5 Cara Mulai Mencari Lowongan Kerja Jakarta

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Lowongan kerja jakarta masih jadi musim dan sering sekali kita cari di internet. Pasalnya mencari pekerjaan mampu jadi persoalan yang sungguh sulit baik bagi fresh graduate maupun veteran.

Jika Anda telah bekerja di sebuah perusahaan namun ingin berpindah ke perusahaan lain, Anda mesti terlebih dahulu menyeleksi aneka macam lowongan kerja Jakarta yang sesuai.

Itulah mengapa mendapatkan pekerjaan yang tepat mampu menjadi sebuah niatan yang kompleks dan menghabiskan banyak waktu.

Oleh alasannya itu, artikel ini akan menolong Anda mengetahui wacana proses mencari kerja, sehingga Anda segera mendapatkan pekerjaan impian.

Cara Mencari Lowongan Pekerjaan

Sekarang sehabis Anda memutuskan untuk memulai mencari pekerjaan, Anda mungkin bertanya-tanya apa langkah awal yang harus Anda lakukan.

Sebelum mengisi aplikasi dan meraih perekrut, luangkan waktu untuk memperbarui dan merencanakan beberapa profil dan dokumen. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesempatan Anda menerima pekerjaan.

1. Resume

Sebaiknya, Anda memperbaiki resume secara berkala. Perhatikanlah bahwa semua data dalam resume harus terang, ringkas dan bebas dari kesalahan ketik maupun kesalahan tata bahasa. Selanjutnya, nyatakan secara akurat pengalaman kerja Anda lengkap dengan posisi pekerjaan, tanggal, dan tanggung jawab dan hapus konten yang tidak berkaitan.

Sebelum melamar pekerjaan, hubungilah lagi rujukan yang sudah Anda cantumkan untuk memutuskan mereka masih bersedia menjamin Anda. Namun, kalau Anda tidak mempunyai referral, maka Anda bisa melewati langkah ini.

2. Surat Lamaran

Surat lamaran yang tertulis dengan baik mampu menolong Anda terlihat menonjol. Lebih dibandingkan dengan itu, surat lamaran akan menciptakan Anda terlihat sebagai individu yang berpengetahuan luas. Oleh alasannya adalah itu, surat lamaran Anda juga harus melengkapi resume Anda. Dalam artian, surat lamaran dilarang hanya menyatakan kembali informasi yang telah Anda tulis di resume.

Selanjutnya, surat lamaran yang baik akan menunjukkan konteks pada pencapaian Anda. Terlebih lagi, surat ini memang akan menjelaskan keterampilan, pengalaman, dan sasaran profesional Anda. Jadi, tentukan seluruhnya telah selaras dengan perusahaan dan keperluan pekerjaan tertentu.

Memiliki template surat lamaran mampu membantu Anda mengurus proses pencarian kerja Anda dengan lebih efisien. Namun, Anda tetap harus memodifikasinya supaya relevan untuk setiap lamaran pekerjaan. Upaya tambahan ini menunjukkan minat Anda yang lapang dada dan memajukan potensi Anda untuk menerima wawancara kerja.

bila Anda fresh graduate, coba baca teladan surat lamaran kerja fresh graduate yang pernah saya buat di website ini.

Bagaimana Cara Mencari Pekerjaan?

Setelah memperbarui resume dan surat lamaran, Anda siap untuk mulai sungguh-sungguh melamar pekerjaan. Bagian ini membahas cara menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai berdasarkan keahlian Anda dan menjelaskan pentingnya jaringan serta memakai pasar kerja.

1. Perhatikan Keterampilan Anda

Cara terbaik untuk memilih pekerjaan yaitu dengan mengidentifikasi keterampilan dan bidang kemampuan Anda dan mencari perusahaan target yang tepat. Memiliki kecocokan akan meningkatkan kesempatan Anda untuk melanjutkan ke tahap proses seleksi berikutnya. Lebih ketimbang itu, ini akan mengurangi waktu Anda dalam melakukan penelusuran kerja.

Tentu saja, punya keahlian yang bekerjasama dengan pekerjaan adalah yang utama. Namun, tentukan juga Anda punya soft skill yang mendukung. Contohnya: skill komunikasi, teamwork, produktivitas pribadi, kemauan untuk mencar ilmu, pemecahan duduk perkara, dan pengambilan keputusan yang baik.

Perlu Anda ingat bahwa Anda mesti mengerti skill diri sendiri. Refleksi diri itu penting. Meskipun Anda mungkin seorang pekerja yang teliti dengan banyak keterampilan, jikalau keterampilan Anda bukan yang diharapkan perusahaan, maka mereka tidak akan menimbang-nimbang lamaran. Menyadari kemampuan Anda adalah kesanggupan yang berharga dalam proses penelusuran kerja.

2. Rencanakan Pencarian Anda

Membuat planning strategis dapat membantu Anda tetap teratur selama berburu pekerjaan. Makara, pastikan tujuan Anda sekaligus cobalah untuk mengidentifikasi perusahaan ideal Anda.

Selanjutnya, buat daftar peran untuk mulai mencari. Sertakan tugas mirip mengumpulkan acuan atau membaca judul pekerjaan dan deskripsi pekerjaan, serta menetapkan tenggat waktu untuk setiap item.

Kemudian, kembangkan sistem untuk menganalisa penilaian Anda terhadap setiap pekerjaan dan mencatat umpan balik yang Anda terima dari manajer perekrutan. Gunakan berita ini untuk memfilter kesempatan kerja Anda dan menemukan yang paling cocok. Pertimbangkan untuk menggunakan spreadsheet untuk menertibkan pengantaran lamaran kerja dan melacak langkah selanjutnya.

3. Jangkau Jaringan Anda

Jaringan menjadi penting saat mencari pekerjaan, sebab 70% pekerjaan tidak pernah diiklankan secara resmi dan diambil oleh kandidat yang memiliki koneksi di perusahaan. Membangun jaringan Anda dikala Anda sedang mencari posisi baru mungkin akan menunjukkan hasil yang aktual.

Lebih dibandingkan dengan itu, orang-orang di jaringan profesional juga mampu memberi Anda nasihat karier yang berharga atau acuan penting yang mampu memberi Anda proposal pekerjaan yang ideal.

Saat Anda fokus di area ini, Anda dapat memperoleh banyak cara untuk memperluas jaringan profesional Anda. Jadi, fikirkan untuk menghadiri acara jejaring industri, bergabung dengan klub yang cocok dengan minat profesional Anda, atau terhubung dengan alumni dari sekolah Anda.

4. Temukan Lowongan Kerja di lokerjakarta.id

Lokerjakarta.id telah ialah suatu platform yang menampung lowongan kerja di seputar Jakarta. Anda bisa memperoleh lowongan kerja Jabodetabek, lowongan kerja hotel Jakarta, dan bahkan lowongan kerja BUMN 2022.

List lowongan kerja di sini dapat menolong Anda mengidentifikasi pekerjaan terbaik dan juga membaca perihal kemampuan yang diharapkan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang itu.

Anda tidak perlu cemas. Lokerjakarta.id tidak hanya menawarkan lowongan kerja untuk sarjana. Sebaliknya, Anda masih mampu memperoleh loker Jakarta lulusan Sekolah Menengan Atas dengan mudah. Terlebih lagi, situs yang satu ini memang menampung berbagai lowongan dengan berbagai preferensi skill dan bidang.

5. Menindaklanjuti Lamaran Kerja

Setelah mendapatkan lowongan yang cocok dengan kesanggupan, Anda mampu secepatnya mengirimkan surat lamaran. Namun, penelusuran kerja bukan selsai di situ saja. Menindaklanjuti lamaran kerja Anda secara proaktif dapat memberi Anda kelebihan dibandingkan pelamar lainnya.

Caranya gampang. Anda mampu mengirim email tindak lanjut singkat beberapa hari sesudah pengiriman lamaran. Ini ialah pandangan baru manis untuk memastikan bahwa perusahaan memang telah menerima surat lamaran Anda. Lebih daripada itu, Anda juga dapat menggunakan peluang ini untuk memperkuat kemungkinan diterima.

Jika Anda tidak mendapat kabar, rencanakan untuk mengantaremail kedua dua ahad sehabis lamaran awal. Di email kedua ini, tanyakan apakah Anda dapat menawarkan gosip lebih lanjut untuk menolong perusahaan mengambil keputusan atas lamaran Anda.

Selanjutnya, bila perusahaan belum memberikan berita kontak, dapatkan rincian manajer perekrutan atau perekrut di website perusahaan atau LinkedIn. Anda dapat menghubungi mereka. Namun, camkan untuk bersikap hormat, ringkas, dan sopan dalam semua komunikasi.

Jika Anda tidak mendapat kabar dari bisnis, mungkin ialah ide manis untuk mulai mempertimbangkan alternatif. Anda mampu mencari lowongan lain di lokerjakarta.id dan berkonsentrasi pada pekerjaan yang gres.

Kesimpulan

Mencari lowongan kerja Jakarta memang tidak gampang. Terlebih lagi, ibu kota memang punya lingkungan kerja yang kompetitif.

Kendati demikian, kesempatan kerja di Jakarta pun nyaris tanpa batas. Ada banyak sekali perusahaan yang memberikan lowongan setiap dikala. Oleh sebab itu, Anda bisa menjajal peruntungan melalui lokerjakarta.id.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!