Apa Itu City Ledger Di Perhotelan? Simak Pemahaman Dan Fungsinya

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Ketika Anda memesan kamar hotel, tentunya ada banyak pilihan tata cara pembayaran yang mampu dipilih. Akan namun, masih banyak orang yang belum mengetahui macam-macam metode pembayaran. Salah satu sistem yang cukup terkenal di dunia perhotelan ialah City Ledger.

Metode yang satu ini cukup banyak dipakai saat memesan kamar hotel. hal tersebut dikarenakan metode pembayaran tersebut sungguh kondusif dan simpel. Kaprikornus, tidak heran jikalau tata cara ini sudah mulai banyak dikenal masyarakat luas, baik luar negeri atau dalam negeri.

Jika Anda kepincut untuk mengetahui lebih rinci mengenai sistem pembayaran City Ledger. Penjelasan ini sungguh penting untuk dikenali banyak orang. Meskipun tata cara pembayaran ini sudah banyak dimengerti banyak orang. Akan tetapi masih gundah maksud dari City Ledger.

Apa Itu City Ledger?

Seperti yang dimengerti bahwa tata cara kumpulan rekening tamu merupakan salah satu metode dalam reservasi kamar hotel.

Jika Anda memilih metode yang satu ini, tentu ada banyak keuntungan yang bisa ditemukan. Maka dari itu, penting bagi siapa pun mengetahuinya.

Lebih lanjut berikut ini merupakan penjelasan sistem kumpulan rekening tamu beserta dengan fungsinya. Mau tahu penjelasan lebih lengkapnya? Yuk, simak ulasan secara rinci berikut ini!

1. Definisi

Secara bahasa metode yang satu ini mempunyai arti kumpulan rekening buku tamu. Akan namun, dalam arti luas menerangkan tata cara mengeluarkan uang hotel ketika tamu sudah check out. Hal tersebut alasannya tamu tersebut sudah menjadi pelanggan di hotel yang ditempatinya.

Selain klarifikasi tersebut, pemahaman City Ledger juga dapat didefinisikan selaku pembayaran yang dijalankan oleh setiap tamu lewat kawan. Kaprikornus dapat disimpulkan tata cara yang satu ini merupakan suatu cara pembayaran hotel dengan membayarnya di akhir.

Dengan menerapkan sistem tersebut pastinya ada banyak laba yang ditemukan. Salah satu keuntungan tersebut yakni Anda mampu menyelesaikan segala kebutuhan penting dulu.

Maka dari itu, tak heran kalau metide kumpulan rekening buku tamu banyak dipilih saat menginap di hotel.

Baca juga: OTA (Online Travel Agent) Kenali Pengertian dan Perbedaannya dengan VHO

2. Contoh Mitra yang Bisa Anda Pakai

Seperti yang dikenali bahwa sistem ini merupakan pembayaran yang dikerjakan oleh setiap tamu melalui mitra. Dengan kata lain tamu hotel biasanya sudah membayar terhadap kawan dulu dikala memesan kamar hotel. Sehingga akan membuat lebih mudah ketika proses check out hotel.

Mitra dalam tata cara ini merupakan aplikasi reservasi kamar hotel. Mungkin Anda sudah banyak mengetahui beberapa mitra tersebut. Dengan adanya mitra ini akan memudahkan Anda dalam memesan kamar hotel.

Namun, perlu dimengerti dalam menentukan kawan tersebut, sebaiknya pilih yang kondusif dan terkenal. Beberapa kawan yang sangat dianjurkan mirip Agoda, Tiket.com, maupun Traveloka.

3. Apa Saja Tugas Harus Dikerjakan?

Tidak kalah penting dari klarifikasi lain, Anda juga diharuskan untuk mengetahui tugas dari sistem yang satu ini. Pada dasarnya, ada banyak peran yang dimilikinya.

Beberapa tugas dari City Ledger bisa berupa menyelidiki seluruh mendapatkan kredit memiliki kegunaan menciptakan faktur tamu ke mitra tertentu. Selain itu, peran yang sangat penting yaitu menagih pembayaran terhadap tamu yang belum melakukan pembayaran.

Membuat daftar piutang kepada accountant juga menjadi salah satu tugas utama. Makara, memang peran yang sudah diterangkan sungguh bervariatif. Kendati demikian, tata cara ini masih banyak dipakai oleh semua masyarakat luas.

4. Bagaimana Cara Transaksi Menggunakan Metode Ini?

Cara transaksi memakai metode ini terbilang sungguh mudah. perlu diingat metode ini dapat dikatakan sebagai rekening piutang hotel yang pembayaran tamunya berbentukkredit card ataupun perusahaan yang bekerjasama.

Adapun acuan dalam transaksi menggunakan tata cara ini. Biasanya ada keadaan-keadaan khusus dikala memakai metode ini, mirip tamu hotel tidak menuntaskan pembayaran secara tunai, melainkan dibebankan kepada perusahaan atau mampu juga berbentukkartu kredit.

Transaksi yang satu ini menjadi salah satu transaksi paling populer di dunia perhotelan. Menariknya, Anda bisa menerima banyak manfaat serta laba dengan menggunakan metode yang satu ini. Kaprikornus, tak aneh bila metode ini telah dipakai banyak golongan.

5. Fungsi City Ledger

Sama halnya dengan sistem yang lain, City Ledger ini memiliki fungsinya tersendiri. Salah satu fungsi tersebut yaitu memudahkan para tamu dalam hal pembayaran. Seperti pada prinsipnya, tamu hotel akan menyelesaikan pembayaran ketika telah check out.

Dengan adanya tata cara ini, tentunya akan memudahkan para tamu. Metode ini juga sangat sesuai dipakai semua golongan. Maka dari itu, Anda tidak butuhragu lagi untuk memakai tata cara kumpulan rekening buku tamu.

6. Prosedur Pembayaran

Prosedur pembayaran City Ledger intinya melibatkan beberapa pihak. Namun, Anda tidak perlu khawatir, melalui sistem ini prosedur pembayaran terbilang sangat kondusif dan cepat. Berikut ini merupakan prosedur pembayaran secara rinci yang mesti Anda ketahui.

  1. Biasanya master bill akan ditandatangani beserta stempel “charge to”.
  2. Setelah itu, buatlah format dan kirimkan master bill ke Accounting Receivable. Hal itu bertujuan supaya tersedia penarikan pihak ketiga.
  3. Unggah Paid di dalam kolom kredit.
  4. Berikutnya, catat salin Cash Receipt ke bab FO Cashier Report.
  5. Jika telah, Anda mampu catat Folio Balance ke bagian Summary di bab kolom kredit.

Prosedur pembayaran tata cara ini terbukti sungguh mudah untuk digunakan. Tidak cuma itu, saja, selain mudah dipakai, tentunya sistem ini terbilang sungguh cepat dan aman.

7. Apakah Metode Ini Sama dengan Guest Ledger?

Guest Ledger dan City Ledger yakni dua tata cara pembayaran hotel yang sangat berlainan. Keduanya kadang kala disamakan pengertiannya. Sebetulnya kedua istilah hotel ini cukup mempunyai perbedaan yang jauh.

Seperti yang diterangkan tata cara kumpulan rekening buku tamu merupakan salah satu cara pembayaran reservasi hotel yang hendak terselesaikan saat tamu sudah check out. pembayaran itu mampu berupa kartu kredit maupun perusahaannya.

Berbeda halnya dengan Guest Ledger yang mempunyai penjelasan cara pembayaran khusu ditunjukkan kepada tamu yang hendak menginap dalam waktu cukup lama. dalam artian tamu tersebut tidak menginap dalam waktu dua hari saja.

Jadi, saat ini Anda tidak perlu resah lagi untuk membedakan antara sistem pembayaran kumpulan rekening buku tamu dengan Guest Ledger. Kedua metode ini menerapkan mesin pembayaran non tunai.

Penutup

Nah, itulah beberapa klarifikasi tentang sistem kumpulan rekening buku tamu dalam perhotelan yang mesti Anda ketahui. Tentunya beberapa metode ini memiliki fungsi dan faedah yang berbeda dengan tata cara lainnya.

Tidak hanya itu saja, tata cara ini kerap disamakan dengan Guest Ledger. Padahal keduanya memiliki pemahaman yang cukup jauh. Perbedaan tersebut tampakpada metode mekanisme pembayarannya.

Pada Guest Ledger menerapkan cara pembayaran khusus ditujukan untuk tamu yang bermalam dalam waktu cukup usang. Makara, Anda tidak perlu resah lagi untuk membedakan kedua metode ini. Yuk pakai metode City Ledger sekarang juga dan dapatkan keuntungannya!

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!