Pantai Bidara, Pantai Anggun Dengan Spot Terbaik Menikmati Sunset Di Kulon Progo

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Bugel, Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Untuk menghabiskan waktu piknik yang terbilang panjang, Anda harus menentukan daerah wisata untuk Anda kunjungi. Salah satu kawasan rekreasi yang dapat Anda jadikan tujuan liburan yang seru dan menggembirakan adalah Pantai Bidara di Kulon Progo, Jogja.

Sudah dipastikan bahwa semua kawasan wisata niscaya mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan tempat wisata lainnya. Ada banyak pilihan kawasan wisata di Kulon Progo. Beberapa tempat rekreasi yang ada memiliki keindahan alam yang terbilang sungguh menawan.

Daerah spesial Yogyakarta menjadi daerah yang sangat cocok untuk Anda kunjungi dengan tujuan menenangkan fikiran. Tidak cuma itu saja, di destinasi rekreasi yang satu ini Anda juga mampu menikmati makanan yang lezat dan berbelanja kerajinan tangan yang dijual di daerah pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bidara

Daya Tarik Pantai Bidara
Image Credit: Google Maps Nugroho Arie.n

Sebelum memilih wisata pantai yang mengasyikkan, Anda wajib mengenali mengenai beberapa daya tarik yang disediakan tempat tersebut. Jika kesengsem ke Pantai Bidara, berikut apa saja hal menarik yang mampu Anda peroleh disana.

1. Tempat Bertapa Sultan Hamengkubuwono IX

Daya tarik pertama yang mampu Anda peroleh antara lain yakni tempat bertapanya Sultan Hamengkubuwono IX. Pantai yang dijadikan selaku daerah untuk bertapa ini menjadikannya memiliki kedudukan sakral di penduduk Yogyakarta lebih tepatnya.

Wisata pantai ini menjadi tempat yang sangat sesuai digunakan untuk bertapa. Hal ini dikarenakan pantai ini mempunyai nuansa yang damai dan tenang. Nah kalau masa sekarang, pantai ini telah terbilang sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan refreshing atau healing untuk menetralisir rasa letih.

2. Pohon Dengan Berbagai manfaat

Pohon dengan aneka macam faedah yang ada di Pantai Bidara menjadi salah satu pesona yang layak Anda ketahui. Pohon atau tumbuhan yang berkembang di sekitar pantai sudah terkenal atau sering terdengar di selaku besar kalangan penduduk .

Nama pantai ini sendiri diambil dari banyaknya pohon bidara yang berkembang di sekeliling pantai. Oleh penduduk setempat pohon bidara ini diandalkan mempunyai banyak khasiat, dapat menyembuhkan banyak sekali penyakit dan kaya manfaat.

3. Terdapat Sumur Tua

Daya tarik berikutnya yaitu terdapat sumur bau tanah. Konon sumur tua ini sering dipakai sebagai tempat untuk melakukan aktivitas ritual. Bagi hadirin yang mendatangi daerah pantai ini pasti diperbolehkan untuk melihat mata air yang cukup sakral ini.

4. Gerakan CHSE

Gerakan CHSE menjadi pesona lainnya di daerah pantai. Gerakan CHSE mempunyai arti sebagai Gerakan Clean, Healthy, Safety, and Environment. Gerakan ini berfungsi untuk memutuskan hadirin merasa aman dan nyaman.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan aneka macam pihak yang bisa membuatkan daerah rekreasi pantai ini. Satu aktivitas kasatmata yang menyadarkan semua pihak atau pengunjung dengan wisata yang aman, higienis, sehat dan tetap menjadi lingkungan sekitar.

5. Tempat Budidaya Melon

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Pantai Bidara antara lain adalah daerah budidaya melon. Di daerah rekreasi satu ini, para hadirin dapat ikut serta dalam proses penanaman atau pemetikan buah melon yang telah matang.

Langsung memetik melon dari pohonnya niscaya akan menjadi salah satu pengalaman yang takkan terlalaikan, khususnya ketika Anda berkunjung besama si kecil.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Bidara
Image Credit: Google Maps zulvriana’s

Untuk Anda yang ingin pribadi mengunjungi Pantai Bidara, maka Anda mampu langsung mengunjungi Jalan Pantai Bugel, Gumuk Waru, Kelurahan Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute menuju kawasan rekreasi pantai yang satu ini pun terbilang cukup gampang. Berkunjung ke Kalurahan Bugel mampu ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Wates. Sementara daerah pantai ini terletak sekitar 200 meter arah barat Pantai Bugel.

Memasuki daerah pantai, hadirin akan menyaksikan Gapura Jingking yang berada di pintu masuk. Jingking adalah jenis ketam yang hidup di tempat pasir pantai dan banyak ditemukan di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Setelah Anda mengetahui rute menuju pantai, selanjutnya gosip harga tiket masuk. Anda dibebani ongkos sekitar Rp 5.000 untuk menikmati apa saja yang menawan di kawasan pantai. Termasuk untuk spot terbaik menikmati matahari tenggelam di Kulon Progo.

Tidak cuma itu saja, Anda cuma perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 untuk parkir motor. Untuk Anda yang menenteng mobil, maka harus membayar sebesar Rp 5.000.

Kawasan pantai umumnya buka 24 jam, tetapi sebaiknya Anda tiba Pukul 06.00 hingga Pukul 18.00. Jika bermaksud nginap atau camping, sebaiknya menghubungi pengelola untuk menerima aba-aba.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Bidara

Aktivitas Seru di Pantai Bidara
Image Credit: Google Maps santi Ambar

Tidak hanya itu saja, sebelum Anda memilih untuk mengunjungi sebuah daerah rekreasi Pantai Bidara. Maka, Anda perlu mencari berbagai info mengenai kegiatan yang menarik untuk Anda lakukan. Di tempat rekreasi pantai yang satu ini Anda dapat melaksanakan aneka macam macam kegiatan yang mengasyikkan.

1. Bermain Air dan Berenang

Berada di tempat pantai, tentunya pengunjung ingin bermain air, berenang ataupun sekedar besantai melepas letih. Bermain air dan pasir di Pantai Bidara menjadi acara yang menawan dikerjakan.

Dengan tekstur pasir yang lembut dan ombak yang hening pasti aktivitas Anda di pantai bagus ini menjadi lebih seru.

2. Melihat Sunset atau Sunrise

Salah satu dari beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda kerjakan di Pantai Bidara antara lain adalah menyaksikan panorama sunset atau sunrise. Sunset mampu Anda lihat jika Anda mendatangi pantai pada sore hari mulai dari jam 17.00 sampai dengan jam 18.00.

Apabila Anda yang ingin melihat sunrise. Maka, Anda wajib mendatangi kawasan wisata pantai pada Pukul 05.00 sampai dengan Pukul 06.00 pagi.

3. Edukasi Pembuatan Garam

Sebagai pantai yang dikembangkan selaku rekreasi laut, Pantai Bidara memperlihatkan rekreasi edukasi pembuatan garam tata cara tunnel bagi para pengunjung. Sistem ini merupakan sistem modern dalam pembuatan garam, yang mengakali buatan garam saat trend hujan.

4. Rumah Konservasi Tukik

Pengunjung juga bisa datang ke Rumah Konservasi Tukik untuk mencar ilmu pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan ini menjadi upaya untuk menjaga biar eksistensi penyu maritim tetap berlangsung.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Bidara

Fasilitas Pantai Bidara
Image Credit: Google Maps Sutarman Ganang

Ada banyak kemudahan yang dapat Anda manfaatkan hadirin untuk menikmati waktu di kawasan pantai ini. Beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan antara lain ialah warung makan, toilet, spot foto, area parkir yang terbilang cukup luas, mushola, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut menjadi beberapa hal yang wajib Anda ketahui perihal Pantai Bidara yang berada di Kulon Progo. Berkunjung ke pantai tentu akan menawarkan keceriaan tersendiri apalagi jikalau dilakukan bersama keluarga maupun sobat-teman.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!