Yield Management Hotel: Pemahaman, Fungsi & Teladan

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Bisnis hotel menjadi salah satu bisnis yang memiliki potensi besar dan mampu mendatangkan keuntungan. Namun, selaku usahawan kau juga perlu memikirkan management business, salah satunya Yield Management Hotel.

Berakhirnya kurun pandemi, membuat semua kegiatan penduduk bisa kembali normal mirip semula. Terutama dalam hal perjalanan untuk problem bisnis atau liburan yang kian meningkat.

Hal ini memperlihatkan potensi dan kesempatan bagi hotel untuk mengembangkan mutu pelayanan yang dimilikinya. Yield management menjadi salah satu faktor paling penting sebagai aspek keberhasilan bisnis perhotelan.

Pengertian Yield Management Hotel

Yield Management Hotel merupakan sebuah strategi untuk penetapan harga yang dinamis bagi kamar hotel hadirin. Tujuannya untuk menciptakan pendapatan maksimum meskipun mempunyai stok kamar yang terbatas.

Manajemen startegi ini tentang bagaimana perusahaan bisa menjual produk yang sempurna dalam masa waktu yang tepat terhadap target pelanggan yang sempurna. Yield Management Hotel lebih banyak menekan pada teori jika semakin tinggi seruan maka akan semakin tinggi atau mahal pula harga yang diberikan.

Yield Management Hotel juga tidak bisa dipisahkan dengan harga dan isu, di mana pihak hotel mesti mampu menyajikan harga yang berbeda dalam kurun waktu yang berlawanan. Ditambah dengan kondisi kamar berbeda dan segmen fasilitas yang berlainan.

Strategi ini juga sungguh berkaitan dengan persepsi dan harga yang dianut oleh konsumen. Sehingga pihak hotel tidak bisa seenaknya sendiri menaikan harga hotel, sebab terdapat dua macam konsumen yakni orang yang peka harga dan orang yang tidak peka harga.

Salah satu bentuk penerapan Yield Management Hotel pada masa pandemi adalah dikala banyak hotel yang digunakan untuk ISOMAN. Pada periode pandemi, kegiatan masyarakat condong terbatas alasannya adalah adanya social distancing.

Pihak hotel bisa memanfaatkan keadaan ini sesuai dengan keperluan ISOMAN penduduk . Keadaan ekonomi masyarakat yang sedang sukar sehingga harga kamar hotel pun mampu diturunkan dengan beberapa ketentuan khusus.

Apa Pentingnya Penerapan Yield Management Hotel?

Beberapa argumentasi berikut ini bisa menerangkan pentingnya penerapan Yield Management Hotel, adalah sebagai berikut :

  • Sebagai pebisnis, kamu bisa memahami segmen dan kepekaan konsumen kepada harga dan melaksanakan pembiasaan dengan angka seruan.
  • Sebagai analisis segmen yang berbeda saat menetapkan untuk meningakykan tarif hunian hotel. Hal ini bisa menciptakan kamu menarik pelanggan yang sempurna dalam waktu yang tepat pula.
  • Adanya Yield Management Hotel ini mampu menunjukkan perbandingan tentang pemasukan yang diraih dan potensi pendapatan maksimum.
  • Yield Management Hotel menjadi cara yang efektif dalam menghasilkan lebih banyak income dan inventaris.

Apa Syarat Penerapan Yield Management Hotel?

Meskipun pihak hotel bisa mengganti harga hotel semaunya kapan pun. Namun tetap ada persyaratan yang perlu diperhatikan, adalah :

1. Penggunaan Sistem Pemesanan di Muka

Dalam tata cara ini calon konsumen perlu memesan produk kamar apalagi dahulu, setelah itu pihak hotel bisa memperkirakan keseluruhan hal yang berhubungan denga pesanan. Sehingga akan meminimalkan ketidakpuasan calon pelanggan sebelum menikmati produk hotel.

2. Perubahan Angka Permintaan Hotel

Angka ajakan kamar hotel sering kali mengalami fluktuasi yang mengakibatkan harga hotel mampu berubah-ubah. Penggunaan Yield Management Hotel akan sangat terasa dampaknya.

3. Biaya Marginal Penjualan yang Turun

Biaya marginal yang menjadi rendah akan menciptakan taktik Yield Management Hotel menjadi bergerak lebih optimal. Terutama jika biaya yang dikenakan pada penjualan kamar hotel dibilang rendah. Meskipun jumlah penjualannya bertambah relative sedikit tetapi tidak akan berimbas besar pada penambahan ongkos penjualan.

4. Produk Perishable

Dalam dunia perhotelan, ketahanan sebuah kamar bisa dilihat dari perpektif waktu, sehingga kalau satu kamar tidak bisa terjual pada hari itu maka akan sukar terjual di hari berikutnya. Sehingga nilai kamar tersebut menjadi rendah.

5. Biaya Marginal Produksi Tinggi

Untuk ongkos produksi hotel memang membutuhkan biaya yang tidak murah dan cenderung tinggi. Ditambah dengan ongkos operasionalnya yang tidak bisa disingkirkan lagi.

Sehingga, pihak hotel harus bisa mengelompokan ke dalam biaya tetap atau pegeluaran konstan. Biaya tetap paling banyak tersalurkan pada faktor sumberdaya insan dan pemeliharaan.

6. Pengkategorian Pasar

Yield Management Hotel bisa dilaksanakan dengan cara penerapan langkah pengkategorian pasar. Hotel mesti mempunyai target pelanggan yang terang sehingga mampu memutuskan harga yang cocok kemampuan pelanggan.

Misalnya, pada penerapan harga kamar untuk pelanggan dengan tujuan penginapan sebab keperluan bisnis, traveling, libur santai, dan keperluan yang lain.

Apa Saja Fungsi dan Keunggulan Yield Management Hotel?

Management hotel yang dianggap sebagai kunci keberhasilan bisnis perhotelan ini niscaya mempunyai fungsi dan keunggulan untuk kemajuan perusahaan. Strategi Yield Management Hotel memiliki sifat yang dinamis dan mampu menyesuaikan perkembangan jaman.

Yield Management Hotel bersifat sementara dan sangat bergantung pada lima aspek berikut ini, yakni :

  • Calendar ialah waktu pelanggan mampu mengakses layanan tersebut.
  • Capacity yakni berapa banyak layanan kemudahan yang diperoleh pelanggan.
  • Consumer demand ialah berapa banyak permintaan produk yang diajukan pelanggan.
  • Cost ialah harga yang dipatok untuk setiap pelanggan.
  • Clock yaitu durasi layanan yang disediakan terhadap konsumen.

Kegunaan terbesar yang bisa dicicipi oleh usahawan dengan penerapan Yield Management Hotel yakni adanya kemampuan untuk memaksimalkan penjualan produk sesuai kapasitas. Perubahan ini memungkinkan peningkatan harga dikala persediaan terbatas.

Sementara dikala kapasitas produk tinggi namun seruan rendah maka pihak hotel mampu menurunkan harga pemasaran hotel. Adanya Yield Management Hotel memang sungguh menguntungkan utamanya untuk memudahkan penyesuaian pertumbuhan global.

Contoh Penerapan Yield Management Hotel

Penerapan Yield Management Hotel mempunyai tujuan untuk menciptakan laba sebesar – besarnya tanpa menghemat kepuasan konsumen. Berikut ini contoh penerapan Yield Management Hotel yang bisa kamu ikuti, yakni :

1. Penerapan Diskon Pelanggan

Penerapan diskon konsumen bisa dikerjakan dengan memberikan harga miring dengan syarat tertentu. Misalnya pihak hotel menawarkan paket menginap murah dengan akomodasi tertentu kalau menginap selama 3 hari berturut-turut.

Selain itu, pihak hotel juga bisa memberikan potongan harga yang berlaku pada waktu atau tanggal tertentu saja. Misalnya dikala malam tahun baru di tanggal 31 Desember hingga 1 Januari ataupun mampu dengan mempergunakan hari libur nasional.

2. Penyesuaian Harga Pelanggan

Harga kamar hotel bisa berubah-ubah kapanpun pihak hotel ingin merubahnya, hal ini sesuai dengan prinsip Yield Management Hotel. Perubahan harga hotel ini alasannya adalah menyesuaikan keperluan dan keadaan penduduk .

Pada isu terkini piknik, pihak hotel mampu menurunkan tarif kamar hotel ataupun menaikan harga kamar hotel. Sebaiknya, hindari untuk menaikan harga kamar hotel secara datang – datang di tamat reservasi kamar calon konsumen alasannya mampu berimbas pada opini pelanggan yang buruk.

Itulah info tentang pemahaman, fungsi, dan keunggulan dari penerapan Yield Management Hotel. Dalam pelaksanaan bisnis, penerapan seni manajemen memang harus diperlukan untuk kelancaran keberlangsungan bisnis. Yield Management bagi hotel menjadi cara yang efektif dalam mendapatkan laba optimal tanpa menurunkan tingkat kepuasan pelanggan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!