Daya Tarik Pantai Mawi, Pantai Tersembunyi Nan Indah Di Lombok Tengah

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pantai Mawi di Lombok Tengah mempunyai banyak daya tarik bagi para turis. Mulai dari kawasan selancar hingga perbukitan dengan view menawan. Tertarik untuk berlibur kesana?

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki salah satu pantai tersembunyi dengan view yang indah. Namanya Pantai Mawi, yang akhir-akhir ini menjadi idola bagi para turis. Bukan hanya alasannya adalah lokasinya tetapi juga alasannya banyak pesona tersendiri yang siap untuk dieksplorasi pengunjung.

Bagi yang bosan dengan pantai populer di NTB, mampu menyebabkan pantai mungil ini sebagai salah satu alternatif daerah liburan. Mau sendiri, bareng keluarga, komunitas, atau rekan kerja sangat cocok. Apalagi bila sedang tidak ramai hadirin, pantai ini seperti milik langsung.

Penasaran mirip apa performa pantai eksotis yang baru diketahui bertahun-tahun akhir-akhir ini? Berikut gosip lengkapnya untuk disimak, jikalau ingin menikmati piknik tahun ini di pantai berlawanan dengan keindahan berlawanan dan belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Mawi

Daya Tarik Pantai Mawi
Image Credit: Google Maps Gabor Kristofcsak

Pantai yang letaknya berafiliasi dengan Pantai Selong Belanak ini, memang dari sisi ukuran lebih kecil dari pantai lain. Tapi jangan salah, seperti istilah kecil-kecil cabe rawit ternyata malah menyimpan banyak pesona mempesona. Mau tahu apa saja daya tariknya? Ini beliau klarifikasi lengkap cuma untuk hadirin yang penasaran keindahannya.

✦ Pasir Putih Super Bersih

Ketika gres sampai di pantai menarik ini, pelancong akan pribadi disuguhi dengan pasir putih sepanjang pantai yang masih sangat bersih. Tidak banyak sampah awut-awutan sebab memang pengunjung masih terbatas, terlebih bila datang bukan di jadwal liburan akan lebih menggembirakan lagi.

✦ Ombak Tinggi

Ombak yang timbul di Pantai Mawi tergolong sedang hingga tinggi. Maklum saja alasannya adalah posisinya eksklusif bertatap tampang dengan Samudera Hindia, yang diketahui memiliki ombak besar tersebut. Uniknya ombak tinggi dan mengagumkan tersebut cuma ada hingga bagian tengahnya saja.

Di bab pinggir pantai, ombak secara alami akan menjadi lebih rendah dan tenang sampai menghempas ke bibir pantai tersebut. Jika dilihat karakteristik ombaknya mirip dengan yang ada di beberapa kawasan surfing Indonesia, pantas jika pantai unik ini sudah jadi incaran peselancar domestik sampai dunia.

✦ Air Jernih dan Bukit Hijau

Soal air lautnya juga sangat jernih, dari ketinggian bisa terlihat terang birunya air laut. Bahkan jikalau mujur, hadirin mampu menyaksikan pribadi flora dan fauna maritim yang beraktivitas di dalam air, mereka masih sangat bebas alasannya adalah habitat mereka tidak terusik oleh ulah jelek manusia.

✦ Bukit dengan View Menakjubkan

Naiklah ke bukit yang ada di segi kiri atau kanan pantai di Lombok Tengah ini, dari atas bukit tersebut wisatawan bisa menikmati perpaduan view laut yang biru serta perbukitan dan langit. Menjadi suatu perpaduan memanjakan mata, sehingga akan membuat betah berlama-lama mencicipinya.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Alamat Pantai Mawi
Image Credit: Google Maps Loetfi Ono

Pantai Mawi dengan banyak batu karang ini ada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Menjadi salah satu daerah unggulan rekreasi yang terus dibenahi, untuk mempesona turis berkunjung kapan saja mereka memiliki waktu libur.

Rute perjalanan yang bisa dipilih, dapat diadaptasi dengan lokasi dikala ini. Kalau mau berkendara eksklusif dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, jarak tempuhnya 16 km atau sekitar 1 jam menggunakan kendaraan beroda empat. Bisa juga menggunakan motor pastinya dengan waktu tempuh mampu lebih cepat.

Ada juga rute dari sentra Kota Lombok, yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dengan melewati Jalan Raya Batunyala menuju Jalan Selong Belanak. Perjalanan dengan rute ini cukup mengasyikkan, dimana pelancong mampu menyaksikan keindahan alam Lombok Tengah dari erat sebab memang sungguh terjaga.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Cukup dengan menyediakan uang Rp 5.000 per orang, siapapun sudah mampu menikmati keindahan Pantai Mawi sepuas hati. Tidak membuat kantong jebol bahkan kalau datang dengan rombongan sekalipun. Namun harga tiket tersebut mampu berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola.

Selain uang tiket yang mesti disediakan, kalau tiba dengan kendaraan pribadi atau sewaan juga perlu mempersiapkan duit parkir sesuai dengan jenis kendaraan. Biasanya berkisar Rp 2.000 sampai Rp 10.000 untuk satu kendaraan. Selain dua ongkos tersebut pengunjung tidak akan dibebani biaya lain selama berada di pantai berpasir putih tersebut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru Pantai Mawi
Image Credit: Google Maps Jacky Linton

Ada beberapa kegiatan terbaik yang dapat dilaksanakan selama berada di Pantai Mawi. Baik itu untuk pecinta selancar, ingin menggelapkan kulit, atau sekedar relaksasi melihat pemandangan alam. Berikut ini pilihan kegiatan yang paling kerap dikerjakan oleh turis ketika berada di sana.

1. Berselancar

Dengan ombak bagian tengah yang cukup tinggi, menjadi daya tarik bagi para peselancar untuk menaklukkannya. Pengunjung bisa membawa papan selancar sendiri atau menyewa di kawasan penyewaan terdekat dengan harga terjangkau. Biasanya ombak besar muncul di pagi hari atau sore hari, jadi jangan ketinggalan waktu-waktu terbaiknya.

2. Berjemur di Pantai Mawi

Saat cuaca cerah, berjemur yaitu aktivitas menyenangkan yang lain untuk dijalankan saat berada di pantai yang menarik ini. Tinggal pilih posisi berjemur terbaik di pinggir pantai, kemudian manfaatkan sinar matahari yang optimal sambil istirahat atau sekedar membaca buku favorit.

3. Bermain Pasir

Mau menjinjing serta keluarga dan belum dewasa tersayang? Jangan cemas karena wisatawan mampu menawarkan kesempatan bagi buah hati untuk bermain pasir sepuasnya. Jangan takut kotor sebab pasirnya bersih dan mampu dibuat sesuai cita-cita. Jadi, jangan lupa menjinjing peralatan bermain pasir ya!

4. Menikmati Keindahan Alam

Mau sedikit uji adrenalin, maka pengunjung dapat mendaki bukit di segi pantai hingga berada di bab puncaknya. Kemudian dari bagian puncak tersebut, lihatlah pemandangan jernihnya air laut dan hijaunya perbukitan sepuasnya. Bisa menjadi obat suntuk alami tanpa mengeluarkan ongkos sedikitpun.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mawi
Image Credit: Google Maps Danang Priambodo

Berlibur akan lebih mengasyikkan bila ditunjang dengan fasilitas memadai, di Pantai Mawi akan disuguhi aneka macam fasilitas penunjang yang mempesona dan bisa dimanfaatkan. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Rumah Makan

Tersedia sejumlah rumah makan yang menawarkan banyak sekali sajian favorit asli Nusa Tenggara Barat, hingga kuliner khas Indonesia yang lain. Tentunya dengan harga masuk logika, sehingga tidak butuhbawa banyak bekal alasannya adalah mampu menentukan hidangan terbaik sesuai selera dikala waktunya makan tiba.

2. Area Berkemah

Mau merasakan sensasi berkemah di alam terbuka dengan pantai selaku salah satu view nya? Pengelola sudah menawarkan akomodasi berkemah di salah satu sudut Pantai Mawi, dimana wisatawan dapat menenteng sendiri perlengkapan berkemah. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lokasi semoga tetap asri dan jauh dari kerusakan.

3. Area Parkir

Disediakan area parkir yang cukup luas untuk pengunjung, baik yang menjinjing kendaraan beroda empat atau motor sendiri. Sewa parkir tidak mahal, keamanannya terjaga, dan posisi strategis parkir mampu dipilih.

4. Gazebo

Untuk yang hendak menikmati keindahan pantai sambil berpangku tangan, mampu mempergunakan akomodasi gazebo. Terbuat dari kayu dengan rancangan tradisional, sehingga tentu saja berkesan untuk menjadi kawasan istirahat.

5. Toilet

Ada toilet dan kamar mandi yang terpisah antara wanita dan laki-laki, lokasinya mudah dijangkau. Jadi sesudah tamat berenang, berselancar, atau main pasir tinggal membersihkan diri di toilet tersebut.

Tidak ada salahnya menyebabkan Pantai Mawi sebagai daerah piknik tahun ini. Ajak serta orang-orang tersayang untuk menikmati keindahannya bareng , pastinya akan menjadi salah satu liburan terindah dan menyenangkan yang pernah dilaksanakan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!