Curug Ngumpet, Daya Tarik Riam & Bak Alami Eksotis Di Bogor

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Ngumpet salah satu penderasan yang indah berada di dalam area Taman Nasional Gunung Halimun Salak Jawa Barat. Curug atau riam ini terdapat di 2 lokasi yang berlainan, hal tersebut lalu menciptakan beberapa orang menyebutnya dengan istilah curug 1 dan curug 2.

Keindahan dari kedua lokasi gerojokan tersebut sangatlah hebat alasannya adalah memiliki berbagai tanaman dan fauna yang bisa ditemukan di sekitarnya. Maka dari itu tidak aneh jika tempat wisata alam ini menjadi salah satu destinasi rekreasi yang direkomendasikan untuk piknik keluarga atau kawasan yang sesuai untuk melepaskan stres.

Asal muasal nama Ngumpet yang dipakai oleh penderasan ini karena lokasinya yang tersembunyi di antara tebing-tebing pegunungan. Namun, hal tersebutlah yang membuat curug manis ini istimewa di mata pelancong. Berikut kita akan mereview secara singkat beberapa hal seputar Curug Ngumpet asal Kabupaten Bogor tersebut.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Ngumpet

Curug Ngumpet Bogor
Image Credit: Google Maps abdul aziz

1. Flora dan Fauna

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Curug Ngumpet ialah tumbuhan dan fauna atau tanaman dan hewannya. Dikarenakan lokasi dari teladas manis ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang dilindungi oleh pemerintah menciptakan anda akan menemukan banyak sekali tanaman besar atau pohon.

Pohon-pohon tersebut kemudian membuat hutan rimbun dengan hawa udara yang sejuk dan sangat segar. Hal tersebutlah yang menciptakan destinasi rekreasi asal Kabupaten Bogor ini cocok dijadikan sebagai kawasan penghilang stres. Selain dari itu berkat adanya hutan rimbun di sekitaran rekreasi alam gerojokan ini menciptakan banyak binatang yang hidup didalamnya.

Maka tidak aneh jika saat melewati gerbang utama menuju lokasi rekreasi anda akan mendapatkan berbagai macam binatang mirip burung, simpanse, dan beberapa binatang lainnya. Anda juga bisa berpangku tangan sambil menyimak bunyi angin yang bergerak melalui sela dedaunan pohon dan siulan burung di waktu yang berbarengan.

2. Pesona Air Terjun

Jika berbicara mengenai pesona maka yang paling mencolok di wisata alam nan indah ini adalah air terjunnya. Curug Ngumpet memiliki 2 lokasi air terjun yang berlawanan, di lokasi pertama terdapat jeram dengan ketinggian sekitar 45 meter sedangkan di lokasi yang kedua memiliki ketinggian yang lebih rendah ialah sekitar 6 meter.

Aliran air di kedua air terjun tersebut cukup deras jadi tidak diperbolehkan untuk pelancong bermain air di bab jatuhnya jeram. Untuk menjaga keselamatan pihak pengelola sudah menciptakan batas dengan mempesona tali pembatas, jadi pelancong hanya diperbolehkan bermain air di luar tali pembatas tersebut.

3. Kolam Alami

Tempat wisata elok asal Kabupaten Bogor ini juga memiliki sebuah kolam yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bermain air. Kolam tersebut terbentuk dari fatwa teladas yang tergenang, dimana lokasi ini ialah lokasi bermain air yang paling difavoritkan dan berada di luar tali pembatas.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Alamat dari destinasi wisata Curug Ngumpet berada di Kecamatan Pamijahan, Desa Gunungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk rute perjalanannya mampu ditempuh dari Kota Bogor dengan persyaratan Kebun Raya Bogor di Jl. Otto Iskandardinata.

Untuk panjangnya rute perjalanan dari Kota Bogor sampai ke lokasi wisata riam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak diperkirakan sekitar 27,2 KM dengan usang perjalanan sekitar 1 jam 26 menit menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan menuju lokasi wisata juga sudah anggun dan bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Jika dari Kota Bogor anda bisa mengawali rute perjalanan dari Kebun Raya Bogor di Jl. Otto Iskandardinata menuju Jl. R. Saleh S. Bustaman lalu hingga di perempatan Jl. Empang anda harus belok kanan. Terus lurus hingga mentok di Jl. Pulo Empang kemudian belok kanan dan terus ikuti jalan tersebut sampai anda mendapatkan pertigaan Jl. Kapten Maulana Yusuf.

Silahkan belok kiri di pertigaan Jl. Kapten Maulana Yusuf dan terus ikuti jalan tersebut hingga anda memasuki Jl. Raya Ciapus. Ikuti Jl. Raya Ciapus tersebut sampai anda mendapatkan perempatan akrab Cassandra Resto lalu terus lurus untuk masuk ke Jl. Gn. Malang dan sampai di perempatan Warung Lina.

Dari perempatan Warung Lina ini anda harus belok kanan melalui SMP AL-HIDAYAH BOARDING SCHOOL kemudian belok kiri ke Jl. Cikaret dan belok kanan lagi ke Jl. Salak Highland. Ikuti jalan tersebut hingga masuk ke Jl. Curug Luhur Indah dan terus lurus sampai anda menemukan pertigaan Alfamart Cibening dan belok kanan ke Jl. Gn. Bunder.

Silahkan mengikuti Jl. Gn. Bunder hingga anda memasuki area wisata Curug Ngumpet. Di area rekreasi ini anda bisa memarkirkan kendaraan pribadi di kawasan parkir yang sudah ditawarkan. Harap semua barang berharga dibawa bersama anda untuk menghindari pencurian yang bisa saja terjadi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Untuk bisa memasuki wisata bagus asal Kabupaten Bogor ini anda harus membayar tiket masuk gerbang utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar Rp 15.000 per orang. Kemudian untuk tiket masuk Curug Ngumpet lokasi 1 yakni sebesar Rp 10.000 per orang dan untuk lokasi 2 juga mempunyai harga tiket masuknya sama yakni Rp 10.000 per orang.

Perlu dimengerti bahwa tempat rekreasi alam ini buka setiap hari (Senin sampai Minggu) dari jam 07.00 hingga 16.00 WIB. Jadi silahkan luangkan waktu kosong anda untuk menikmati momen piknik bareng orang terdekat di teladas cantik ini.

Aktivitas Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Seru Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Ridwan Ahmad Onez

1. Bermain Air di Curug Ngumpet

Berwisata ke teladas terperinci akan menciptakan pada umumnya orang ingin bermain air. Maka tidak heran jikalau di Curug Ngumpet anda akan mendapatkan berbagai turis yang bermain air. Meskipun di titik jatuhnya gerojokan dibatasi karena berbahaya terkena air yang jatuh dari ketinggian 45 meter, namun masih ada titik yang lain yang kondusif untuk bermain air.

Terdapat sebuah kolam yang berada tidak jauh dari titik jatuhnya jeram dengan air yang sangat jernih dan segar. Kolam ini kemudian diberi batas memakai tali yang memperlihatkan batas terhadap siapa pun biar tidak boleh melalui tali tersebut alasannya bisa terkena hantaman air terjun yang deras dari atas ketinggian.

Ketika bermain air di kolam tersebut anda akan merasa sungguh segar karena selain airnya memang sungguh jernih dan segar lokasi rekreasi alam ini juga berada di tengah hutan. Dimana hal tersebut membuat udara yang dihirup juga sangat segar.

2. Menyaksikan Keindahan Sawah dan Hutan

Ketika mulai melewati gerbang utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak anda telah bisa melihat indahnya sawah warga yang membentang di pinggir jalan. Ada pula beberapa petani yang sibuk mengorganisir sawah tersebut sambil melambaikan tangan tanda selamat tiba terhadap anda.

Selain sawah anda juga bisa menyaksikan keindahan pepohonan hijau yang membentang sepanjang jalan sampai memasuki area Curug Ngumpet. Ketika mulai memasuki area wisata curug atau air terjun anda akan melihat rimbunnya hutan yang menciptakan udara sekitar menjadi sejuk dan sangat segar.

3. Bersantai dan Melepaskan Stres

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa di lokasi wisata anggun ini memiliki hutan dengan aneka macam pohon. Hal tersebut menciptakan udaranya menjadi sangat segar dan sejuk, dengan udara yang segar dan sejuk ini bisa digunakan oleh turis yang merasa stres atau mempunyai banyak persoalan untuk berpangku tangan dan rileks.

Apalagi ketika anda bermalas-malasan ada bunyi nyanyian burung yang hinggap di dahan pohon. Suara nyanyian tersebut lalu kian tenteram terdengar bersamaan dengan tiupan angin yang melewati sela dedaunan dan sampai kepada anda.

Aktivitas Seru di Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Andini Maheswari

4. Berfoto-foto

Ketika anda menginjakan kaki di salah satu destinasi wisata asal Kabupaten Bogor ini akan menciptakan jiwa narsis anda akan eksklusif keluar saat itu juga. Bagaimana tidak?, dengan keindahan alam mulai dari hutannya yang kaya akan pepohonan serta riam anggun di depan mata membuat anda pribadi secara otomatis berpose di depan kamera.

Anda juga mampu mengabadikan momen bermain air bareng keluarga atau orang terdekat. Maka dari itu, siapkan kamera dan memori lebih untuk mengambil gambar dari semua acara yang dilaksanakan di daerah rekreasi alam nan mengagumkan ini.

5. Camping Seru

Karena berada di area wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak membuat kawasan wisata ini cocok dipakai untuk camping atau bermalam di alam bebas. Pastikan anda sudah meminta izin terhadap pihak pengelola Curug Ngumpet dan menawarkan peralatan dengan baik, alasannya adalah jika malam tiba daerah wisata alam ini akan sungguh sepi hadirin.

6. Aktivitas Outbound

Kegiatan terakhir yang mampu anda kerjakan di lokasi rekreasi nan indah ini yakni outbound atau acara yang berafiliasi dengan alam. Terdapat sebuah lahan yang memang disediakan oleh pihak pengelola untuk acara outbound, jadi tak heran bila anda akan memperoleh beberapa orang sedang beraktivitas sekitar lahan tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps drahim daim

Lahan Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang dimiliki oleh Curug Ngumpet ialah lahan parkir kendaraan. Di lahan parkir ini wisatawan mampu memarkirkan kendaraan pribadi mereka dan kendaraan tersebut akan dijaga oleh petugas parkir hingga semua wisatawan pulang. Baik lokasi riam 1 dan 2 semuanya mempunyai lahan parkir yang berlawanan-beda dengan luas yang hampir sama.

Lahan Outbound

Sebelumnya kita telah sempat mengetahui bahwa di sekitar lokasi air terjun elok ini memiliki lahan yang disediakan oleh pihak pengurus untuk kegiatan outbound. Biasanya di hari-hari libur akan ada beberapa golongan orang yang melakukan acara bekerjasama dengan alam di lahan outbound tersebut.

Jalan Menuju Lokasi Air Terjun

Fasilitas terakhir yang dimiliki oleh salah satu wisata alam di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak Jawa Barat ini ialah jalan yang bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 maupun 4. Jalan tersebut membentang mulai dari pintu masuk utama sampai ke lokasi penderasan, medannya juga sudah bagus jadi bisa dilewati oleh semua orang dengan cukup gampang.

Demikian review singkat tentang Curug Ngumpet yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ketika berkunjung ke tempat wisata elok ini sebaiknya sampah plastik dibuang pada tempatnya agar anak cucu kita nanti juga mampu melihat keindahan alam yang kita saksikan ketika ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!