Pantai Pangasan Htm, Rute, Foto Dan Ulasan Pengunjung

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Menghabiskan waktu berlibur di alam adalah hal yang menggembirakan dan juga membuat fikiran jauh lebih rileks. Pantai yaitu daerah alam yang cocok untuk merilekskan diri. Salah satu pantai yang indah dan sungguh populer di kota Pacitan adalah Pantai Pangasan. Berikut beberapa ulasan menawan tentang pantai satu ini!

Pesona Pantai Pangasan, Surga di Kabupaten Pacitan

Umumnya, suatu pantai akan selalu memiliki pasir, tetapi tidak dengan rekreasi alam Pacitan ini yang tepinya yaitu hamparan sawah hijau dan luas. Tak hanya itu, pantai ini juga mempunyai banyak pesona yang lain. Berikut ini yakni daya tarik Pangasan Beach yang perlu kamu pahami sebelum menetapkan untuk berkunjung:

1. Memiliki Banyak Batu Karang Indah

Pantai Pangasan dikenal dengan pesona kerikil karangnya yang memang berjumlah sungguh banyak dan indah. Hal inilah yang membuatnya mempunyai nama Pangasan, di mana artinya yaitu ‘batu karang’. Karena nama tersebut merepresentasikan keindahan alam yang terdapat di pantai Pacitan ini. 

Keindahan alam yang dimaksud yakni banyaknya jajaran kerikil karang yang terletak di tepi pantai. Tentu saja, hal ini menawarkan panorama tak umumdibandingkan pantai yang lain.

2. Dikelilingi Area Sawah dan Hutan

Apa balasannya jika pesona keindahan alam lautan dan daratan menjadi satu? Tentu saja akan menjadi keindahan alam yang tiada duanya. Beruntungnya, keindahan alam tersebut bisa kamu dapatkan di Pangasan Beach. Karena Pantai Pacitan ini dikelilingi oleh hamparan sawah luas yang indah serta hutan yang rindang.

Karena itu, kalau umumnya pantai memiliki suasana panas yang terik, maka pantai ini cenderung sejuk. Sehingga kamu akan betah berlama-usang di sini. Terdapat juga gubuk kecil di tengah sawah, tempat yang sangat cocok untuk menikmati keindahan pantai manis ini.

3. Pesona Tebing Gunung Lanang yang Indah

Salah satu hal yang paling mencolokdari Pantai Pangasan yakni tebing tinggi menjulangnya. Ketika kamu melihat gambar atau berkunjung ke pantai ini, mata kamu niscaya pribadi tertuju pada kerikil atau tebing besar yang berada di ujung pantai. 

Hal tersebut memang menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh pantai Pacitan dan tidak akan kamu peroleh di pantai lainnya. Tebing besar tersebut memiliki nama Tebing Lanang. 

Biasanya, tebing ini sering kali dijadikan sebagai objek foto yang indah oleh para pengunjung. Tebing lanang juga ditumbuhi beberapa tanaman hijau pada bab atas, sehingga menampakkan kesan yang indah dan asri.

4. Perjalanan Menantang Menuju Lokasi

Pantai Pacitan ini bergotong-royong mempunyai susukan perjalanan yang cukup baik dan tidak terjal. Sehingga dapat kau jalan masuk dengan gampang. Namun, agar dapat menuju lokasi pantainya, kau mesti berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 km dari lokasi masuk awal.

Tapi jangan khawatir, alasannya selama berjalan kaki kamu akan dihidangkan pemandangan hamparan sawah yang luas serta hutan yang rindang. Sehingga walaupun harus melalui perjalanan jauh tidak akan terasa letih. Perjalanan panjang akan terbayar tuntas dengan pesona pantai yang indah. 

5. Dikelola oleh Pokdarwis Setempat

Pengelola kawasan rekreasi alam mempunyai peran yang sungguh penting, alasannya menyangkut akan kelestarian lokasi wisata tersebut. Beberapa tempat rekreasi alam umumnya dikelola oleh pemerintah setempat. Namun, untuk Pantai Pangasan sendiri dikontrol eksklusif oleh Pokdarwis lokal.

Pokdarwis sendiri merupakan akronim dari Kelompok Sadar Wisata yang lazimnya terdapat di setiap desa atau kelurahan. Oleh sebab itu, mampu ditentukan kelestarian alam di pantai satu ini sungguh terjamin. Karena berada di tangan orang-orang yang memang mencintai alam.

Harga Tiket Masuk 

Agar menikmati keindahan alam yang luar biasa di Pantai Pangasan ini, tentunya tidak gratis. Kamu mesti membayar tiket masuk menuju ke area pantai. Meskipun tidak gratis, namun harga tiket masuk pantai satu ini juga sama sekali tidak mahal. Justru sungguh terjangkau, adalah sekitar Rp5.000,00 saja setiap orang.

Hanya dengan membayar harga tiket yang murah, kamu sudah mampu menikmati pesona keindahan alam di pantai Pacitan ini. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa fasilitas biasa seperti toilet, mushola, sampai rumah makan seafood yang mampu mengobati rasa laparmu selama perjalanan.

Selain harga tiket masuk, kamu juga perlu membayar ongkos parkir kendaraan kalau menjinjing kendaraan eksklusif. Biaya parkir yakni sekitar Rp2.000,00 sampai Rp10.000,00 tergantung pada jenis kendaraan kamu. Walaupun jauh dari pintu masuk, kendaraan kau dipastikan akan terjamin keamanannya.

Rute Menuju Pantai 

Pantai Pangasan sendiri yakni suatu pesona alam yang indah dan terletak di Kabupaten Pacitan. Tepatnya berada di Desa Kalipelus, Dusun Batulapak, Kebonagung, Pacitan. 

Meskipun pantai ini memang telah sangat terkenal. Namun, terkadang masih ada beberapa orang yang bingung bagaimana cara menuju ke pantai anggun satu ini. Jika kau sudah berada di kota Pacitan, maka rute yang kamu ambil cukup gampang.

Kamu mampu berjalan menuju ke arah fly over Gayam dan terus ikuti ruas jalan utama. Terus berlangsung lurus hingga kau menemukan gapura atau pintu masuk Desa Klesem. Selanjutnya, kamu mesti tetap berada di jalur utama jalan raya dan terus berjalan lurus.

Lalu, kamu akan memasuki Desa Kalipelus. Terdapat pertigaan jalan yang terletak tepat di depan balai Desa Kalipelus. Dari sana kamu mampu mengambil arah belok ke kiri, lurus terus hingga menemukan jalan menurun. 

Di jalanan ini, semestinya kamu lebih waspada alasannya adalah turunannya yang bisa berbahaya terutama ketika musim hujan. Setelah itu, ikuti terus jalan utama sampai menemukan pertigaan kedua dan kamu mampu mengambil arah belok kiri. 

Tetap berada di ruas jalan utama, lalu belok kanan di belokan pertama. Nah, kamu kesannya akan memperoleh jalan setapak. Mulai dari jalan ini, kamu harus memarkirkan kendaraan di tempat yang sudah tersedia.  Karena supaya dapat hingga di pantai, kau mesti berlangsung kaki mengikuti jalan setapak.

Foto Pantai Pangasan

Tidak lengkap rasanya kalau bercerita ihwal pesona keindahan alam tanpa melihat visualisasinya secara pribadi. Berikut ini ialah beberapa foto dari Pantai Pacitan yang berhasil diabadikan beberapa pengunjung.

1. Pemandangan Sawah Menuju Pantai

pantai pangasan
native indonesia

Hamparan sawah yang luas dengan jalan setapak yang menantang akan menemani perjalananmu menuju ke bibir pantai ini. Pemandangan unik ini niscaya akan sungguh memanjakan mata.

2. Deburan Ombak dan Batu Karang

pantai pangasan
native indonesia

Deburan ombak yang tidak terlalu besar, serta kerikil karang yang besar dan indah akan menyambutmu dikala sampai di lokasi pantai. Pemandangan ini pasti membuatmu nyaman dan rileks serta betah berlama-lama di sini.

3. Tebing dengan Tumbuhan Hijau

pantai pangasan
native indonesia

Pemandangan yang diambil dari sisi seberang Pantai Pangasan juga tak kalah indah. Karena ternyata pantai ini juga menghadirkan tebing yang cantik yang ditumbuhi oleh tumbuhan hijau nan asri.

4. Pemandangan Sunset

pantai pangasan
idntimes

Pantai selalu identik dengan sunset, begitu juga dengan pantai satu ini. Menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset sembari bermalas-malasan di gubuk yang berada di tengah sawah akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bagi kamu.

5. Objek Foto Artistik

pantai pangasan
rekreasi isu

Destinasi ini sangat sesuai bagi kamu para penggemar fotografi. Karena pantai Pacitan ini menghidangkan banyak sekali objek foto yang sungguh luar biasa indah dan memiliki nilai artistik tinggi.

Ulasan Menarik Pengunjung

Selain membayangkan pribadi bagaimana situasi yang ada di Pantai Pangasan, kau mampu membaca beberapa ulasan menarik yang tertulis pada laman Google oleh beberapa orang yang telah berkunjung ke sana. Berikut yaitu beberapa di antaranya:

  • Vega Marinda menyampaikan bahwa, “Pantai yang berjarak sekitar kurang lebih 40 menit dari sentra kabupaten Pacitan ini sangat elok. Untuk menuju ke lokasi termasuk cukup sulit sebab mendekati destinasi tujuan jalannya belum beraspal.”
  • Dzanisa Nada mengatakan bahwa, “Jangan mengikuti aba-aba peta online alasannya adalah akan tersesat. Lebih baik mengajukan pertanyaan pada warga setempat dikala sudah bersahabat dengan lokasi. Hati-hati saat ekspresi dominan hujan alasannya jalanan licin.”
  • Yustitia Ria Andrini menyampaikan bahwa, “Berkunjung ke pantai ini seakan berkunjung ke private beach. Karena masih sungguh sepi dan belum banyak hadirin. Jalanan yang ekstrim akan sepenuhnya terbayar dengan pemandangan yang indah.”

Ayo, Nikmati Liburan dan Refreshing di Pantai Pangasan!

Berikut tadi ialah ulasan menarik ihwal Pantai Pangasan yang terletak di Kabupaten Pacitan. Sebelum memutuskan untuk datang, semestinya kau memilih dikala cuaca sedang cerah, ya. Dijamin kamu tidak akan menyesal untuk menghabiskan liburan di pantai Pacitan ini. Yuk, secepatnya atur perjalananmu!

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!