Pantai Walakiri, Pantai Bagus Dengan Biota Bahari Menarik Di Sumba Timur

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pantai Walakiri di Sumba Timur ialah pantai yang menarik dan istimewa. Untuk melihat keutamaan pantai anggun ini, turis mesti kemari saat senja.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Watumbaka, Kec. Pandawai, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Sumba Timur sangat kaya akan wisata bahari. Hampir semua kawasan wisata laut ini mempunyai pemandangan yang menawan . Salah satunya adalah Pantai Walakiri. Walakiri adalah pantai dengan pasir putih mempesona. Uniknya, ada dua macam pasir putih yang bisa ditemukan di pantai tersebut.

Jenis pasir yang pertama yaitu pasir putih yang biasa dijumpai di banyak pantai di Indonesia. Sedangkan pasir putih yang kedua yaitu pasir yang sungguh lembut seperti bedak dan jika basah akan terasa seperti semen lembap. Pasir ini terlihat dikala maritim surut. Uniknya lagi, perbatasan antara kedua jenis pasir ini cukup terang terlihat.

Keunikan lain di Walakiri adalah hutan mangrove-nya yang tidak biasa. Pohon-pohon mangrove ini tumbuh saling terpisah. Saat senja, pohon-pohon ini akan membentuk siluet mirip pohon menari dengan background langit berwarna jingga. Untuk menikmati keindahan pantai manis ini, pelancong mampu mengunjunginya secara gratis.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Walakiri

Daya Tarik di Pantai Walakiri
Image Credit: Google Maps Fathoni

Pantai Walakiri merupakan pantai yang unik dan sarat pesona. Oleh alasannya adalah itu, pantai ini banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun turis luar Sumba. Mereka biasanya ramai di sore hari dan gres pulang sesudah senja. Apa yang membuat mereka terpesona berlibur di pantai menawan ini?

✦ Pemandangan Pantai yang Indah

Walakiri yakni pantai yang indah. Perpaduan pasir putih, bahari biru yang luas, dan berkembang-tanaman hijau sangat memanjakan mata para turis yang mengunjunginya. Selain indah, pantai ini juga cukup sejuk terutama di sekeliling rumpun pohon kelapa tumbuh. Di bawah pohon-pohon tersebut, turis mampu bersantai menikmati keindahan pantai.

✦ Mangrove Kerdil

Daya tarik utama dari Pantai Walakiri tersebut ialah hutan mangrove kerdil. Hutan mangrove di pantai ini berlawanan dari hutan mangrove di pantai-pantai lain. Pohon mangrove di sini tidak hanya tumbuh terpisah-pisah, namun juga tidak bisa berkembang tinggi. Jika dilihat di foto, mangrove ini terlihat setinggi pelancong.

Namun, gambaran tersebut bergotong-royong cuma efek pengambilan angle foto. Selain kerdil, pohon mangrove di Walakiri juga mempunyai daun kecil dan ranting-ranting meliuk-liuk. Sehingga, banyak orang menyebutnya dengan pohon menari. Untuk memperhatikan pohon ini lebih akrab, wisatawan harus menunggu sampai air bahari surut.

✦ Sunset Seperti di Negeri Dongeng

Siluet mangrove yang unik dengan latar langit senja menciptakan pemandangan negeri cerita di pantai ini. Keindahan sunset di Walakiri sungguh populer semenjak beberapa tahun terakhir. Sehingga, banyak pelancong dari luar Sumba yang ingin tau akan keindahan panorama tersebut dan ramai-ramai tiba ke pantai ini ketika sore menjelang petang.

✦ Kuliner Seafood Segar

Masyarakat setempat memasarkan olahan hasil tangkapan nelayan kepada para wisatawan. Olahan seafood ini rasanya lezat karena bahan-bahannya segar dan berkualitas. Kuliner inilah yang menjadi salah satu pesona pantai bagus tersebut. Menikmati hidangan-hidangan yummy ini dengan ditemani situasi pantai yang mempesona menciptakan piknik semakin berkesan.

✦ Laut yang Relatif Tenang

Ombak di Pantai Walakiri cenderung hening. Sehingga, wisatawan dapat melaksanakan olahraga air dengan lebih aman. Namun, di area pantai ini belum tersedia persewaan perlengkapan olahraga air. Sehingga, turis yang ingin melakukan olahraga tersebut di pantai ini harus menjinjing peralatan sendiri dari rumah atau hotel.

✦ Biota Laut

Ketika air laut mulai surut di pantai tersebut, pelancong mampu melihat berbagai biota bahari yang menarik. Sebagian dari binatang laut ini masih kecil dan sebagian sudah akil balig cukup akal. Beberapa biota laut yang ada di pantai ini adalah bintang bahari, siput, bulu babi, dan berbagai jenis ikan. Keberadaan biota bahari yang bermacam-macam ini menandakan bahwa pantai elok ini masih alami.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Walakiri Sumba Timur
Image Credit: Google Maps Mirza Nuryady

Pantai Walakiri terletak di Sumba Timur, tepatnya di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, NTT. Lokasi pantai mudah di akses alasannya adalah jaraknya dari kota Waingapu hanya sekitar 24 km atau 40 menit berkendara. Akses jalannya sudah manis dan mampu dilewati mobil maupun motor. Namun, transportasi biasa ke pantai tersebut cukup sulit diperoleh.

Sehingga, wisatawan luar kawasan perlu menyewa kendaraan beroda empat atau motor untuk hingga ke sana. Dari Waingapu, pelancong mampu mengambil rute via Jl. H. Adam Malik ke arah timur ke Jl. Matawai Amahu. Selanjutnya, belok kiri ke Jl Beringin. Lanjutkan perjalanan dengan sumbangan Gmaps untuk lebih detailnya.

Pantai ini buka selama 24 jam setiap hari. Sehingga, turis mampu berkunjung kapan saja. Mereka tidak akan dikenai ongkos saat memasuki area pantai tersebut karena HTM Pantai Walakiri gratis. Wisatawan cuma akan dikenai biaya parkir bila kemari dengan mengendarai kendaraan pribadi. Biaya parkir di pantai ini adalah Rp5.000 (motor) dan Rp10.000 (kendaraan beroda empat).

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Menarik di Pantai Walakiri Sumba Timur
Image Credit: Google Maps Ivan Veriswan

Menghabiskan piknik di pantai elok Walakiri adalah salah satu cara untuk membuat piknik semakin menggembirakan. Wisatawan mampu melaksanakan berbagai macam acara, mulai dari kegiatan santai hingga aktivitas yang cukup menantang, saat berlibur di area pantai tersebut. Apa saja acara yang mampu dilaksanakan di sini?

1. Berenang di Pantai Walakiri

Wisatawan mampu berenang dan mandi di pantai tersebut. Air bahari di pesisir Walakiri ini jernih, segar, dan higienis. Sehingga, pelancong akan merasa segar sehabis berenang atau mandi di sini. Meski ombak di pantai ini cukup tenang, pelancong harus tetap waspada saat berenang. Demi keamanan, mereka yang kurang mahir berenang sebaiknya memakai pelampung.

2. Berjemur di Tepi Pantai

Berjemur sambil menikmati keindahan pesisir Walakiri merupakan variasi acara piknik yang dapat membuat asumsi dan tubuh lebih rileks. Namun, pelancong dilarang lupa memakai sunblock ketika melakukan aktivitas ini semoga kulit tidak terbakar. Selain berjemur, pelancong juga mampu menikmati keindahan pantai sambil duduk di bawah pohon kelapa.

3. Menikmati Sunset

Sunset di pesisir Pantai Walakiri dilarang dilewatkan oleh turis yang berkunjung kemari. Liburan di pantai elok ini tidak akan sempurna tanpa menikmati panorama sunset. Pada dikala itu, keindahan pantai tersebut sedang berada di puncaknya. Selain itu, panorama sunset disini tidak akan diperoleh di pantai lain.

4. Berfoto-foto

Fasilitas spot foto di pantai indah tersebut memang belum ada. Namun, keindahan alam di sekelilingnya telah cukup bisa membuat foto-foto yang diambil oleh turis terlihat menawan dan instagramable. Salah satu panorama yang wajib diabadikan adalah panorama sunsetnya.

5. Bermain Pasir

Pasir putih di pesisir Walakiri mampu dijadikan media bermain oleh bawah umur. Pasir ini lembut dan bebas sampah sehingga pelancong mampu dengan aman memainkannya. Agar permainan ini lebih seru dan mengasyikkan, jangan lupa untuk menenteng perlengkapan main pasir dari rumah. Sambil bermain pasir, pelancong juga dapat berinteraksi dengan berbagai binatang laut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Walakiri Sumba Timur
Image Credit: Google Maps Reyner Gunawan

Fasilitas rekreasi di Pantai Walakiri telah cukup mencukupi. Area parkir pantai ini luas dan jumlah warung serta toilet juga banyak. Di pantai ini juga terdapat gazebo yang mampu digunakan oleh turis untuk beristirahat.

Jika pelancong ingin bermalam di sekitar pantai, mereka mampu mendapatkan hotel dan penginapan dengan mudah. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Pantai Walakiri yakni pantai yang istimewa ketika sunset. Pemandangan senja di pantai manis ini mirip negeri dongeng. Pantai tersebut juga memiliki keutamaan lain, contohnya mempunyai dua jenis pasir, memiliki hutan bakau, dan biota lautnya mampu diperhatikan ketika air bahari mulai surut. Di sini, pelancong juga mampu melakukan banyak kegiatan wisata.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!