Pantai Elyora Batam, Pantai Pasir Putih Yang Eksotis Di Jembatan Barelang

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pantai Elyora salah satu pantai pasir putih yang indah di ujung Jembatan Barelang Batam, Kepulauan Riau. Pantai yang higienis dengan pemandangan alam menawan dan disokong fasilitas yang mencukupi pantas menjadi tujuan liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Berbicara ihwal kota Batam, maka tidak akan ada habisnya bila membahas soal pantai indah yang berada di kota ini. Tidak heran memang sebab letak daerah ini dikelilingi pantai dan bahari dari segala penjuru arah. Dari banyak pantai yang ada di Batam, salah satu yang dijadikan saran rekreasi yakni Pantai Elyora.

Pantai yang dibuka untuk biasa pada Januari tahun 2018 silam ini memang memiliki panorama yang sangat indah. Namun, sebelum secara resmi dibuka, pantai ini sangatlah sepi sebab belum banyak orang yang tahu. Seiring berjalannya waktu, eksistensi pantai ini pun mulai diketahui oleh masyarakat luas.

Maka dari itu, pemerintah lokal pada balasannya merapikan fasilitas yang ada di pantai serta menata bagian-bab pantai agar tampaklebih indah. Terbukti, sehabis resmi dibuka pantai ini pun menjadi buruan para pelancong yang tiba ke kota Batam untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Elyora

Daya Tarik Pantai Elyora
Photo by Si Kambing Wangi / Google Maps

Memiliki Pesisir Pantai yang Luas

Pantai Elyora memang memiliki kemiripan dengan salah satu pantai di Batam lainnya, adalah pantai Reviola. Kemiripan kedua pantai tersebut terletak pada luasnya pesisir pantai. Makara, tidak sedikit yang berpendapat bahwa pantai ini ialah saudara kembar pantai Reviola. Tidak hanya itu, kedua pantai juga mempunyai pemandangan yang serupa-sama indah.

Luasnya pesisir pantai akan kian terlihat dikala air laut sedang surut. Pantai ini terlihat memiliki pasir yang sungguh luas dan mampu dimanfaatkan untuk bermain para pengunjung. Makara, dikala air sedang surut Anda mampu melakukan banyak hal di pesisir pantai.

Momen saat surut bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas. Biasanya para pengunjung mempergunakan luasnya pantai untuk berbagai permainan mirip sepak bola, voli, atau hanya sekedar jogging.

Pasir Putih yang Lembut

Pantai ini populer dengan keindahan pasir yang dimiliki. Pasir putih yang halus menjadi pesona utama yang disediakan terhadap pengunjung. Hal itulah yang menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki pantai ini alasannya adalah tidak semua pantai di Kota Batam memiliki pasir yang berwarna putih dan higienis.

Anda akan merasa kagum dan terpesona dikala sampai di pantai ini. Keindahan pasir putihnya akan menyambut Anda. Lokasi rekreasi ini memang sangat sesuai untuk dijadikan selaku wisata keluarga. Anda bisa membawa keluarga untuk piknik di pasir yang indah. Anak-anak bisa bermain pasir di pinggir pantai.

Pohon Bakau Kering di Tengah Pantai

Ketika cuaca sedang terik teriknya, para turis kebanyakan berteduh dibawah pohon bakau besar yang kering ini. Para hadirin mampu bermalas-malasan dibawah pohon bakau tersebut sembari menikmati kuliner atau minum air kelapa yang telah dipesan. Karena dikala cuaca sedang terik, Anda akan merasakan lelah dan haus lebih singkat dibanding dikala cuaca wajar .

Selain selaku daerah untuk berteduh dari teriknya matahari, tak jarang orang-orang berfoto di bawah pohon bakau kering ini. Para pelancong merasa bahwa pohon bakau yang kering tersebut mempunyai nilai keindahan dikala difoto. Tak ayal jika aneka macam orang beramai-ramai dibawah pohon bakau, meskipun disaat cuaca sedang tidak terik.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Elyora
Photo by Nurrina Dwi Larasati / Google Maps

Pantai pasir putih ini berlokasi di Pulau Galang, lebih tepatnya berada sekitar kurang lebih 75- 80 Km dari pusat Kota Batam. Maka dari itu, waktu yang ditempuh untuk menuju pantai ini kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan tergantung kondisi jalan dan juga si pengemudi.

Sepanjang perjalanan, Anda mampu melihat segarnya panorama alam berbentukhutan ataupun kebun yang akan mengawalperjalanan Anda. Lokasi rekreasi ini terletak di bagian tamat dari Jembatan Barelang, ialah terletak di Jembatan yang bernama Raja Kecik atau bisa dikatakan Jembatan 6. Anda tidak butuhtakut tersesat, karena sepanjang jalan sudah banyak petunjuk jalan.

Setelah mendapatkan sebuah petunjuk jalan simpulan menuju tempat rekreasi yang ingin Anda tuju, tinggal beberapa langkah lagi untuk bisa sampai ke titik lokasi wisata. Jalan menuju lokasi rekreasi terbilang cukup berbatu dan juga becek. Namun, hal itu mampu terbayar lunas dikala hingga dan bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan dalam bentuk pantai di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Saat Anda sudah sampai di Pantai Elyora, nantinya terdapat petugas yang mau menjual tiket masuk ke pantai dengan harga yang sungguh terjangkau. Harga tiket masuknya cuma sekitar 10.000 rupiah untuk satu orang dan bukan untuk 1 kendaraan. Dengan harga 10.000 rupiah saja, Anda bisa menikmati pantai yang mengagumkan.

Harga tersebut sangatlah murah dengan banyaknya pesona dan juga fasilitas yang memadai. Untuk ongkos lain ialah ada ongkos parkir yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dibawa. Biaya parkir untuk kendaraan roda empat yakni Rp 5000 dan untuk roda dua yaitu Rp 2000 saja.

Aktivitas yang Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Seru Pantai Elyora
Photo by Cahya Setiawan / Google Maps

1. Mencoba Fasilitas Permainan Pantai Elyora

Jika Anda bosan dengan hanya berenang ataupun bermain pasir, disini terdapat akomodasi permainan air yang menawan untuk dicoba. Pengelola pantai sudah menyediakan akomodasi permainan air mirip banana boat dan juga bahtera kecil.

Bagi Anda yang bahagia memacu adrenalin, bermain banan boat bisa menjadi pilihan wahana yang sempurna. Tidak perlu cemas, alasannya wahana banana boat sudah dilengkapi keamanan yang terjamin. Untuk menikmati wahana ini Anda mesti merencanakan anggaran diluar harga tiket masuk tentunya.

Selain itu, disini juga terdapat sebuah persewaan perahu kecil untuk menuju pulau di seberang. Untuk ongkosnya sendiri sangatlah murah, adalah cuma sekitar Rp 30.000 untuk satu orang. Disana nanti Anda juga mampu berfoto-foto dengan background pemandangan lautan yang indah.

2. Mengambil Gambar di Spot-Spot yang Indah

Rasanya kurang afdhol kalau pergi ke sebuah tempat yang eksotik dan mempesona tetapi lupa untuk berfoto dan mengabadikan momen tersebut. Hal itulah yang dilakukan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Elyora. Tidak mengherankan memang alasannya adalah di pantai ini terdapat berbagai spot foto yang instagrammable dan cocok untuk dishare di media sosial.

Tidak jarang, pantai elok ini juga digunakan selaku spot untuk sesi pemotretan pra wedding. Keindahan alam pantainya yang mempesona memang sangat sesuai untuk dijadikan latar belakang foto pasangan yang mau menikah. Pastinya pasangan yang mengabadikan momen Istimewa akan merasa puas dengan hasil foto yang diperoleh.

3. Berenang di Pinggir Pantai dan Bermain Pasir

Ombak disini yang cukup tenang dan erat jadi sungguh kondusif untuk berenang. Meski demikian, Anda mesti tetap menjaga keselamatan Anda maupun orang terdekat.

Tentunya, jika ingin berenang tentukan Anda telah ahli berenang serta menggunakan alat pendukung keselamatan seperti pelampung. Jika Anda tidak menjinjing perlengkapan tersebut, disini juga ada kawasan penyewaan yang mampu Anda manfaatkan.

Jika Anda menenteng keluarga kesini, Anda mampu mengajak bawah umur untuk bermain pasir putih yang indah. Lembutnya pasir pantai Elyro pasti mampu dijadikan berbagai miniatur bangunan yang unik seperti istana, rumah dan miniatur hewan-binatang.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Elyora

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Elyora
Photo by Dikdok B / Google Maps

Morelo Kelong Resort

Bagi yang mempunyai anggaran minim, penginapan ini mampu dijadikan tumpuan yang sempurna. Resort ini memang mempunyai kemudahan yang tidak terlampau banyak, namun sungguh nyaman untuk ditinggali. Pemandangan sekitar lokasi juga cukup indah. Jarak antara penginapan dengan pantai hanya sekitar 15 km saja. Lokasi berada di tempat Sijantung.

SBS Resort

Hotel ini terbilang cukup lengkap fasilitasnya. Namun, jaraknya lebih jauh dibanding penginapan sebelumnya yaitu 20 km. Hotel bintang 3 ini berlokasi di Sembulang. Untuk persoalan harga penginapan juga masih cukup terjangkau. Selain itu, Anda juga bis menikmati view sekitar penginapan yang menawan .

Labun Island

Rekomendasi terakhir yang mampu Anda jadikan opsi bermalam saat di sekeliling Pantai Elyora adalah Labun Island. Jarak hotel ini sangatlah erat dengan lokasi pantai, adalah hanya 6,9 km saja sehingga cukup bersahabat. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini juga terbilang cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Elyora Batam
Photo by Ade Jaya S / Google Maps

Untuk duduk perkara kemudahan di Pantai Elyora memiliki berbagai fasilitas yang sungguh menunjang kebutuhan para hadirin yang datang ke lokasi. Fasilitas tersebut seperti misalnya toilet, kamar mandi atau ruang ganti dan juga terdapat daerah untuk sholat.

Selain itu, di lokasi wisata ini terdapat suatu gazebo yang disewakan, untuk tarif sewa dipatok harga 100.000 rupiah. Gazebo ini mampu digunakan untuk menikmati bekal yang Anda bawa atau menikmati kuliner yang ada di sekeliling pantai. Selain itu, pantai ini juga tersedia lahan parkir yang cukup luas.

Ketika Anda datang ke Kota Batam, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Elyora. Karena dengan kedatangan Anda, menciptakan destinasi rekreasi ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dengan demikian, akan bertambah banyak pelancong yang hadir ke pantai ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!