Pantai Cemare Lembar, Perpaduan Pantai Elok & Hutan Mangrove Di Lombok Barat

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pantai Cemare Lembar Lombok Barat mampu menjadi alternatif piknik saat berkunjung ke Pulau Lombok. Wisatawan dapat menikmati sunset indah di sini.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-18.00 WITA, Alamat: Pelabuhan, Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Cemare Lembar ialah kawasan wisata pantai yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai cantik ini memberikan keindahan alam yang fantastis mulai dari pasir putih bersih sampai air bahari yang jernih. Pantai nan indah ini juga memperlihatkan suasana yang tenang dan nyaman sehingga cocok bagi turis yang ingin berleha-leha.

Selain itu, wisata bahari yang ada di Lombok ini juga memperlihatkan aneka macam aktivitas menarik seperti snorkeling, diving, memancing atau sekedar berlangsung-jalan di tepi pantai. Keindahan pantai di Lombok pasti sudah terkenal hingga mancanegara. Tidak akan rugi kalau pelancong memilih untuk menghabiskan piknik di pantai-pantai yang ada di Lombok.

Selain memiliki keasrian yang tersadar, pantai yang ada di Lombok juga memperlihatkan sensasi relaksasi bagi turis. Ini tentunya membuat wisatawan merasa lebih fresh sesudah menghabiskan waktu di pantai. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi ialah Pantai Cemare yang tidak kalah indah dibanding dengan pantai lainnya di Lombok.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemare Lembar

Daya Tarik Pantai Cemare Lembar
Image Credit: Google Maps Listyo Ady Prabowo

Sebagai wisata alternatif turis ketika berkunjung ke Lombok, pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya ini tentunya memiliki banyak daya tarik yang menarik . Wisatawan yang berkunjung ke Lombok jangan hingga melalaikan potensi untuk mampir ke Pantai Cemare Lombok.

✦ Keindahan Alam

Pantai Cemare terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami, dengan pasir putih yang halus, air bahari yang jernih, dan ombak yang damai. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan melihat matahari terbit atau terbenam yang sungguh indah. Pantai sepanjang tujuh kilometer ini bisa dinikmati seharian oleh turis.

Tidak hanya pantai, pelancong juga mampu menikmati keindahan dari mangrove yang ada di daerah pantai yang indah ini dengan luas 70 hektar. Keindahan alam yang masih asri dan jauh dari hingar bingar perkotaan membuat daerah ini menjadi layak untuk dikunjungi, apalagi untuk melepas penat pada rutinitas sehari-hari.

✦ Hutan Mangrove

Hutan mangrove ialah salah satu destinasi wisata alam yang menarik di daerah pantai indah ini. Hutan mangrove sendiri ialah ekosistem hutan di daerah muara yang terbentuk dari tumbuhan bakau yang tumbuh di tepi laut atau muara sungai yang terpengaruh oleh pasang surut.

Hutan mangrove tersebut terletak di sepanjang muara sungai yang bermuara di pantai tersebut. Wisatawan mampu menikmati keindahan alam dan keragaman hayati yang ada di hutan mangrove, seperti aneka macam jenis burung, ikan, dan hewan yang lain yang hidup di dalam dan sekitar hutan mangrove.

Selain itu, turis juga mampu menikmati keindahan alam di sekitar hutan mangrove dengan cara berjalan-jalan di jembatan kayu yang dibangun di atas permukaan air. Jembatan kayu tersebut memungkinkan turis untuk menjelajahi hutan mangrove dan melihat keanekaragaman hayati yang ada di sekitar muara sungai.

✦ Wisata Religi

Wisata bahari yang satu ini tidak hanya menunjukkan keindahan alamnya yang menarik, tetapi juga menyimpan kesempatanrekreasi religi yang menarik. Salah satu destinasi rekreasi religi yang terdapat di pantai yang ada di Lombok ini yaitu makam keramat Syekh Alwi Bagdadi. Ini ialah salah satu wisata religi yang terkenal di Lombok Barat.

Makam ini tempat ziarah yang banyak dikunjungi oleh penduduk , khususnya pada dikala hari besar Maulid Nabi. Syek Alwi Bagdadi ialah seorang ulama dan pemimpin agama yang terkenal di Lombok pada zamannya. Makam keramatnya yang terletak di sekeliling Pantai Cemare dianggap sebagai daerah yang sakral dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Selain makam Syekh Alwi Bagdadi, terdapat juga beberapa masjid yang terdapat di sekitar tempat wisata bahari ini, seperti Masjid Raya Lembar dan Masjid Al-Fathurrahman. Kedua masjid tersebut terkadang dijadikan tempat beribadah dan sentra aktivitas keagamaan bagi penduduk sekitar.

✦ Spot Instagramable

Pantai estetik ini merupakan destinasi rekreasi yang memiliki potensi spot-spot instagramable yang menarik untuk diabadikan. Liburan tentunya akan terasa kurang jika tidak mengambil foto di berbagai daerah yang mempesona. Oleh alasannya itu terdapat beberapa spot mempesona di pantai yang terkenal dengan panorama alam yang indah.

Di antaranya yaitu pelancong dapat berfoto ketika sunset. Pantai Cemare memperlihatkan panorama matahari terbenam yang sangat indah. Tentunya hal ini tidak mampu dilewatkan begitu saja oleh para wisatawan. Bagi pelancong yang berkunjung menjelang sore, berfoto dengan latar belakang sunset wajib untuk dikerjakan.

Selain itu, wisatawan juga mampu berfoto di kawasan hutan mangrove yang memiliki luas 70 hektar. Dengan menaiki kano, turis dapat mengambil foto ketika mengitari hutan mangrove. Selain mampu menikmati pemandangan dan berguru ihwal mangrove, wisatawan juga bisa mendapatkan foto yang Instagramable.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Bila terpesona dengan daya tarik pantai ini, Anda bisa berkunjung Pulau Lombok, tepatnya berada di Pelabuhan, Kec. Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Wisatawan yang ingin berkunjung dapat mengambil rute dari Mataram menuju Pelabuhan Lembar yang bisa ditempuh selama 30 menit. Di pertigaan sebelum pertigaan Lembar – Sekotong, belok kanan dan lurus sampai hingga Jembatan Pantai Cemare.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Cemara Lembar
Image Credit: Google Maps Faisal RM (Faisal R)

Dengan banyaknya pesona yang ada di Pantai Cemare Lembar Lombok Barat, pastinya banyak pula acara mempesona yang bisa dikerjakan. Wisata laut yang satu ini menawarkan berbagai aktivitas menawan yang mampu dijalankan selama berkunjung.

1. Kegiatan Air

Ombak yang hening dan air yang higienis mampu digunakan untuk berenang. Wisatawan yang suka kegiatan bawah laut juga dapat melaksanakan snorkeling dan diving. Wisatawan tidak perlu cemas kalau tidak menjinjing peralatan snorkelling ataupun diving. Karena di daerah pantai elok ini terdapat banyak penjual atau sewa alat selam.

2. Menyusuri Hutan Mangrove

Di sekitar Pantai Cemare Lembar terdapat hutan mangrove yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Para turis mampu menyusuri hutan mangrove dengan berjalan kaki atau memakai perahu. Menyusuri hutan seluas 70 hektar tentunya akan memperlihatkan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

3. Melakukan Ziarah

Bagi turis yang kepincut dengan wisata religi, jangan cemas alasannya rekreasi ini juga memberikan kunjungan ke makam keramat Syekh Alwi Bagdadi yang terletak di sekeliling pantai. Tentu tidak semua pelancong mampu berkunjung dan melaksanakan ziarah. Hanya wisatawan yang menganut kepercayaan tertentu yang mampu melakukan ziarah ke makam ini.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Pantai Cemara Lembar
Image Credit: Google Maps baiqvera susanti

Fasilitas yang tersedia di wisata Pantai Cemare ini di antaranya yakni toilet dan kamar mandi lazim. Wisatawan mampu membersihkan diri sehabis berenang dan membayar sebesar Rp 3.000 per orang. Selain itu, juga terdapat fasilitas mushola yang mampu dipakai oleh turis muslim beribadah jikalau waktu shalat telah tiba.

Berwisata ke Lombok tentu merupakan hal yang menggembirakan. Jika bosan berwisata ke destinasi terkenal di Lombok, wisatawan mampu berkunjung ke Pantai Cemare Lembar. Pantai indah ini memiliki banyak daya tarik yang pastinya tidak akan membuat pelancong kecewa. Tidak hanya memperlihatkan keindahan alam, rekreasi alam ini juga menyediakan rekreasi religi.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!