Ukuran Kertas B5 Dalam Cm Mm Inchi Pixel Dan Cara Mengaturnya

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Ada banyak pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari yang memerlukan penggunaan kertas. Dimana kertas itu sendiri memiliki aneka macam ukuran sesuai dengan penggunannya, termasuk salah satunya ialah ukuran kertas B5.

Sebagaiamana yang dimengerti, kertas seri B memiliki aneka macam ukuran yaitu B0, B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9, dan B10. Setiap jenis ukuran tersebut dapat dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan penggunanya.

Sama mirip ukuran kertas seri A atau seri yang lain, kertas seri B juga memiliki ukuran dalam sentimeter dan mampu juga dikonversi ke satuan ukuran millimeter, inchi, dan pixel.

Lalu, berapa bergotong-royong ukuran kertas B5 dalam Cm, Mm, Inchi, dan Pixel. Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Kertas B5

Kertas B5 adalah salah satu ukuran kertas seri B sesuai patokan ISO 126, dimana ukuran kertas B5 yaitu 17,6 x 25 cm atau 176 x 250 mm.

Jenis kertas B5 sering dipakai untuk kebutuhan alat percetakan oleh industri percetakan professional. Biasanya digunakan sebagai media penawaran khusus mirip pengerjaan poster dan brosur.

Pada lingkungan kerja yang lain, kertas B5 sering dimanfaatkan untuk menciptakan amplop, mencetak buku tulis, menciptakan majalah, dan keperluan yang lain.

Kertas B5 kerap diseleksi dan digunakan untuk mencetak dokumen tertentu alasannya adalah karakteristiknya yang tebal sehingga menjadikannya tidak mudah sobek.

Ukuran Kertas B5 dalam Berbagai Ukuran

ukuran kertas b5 dalam berbagai satuan

Kertas seri B sendiri sudah memiliki ukuran yang ditetapkan sesuai standar ISO 216. Namun, untuk pencetakan dokumen lewat printer perlu mengenali ukuran yang dipakai kertas B5 dalam banyak sekali satuan.

Dengan mengetahui ukuran yang digunakan dalam banyak sekali satuan, dapat mempermudah mengaturnya dalam aplikasi mirip Microsotf Word dan Excel untuk mencetak dokumen yang menggunakan kertas B5.

Berikut yaitu beberapa ukuran kertas B5 dalam berbagai satuan.

Ukuran Kertas B5 dalam Millimeter (Mm)

Berdasarkan patokan ISO 216, ukuran kertas B5 dalam millimeter ialah 176 x 250 mm, dimana panjang kertas B5 yaitu 250 mm dan lebar kertas B5 yakni 276 mm.

Ukuran Kertas B5 dalam Sentimeter (Cm)

Biasanya, penduduk di Indonesia familiar atau lebih sering memakai satuan ukuran sentimeter (cm). Olehnya itu, kalau kamu kesusahan memakai ukuran millimeter (mm) maka kamu mampu menggunakan sentimeter.

Ukuran kertas B5 dalam sentimeter yaitu 17,6 x 25 cm. Dimana panjang kertas adalah 25 cm dan lebar kertas ialah 17,6 cm.

Dalam pengaturan aplikasi, jikalau ingin memakai format kertas layout atau portrait maka ukuran tersebut tinggal dibalik dan dikontrol sesuai nilai width dan height yang ada didalam aplikasi.

Ukuran Kertas B5 dalam Inchi

Selain sentimeter dan millimeter, kamu juga mampu mengkonversi ukuran yang digunakan kertas B5 kedalam satuan inchi. Pengaturan default yang digunakan dalam sebuah aplikasi lazimnya memakai satuan inchi.

Ukuran kertas B5 kalau dikonversi dalam satuan Inchi yakni 8,94 x 6,93 in. Dimana panjangnya ialah 9,84 inchi, dan lebarnya ialah 6,93 inchi.

Ukuran Kertas B5 dalam Pixel

Untuk keperluan rancangan grafis umumnya menggunakan satuan pixel dalam mengendalikan ukuran kertas. Pixel sendiri ialah satuan digital yang digunakan dalam komputer.

Ukuran kertas ini dikelola sesuai dengan satuan pixel atau PPI (pixel per inch). PPI menunjukkan kepadatan pixel sebuah gambar atau desain grafis pada layar.

Dalam satuan pixel, kertas B5 memiliki beberapa ukuran, antara lain:

  • Kertas Ukuran B5 dengan 72 PPI mempunyai lebar 499 piksel dan panjang 709 piksel.
  • Kertas Ukuran B5 dengan 96 PPI terdiri dari lebar 665 piksel dan 945 piksel.
  • Kertas Ukuran B5 dengan 150 PPI berukuran 1040 x 1476 piksel.
  • Ukuran Kertas B5 dengan 300 PPI mempunyai lebar 2079 piksel dan 2953 piksel.

Penggunaan Kertas B5

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan kertas B5 tidak sama kertas seri A alasannya hanya dipakai untuk keperluan pencetakan dokumen tertentu.

Seperti yang kita peroleh, kertas B5 lebih sering dipakai oleh percetakan professional untuk kebutuhan percetakan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga dipakai diberbagai lingkungan kerja yang lain.

Berikut ialah beberapa penggunaan kertas B5 dalam kehidupan sehari-hari:

1. Sebagai Media untuk Promosi

Kertas B5 dibuat biar bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dimana salah satunya yakni selaku media promosi, mirip pembuatan poster dan brosur yang berskala kecil.

2. Sebagai Bahan Untuk Publikasi

Dalam dunia publikasi, kertas B5 acap kali digunakan selaku materi dasar pengerjaan majalah.  Hal itu, dikarenakan kertas B5 cukup tebal sehingga sangat cocok dijadikan bahan dasar majalah.

3. Sebagai Alat Kantor

Sedangkan dalam dunia perkantoran, kertas B5 lazimnya dipakai untuk menciptakan amplop, mencetak buku tulis, dan kebutuhan yang lain.

Cara Mengatur Kertas B5 di Word

cara mengatur ukuran kertas b5 di word

Beberapa nilai konversi ukuran yang dipakai kertas B5 yang sudah diterangkan diatas tentu dipakai sesuai dengan peruntukannya.

Misalnya, kalau kau mengaturnya lewat aplikasi Microsoft Word atau Excel maka satuan yang dipakai lazimnya yaitu Mm, Cm, dan Inchi.

Namun, diantara ketiga nilai konversi ukruan tersebut tinggal menentukan salah satu yang lebih mudah diterapkan.

Microsoft Word sendiri merupakan aplikasi yang sering dipakai untuk mencetak berbagai dokumen. Meskipun didalamnya sudah terdapat beberapa pilihan ukuran kertas, namun mesti mengetahui bagaimana cara mengaturnya.

Berikut yaitu langkah-langkah wacana cara mengontrol kertas B5 di Microsoft Word:

  • Buka aplikasi Microsoft Word di komputer kau.
  • Pilih Page Layout pada bagian tab paling atas.
  • Klik hidangan size pada bagian Page Layout.
  • Klik More Page Size pada bab paling bawah.
  • Pilih tab Paper pada Page Setup.
  • Pilih ISO B5 pada jenis ukuran kertas.
  • Jika tidak terdapat pilihan kertas B5, maka masukkan nilai pada kolom Width: 6,9 inc dan Height: 9,8 inc.
  • Jika sudah sesuai, klik tombol OK.
  • Sekarang format kertas telah menjadi ukuran B5.

Cara Mengatur Kertas B5 di Excel

Aplikasi Excel kadang-kadang digunakan untuk menciptakan dokumen yang didalamnya terdapat tabel atau pengolahan angka-angka, serta dokumen yang dijasikan dalam bentuk grafik.

Untuk mengontrol kertas B5 di Excel, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi Microsoft Excel di komputer atau laptop kau.
  • Pilih hidangan Page Layout dibagian paling atas.
  • Klik sajian Size.
  • Scroll kebawah lalu cari ISO B5.
  • Pilih ukuran kertas ISO B5.
  • Jika tidak terdapat pilihan kertas B5, pilih More Page Size dibagian paling  bawah.
  • Klik tombol Options.
  • Lalu atur jadi User Defined atau Custome Sizes.
  • Selanjutnya, masukkan nilai ukuran konversi kertas B5.
  • Jika sudah klik OK.
  • Sekarang telah berubah menjadi kertas ukuran B5.
  • Selesai.

Cara Mengatur Kertas B5 di Photoshop

Photoshop ialah salah satu aplikasi editor photo yang sering di pakai untuk merancang. Salah satu jenis kertas yang kerap digunakan dalam mendesain ialah kertas ukuran B5.

Untuk mengatur kertas B5 di Photoshop dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Photoshop
  • Klik menu File, lalu pilih New.
  • Pilih Custom pada bab Preset.
  • Pilih satuan pixels.
  • Masukkan nilai Width 2079 pixel dan Height 2953 pixel.
  • Masukkan angka 300 pada nilai resolusi dan pilih satuan pixels/inch.
  • Terakhir, klik tombol OK.

Kesimpulan

Ukuran kertas B5 sering dipakai percetakan professional selaku bahan media penawaran khusus dan pengerjaan majalah. Selain itu, kertas B5 juga sering dipakai dikantor untuk membuat amplop dan mencetak buku tulis.

Untuk kebutuhan pencetakan dokumen tertentu, ukuran yang digunakan kertas B5 mampu dikonversi ke aneka macam ukuran seperti Cm, Mm, Inchi, dan Pixel.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!