Riam Babak Pelangi, Air Terjun Unik Dengan Kolam Dua Warna Di Lombok Tengah

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Air Terjun Babak Pelangi di Lombok Tengah punya keunikan sendiri, selain tempatnya tersembunyi, juga mempunyai bak dua warna jadi daya tarik para turis. Mau melancong kesana?

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: Lantan, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Lombok Tengah punya dongeng sendiri ihwal kawasan wisata terbaik, salah satu yang sedang fenomenal dan banyak dibahas yakni Air Terjun Babak Pelangi. Bedanya dengan riam lain di daerah tersebut, lokasi penderasan hidden gem ini tidak mudah ditemukan sehingga sering menciptakan ingin tau.

Sebenarnya Lombok Tengah telah dikenal dengan sejumlah tempat rekreasi lain, sebut saja Air Terjun Benang Kelambu dan Air Terjun Stokel. Tapi, bedanya yakni air terjun anggun ini masih masuk kategori tersembunyi dan belum familiar di banyak sekali daerah. Sehingga butuh usaha terbaik untuk mempromosikannya.

Berikut ini pesona dari daerah wisata hidden gem ini, siapa tahu sebuah dikala nanti berniat untuk tiba dan berlibur disana. Paling tidak sudah ada referensi apa yang mau dijalankan dan fasilitas yang tersedia.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Babak Pelangi

Daya Tarik di Air Terjun Babak Pelangi
Image Credit: Google Maps Arif Jejak Petualang

Meskipun tersembunyi dan masih minim pengunjung, tetapi pada lokasi penderasan mempesona ini disajikan banyak daya tarik unik yang mungkin tidak siapa pun mengetahuinya. Buat yang ingin tau, tinggal cek data berikut dan buktikan sendiri saat berkunjung kesana.

✦ Kolam Renang

Kalau lazimnya di tempat jeram hanya terdapat kolam penampungan air yang mengalir menuju hulu. Beda dengan Air Terjun Babak Pelangi, dimana tersedia kolam air tawar secara terpisah yang dibangun oleh pengurus lokasi. Bentuknya mirip angka delapan, dengan warna air berlainan. Satu kolam bab depan dengan air berwarna biru dan satunya berwarna hijau.

✦ Air Terjun 8 Meter

Di bagian depan dari kolam berenang tersebut, baru terlihat terperinci teladas yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Air yang mengalir deras mirip dengan butiran salju sehingga enak dipandang mata. Wisatawan juga sekaligus dapat melihat asal air mengalir alasannya di bagian atas teladas pribadi tersaji panorama ajaran sungai terutama.

Di bab bawah jeram nan bagus ini, tersedia bak alami yang juga mampu digunakan untuk sekedar bermain air atau berenang. Kedalamannya variatif, untuk yang baru pertama tiba mampu menentukan bab pinggir bak saja untuk berenang untuk menjajaki kedalaman bab tengah sampai ujung di bawah riam.

✦ Suasana Hijaunya Alam

Landscape dari jeram tersembunyi ini masih sangat alami, sisi kiri dan kanannya masih dipenuhi pepohonan hijau yang menjadi pesona tersendiri. Apalagi bila ingin menikmati keindahan alam dari dekat, memandangi daya tarik sekeliling lokasi riam hidden gem ini dapat menjadi obat stress mujarab.

✦ Spot Foto Instagramable

Bagi yang suka mengabadikan momen di setiap acara untuk diunggah ke media umum, jangan cemas sebab di daerah Air Terjun Babak Pelangi tersedia banyak spot fotografi yang instagramable sekali. Seperti di bebatuan depan jeram, degan view waterfall sungguh Indah, atau di dalam kolam angka delapan dengan view keindahan alam.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun

Alamat Air Terjun Babak Pelangi
Image Credit: Google Maps Deary Yunda

Jika ingin mendatangi jeram sejuta pesona ini, temukan saja di Dusun Rerante, Desa Lantan. Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya cukup terpencil, namun sudah memiliki saluran jalan cukup cantik sehingga bisa dilalui kendaraan sampai pos parkir utama.

Rute perjalanan terbaik yang dapat dipilih yakni dari Kota Praya yang ialah Ibukota Kabupaten Lombok Tengah, menuju lokasi rekreasi ikonik ini. Waktu tempuh yang diharapkan yakni sekitar 40 menit, tergantung kendaraan yang dipakai apakah motor atau kendaraan beroda empat sendiri.

Jik telah berada di pintu masuk area riam mungil ini, pengunjung akan diminta berjalan kaki untuk mampu sampai ke objek terutama. Tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu sekitar beberapa menit saja.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tidak perlu bayar mahal untuk berlama-lama menikmati keindahan teladas menawan ini, cukup Rp5.000/orang selaku tiket masuknya. Biasanya tinggal menghitung berapa orang yang turut serta dalam perjalanan piknik ini, kemudian kalkulasikan berapa jumlah dana tiket masuknya.

Tapi jangan lupa untuk menyiapkan juga biaya parkir kendaraan, lazimnya dibanderol dengan harga Rp2.000/unit motor dan Rp5.000/unit kendaraan beroda empat. Sedangkan untuk bus pasti harganya akan lebih mahal, namun akan seimbang dengan keselamatan kendaraan selama berlibur disana.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Menarik di Air Terjun Babak Pelangi
Image Credit: Google Maps Sella Marselia

Hal utama yang dicari saat piknik di sebuah lokasi yaitu aktivitas apa yang mampu dijalankan disana. Begitu juga di Air Terjun Babak Pelangi, dengan sejumlah kegiatan menarik pengisi waktu libur. Baik dikala liburan sendirian, bersama keluarga tersayang, atau bareng teman-teman dekat.

1. Berenang di Kolam Alami

Berkunjung ke kawasan wisata air salah satunya jeram hidden gem ini, tentu tidak akan jauh dari aktivitas yang berafiliasi dengan air. Para pelancong juga bisa berenang di kolam alami yang mengalirkan air sungai dari bab atas gerojokan menuju hilir sungai di bab bawahnya.

Jika ingin mencicipi sensasi berenang di kolam bikinan, tinggal pilih untuk berenang di bak angka delapan. Tentukan saja, apakah ingin berenang di bak biru atau bak hijau. Kedalamannya patokan sehingga mampu digunakan oleh belum dewasa sampai orang akil balig cukup akal terutama yang telah pintar berenang.

2. Bermain Air

Kalau tak mauberenang dan basah optimal, cukup bermain air dengan mencari posisi duduk di pinggir air terjun. Kemudian basahkan kaki atau tangan dengan air yang super sejuk dan jernih tersebut. Main air juga mampu dijalankan di pinggir bak produksi, kalau hanya mau menyaksikan dari akrab keindahan dua kolam yang unik tersebut.

3. Hiking ke Air Terjun Babak Pelangi

Mau mencoba sensasi hiking dan berpetualang sebentar di sekeliling tempat air terjun unik ini, pengunjung mampu memilih acara hiking. Ikuti jalur pendakian dan tanjakan yang disediakan menuju air terjun, kemudian mampu menyatu dengan alam karena dapat menaklukkan jalanan yang cukup terjal.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas di Air Terjun Babak Pelangi
Image Credit: Google Maps Lutfi Alhabbal

Jangan cemas tentang kemudahan di lokasi gerojokan tersembunyi ini, telah ada berbagai fasilitas yang akan menolong turis lebih menikmati piknik tanpa masalah. Berikut ini fasilitas terbaiknya.

  • Ruang Ganti Baju – Bagi yang berenang, disediakan lokasi khusus untuk mengganti baju dengan baju renang. Kemudian setelah akhir berenang dan higienis-bersih, bisa mempergunakan tempat ini kembali untuk mengenakan pakaian higienis dan siap melanjutkan perjalanan ke daerah lain.
  • Gazebo – Ada gazebo yang disediakan untuk hadirin, ketika cuma ingin menikmati panorama hijaunya alam sekitar Air Terjun Babak Pelangi. Cocok untuk tempat istirahat, bagi orang tua yang menemani anak-anaknya berwisata.
  • Mushola – Bagi yang beragama Islam, mampu menikmati liburan tanpa takut kehilangan potensi beribadah shalat wajib. Disediakan mushola untuk beribadah, lengkap dengan tempat wudhu terpisah untuk laki-laki dan wanita.
  • Tempat Makan – Wisatawan juga dapat memesan makanan melalui kawasan makan yang ada di sekeliling lokasi penderasan tersembunyi ini. Mau pilih menu masakan khas Lombok, Bali, atau kuliner western tinggal cari dan pesan sesuai keinginan.

Ayo ajak keluarga tercinta untuk mengeksplorasi keindahan Air Terjun Babak Pelangi di Lombok Tengah. Wisatawan akan memiliki pengalaman piknik yang menggembirakan dan tentu saja beda dari daerah wisata lain di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!