8 Makanan Khas Denpasar Bali Yang Layak Kamu Coba Dan Terkenal Enak

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Denpasar Bali merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak daya tarik, mulai dari wisata, budaya, sampai kulinernya. Banyaknya wisatawan dari luar negeri sampai lokal ternyata bisa menaikan pemasukan per kapita dari suatu daerah.

Tidak banyak orang yang tahu bila Denpasar ternyata memiliki pesona masakan masakan khas yang lezat dan yummy. Ada banyak jenis masakan khas di Denpasar Bali yang patut kamu coba ketika berkunjung ke tempat ini.

Makanan Khas Denpasar Bali

Di setiap kawasan niscaya mempunyai masakan khas yang menjadi pesona pariwisata dan icon daerah. Makanan menjadi salah satu item yang tidak mampu dipisahkan dari kehidupan masyarakat hingga ketika ini.

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu ialah salah satu kuliner khas hidangan Pulau Dewata yang telah terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Cita rasanya yang pedas dengan rasa yang kaya akan rempah membuat banyak orang terlena dengan kenikmatan sajian Bali yang satu ini. 

Makanan ini biasanya memakai materi dasar ayam ataupun belibis. Dengan hasil akhir berupa tekstur daging yang empuk yang sudah dibumbuhi dengan cabe dan juga bumbu khas Bali. Ayam betutu menjadi salah satu sajian makanan iconic asal dan pasar Bali yang banyak dikenal oleh turis asing. 

Dulunya kuliner ini hanya disuguhkan dikala upacara budbahasa, ayam betutu secara tradisional dimasak dengan cara yang unik dan juga rumit serta cukup mengkonsumsi banyak waktu. Proses pembuatan ayam betutu ini menggunakan ayam utuh yang dilapisi daun pinang lalu di kubur di dalam tanah dengan bara sehingga menciptakan temperatur yang panas. 

Ayam ini akan dikubur selama 8 hingga 10 jam, hal ini menjadi salah satu panggangan alami sebab pada zaman dahulu belum ada penggunaan panggangan. Seiring perkembangan zaman, teknik tradisional ini juga telah mulai jarang ditemukan karena kebanyakan orang mengolah makanan ayam itu menggunakan oven dan presto.

Betutu sendiri ialah proses pengolahan daging yang umumnya memakai daging ayam dan belibis. Sehingga kata betutu bukanlah nama untuk masakan melainkan proses pemasakan daging ayam ataupun belibis. 

Salah satu belakang layar yang membuat masakan ini mempunyai rasa yang unik dan khas yakni adanya 15 bumbu dasar yakni bawang merah, bawang putih, jahe, laos, kencur, kunyit, cabe rawit, kemiri, ketumbar, daun salam, daun sereh, jeruk limau, gula merah, terasi, sampai minyak kelapa. 

Salah satu kawasan makan yang menawarkan menu ayam betutu Bali dengan rasa original dan menjadi salah satu penggagas ayam betutu ialah rumah makan Men Tempeh. Rumah makan Ini masih menggunakan pengolahan ayam betutu yang sungguh khas yang diberi oleh lapisan daun pinang dan dimasukkan ke dalam tanah dengan watu yang sudah dipanaskan.

Makanan ini menjadi salah satu makanan yang lezat dikonsumsi dikala hangat dan tidak mampu disimpan dalam rentang waktu yang lama.  Ayam betutu ialah sajian yang bisa dikonsumsi oleh semua etnis agama, suku, dan juga bangsa karena makanan ini terbuat dari materi yang halal. 

Untuk harga satu paket ayam betutu dibandrol sekitar Rp114.000 namun mampu dinikmati oleh 4 orang dengan isian 1 ekor ayam utuh, 1 populasi, satu takaran sayuran, sambal, dan juga kacang. Terdapat pula embel-embel menu mirip tahu tempe dan ati ampela goreng.

Rekomendasi kawasan makan ayam betutu khas bali :

  • Ayam Betutu Men Tempeh berlokasi di Jl. Rajawali, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 21.30 WIB.

2. Babi Guling

Babi guling ialah salah satu kuliner yang paling banyak dijumpai di Pulau Bali. Makanan tradisional ini bahkan sudah tercatat sebagai warisan dunia tak benda Indonesia sejak tahun 2011, babi guling menjadi salah satu menu yang wajib ada di setiap upacara akhlak atau keagamaan Hindu. 

Kini babi guling sangat gampang didapatkan di berbagai rumah makan,  warung, dan juga hotel yang ada di Bali. Babi guling umumnya dibentuk dari anak babi utuh yang perutnya diisi dengan bumbu rangkap yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, isen, kunir, cabe rawit, gula aren, terasi, dan masih banyak lagi. 

Bumbu itulah yang memberikan rasa dan aroma yang anyir bagi babi guling. Pada awalnya babi yang sudah disembelih akan disiram dengan memakai air panas untuk membersihkan kulitnya menjadi bersih. Setelah itu babi akan di bedah perutnya selebar 10 cm untuk mengeluarkan isi kemudian ditusuk dengan kayu bacokan yang sudah disiapkan sambil memasukkan bumbu yang telah diulek ke dalam perut babi. 

Setelah itu babi tersebut diguling atau dipanggang di atas api pemanggangan dengan cara memutar kayu penusuknya biar babi bisa matang secara merata. Pada dikala proses ini nyala api sungguh dikelola dengan cara mengisi supaya babi tidak lekas gosong. 

Setelah daging babi terasa cukup kering, kemudian akan dimandikan dengan air kelapa semoga tidak cepat gosong dan apabila telah agak matang lalu diolesi dengan minyak kelapa. Warna babi akan bermetamorfosis kuning kemerahan secara merata dan kayu produk menjadi longgar dikala telah matang. 

Rekomendasi kawasan makan babi guling Denpasar :

  • Warung Babi Guling Swari berlokasi di Jalan Pulau Salawati No.38, Denpasar, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB hingg 23.59 WIB.

3. Ikan Bakar Jimbaran

Ikan bakar jimbaran Bali menjadi salah satu menu andalan yang mampu dikonsumsi bersama keluarga saat mengunjungi Pulau Bali. Resep ikan bakar jimbaran sungguh gurih dengan amis yang tidak wangi, sajian ini juga menjadi favorit banyak orang saat berada di Pulau Dewata.

Untuk membuat ikan jimbaran ala Bali maka kau harus menentukan tingkat kesegaran ikan yang dipakai, karena ikan yang segar mempunyai rasa yang manis dan gurih. Kamu juga mampu menggunakan ikan bawal, ikan nila, ikan mujair, ikan gurami, dan masih banyak lagi. 

Bumbu Istimewa yang digunakan menjadi salah satu kunci utama ikan bakar jimbaran ini memiliki rasa dan anyir yang khas. Ikan bakar jimbaran memakai bumbu khas Bali yang lengkap mulai dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, kemiri, lengkuas, asam, dan juga kunyit.

Semua bumbu tersebut akan dihaluskan lalu disangrai hingga matang. Kemudian akan diolesi ke ikan secara merata ketika pemanggangannya. Sedangkan dengan jeruk nipis dan juga kecap untuk melengkapi sajian ikan bakar jimbaran ini. 

Rekomendasi daerah makan ikan bakar jimbaran :

  • Warung Ramayana Ikan Bakar Jimbaran berlokasi di Jalan Pemelisan Agung, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 23.00 WIB.

4. Nasi Campur Satria

Nasi campur pendekar ialah salah satu makanan yang cukup hits di tempat Denpasar Bali. Kamu mampu memperoleh makanan ini di Warung Satria yang terletak di Jalan Kedondong, Denpasar. Memiliki tempat yang tidak terlalu luas tetapi tetap nyaman untuk kau kunjungi bareng keluarga ataupun teman. 

Tempat makan ini bahkan telah bangun lebih dari 20 tahun yang lalu dan masih tetap eksis hingga saat ini. Saat ini bahkan telah memiliki tiga cabang di kawasan Tohpati, kawasan Pantai Kuta, serta Cargo Permai.

Warung Satria dibangun oleh ibu Ni Ketut Kerti, pada mulanya rumah makan ini berada di Jalan Veteran kemudian pada tahun 1975 terkena gusur sehingga pindahlah ke Jalan Kedondong. Nasi campur ini mempunyai lauk-pauk yang sangat bermacam-macam dan bisa hadirin pilih dengan bebas.

Untuk nasinya juga mampu diganti dengan kupat, lazimnya hidangan nasi campur terdiri atas sate lilit, sayur plecing, sayur kelapa, sate tusuk ayam, ayam suwir, ayam sambal matah, ayam goreng bumbu bali, dan masih banyak lagi. Sajian ini betul-betul cocok di pengecap penduduk nusantara.

Rekomendasi daerah makan nasi campur pendekar Denpasar :

  • Warung Satria berlokasi di Jl. Kedondong No.11A, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 20.00 WIB.

5. Ikan Sambal Matah

Ikan sambal matah menjadi salah satu menu olahan yang terkenal di Pulau Dewata, olahan ikan ialah salah satu hidangan yang disukai oleh sebagian besar kalangan. Terdapat bermacam-macam jenis olahan dari hasil maritim yang bisa kamu coba di Pulau Bali. 

Salah satu menu hidangan maritim yang paling populer ialah ikan sambal matah. Ikan ini dimasak dengan proses dipanggang menggunakan arang, namun sebelum itu sudah ditumbuhi dengan balutan resep spesial yang membuat rasa ikan ini menjadi makin istimewa. Setelah proses pemanggangan ikan, lalu akan disertakan sambal matah khas Bali di atasnya. 

Tidak perlu khawatir sebab sajian ini tidak mempunyai rasa anyir sama sekali, bahkan telah melalui proses pencelupan ke dalam air perasan jeruk untuk menghilangkan rasa wangi. Untuk memanggang ikan juga harus memakai arang dari batok kelapa supaya menghasilkan rasa kuliner yang lebih khas dan nikmat. 

Rasa pedas khas sambal matah Bali membuat ikan ini menjadi salah satu masakan yang disenangi oleh sebagian besar kalangan penyuka pedas. Cara pembuatannya juga sungguh sederhana, kau mampu mempraktekkan sendiri di rumah. 

Untuk pembuatan sambal matahnya kau cuma perlu menggunakan irisan bawang merah, serai, irisan cabe rawit, dan terasi. Kemudian bahan-bahan tersebut akan disiram dengan minyak sesuai selera mampu dengan minyak segar ataupun minyak yang telah dipanaskan apalagi dulu. Sambal matah memiliki ciri khas rasa yang pedas dan segar alasannya menggunakan materi-materi mentah yang terjamin kebersihannya. 

Rekomendasi daerah makan ikan sambal matah khas Bali :

  • Restoran Be Pasih berlokasi di Jalan Pemuda III No.24, Renon, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.30 WIB.

6. Tipat Cantok

Berlibur ke Denpasar Bali rasanya tidak lengkap apabila kamu belum merasakan masakan khas Denpasar Bali. Salah satunya ialah tipat cantok merupakan salah satu makanan khas di Denpasar Bali yang dilarang kamu lewatkan. 

Kuliner khas Bali ini mampu kamu jumpai hampir di seluruh wilayah pulau Bali tidak cuma di Denpasar saja. Makanan ini paling banyak dijual di warung-warung masyarakat setempat, selain memiliki rasa yang enak dan membuat kenyang harga yang disediakan juga sangat affordable mulai dari Rp6000-an saja. 

Makanan ini sekilas memang mirip dengan gado-gado, tetapi mempunyai cita rasa yang berlainan. Tipat cantok dibuat dari kupat yang dikemas dengan janur, sebagian penduduk Bali bahkan tidak memedulikan istilah lontong yang dibungkus daun pisang. 

Komponen utama pengerjaan tipat cantok yakni kacang tanah yang sudah digoreng, ketupat, dan sayuran rebus. Sementara bahan sayuran yang sering dipakai untuk membuat menu ini adalah kacang panjang, toge, bayam, dan juga kangkung. Kamu juga bisa menambah unsur tipat cantok dengan tahu yang sudah digoreng.

Kuliner ini sungguh merakyat dan banyak mempunyai penggemar, menjadi salah satu kuliner khas Denpasar Bali yang tidak menjemukan. Untuk pembuatannya juga sungguh sederhana karena memakai materi-materi yang mudah ditemukan. 

Rekomendasi kawasan makan tipat cantok khas Denpasar Bali :

  • Warung Tipat Cantok Bu Agung berlokasi di Gg. Rajawali No.1, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali.
  • Buka setiap Senin – Sabtu mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

7. Sate Kakul Pan Putu

Sate kakul Pan Putu menjadi salah satu masakan khas Denpasar Bali yang dilarang kau lewatkan. Menu sate kakul yakni sejenis sate keong atau umumdisebut siput dan biasanya hidup di area persawahan. 

Bagi kamu mungkin jenuh untuk memakan sate dari daging ayam, kambing, sampai sapi. Sate kakul pan putu bisa menjadi salah satu saran hidangan unik khas Bali dengan rasa yang lezat yang bisa kau coba. 

Di daerah Bali sendiri, keong sawah sering dimasak menjadi gabungan materi masakan mirip untuk campuran serundeng kelapa, ares kakul,  dan masih banyak lagi. Daging kakul ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi serta rendah lemak adalah dengan 12% protein dan 1% lemak. 

Menu ini dijamin tidak akan terasa bau saat dikonsumsi, karena keong yang akan dijadikan sate sebelumnya sudah dicuci dan dibersihkan serta diberi adonan bumbu untuk menetralisir rasa amisnya. Di Denpasar Bali kau juga mampu dengan mudah menemukan soup kakul sampai tumis sayuran yang diaduk kakul.

Harga yang ditawarkan untuk satu sajian sate kakul pan putu ini juga cukup terjangkau dan bersahabat di semua kalangan. Mengkonsumsi kakul atau keong juga mempunyai khasiat untuk membuat tekanan darah menjadi lebih rendah dan ramah bagi orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. 

Rekomendasi tempat makan sate kakul pan putu di Denpasar Bali : 

  • Warung Pan Putu berlokasi di Jalan Ahmad Yani No.187, Peguyangan, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.
  • Buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB

8. Ikan Bakar Bandega

Ikan bakar bendega merupakan salah satu sajian masakan khas Denpasar Bali yang memakai materi dasar ikan laut. Ikan ini dibakar dengan menggunakan bumbu resep khusus yang menciptakan rasa ikan menjadi kian yummy dan enak meresap sampai ke dalam dagingnya.

Pada satu paket ikan bakar bandega juga dilengkapi dengan sajian sambal dengan beberapa varian mulai dari sambal matah, sambal goreng, sampai sambal tomat. Menikmati situasi Denpasar Bali sambil mengkonsumsi hidangan ikan bakar bandega ialah salah satu hal yang menarik. 

Tempat makan yang memperlihatkan ikan bakar bendega nomor satu di kawasan Denpasar Bali yaitu Warung Bendega. Tempat ini berada di tepi pantai sehingga para pengunjung mampu menikmati sajian ikan bakar bendega sambil menyaksikan view pantai yang indah. 

Dengan icon patung ikan besar yang tergantung terbalik di depan restoran ini, membuat Warung Bendega lumayan mudah didapatkan oleh para hadirin. Warung Bendega juga sering dikunjungi oleh artis-artis ibukota sampai tamu mancanegara yang sedang berada di Denpasar. 

Tersedia pula paket ikan bakar yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000-an saja. Belum pas rasanya kalau mengunjungi Denpasar Bali tetapi belum mencoba hidangan makanan khas ikan bakar bendega. 

Rekomendasi kawasan makan ikan bakar bendega di Denpasar Bali :

  • Warung Bendega berlokasi di Jalan Cok Agung Tresna No.37, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali.
  • Buka saban hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Itulah 8 makanan khas Denpasar Bali yang wajib untuk kamu coba. Dengan menawarkan cita rasa kuliner yang enak dan yummy, dijamin kamu akan ketagihan dikala mencoba deretan kuliner di atas. Semoga bisa membantu kamu yang masih gundah untuk menentukan masakan khas Denpasar Bali. 

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!