Identifikasi 7 Faedah Jeruk Nipis Untuk Muka, Sudah Tahu?

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Jeruk nipis diketahui mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan menyegarkan bagi badan. Siapa sangka ternyata terdapat segudang faedah jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit juga. Hal tersebut alasannya adalah ada senyawa bermanfaat mirip zat besi, serat, vitamin A, dan antioksidan yang bagus di dalamnya.

Lebih lanjut, jeruk nipis juga memiliki sifat antibiotik dan disinfektan yang mampu melindungi kulit dari infeksi dan mempercepat pemulihan luka. Ingin tahu apa saja laba dari penggunaan jeruk nipis pada kulit paras ? Simak klarifikasi lengkap beserta cara menggunakannya berikut ini!

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Ada beberapa manfaat jeruk nipis yang sungguh berguna untuk mempertahankan kesehatan kulit dan menanggulangi permasalahan. Seperti flek hitam, garis halus, keriput, bengkak, hingga hiperpigmentasi pada paras . Berikut penjelasannya:

1. Melembabkan dan Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis berfungsi untuk mempertahankan kelembaban kulit semoga tetap terhidrasi dengan baik. Kamu mampu mengoleskan air perasan jeruk nipis ke wajah selama seminggu sekali untuk menangani dilema kulit kering. Selain itu, kau mampu mengonsumsinya dalam bentuk jus untuk menghidrasi kulit dari dalam.

Tak hanya itu, jeruk nipis juga bisa mencerahkan kulit wajah secara alami. Karena mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang dapat meregenerasi kulit dan menangkal kulit kusam.

2. Membantu Produksi Kolagen

Manfaat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya ialah menghambat produksi melanin dan membantu mengembangkan produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang berfungsi untuk mempertahankan kekencangan atau kekuatan kulit. Oleh alasannya itu, jeruk nipis bisa membantu menurunkan resiko keriput dan penuaan dini.

3. Mengencangkan Pori-pori Wajah

Pori-pori yang terbuka mampu menjadi persoalan pada kulit wajah. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya komedo dan bengkak yang mengusik penampilan. Oleh alasannya adalah itu, kau perlu menjaga kondisi pori-pori tampang biar lebih kencang dan tidak ada celah bagi kuman penyebab jerawat.

Jeruk nipis memiliki senyawa astringent yang dapat membantu untuk mengencangkan pori-pori muka yang terbuka. Senyawa astringent cukup efektif dalam mengencangkan otot kulit. Kandungan ini juga mampu mengurangi buatan minyak pada paras , sehingga kulit mampu menjadi lebih halus.

4. Memperbaiki Struktur Kulit

Selain mengangkat sel kulit mati, adanya kandungan antioksidan pada jeruk nipis juga mampu mengembalikan lapisan kulit yang sehat. Jeruk nipis mampu menolong proses peremajaan kulit untuk menciptakan tampang yang sehat dan cerah alami. Kamu mampu meminum segelas air hangat dan perasan jeruk nipis secara terencana di pagi hari.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat jeruk nipis untuk muka yang lain adalah mengangkat sel kulit mati. Sel kulit akan berganti setiap hari seiring dengan bertambahnya usia. Jeruk nipis sendiri memiliki kandungan asam sitrat yang mampu menolong mengangkat sel kulit mati pada tampang. 

Sehingga kau bisa mempercepat proses pergantian sel kulit mati dengan jeruk nipis. Kandungan tersebut juga mampu mencegah sel kulit lama menumpuk dan menyumbat pori-pori yang mampu menjadikan noda hitam dan infeksi di muka. 

6. Menyamarkan Noda Hitam

Noda hitam pada paras sungguh mengganggu performa dan menjadi masalah bagi sebagian orang. Noda hitam di paras lazimnya terjadi karena paparan sinar UV yang menumpuk di kulit. Penggunaan jeruk nipis untuk paras sendiri dipercaya bisa mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam tersebut.

Kandungan antioksidan tinggi akan menolong melawan efek buruk radikal bebas seperti flek hitam hingga tanda-tanda penuaan pada kulit muka. Kamu mampu mengonsumsinya secara terorganisir untuk memudarkan noda atau flek hitam sehingga kulit terlihat lebih muda dan sehat.

7. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat senantiasa menjadi persoalan yang cukup menyebalkan bagi sebagian orang. Permasalahan kulit yang satu ini lazimnya disebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Apabila kau ingin mengatasi abses supaya penampilan muka tetap mulus, maka jeruk nipis mampu jadi solusinya. 

Kamu mampu memakai air perasan jeruk nipis untuk menangkal dan menanggulangi dilema nanah. Kandungan vitamin C di dalamnya juga mampu berfungsi menertibkan minyak berlebih yang menimbulkan infeksi. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung zat antibakteri yang mampu melawan kuman penyebab jerawat.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Wajah

Setelah mengetahui manfaat jeruk nipis untuk paras , terdapat beberapa cara yang bisa kamu kerjakan untuk mengaplikasikan materi ini pada wajah. Berikut uraiannya:

  • Cara pertama, belah jeruk nipis menjadi beberapa bab. Kemudian oleskan secara eksklusif ke paras . Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Khusus untuk kulit berjerawat, kau bisa menggunakan cotton buds dan membasahinya dengan air perasan jeruk nipis. Balurkan pada jerawat atau bekas infeksi di wajah dan biarkan sekitar 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.
  • Kamu juga mampu menggunakannya sebagai masker dengan variasi materi lain. Seperti madu, mentimun, yogurt, dan putih telur. Cara aplikasinya pun sama, adalah dengan mengoleskan campuran tersebut dan mendiamkannya selama 15 menit lalu bilas.

Masker jeruk nipis ini lebih cocok dipakai untuk jenis kulit normal. Karena bisa menjadikan risiko iritasi untuk kau yang mempunyai kulit sensitif. Oleh karena itu, tidak semua jenis kulit mampu menggunakan masker jeruk nipis, apalagi untuk penderita dermatitis seboroik atau rosacea.

  • Apabila membenci mengoleskan jeruk nipis secara eksklusif di kulit, kamu mampu menerima manfaat jeruk nipis ini dengan cara mengonsumsinya. Kamu mampu mencampur perasan jeruk nipis dengan air hangat dan madu agar tidak terlalu asam.

Efek Samping Jeruk Nipis untuk Wajah

Tidak cuma kaya akan faedah bagi kesehatan kulit paras , jeruk nipis rupanya memiliki imbas samping. Jeruk nipis berpotensi membuat kulit menjadi sungguh sensitif terhadap paparan sinar matahari pada jenis kulit tertentu. Berikut efek samping yang mampu ditimbulkan oleh pemakaian jeruk nipis pada kulit tampang:

  • Penggunaan jeruk nipis yang tidak tepat bisa menyebabkan iritasi yang ditandai dengan rasa perih dan kemerahan pada kulit.
  • Konsumsi jeruk nipis juga bisa mengakibatkan gangguan pada lambung untuk seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag.
  • Jeruk nipis bisa mengakibatkan kulit menjadi sensitif apabila dipakai terlalu sering dan menjadikan rasa terbakar pada kulit muka.

Penggunaan jeruk nipis untuk wajah sebaiknya tidak lebih usang dari 15 menit. Kamu mampu secepatnya membersihkan wajah untuk menyingkir dari iritasi dari penggunaan jeruk nipis yang terlalu usang. Jika kau memperoleh rasa terbakar pada kulit sebelum 15 menit, semestinya secepatnya bersihkan wajah dengan air bersih.

Ingin Merasakan Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah?

Jeruk nipis memang memiliki faedah yang sungguh banyak untuk kesehatan kulit muka. Namun, tidak semua jenis kulit cocok untuk menggunakan jeruk nipis di wajahnya. Karena itu, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut untuk mengatasi persoalan kulit dan mencegah imbas samping jeruk nipis yang berdampak jelek pada paras .

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!