Curug Ciburial, Pesona Gerojokan Indah Yang Super Jernih Di Bogor

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pernahkah Anda bayangkan bagaimana keindahan jeram jika berada di tengah hutan? Ya, Anda mampu mendapatkan panorama alam ini di Curug Ciburial yang terletak di tengah hutan Kota Bogor. Jika selama ini para wisatawan biasa dimanjakan oleh keindahan alam di daerah puncak Bogor, sekarang saatnya Anda perlu melihat hal yang berbeda.

Sungguh keindahan alam yang tidak mampu dilewatkan. Khususnya bagi Anda para traveller yang menyayangi keeksotisan alam, maka di curug nan indah ini Anda bisa merencanakan untuk berwisata. Anda bisa mengagendakan untuk berlibur di hari weekend sehabis beberapa hari dipenatkan akan kegiatan kerja.

Bagaimana tidak rasa penat yang Anda alami akan secepatnya hilang? Di Curug Ciburial Jonggol ini Anda mampu menikmati nuansa alami yang tidak ada di tengah kota. Saat Anda mulai memasuki kawasan curug yang asri ini mata Anda eksklusif akan dihidangkan oleh alam yang sejuk. Agar tidak semakin ingin tau, mari kita lihat kriterianya.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Ciburial

Daya Tarik Curug Ciburial
Photo: Google Maps Panji Saputra

✦ Berada di Kawasan Hutan

Tidak selamanya hutan itu angker. Buktinya di tengah hutan belantara Kota Bogor yang sering disebut selaku kota hujan ini terdapat sebuah wisata yang mengagumkan. Anda tidak akan merasa kecewa saat sudah melihat lokasi Curug Ciburial.

Luasnya lahan yang berhektar-hektar dan dipenuhi oleh pepohonan nan tinggi ternyata menyembunyikan keindahan yang belum banyak diketahui orang. Sebuah curug menyajikan pemandangan air yang membuat mata tertegun.

✦ Nuansa yang Sejuk

Lokasi curug yang dihiasi oleh rimbunnya pohon-pohon di tengah hutan niscaya memiliki udara yang begitu sejuk. Apalagi perumpamaan curug sering diidentikan berada di lokasi yang memiliki ketinggian tertentu. Tentu suhu udaranya akan terasa lebih dingin dan menyejukkan.

Pohon-pohon hijau memberikan udara yang segar. Suasana sejuk dan asri akan menciptakan Anda tidak merasa jenuh. Tanpa disadari pun Anda akan merasa betah berlama-lama menikmati nuansa air terjun ini.

✦ Indahnya Aliran Air Terjun

Curug Ciburial memiliki daya tarik teladas yang mengalir dari ketinggian 5 meter. Meskipun tidak terlampau tinggi, namun keindahannya tidak kalah dengan pemandangan gerojokan yang telah terpopuler.

Air menggeluti tersebut mengalir deras membelah bebatuan pada kedua sisi. Batu-watu di sisi kanan dan kiri seolah memperlihatkan peluang air untuk mengalir menuju kolam bawah. Selain itu, tampaknya kejernihan air yang mengalir dipadukan dengan warna coklat bebatuan membuat air makin terlihat hijau kebiruan.

✦ Air Jernih Dilengkapi Kolam yang Dalam

Air menggeluti yang mengalir memang tidak terlampau tinggi, namun tetap mampu menyuguhkan keutamaan yang hebat. Aliran air yang jernih dan segar akan menciptakan Anda ingin merasakannya. Rasanya ada yang kurang kalau tidak berenang atau sekedar mencelupkan kaki di kolam yang tergolong dalam.

Inilah yang menjadi daya tarik banyak wisatawan. Mencari suatu objek wisata yang bertemaalami dan mampu memberikan rasa tenang. Termasuk menemukan air yang higienis, jernih, dan terasa segar mirip mandi menggunakan es.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Ciburial
Photo: Google Maps Oman Homsa

Curug Ciburial lebih tepatnya beralamat di Desa Karang tengah, Kecamatan babakan Madang, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Surga tersembunyi di tengah hutan belantara Bogor ini tak jauh dari kota metropolitan, Jakarta. Jarak antara Jakarta dengan rekreasi curug ini kurang lebih cuma 60 kilometer. Bagi Anda yang memakai kendaraan langsung cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam.

Bagi Anda wisatawan yang mengawali perjalanannya dari Sirkuit Sentul, Bogor cukup menempuh perjalanan 1 jam. Anda tidak perlu merasa khawatir akan salah arah karena dikala ini zaman teknologi telah semakin mutakhir. Cukup Anda buka google maps saja.

Setelah hingga di arena parkir, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 atau 2 jam untuk sampai di lokasi melewati Gunung Kuta. Dikarenakan medan treknya yang licin dan terjal, akan lebih aman bila Anda menggunakan alas kaki yang tenteram dan savety.

Curug yang menyimpan keindahan tersembunyi ini terletak di bawah tebing pendek. Letaknya cukup curam alasannya mengikuti anutan sungai.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun

Pada umumnya harga tiket masuk sebuah kawasan wisata antara hari biasa dan hari libur mempunyai persyaratan yang berlainan. Hari biasa ialah hari-hari jam atau disebut weekday yaitu Senin sampai Jumat. Adapun untuk hari libur atau weekday ialah antara hari sabtu sampai ahad.

Namun, harga yang ditetapkan di wisata Curug Ciburial ini tidaklah mahal. Bahkan antara hari biasa dan hari libur pun tidak ada perbedaan. Anda cukup mengeluarkan uang tarif tiket masuk seharga Rp 20.000 dan biaya parkir Rp 5.000.

Agar Anda menerima info yang reel mengenai tiket masuk, silahkan hubungi pihak pengurus wisata riam. Harga mampu berubah kapan saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Ciburial
Photo: Google Maps/Johan Antony Butarbutar

1. Berenang di Kolam Bawah Aliran Air Terjun

Anda dapat menikmati jernihnya jeram dengan cara berenang sepuasnya. Jika Anda merasa was was untuk berenang maka bisa menyewa pelampung yang ditawarkan oleh pihak pengurus. Bahkan tak jarang banyak pelancong yang memilih untuk membawa pelampung sendiri.

Waktu yang sempurna untuk berkunjung di curug nan indah ini ialah trend kemarau. Air debit di kolam tidak terlampau tinggi. Selain itu, kejernihan air juga nampak terlihat jelas. Apalagi bila Anda berkunjung di saat matahari sedang terik. Kilauan air akan terpancar sebab terpapar sinar matahari.

Jika Anda cuma bisa memiliki waktu ketika isu terkini penghujan juga tidak ada salahnya. Namun, di trend hujan Anda harus tetap berhati-hati. Jalan treknya yang licin dan debit air yang tinggi menciptakan Anda mesti lebih tambahan hati-hati.

2. Berfoto di Spot Sekitar Curug

Spot foto di Curug Ciburial sangatlah indah. Anda mampu berfoto dengan latar belakang gerojokan dan bebatuan yang ada di segi kanan kiri riam. Sungguh ini menunjukkan pemandangan yang pantas diabadikan.

Spot foto yang sering dijadikan daerah favorit untuk bergaya ialah di batu besar depan riam. Demi menerima foto unik dan indah, banyak pelancong yang memakai properti langsung. Mulai dari kain tenun, topi pantai, kacamata, dan sebagainya.

3. Meneyelam di Dalam Air yang Jernih

Kegiatan menyelam atau diving biasanya dijalankan di lautan luas. Namun, tidak ada salahnya jikalau Anda ingin menikmati spot dasar kolam yang jernih ini.

Anda bisa menyelam cukup memakai kacamata renang. Selain untuk menikmati keindahan bawah bak, Anda juga bisa sekedar bergaya untuk menerima hasil foto terbaik.

4. Perjalanan Menuju Lokasi yang Menyenangkan

Untuk sampai ke lokasi Curug Ciburial memang mesti ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan motor trail. Hal ini dikarenakan medannya yang memiliki banyak batuan.

Ketika Anda menikmati perjalanan ke lokasi, Anda juga akan banyak menjumpai pendaki gunung. Para pendaki umumnya akan menuju Curug Cibereum yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Tidak diusulkan untuk memakai kendaraan pribadi berupa mobil ya untuk menuju lokasi curug. Hal itu akan membahayakan karena treknya yang tidak mendukung. Namun, walaupun di tengah perjalanan Anda merasa lelah tetaplah bersemangat. Rasa lelah itu akan terbayar oleh keindahan teladas yang fantastis.

5. Menikmati Kuliner di Warung Sekitar Curug

Pada saat Anda telah hingga di lokasi teladas, ada baiknya bila istirahat apalagi dahulu. Nah, di lokasi sekitar Air Terjun Ciburial ini bangun sejumlah warung yang menjajakan aneka dagangannya. Mulai dari kuliner sederhana sampai aneka snack dan minuman.

Ada mie instan, gorengan, cemilan, kopi, teh, susu, wedang jahe dan masih banyak yang lainnya. Anda cukup memesan ke pemilik warung sambil menikmati nuansa alam yang masih asri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug Ciburial
Photo: Google Maps/Tambang Raras

1. Area Parkir

Area parkir di lokasi Curug Ciburial cukup luas. Bagi Anda yang menenteng kendaraan pribadi maupun umum tidak perlu merasa khawatir. Anda cukup membayar dengan harga Rp 5.000 untuk jasa parkir.

2. Tempat Penitipan Helm

Terkadang yang menciptakan wisatawan merasa tidak tenteram dikala menjinjing kendaraan roda dua yaitu peletakan helm yang kurang kondusif. Di kawasan biasa banyak tangan-tangan jahil yang menciptakan korbannya merasa kesal.

Namun, hal ini tidak terjadi di wisata yang menyuguhkan keindahan jeram elok ini. Anda mampu merasa lebih hening untuk meletakkan helm alasannya adalah ada jasa penitipan helm. Anda cukup mengeluarkan uang Rp 3.000 untuk menitipkan helm Anda.

3. Toilet

Keberadaan toilet di tempat umum terutama objek wisata ialah hal yang sangat diperlukan hadirin.

Anda tidak perlu merasa ketakutan saat ingin buang air. Meskipun objek wisatanya berada di tengah hutan belantara, tetapi keberadaan toilet yang ditawarkan sungguh layak untuk digunakan.

Ketersediaan air dan kebersihan toilet menjadi tanggung jawab cleaning service yang bekerja di tempat Curug Ciburial. Oleh balasannya, Anda tidak perlu merasa khawatir akan terbengkalai bila ingin ke toilet.

4. Warung

Deretan warung yang bangkit semi permanen akan menciptakan Anda lebih nyaman. Perjalanan yang cukup memeras tenaga pasti memerlukan energi untuk mengembalikan rasa letih. Ya, di warung-warung inilah Anda mampu memesan aneka masakan.

Meskipun masakan yang dijajakan bukan makanan kelas berbintang, tetapi rasanya tidak kalah enak. Apalagi jika Anda menyantapnya sambil menikmati panorama alam yang masih asri, sungguh menjadi lezat tersendiri. Rasa indah dan tenteram tidak selalu identik dengan harga mahal.

5. Tempat Bersantai

Di Air Terjun Ciburial terdapat pohon pohon yang rindang. Anda bisa memanfaatkannya untuk berteduh atau beristirahat. Selain pohon-pohon juga terdapat tebing-tebing batu besar yang dapat dijadikan spot untuk berleha-leha sekaligus berfoto.

Bagi Anda penggemar dunia fotografi baik sebagai fotografer atau model niscaya akan sungguh bahagia menikmati suasana tersebut. Bersantai sambil menikmati sajian yang masih hangat. Misalnya kopi dengan gorengan. Sungguh kenikmatan yang mahal harganya.

Itulah rangkaian pesona dan isu menarik perihal Curug Ciburial di Bogor. Tidak perlu jauh asalkan mampu mengobati rasa penat, mengapa tidak? Ayo segera atur agenda yang tepat untuk menikmati rekreasi bertemaalam ini. Lokasinya yang menarik dan harga tiket yang tidak mahal akan membuat kurun piknik Anda semakin berkesan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!