Yuk Kenali 3 Efek Samping Retinol Yang Jarang Dikenali

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Retinol saat ini sudah menjadi salah satu bahan skincare yang paling populer dan mulai digunakan oleh pada umumnya merek skincare dikala ini. Fungsi utama retinol adalah selaku obat ampuh dalam mengobati beberapa permasalahan kulit yang sering terjadi mirip bisul.

Zat retinol ialah materi aktif turunan vitamin A yang sudah digunakan sejak tahun 1970-an. Bahan ini ternyata juga memiliki fungsi lain dalam menangkal penuaan atau ‘anti-aging’. Tidak heran kalau ketika ini banyak orang yang beralih memakai skincare yang mengandung retinol untuk perawatan parasnya.

Namun, tahukah Kamu selain memiliki banyak manfaat retinol juga mempunyai imbas samping yang perlu diwaspadai. Untuk mengenali imbas samping retinol yang jarang dikenali banyak orang, simak penjelasan berikut!

3 Efek Samping Retinol yang Perlu Kamu Ketahui

Penggunaan retinol memang hatus sesuai hukum dan jarang berlebihan alasannya bisa menjadikan imbas samping yang tidak diinginkan pada kulit tampang. Penggunaan retinol umumnya cuma digunakan dua kali sehari.

Bahan retinol ini semestinya jangan dipakai bagi ibu hamil alasannya adalah mampu berisiko menganggu kemajuan janin yang mengakibatkan kelainan pada tulang belakang saat bayi dilahirkan.

Ibu hamil diusulkan untuk mengubah produk skincare yang tidak mengandung retinol.

Berikut ini efek samping retinol yang mesti Kamu pahami, sebagai berikut:

1. Kulit Kemerahan

Ternyata retinol juga mampu menyebabkan kemerahan pada kulit. Bagi Kamu yang belum pernah memakai bahan aktif ini seharusnya saat pertama kali menggunakan jangan terlalu berlebihan. Bulan pertama penggunaan retinol bisa mengakibatkan kulit menjadi lebih sensitif.

Tkamu-tkamu kulit akan menjadi lebih sensitif, salah satunya yaitu munculnya tanda kemerahan pada wajah.

Sehingga pemakaian retinol pertama kali memang lebih baik lewat konsultasi dokter apalagi dahulu.

Kamu mampu menggunakan produk skincare dengan kadar retinol yang rendah untuk penyesuaian kepada kulit.

2. Kulit Sensitif Cahaya Matahari

Retinol mempunyai cara kerja mampu merangsang kemajuan sel yang baru dan membuang sel paras yang mati.

Sehingga jika pemakaiannya terlalu berlebihan maka akan menimbulkan pengaruh kulit tampang yang lebih sensitif dikala terkena cahaya matahari.

Sel kulit wajah yang baru akan mudah terekspos sinar matahari dan mudah terbakar. Sehingga pada pemakaian di siang hari, Kamu perlu melindunginya dengan pemakaian tabir surya atau sunscreen.

3. Kulit Iritasi

Retinol menyebabkan kulit tampang menjadi teregenerasi lebih singkat, sehingga pada permulaan pemakaian memang dihentikan menggunakan kadar yang terlampau banyak.

Bahan aktif retinol mampu menimbulkan kulit mengalami iritasi sehingga pada permulaan pemakaian kulit wajah mesti menyesuaikan diri terlebih dulu.

Umumnya, pada pemakaian pertama retinol akan mengakibatkan kulit wajah Kamu menjadi kering, mengelupas, bahkan meradang.

Apabila hal tersebut menjadi semakin parah, Kamu perlu datang ke dokter kulit untuk konsultasi lebih lanjut.

Baca juga: Bedah Kandungan Serum Scarlett Acne, 100% Aman?

Tips Pemakaian Retinol yang Tepat Untuk Kulit Wajah

Untuk menerima hasil yang optimal dan menyingkir dari efek samping, maka pemakaian retinol harus sesuai dengan hukum pemakaian yang sempurna. Berikut ini aturan pemakaian retinol yang tepat yakni sebagai berikut :

1. Pakai Pada Malam Hari

Retinol umumnya dibungkus dalam produk dengan kaca gelap, hal ini sebab produk retinol sangat rentan untuk rusak saat terkena cahaya matahari atau sinar matahari secara pribadi.

Sehingga produk retinol lebih dianjurkan pada pemakaian di malam hari, mampu juga digunakan pada siang hari tetapi harus dilapisi oleh sunscreen untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari.

2. Jangan Gunakan Bersama Beberapa Bahan Aktif Lain

Bahan aktif retinol sebaiknya jangan digunakan serempak dengan produk yang bersifat eksfoliasi mirip benzoil peroksida dan alpha-hydroxy (AHA).

Hal ini disebabkan jikalau kandungan retinol dipakai bersama-sama dengan materi eksfoliasi di atas mampu menciptakan kulit menjadi kering, mengelupas, sampai iritasi.

3. Pemakaian Pada Kulit Kering

Retinol akan lebih efektif bila digunakan pada kulit yang kering, jika digunakan pada kulit lembab maka akan berisiko mengalami iritasi.

Ketika ingin memakai pelembab sebelum menggunakan produk retinol Kamu perlu memberi jeda waktu terlebih dahulu. Demikian beberapa isu perihal efek samping retinol yang perlu Kamu pahami.

Pemakaian bahan aktif pada skincare memang perlu hati-hati dan harus diawasi karena mampu menyebabkan imbas samping pada kulit.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!