dewasa (menenteng tenda sendiri)

Tempat camping di Bali yang satu ini cocok untuk kemah keluarga. Di sini, kamu mampu memilih untuk menenteng tenda sendiri, menyewa tenda, atau glamping di rumah kayu.

Untuk penyewaan tenda, tarifnya mulai dari Rp150.000,00 (kapasitas 2 orang) hingga Rp250.000,00 (kapasitas 4 orang). Kalau kamu tak mau repot-repot mendirikan tenda, kau mampu pilih menginap di glamping yang ongkosnya mulai dari Rp350.000,00 per malam.

15. Dikubu Strawberry Farm

Youtube/iY travel

  • Lokasi: Jalan Denpasar-Singaraja, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kab. Tabanan
  • Jam buka: 10.00–21.00
  • Tarif: Rp200.000,00 per tenda

Buat kamu yang mencari tempat berkemah yang kalem dan nyaman, kamu bisa pilih daerah ini. Pemandangan di sekeliling berupa danau, gunung, dan perbukitan yang hijau dan asri yang bakal memanjakan mata kamu. Fasilitasnya juga tidak mengecewakan lengkap loh, mulai dari spot memancing, rekreasi petik stroberi, sampai kemudahan outbond ada di sini.

Tempat Camping di Bali Mana yang Tertarik Kamu Kunjungi?

Itulah beberapa saran kawasan camping di Bali yang modern dan paling recommended buat para campers. Dari daftar di atas, tinggal pilih saja kawasan mana yang cocok dengan kebutuhan dan anggaran kau.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!