Pantai Menganti: Daya Tarik, Rute, Dan Update Harga Tiket Masuk Modern

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Liburan sudah datang dan apakah kamu sudah mempunyai planning untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang-orang terdekat yang lain? Jika belum ada, salah satu destinasi wisata menawan yang pantas untuk kamu pertimbangkan adalah Pantai Menganti. 

Dari namanya tentu sudah bisa kamu tebak bahwa daerah ini merupakan rekreasi alam yang memanjakan mata dengan keindahan pantainya. Sebenarnya, ada fakta yang perlu kamu pahami wacana Menganti. Menurut beberapa sumber, pantai ini digadang-gadang mempunyai keindahan yang setara dengan pantai-pantai di Bali.

Terdengar sungguh mempesona, bukan? Bahkan mungkin, pengalaman berbeda akan kau dapatkan di sini. Karena Menganti tidak hanya menghidangkan pemandangan alam yang indah saja. Namun. juga beberapa wahana permainan bisa kau nikmati selama berada di tempat ini. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Daya Tarik Pantai Menganti yang Memukau

Pantai Menganti mempunyai pesona yang hebat. Dijamin kau tidak akan bosan walaupun berlama-lama berada di sekitaran pantai. Ingin tahu apa saja daya tariknya sehingga mampu menciptakan orang terpikat? Berikut yaitu penjelasan lengkapnya:

1. Panorama Keindahan Alam

pantai menganti
blog.tiket.com

Merdunya suara deburan ombak akan menjadi sambutan pertama untuk para pelancong dikala menginjakkan kakinya di pantai ini. Cantiknya panorama ombak dengan kombinasi biru bau tanah di bab tengah lautan dan makin biru kehijauan di bersahabat pesisir. 

Sehingga membuat mata tidak akan rela untuk sekedar mengalihkan pandangan. Memang inilah yang menjadi ciri khas dari pemandangan pantai satu ini. Kawasan yang alami dengan lautan jernih bergradasi seolah melengkapi panorama tersebut. 

Keindahan ini juga makin terlihat alasannya adalah di sekitarpantai terdapat bukit-bukit asri dan hijau dengan pohon-pohon yang terlihat subur dan segar. Perpaduan antara birunya bahari dengan hijaunya bukit seolah menjadi bukti konkret bahwa pantai ini menyimpan panorama yang tidak mampu kamu lewatkan. 

Karena banyaknya tanaman inilah yang menjadi argumentasi kenapa di sekeliling destinasi ini begitu sejuk. Cocok untuk kau yang sekedar ingin menjernihkan fikiran dari rutinitas yang menjemukan.

2. Bersantai di Atas Bukit Sigatel

pantai menganti
zonekebumen

Sudah dijelaskan tadi bahwa di sekeliling Pantai Menganti terdapat bukit-bukit yang mengelilinginya. Akan tetapi, ada satu bukit yang sering menjadi kawasan singgah untuk turis. 

Namanya ialah bukit Sigatel yang lokasinya tidak jauh dari pantai dan tidak terlalu terjal serta tinggi untuk mampu dijangkau. Di sekitar bukit ini ada beberapa pondok kecil yang mampu kamu gunakan untuk bersantai. 

Melalui ketinggian ini kau bisa lebih leluasa menikmati indahnya pantai Jawa Tengah satu ini tanpa harus cemas terkena paparan sinar matahari secara langsung. Menariknya, pondok atau gazebo yang tersedia bisa digunakan secara gratis alias tidak ada tarifnya.

3. Menikmati Pemandangan Senja di Tanjung Karangbata

pantai menganti
jatengtravelguide

Spot lain yang menjadi pesona utama dari Menganti Beach yakni Tanjung Karangbata yang terletak di bersahabat pantai dan berbatasan eksklusif dengan bahari. Tanjung Karangbata ialah batu karang yang mempunyai ukuran cukup besar dan berupa rapi mirip dibangun menggunakan batu bata.

Inilah yang melatarbelakangi penduduk menyebutnya sebagai Tanjung Karangbata. Umumnya, pelancong banyak yang singgah di sini untuk sekedar berfoto. Namun sayang bukan jika kau hanya mengambil gambar saja. Tunggulah sejenak dan nikmati indahnya senja atau terbenamnya matahari dari sini. 

Keindahan tersebut tidak mampu kamu nikmati dua kali dengan bebas. Kamu juga tidak perlu takut ombak ganas, alasannya adalah dikala sore hari lautan di pantai ini cukup damai. Belum lagi keindahan akan kian terlihat sebab perahu-perahu nelayan yang hilir mudik di lautan. Momen ini sangat cocok kamu nikmati bersama orang tersayang.

4. Jembatan Merah Menjadi Spot Foto Menarik

pantai menganti
travelspromo

Pantai Menganti juga mempunyai jembatan merah sebagai daya tariknya. Kenapa disebut dengan jembatan merah? Karena jembatan ini berwarna merah. Jembatan ini juga memakai materi utama kayu yang tersusun begitu rapi dengan posisi memanjang.

Serta menghubungkan antara satu kawasan ke daerah lain, sehingga membuatnya banyak menyita perhatian. Saat melintasi jembatan ini kau akan menemukan area karang di bawahnya dengan genangan air jika waktunya air laut pasang. 

Ada dua cabang yang ada di jembatan ini, di mana kedua ujungnya akan mengarahkan turis ke arah lautan yang luas. Kamu mampu berfoto di atas jembatan merah dengan latar belakang lautan dan juga langit yang cerah. 

Meskipun jembatan ini cuma terbuat dari kayu, tetapi bisa memuat banyak orang sekaligus. Karena berpengaruh dan tentunya mempunyai ukuran yang panjang.

5. Wahana Balon Udara dan Sepeda Gantung

pantai menganti
piknikwisata

Rasanya pesona pantai satu ini memang tidak ada habisnya. Buktinya kamu masih mampu menjajal wahana yang cukup ekstrim namun seru, ialah menaiki balon udara dan sepeda gantung. Selama berada di balon udara kamu mampu menikmati panorama pantai yang indah.

Laut, perbukitan, perahu nelayan, warung-warung yang berjejer, hingga luasnya pasir putih akan menciptakan kamu terpukau seketika. Jangan lupa untuk menjinjing kamera jikalau berencana naik balon udara. Selain itu, kau mampu menjajal mengendarai sepeda gantung.

Kamu akan menaiki sepeda di ketinggian dengan keamanan yang terjamin. Nantinya, kamu cuma perlu mengayuh sepeda tersebut dari satu sisi ke sisi yang lain sambil berfoto. Hanya saja, agar bisa menikmati kedua wahana ini kau mesti mengeluarkan uang lagi. Artinya tidak harga wahana terpisah dengan ongkos tiket masuknya.

6. Tebing Keteb Widadari dan Lembah Menguneng

pantai menganti
superlive

Tebing yang memiliki bentuk menjulang tinggi ini kadang-kadang menjadi spot untuk mengambil gambar yang mempesona bagi turis. Bahkan daerah ini kerap menjadi spot favorit yang ada di Menganti Beach. Dari ketinggian tebing kamu mampu menyaksikan bagaimana luasnya Menganti sambil mengambil gambar objek secara leluasa.

Belum lagi semilirnya angin yang menerpa wajah seolah berkomunikasi denganmu. Itu menjadi kesenangan tersendiri, mengenang di kehidupan kota kamu belum pasti memperoleh kesegaran ini. Tak ada bedanya dengan Tebing Keteb Widadari, sebab Lembah Menguneng juga menjadi titik yang paling banyak digemari pelancong.

Pemandangan alam lautan juga matahari yang terbenam atau terbit seolah menjadi keindahan alam yang faktual dan tidak mudah dilupakan. Karena itu, jangan melupakan kedua spot terbaik di Menganti jikalau sudah berada di sana. Ajak orang terdekat untuk mengambil gambar demi membuat kenangan yang indah.

Rute Paling Mudah Menuju Pantai Menganti

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Jika dari sentra kota, lokasinya terletak sekitar 40 km dan kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam biar mampu sampai disana. Agar mampu menuju ke kawasan wisata ini ada dua rute yang mampu kamu tempuh.

Pertama, kamu bisa mengambil jalur Kebumen Pertanahan. Kemudian terus menuju Puring, Karangbolong dan terakhir Menganti. Kedua, dari Kebumen kau mampu menuju ke Gombong, lalu lanjutkan perjalanan ke Jatijajar. 

Meskipun rute yang kamu ambil berbeda tetapi waktu yang diperlukan tetap sama, yakni sekitar 1 jam perjalanan. Kendati demikian sebelum berangkat silahkan cek kepadatan kemudian lintas terlebih dahulu. 

Biasanya, di hari-hari lazimperjalanan bisa lebih tanpa kendala. Namun, kalau weekend atau hari khusus maka waktu tempuh mampu lebih lama dari perkiraan. Sepanjang perjalanan kau akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang luas dan hijau. 

Ada pula jalan dengan belokan yang tajam seolah membelah hijaunya perbukitan, di mana nanti tujuan pemberhentian dari jalan tersebut ialah desa Karangduwur.

Harga Tiket Masuk Terbaru Pantai Menganti

Setelah mengenali isu perihal pesona dan rute menuju pantai, sekarang saatnya kamu harus tahu kisaran biaya tiket masuk ke tempat rekreasi ini. Nah, untuk harga tiket masuknya sendiri adalah Rp10.000 per orang. 

Sementara untuk biaya lain seperti shuttle bus Rp15.000,00. Lalu, untuk wahana sepeda gantung Rp20.000,00. Sedangkan wahana balon udara ialah Rp15.000,00. Sangat terjangkau jikalau kamu bandingkan dengan keindahan alam mempesona yang akan kau nikmati nantinya.

Tertarik Liburan ke Pantai Menganti Kebumen?

Itulah ulasan perihal keindahan Pantai Menganti, beserta rute dan harga tiket masuknya. Melalui isu ini, kamu mampu mulai menimbang-nimbang waktu dan budget untuk berkunjung ke pantai Kebumen ini. Jangan lupa untuk mengajak keluarga supaya bisa bersenang-senang bareng menikmati keindahan pantai, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!