20 Gaya Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah 2023

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Tren cuilan rambut biasanya akan berubah setiap tahunnya, tergolong pada 2023 ini. Jika kamu berencana mengubah gaya rambutmu di awal tahun ini, kamu perlu mengenali informasi perihal gaya rambut laki-laki sesuai bentuk tampang di bawah. Seperti apa saja? Baca terus infonya sampai final postingan, ya, guys!

Gaya Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah yang Menjadi Tren

Tahun ini, kabarnya hairstyle yang hendak banyak digemari ialah short haircut alias rambut pendek. Lalu, gaya ini dipadukan dengan penataan yang rapi dan lebih bervolume. Minta pada hairstylist langgananmu untuk mendapatkan gaya rambut laki-laki sesuai bentuk muka idamanmu di tahun 2023 ini.

Mayoritas gaya rambut di tahun 2023 ini akan didominasi oleh variasi antara bagian rambut yang sempat menjadi trendsetter di periode lalu dengan gaya rambut kontemporer yang tampak lebih fresh. Nah, bagi kau yang ingin melakukan penyegaran pada tampilan rambut dan wajahmu, daftar 20 rekomendasi gaya rambut yang keren dan populer di bawah ini mampu jadi inspirasi kau! 

Wajah Bulat

Bagi kamu laki-laki berwajah bundar, terdapat beberapa gaya rambut trendy yang hendak mengalihkan konsentrasi persepsi orang dari bentuk tampang ke rambut. Berikut ini di antaranya:

1. Textured Top

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Gaya rambut yang satu ini yang dinilai paling multifungsi bagi para pria berwajah bundar. Tampilan smart ini cocok untuk momen apapun, dari mulai ketika pergi ke kantor hingga ke hangout santai bareng sahabat-teman.

Caranya dengan memotong pendek rambut dengan rapi, lalu bab atasnya diberikan penampilan berserakan namun bertekstur. Gaya rambut ini dijamin akan merealisasikan aneka macam dimensi dan membuat wajahmu tampil lebih tirus. 

2.  Faux Hawk

Jika kau mencari gaya rambut yang sexy untuk wajahmu yang condong berupa lingkaran, faux hawk mampu jadi opsi sempurna. Faktanya, tatanan rambut ini juga memang trendy di golongan banyak anak muda abad sekarang. Modelnya relatif spikey tetapi penuh dengan volume sehingga membuat sudut pada wajahmu tampak lebih menonjol. 

3. Curls and Bangs

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Bagi kau yang mempunyai rambut keriting alami, biarkan saja apa adanya, utamanya kalau wajahmu berupa bulat. Biarkan ikal-ikalmu di bab depan berkembang lebih panjang. Nah, nantinya poni rambutmu yang agak memanjang itu akan terlihat lebih bertekstur dan menciptakan kedua matamu menjadi sentra perhatian. Ini akan menolong wajahmu terlihat lebih lancip di bagian bawah.

Wajah Persegi

Wajah dengan bentuk persegi atau kotak sebenarnya menunjukkan kesan kepribadian yang tegas namun gaya rambut yang sempurna akan membuatnya tampil tidak kaku. Untuk itu, kau si tampang persegi bisa coba gaya rambut laki-laki sesuai bentuk muka di bawah ini.

4. Crew Cut

Gaya rambut yang satu ini sebenarnya cocok-cocok saja untuk semua bentuk tampang. Namun, jika bentuk wajahmu persegi atau kotak, crew cut akan memperbesar performa maskulin pada wajahmu. Dikenal juga dengan sebutan belahan cepak, gaya rambut satu ini sebetulnya telah menjadi tren semenjak usang. 

Crew cut disebut juga dengan tatanan rambut meruncing dengan rambut bab atas yang diiris sependek mungkin namun bab lainnya lebih pendek lagi. Gaya rambut ini sangat populer di golongan para cowok sehingga kamu mampu hampir senantiasa menemui para pria di jalan dengan pecahan rambut ini. 

5. Buzz Cut 

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Gaya rambut laki-laki sesuai bentuk paras persegi lainnya yang bisa kau unggulkan adalah buzz cut. Versi klasik dari gaya rambut ini umumnya merupakan rambut yang dipotong sungguh pendek hingga mendekati kulit. Intinya, rambutmu dicukur menyeluruh namun dengan bentuk wajahmu yang persegi, gaya rambut ini tetap akan tampak rapi dan edgy alias elegan pada kepalamu. 

Jika kamu lebih senang yang lebih terbaru, pilih saja buzz cut fade. Pada dasarnya, hairstyle ini sama dengan versi klasiknya tetapi pada sisi bagian samping kiri dan kanan kepala dibentuk lebih ‘memudar.’ Sementara, rambut bab atas diiris sedikit pendek saja. 

6. High and Tight with High Fade 

Hampir serupa tetapi tak sama dengan buzz cut, gaya rambut laki-laki yang satu ini sesuai bagi mereka yang sangat yakin diri. Jika kamu sungguh-sungguh ingin menonjolkan tampilan muka dan kepalamu, high and tight with high fade mampu menyertakan kesan penuh wibawa. 

Potongan rambut ini condong menunjukkan highlight pada tampilan rambut atas maupun belakang dengan pemangkasan yang rapi. Di bagian samping kanan dan kiri, rambut dipangkas cepak sampai di atas indera pendengaran.

Hasil pangkasan ini lah yang diketahui dengan istilah high fade. Pada poni atau rambut bagian depan, pemangkasan dibuat mirip buzz cut tetapi dengan ukuran yang sedikit lebih panjang. 

Wajah Oval

Jika kamu terlahir dengan bentuk paras oval, bersyukurlah, alasannya memilih gaya rambut tidak akan semenantang menentukan potongan rambut untuk bentuk paras lingkaran, segitiga, maupun diamond. Di bawah ini terdapat beberapa gaya rambut laki-laki sesuai bentuk wajah oval yang bisa jadi inspirasi tatanan rambutmu tahun 2023. 

7. Side Part 

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Gaya rambut side part akan memperlihatkan kesan maskulin tetapi tetap ramah pada muka ovalmu. Tingginya jambul ke arah samping dan kepingan di bagian samping akan membantu wajahmu tampak lebih panjang namun tetap menawarkan highlight pada fitur alami dari wajahmu. Hal ini akan menjadikan efek visual yang sebanding pada keseluruhan paras dan rambut. 

8. Pompadour Fade 

Kamu suka gaya rambut klasik sekaligus mewah ? Pompadour fade bisa jadi opsi yang menarik. Tatanan jambul pada rambut di bab atas ini belum lengkap tanpa sentuhan olesan pomade biar terlihat glossy dan rapi.

Jika kau mau memadukannya dengan gaya yang lebih terbaru, coba variasi pompadour fade dengan side part yang unik. Belahan rambut di bagian samping dan jambul berkilau di bab atas. 

9. Asymmetrical Haircut 

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Jika kamu lebih suka messy look alias gaya rambut awut-awutan, coba saja asymmetrical haircut. Sesuai namanya, dengan gaya ini, Sebagian besar rambut akan ditata ke satu segi dan diiris tidak merata. Di segi rambut yang lain, mampu dicukur cepak atau dirapikan saja.

Biasanya, gaya ini lebih cocok untuk rambut berombak alasannya adalah jambul dibuat asimetris dan dibiarkan berserakan. Namun, rambut lurus dan keriting juga mampu dibentuk bergaya asimetris. 

Selain cocok untuk bentuk muka oval dan rambut bergelombang, gaya rambut asimetris juga paling pas dipadankan dengan style berpakaian yang kasual namun edgy. Misalnya, t-shirt putih polos dengan celana dan jaket denim berwarna biru. Dijamin, dalam sekejap kamu akan menjadi pusat perhatian. 

Wajah Segitiga

Masih dalam daftar gaya rambut pria sesuai bentuk paras di tahun 2023, bagi kau si wajah segitiga, kau harus mengetahui sekilas isu ini terlebih dahulu. Pertama, bahwasanya terdapat dua tipe bentuk segitiga pada muka, ialah segitiga terbalik maupun yang tidak terbalik.

Ciri-ciri utama pada wajah berupa segitiga terbalik adalah muka yang memanjang dan dahi yang lebar namun kian ke bawah makin melancip, khususnya di area dagu.

Sebaliknya, wajah berbentuk segitiga yang tak terbalik ditandai oleh lebarnya ukuran mandibula (area rahang bawah) dan mengerucut hingga ke dahi. Hal ini menciptakan bentuk segitiga pada tampang tidak terlalu mencolok. Lalu, gaya rambut seperti apa yang sesuai untuk kedua tipe paras di atas? Temukan jawabannya di bawah ini.

10. Messy Fringe 

Gaya rambut messy fringe atau poni berserakan sangat sesuai untuk momen-momen kasual seperti pesta, jalan-jalan di mall, atau sekadar hangout bersama para bestie di bar. Lantas, versi rambut mirip apa yang bisa ditata ke gaya rambut ini?

Jika rambutmu tebal, wavy, dan atau sarat dengan ikal, maka messy fringe akan terlihat menarik pada wajah berbentuk segitiga terbalikmu. 

Kamu juga mampu menambahkan sedikit highlight warna yang lebih jelas pada beberapa bab dari ponimu yang acak-acakan. Hasilnya? Niscaya, semua pandangan mata akan tertuju pada tampilan barumu! 

11. Caesar Haircut 

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Gaya rambut pria sesuai bentuk paras segitiga berikutnya yaitu Caesar haircut yang klasik tetapi unik. Bagian atas rambut diiris merata di area bagian bawah pangkal dahi. Bagian samping dan belakang dicukur cepak hingga rambut terlihat sangat tipis.

Tatanan rambut ini akan terlihat lebih stylish bila dipadukan dengan model fader, undercut, dan taper. Bila perlu, tambahkan kumis dan jenggot tipis untuk memperbesar daya tarik dari bagian rambut ini. 

Seperti namanya, Caesar cut tampak mirip mengadaptasi gaya rambut para kaisar bangsa Romawi kuno. Model ini akan lebih cocok untuk mereka yang mempunyai bentuk wajah segitiga reguler alias tidak terbalik. Artinya, dagu condong terlihat seperti persegi atau kotak. Tidak heran bila gaya rambut ini akan menambah kesan karismatik dan maskulin pada wajahmu. 

12. Side Part Undercut 

Mau tampil keren dan mewah tetapi antimainstream? Minta saja kepada tukang cukur langgananmu untuk menciptakan pecahan rambut pada satu sisi kepala (side part) dan tambahkan cuilan ala undercut sempurna di sudut antara ujung potongan rambut dan pangkal dahi.

Sekadar berita, model rambut kekinian ini bisa jadi diam-diam kesuksesan malam kencan dengan pasangan maupun momen makan malam dengan semua orang, loh!

Wajah Berbentuk Hati

Bila kau yakni seorang pria bermuka dengan bentuk hati dan sedang mencari inspirasi gaya rambut kontemporer yang tepat untuk bentuk wajahmu, maka beruntunglah kamu. Di bawah ini terdapat sederet saran menawan, dari mulai penampilan old-school namun masih cool, hingga yang lebih terbaru. 

Gaya rambut pria sesuai bentuk muka hati di bawah ini terang akan membuat penampilan serta kepribadianmu makin bersinar. Bisa untuk model rambut lurus, keriting, maupun bergelombang, tak peduli seberapa pendek atau panjang rambutmu. Jadi, tunggu apa lagi? Temukan pecahan rambut paling ideal untukmu dari daftar rekomendasi di bawah ini. 

13. Comb Over 

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Gaya rambut satu ini memang terkesan antik alasannya adalah memang sudah ada istilahnya semenjak zaman dulu. Rambut yang disisir ke samping atau ke belakang dan diberi pomade biasanya memang dipakai oleh para laki-laki botak yang ingin menutupi kebotakannya. Kesan mirip itulah yang mungkin akan kau tangkap dikala pertama kali mendengar istilah “comb over.”

Namun, jangan cemas. Dewasa ini, perumpamaan “comb over” mampu juga ialah gaya vintage yang memberikan tingkatan baru pada penampilan maskulinmu. Tampilan ini pun sangat fleksibel sehingga bisa kau kombinasikan dengan beragam gaya rambut kekinian. 

Model comb over juga terbilang gampang dalam hal perawatan. Penataannya hanya memerlukan waktu kurang-lebih lima menit saja dan tanpa perawatan khusus yang mesti dilaksanakan berkali-kali. Sangat ideal bagi mereka yang berambut lurus maupun berombak, dengan rambut yang tebal atau tipis sekalipun. Juga, hairstyle ini mampu untuk bentuk muka oval selain wajah hati. 

14. Fringe Cut 

Selanjutnya, masih dalam pembahasan 20 gaya rambut pria sesuai bentuk wajah di tahun 2023, kami pilihkan fringe cut. Tatanan rambut yang terbaru ini cukup terkenal di golongan para laki-laki kurun sekarang.

Selain wujudnya yang keren dan terkenal , versi rambut pria berponi tersebut juga hadir dalam bermacam-macam tipe, di antaranya bowl cut, choppy crop, dan French crop. Jangan cemas, model ini juga cocok-cocok saja dengan semua jenis rambut. 

Ditambah lagi, dengan fringe cut, kau pun mampu mengkreasikan tekstur sendiri sembari menata rambut. Juntaian poni pada dahi juga mampu disesuaikan pendek atau panjangnya. Jika ingin tipe berponi yang unik, kamu mampu menjajal angular fringe.

Potongan poninya yang melancip di bagian tengah dan tidak simetris justru membuat tampilanmu lebih keren dan mewah . 

Untuk menata angular fringe pun relatif sungguh mudah: dengan hanya memakai wax, bentuk poni yang meruncing unik itu pun mampu tetap awet. Cobalah gunakan wax yang dapat membentuk tekstur menawan pada semua bagian rambutmu. 

15. Mid Fade with Curly Fringe 

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Potongan rambut yang satu ini sungguh-sungguh stylish sehingga sungguh layak untuk dicoba, terutama bila jenis rambutmu keriting. Potongan cepak ‘fade’ di segi kanan, kiri, dan belakang kepala, mengelilingi poni panjang keriting di bagian atas kepala akan meningkatkan ketampananmu.

Gaya mid fade ini juga mampu memberikan ilusi pada wajah heart-shaped sehingga terlihat lebih panjang dan ‘dalam.’ 

Sebagai finishing, oleskan pomade atau wax ke seluruh bab poni biar dapat menawarkan tekstur dan volume pada poni keritingmu yang unik. Setelah itu, bersiaplah untuk menjadi sasaran incaran para wanita di manapun kau berada, ya! 

16. Medium Length Textured Cut 

Bagi kamu yang mempunyai rambut agak sedikit panjang atau seleher, gaya rambut laki-laki sesuai bentuk tampang hati yang satu ini akan membuatmu tampil memesona. Untuk mendapatkan gaya rambut ini, minta tukang cukur langgananmu untuk memperlihatkan tekstur di bab atas dan pecahan pada rambut di garis leher. Sesimpel itu! 

Belum lagi, perawatannya juga dijamin antiribet. Hanya dengan memakai styling mousse atau cream, rambutmu akan tetap pada posisinya. Kedua produk perawatan rambut itu pun mampu menunjukkan efek messy look yang seksi pada tekstur di bagian atas, tengah, dan bawah rambutmu. 

Oh ya, jangan lupa, kau juga mampu tambahkan berewok seksi sebagai embel-embel gaya rambut laki-laki sesuai bentuk paras hati yang satu ini. Lantas, hati wanita mana yang akan mampu menolak daya tarik gaya rambut dan wajahmu sekarang?

Wajah Berbentuk Diamond

Para pria pemilik wajah berupa diamond (berlian) kebanyakan berwajah panjang dan tulang pipinya berskala lebar. Oleh sebab itu, justru kamu yang bermuka berlian punya banyak opsi gaya rambut, di antaranya yang mau dibahas selanjutnya: quiff, slick back, dan twist.

Ketiga versi rambut tersebut mampu menciptakan tulang pipi lebarmu terlihat lebih proporsional atau sebanding dengan bagian yang lain pada tampang. 

Sebagai suplemen informasi, ada baiknya kau menyingkir dari belahan rambut yang terlalu pendek di bab masing-masing segi kepala. Hal ini akan menciptakan pendengaran terlihat terlalu besar.

Sebaiknya, biarkan rambut tumbuh sekitar 12-15 cm supaya bagian samping kepala tidak terlihat hampa. Dengan demikian, keseluruhan wajahmu akan tampil lebih tegas dan charming. Di bawah ini yaitu beberapa ide gaya rambut pria sesuai bentuk tampang berlian:

17. Slick Back

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Tatanan rambut yang satu ini senantiasa populer di setiap zaman. Bagaimana tidak? Dengan gaya rambut ini, paras akan terkesan lebih macho dan ‘bad boy’ sekali. Tampil sederhana dengan sisiran rambut klimis ke arah belakang, hairstyle yang satu ini mampu dijalankan dengan beberapa langkah praktis, loh! Begini caranya:

Pertama, sisirlah rambutmu apalagi dulu dalam kondisi agak berair atau berair. Hindari menyisir dari arah akar rambut sebab itu mampu menariknya keluar dan menyebabkan kerontokan rambut. Sebaiknya, rambut disisir dari arah pangkal dahi ke arah kepala bab belakang. Gunakan sisir bergigi jarang biar menambah tekstur pada rambut. 

Setelah disisir, oleskan produk perawatan rambut yang tepat dengan kondisi rambutmu, seperti gel, pomade, clay, atau mousse. Tuangkan salah satu produk tersebut ke telapak tangan dan usapkan pada seluruh bab rambut secara perlahan. Lalu, sisir kembali kea rah belakang. Jangan lupa, semprotkan sedikit hairspray agar gaya rambutmu tak berganti seharian! 

18. Quiff

Model rambut quiff yang klasik ialah variasi gaya rambut pompadour, flat-top, dan mohawk. Gaya ini akan menawarkan efek tampilan garis rahang yang lebih memanjang.

Jambul di bab atas yang tidak semenonjol pada gaya pompadour berkhasiat untuk menangani penampilan dahi yang terlalu lebar pada tampang berbentuk berlian. Lengkapi penampilan menawan ini dengan berewok tipis atau scruffy look yang menarik hati! 

19. Textured Quiff

gaya rambut pria sesuai bentuk wajah

Agak berbeda dari classic quiff, gaya rambut ini lebih bertekstur. Pada quiff yang biasa, bagian sisi-segi kepala dipangkas cepak atau sekadar rapi saja dan bagian atas lebih bervolume. Sementara, pada textured quiff, pemangkasan rambut bagian atas memerlukan gunting cukur yang spesifik. Hal ini untuk meng-highlight tekstur rambut bagian atas. 

20. Twist

Terdapat beragam argumentasi sebagian pria memilih gaya rambut twist yang unik dan menarik. Sebagian orang menyebutnya gimbal yang bermakna rambut kusut dan tak terawat. Padahal, faktanya tidak demikian.

Bagi mereka yang berambut kribo (keriting kaku) dan sukar dikontrol, gaya rambut ini bisa jadi semacam terapi untuk melindungi rambut dari kekusutan. Kaprikornus, ini bukan soal style saja tetapi juga faedah agar rambut tetap terjaga kesehatannya. 

Gaya rambut pria sesuai bentuk wajah diamond yang satu ini biasanya dipraktekkan oleh laki-laki keturunan Afrika atau berkulit hitam. Namun, sebagian pria dari ras lain juga menyukai gaya rambut yang kompleks ini.

Untuk menghasilkan twist, putarlah beberapa helai rambut hasil pemilinan. Kemudian, ikat bagian ujung rambut-rambut yang telah dipilin tersebut. Sekilas rupanya mirip kepang-kepang kecil namun bantu-membantu bukan. 

Menyoal ragam gaya rambut twist, ada banyak jenisnya di luar sana. Di antaranya ialah comb twist, finger twist, 2-strand twist, 3-strand twist, flat twist hair look, twist out, dan lainnya. Kamu lebih senang yang mana?

Nah, kini kau sudah mengetahui 20 gaya rambut pria sesuai bentuk tampang yang sedang menjadi tren di tahun 2023 ini. Sebelum pergi ke salon atau barber shop, ada baiknya pelajari dahulu bentuk wajahmu untuk menyesuaikan gaya rambut mana yang paling tepat. Selamat menjajal dan bergaya!

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!