Pantai Tirang: Hal Menarik, Lokasi, Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Semarang mungkin memang masih kurang begitu populer dengan wisata pantainya. Namun, di Semarang terdapat pantai yang masih sepi dan memiliki banyak hal menawan yang mampu kamu dapatkan di sana. Pantai Tirang, itulah nama dari pantai tersebut. Berikut pembahasan lengkap mengenai salah satu pantai di Semarang ini!

Hal Menarik di Pantai Tirang

Ada banyak hal menarik yang mampu kau peroleh di salah satu pantai yang berada di Semarang ini, antara lain:

1. Suasana Pantai yang Tenang

travelspromo.com

Ombak yang hening menjadi hal menawan yang mampu kamu peroleh di pantai ini. Arus ombak yang tidak terlampau besar lengan berkuasa membuat pantai ini sungguh kondusif untuk kau kunjungi. Baik periode bepergian sendirian maupun bareng dengan keluarga tercinta.

Selain arus ombaknya yang tenang, suasana tenteram bisa kamu peroleh berkat air bahari yang jernih. Hanya saja air laut itu tidak memiliki gradasi sebab memang pasir di sana yang berwarna hitam. Tidak cuma itu, angin sepoi-sepoi yang berhembus di Pantai Tirang menambah rasa tenteram yang sesuai untuk melepas rasa lelah.

Kemudian alasannya belum begitu terkenal, kau juga tidak perlu khawatir akan berdesak-desakan di sini. Suasana sepi di pantai ini sangat cocok untuk kau yang ingin mendapatkan suasana baru sehabis lelah dengan suasana ramai di perkotaan.

2. Cocok untuk Berburu Sunrise

Ingin menikmati udara sejuk dan panorama pagi di pantai? Berkunjunglah ke Pantai Tirang di jam 6 pagi. Kamu akan menemukan suasana sejuk yang sangat tenteram dan sungguh segar. 

Dengan suasana mirip itu, kau mampu menikmati indahnya pantai ini sambil melaksanakan aktivitas jogging di daratan pasir yang cukup padat.

Sambil melakukan jogging di pantai, kamu akan menemukan sunrise yang sangat indah di ujung pantai. Selain itu, kau juga bisa melaksanakan eksplorasi susur pantai dari ujung satu ke ujung yang lain. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak spot foto situasi pantai yang anggun di pagi hari.

Inilah yang membuat banyak wisatawan merasa nyaman berkunjung di salah satu Pantai Tirang dalam waktu yang lama.

3. Bisa Bermain Pasir Hitam

itrip.id

Pasir hitam yang memiliki tekstur lebih padat sangat sesuai bagi kau yang suka bermain pasir di pantai. Di Pantai Tirang ini, kamu mampu membiarkan belum dewasa bermain pasir hitam sepuas mereka. Anak-anak juga bisa menyebarkan khayalan mereka dengan berkreasi memakai pasir hitam itu.

Selain bisa berkreasi dengan pasir hitam, anak-anak juga mampu melakukan keseruan lain mirip mengumpulkan cangkang kerang. Hal semacam ini akan menawarkan pengalaman tersendiri terhadap anak. Cangkang kerang tersebut boleh untuk kau bawa pulang selaku kenang-kenangan ataupun mengolahnya menjadi karya seni.

Kemudian, pasir hitam juga mampu memberikan kesan tersendiri di pantai ini. Apalagi jikalau kau sudah sudah biasa dengan pantai dengan pasir putih dan belum pernah ke pantai dengan pasir hitam.

4. Suasana Sore di Pantai yang Nyaman

pesisir.net

Tidak hanya pagi hari, Pantai Tirang juga bisa menawarkan situasi yang nyaman di sore hari. Jika di pagi hari kau bisa mendapatkan sunrise, maka di sore hari kau mampu menikmati sunset dengan deburan ombak yang damai. Suasana tersebut bisa membuat perasaan rileks dan juga santai.

Pemandangan sunset di sini mampu kau dapatkan lengkap dengan siluet kapal yang tampakdari kejauhan. Selain itu, matahari yang tenggelam di ujung pantai bisa kau nikmati secara perlahan dan dengan damai. Kemudian hal unik yang lazimnya ada di pantai ini di waktu sore hari ialah panorama pesawat. 

Karena mempunyai lokasi erat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang yang lama, kamu mampu menerima momen di mana pesawat sedang lepas landas maupun sedang melaksanakan pendaratan. Hal semacam ini sungguh jarang bisa kamu temukan di pantai-pantai lain.

5. Tersedia Spot Memancing

jadwaltravel.com

Memiliki kegemaran memancing di kawasan sekitar rumah? Cobalah memancing di Pantai Tirang! Kamu mampu melakukan hobi tersebut di pantai ini tentunya dengan situasi baru yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya.

Pantai di Semarang ini menawarkan spot memancing bagi kau yang gemar memancing. Spot yang menjadi favorit para pemancing ini berada di anjungan yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali ikan maritim mulai dari mujair, kakap putih, belanak, sampai ikan sembilan.

Selain itu, kau juga mampu memperoleh daerah penangkaran udang dan juga ikan Bandeng. Hanya saja, pelancong tidak boleh asal-asalan memancing di sini. Kamu sebagai pelancong hanya boleh menyaksikan daerah penangkaran dari kejauhan saja.

6. Terdapat Kawasan Hutan Mangrove

jejakpiknik.com

Hal unik dan mempesona lain yang cuma bisa kau peroleh di Pantai Tirang yakni wisata susur hutan bakau. Hutan bakau atau mangrove yang berada di pantai ini bisa kamu susuri dengan menyewa perahu kecil. Biasanya di sekeliling pantai akan kau temukan jasa sewa perahu seperti ini.

Kamu bisa bebas berkeliling di hutan tersebut. Tentunya kau juga mampu meminta pemandu penduduk setempat untuk membantumu menyusuri tempat sekitar hutan bakau. Dengan begitu, kau tidak perlu khawatir kalau kamu tidak mengerti medan di sekitar daerah tersebut.

Di hutan mangrove itu, kamu mampu menemukan berbagai satwa yang berhabitat di sana. Mulai dari banyak sekali jenis ikan bahkan burung-burung yang saling bersahutan. Pastinya akan memperbesar pengalaman tersendiri era berlibur ke pantai ini.

7. Fasilitas Pantai yang Memadai

Terkait kemudahan yang tersedia, kamu tidak perlu cemas. Karena di pantai ini telah ada fasilitas yang mencukupi. Terdapat toilet di kawasan pantai yang juga lengkap dengan kamar mandi bilasnya. Selain itu, juga terdapat warung-warung yang telah siap menawarkan keperluan saat kamu memerlukannya.

Warung-warung di sekeliling pantai itu menyediakan berbagai kebutuhan. Mulai dari masakan berat sampai makanan ringan selaku camilan untuk menikmati situasi pantai. Selain itu, warung-warung di sini juga menawarkan minuman, tisu, dan kebutuhan lainnya. 

Kemudian fasilitas lain yang juga bisa kau dapatkan di sekitar pantai yakni area parkir dan juga gazebo.

8. Spot Foto yang Cantik

Suka mengabadikan momen saat pergi liburan? Atau ingin mencari spot foto menarik dengan latar belakang situasi pantai? Pantai Tirang menjadi tempat yang sangat wajib untuk kamu coba!

Pihak pengurus pantai sendiri menawarkan spot foto yang memang ditujukan untuk tempat wisatawan mengabadikan momen piknik di pantai ini. Kamu bisa mengambil foto dengan latar belakang sunrise maupun sunset di sini. Lengkap dengan ombak pantai yang damai dan indah.

Selain itu, juga terdapat gazebo warna-warni yang memang menjadi spot foto andalan di sini. Untuk gazebo sendiri terdapat tarif yang harus kau bayarkan. Cukup siapkan duit Rp10 ribuan saja untuk menyewa satu gazebo di pantai ini. 

Lokasi Pantai Tirang

Mulai terpesona untuk berkunjung ke Pantai Tirang? Untuk berkunjung ke pantai ini, kau harus menempuh jarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Semarang. Kurang lebih memerlukan waktu 30 menit apabila kau menggunakan kendaraan bermotor.

Disarankan untuk menggunakan sepeda motor ketika berkunjung ke sini. Sebab, jalan masuk jalannya masih terlalu berbatu dan cukup sempit jika kamu menggunakan mobil. Selain itu, bila tetap ingin menggunakan mobil, kau mesti berlangsung kaki sekitar 500 meter untuk sampai di pantai ini.

Lokasinya sendiri berada di Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Tirang

Saat berkunjung ke pantai ini, kamu mesti menyiapkan duit kecil untuk ongkos tiketnya. Biaya tiket masuk cuma sebesar Rp5.000,00 saja. Sedangkan untuk tarif parkirnya Rp3.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Kemudian untuk jam operasional dari pantai ini ialah 24 jam. Kaprikornus, kau bebas berkunjung kapanpun ke pantai ini. Hanya saja, lazimnya pantai ini ramai di pagi dan sore hari. Sedangkan di malam hari tidak ada hadirin sama sekali.

Tertarik untuk Berkunjung ke Pantai Tirang?

Jika kau berkunjung ke pantai ini, tentukan untuk merawat keadaan pantai. Jangan membuang sampah asal pilih dan juga jangan mencemari lingkungan pantai semoga pantai mampu tetap elok dan indah untuk dinikmati banyak orang!

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!