Penderasan Randusari, Riam Eksotis Dikelilingi Pohon Randu Di Bantul

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-17.30 WIB, Alamat: Jl. Randusari No.Rt 03, Rejosari, Jatimulyo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Untuk menikmati waktu liburan, ada banyak pilihan kawasan yang dapat Anda manfaatkan mirip Air Terjun Randusari. Tentunya, setiap kawasan yang ada memiliki pesonanya sendiri. Apalagi jika telah mengatakan tentang keindahan alam di Indonesia, ada banyak opsi yang dapat dikunjungi.

Anda juga mampu datang ke banyak sekali macam tempat untuk mengisi waktu kosong. Wisata dengan tujuan menenangkan anggapan memang cocok dilakukan kalau Anda memilih Jogja sebagai tempatnya. Berbagai keindahan alam yang dikehendaki orang-orang ada di kawasan ini. Kaprikornus, tidak cuma kuliner atau kerajinannya saja yang menawan.

Dibandingkan dengan menghabiskan banyak uang ke mancanegara, Anda tetap mampu menikmati wisata setempat. Bantul memang menjadi salah satu kabupaten yang banyak menunjukkan panorama anggun untuk penduduk . Hal ini memang sudah menjadi belakang layar umum. Karena itu, orang akan mengutamakan Jogja jikalau berkaitan dengan rekreasi alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Randusari

Daya Tarik Air Terjun Randusari
Image Credit: Instagram Ratno Jogja

Sebelum memulai rekreasi yang menggembirakan, Anda mesti tahu alasan penyeleksian pada tempat rekreasi yang sempurna. Hal ini dilakukan biar Anda tidak kecewa sehabis hingga di lokasi. Berikut ini berita berhubungan dengan daya tarik yang memang dimiliki oleh riam:

1. Banyak pohon Randu

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Air terjun Randusari yaitu ada banyak Pohon Randu. Pohon ini dikenal juga dengan nama lainnya yaitu Pohon Kapuk. Posisinya sangat erat dengan penderasan. Karena itu, banyak orang yang mengundang riam ini dengan nama Randu. Kemudian, Sari dihadirkan dari kata Utama.

Kaprikornus, maksud dari nama tempat ini yakni sumber utama untuk menerima air bersih. Dulunya, banyak penduduk yang menggunakan kawasan ini sebagai sumber air. Makara, masuk akal jika diberikan nama utama.

2. Pemandangan Indah

Daya tarik lainnya yang menciptakan Air Terjun Randusari yaitu pemandangan alam yang indah. Untuk Anda yang memang datang dengan tujuan menerima pemandangan yang tenang, kawasan ini akan melebihi ekspektasi Anda juga.

Pemandangan yang diberikan tidak cuma riam yang mempesona saja. Anda juga akan mendapatkan panorama alam luar biasa lainnya. Salah satunya adalah kesan alami dari hutan hijau yang mengelilingi riam. Tenang saja, hutan juga higienis sebab ada pengurus wisatanya.

3. Air menggeluti tinggi

Air menggeluti Randusari dapat dibilang sebagai teladas yang cukup tinggi. Untuk Anda yang menyukai teladas dengan posisi tinggi, pilihan ini sungguh sempurna untuk dimanfaatkan. Tinggi dari air terjun ini mencapai 15 meter. Untuk kedalamannya ialah 2 meter. Karena itu, hati-hati bila membawa belum dewasa ke daerah ini.

Walaupun begitu, kedalaman 1 sampai 2 meter ini masih aman untuk berenang dan juga bermain air. Jika Anda tak mau bermain air, Anda mampu mengambil gambar saja. Pemandangan yang disediakan juga cantik dari banyak sekali macam segi.

4. Air terjun kembar

Anda juga harus tahu spot lainnya yang menciptakan kawasan ini menjadi populer. Hal ini dikarenakan adanya air terjun kembar. Air terjun ini disebut kembar karena mempunyai dua sumber mata air. Namanya ialah Ngreboh dan banyak dipakai untuk kepentingan pengairan. Keunikan dari tempat ini ada pada air yang tidak pernah mengering.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Randusari
Image Credit: Instagram Galero Wisatawan

Tentunya, banyak orang yang merasa bingung akan rute yang dapat dipakai dan lokasi yang cocok. Anda tidak usah khawatir alasannya adalah tempat rekreasi yang satu ini mampu ditemukan dengan mudah juga. Anda dapat eksklusif membuka Gmaps untuk mendapatkan lokasi sampai arahan rutenya.

Air terjun Randusari ini ada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Posisinya ada di dalam pedalaman Dusun Rejosari. Anda juga mampu mengikuti titik koordinat dari GPS eksklusif. Untuk rute perjalanannya juga ada bermacam-macam. Anda dapat menentukan sendiri ingin memakai rute dari arah mana.

Akan lebih mudah jikalau memulai dari Kota Yogyakarta dan masuk ke Termjn Giwangan. Anda mampu mengambil arah yang lain ke Jalan Imogiri Timur. Langsung belok ke arah Hutan Pinus Mangunan kalau Anda telah hingga di Pasar Imogiri. Setelah melalui hutan, barulah ambil jalan lain dengan rute Puncak Becici dan ikuti papan petunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk Anda yang ingin menjinjing banyak anggota keluarga ke Air Terjun Randusari, harga tiket masuk menjadi salah satu hal yang penting untuk dikenali. Penting halnya untuk mencari daerah yang tepat dengan harga yang murah. Air terjun ini mampu menjadi jawabannya.

Karena ialah wisata alam, Anda tidak usah mengeluarkan banyak duit. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 2.000 rupiah untuk setiap tiketnya. Setelah itu, Anda dapat pribadi menikmati pemandangan yang ada di dalamnya. Uang tiket ini dipungut dengan tujuan untuk ongkos perawatan lokasi saja.

Tentunya, wisata alam ini juga mempunyai jam bukanya. Anda dapat berkunjung sesuai dengan cita-cita dari jam 6 pagi sampai 17.30 WIB. Ada baiknya untuk tiba dikala cuacanya masih cerah. Kaprikornus, banyak aktivitas yang dapat dikerjakan di sini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Randusari

Aktivitas Seru di Air Terjun Randusari
Image Credit: Google Maps FT17B_ Asep Pujangga

Sebelum memutuskan untuk datang ke suatu kawasan, Anda juga perlu mencari gosip berkaitan dengan aktivitas yang mempesona untuk dilakukan. Ada banyak sekali macam kegiatan yang mengasyikkan untuk dikerjakan juga. Anda dapat melaksanakan kegiatan berikut ini kalau sudah hingga di teladas:

1. Menikmati Alam

Kegiatan pertama yang mampu Anda lakukan yakni duduk dan menikmati alam. Anda akan menerima panorama yang mempesona dari Air Terjun Randusari. Selain menikmati indahnya Pohon Randu yang besar, Anda juga mampu menyaksikan pancuran air jernih.

Tidak cuma itu saja, Anda dapat memakai daerah ini sebagai tempat untuk merenung. Banyak yang merasa nyaman saat merenung di tempat yang sarat dengan angin sepoi-sepoi ini. Air terjun eksotis ini condong memperlihatkan ketenangan untuk healing.

2. Berenang

Kegiatan lainnya yang mampu Anda lakukan yaitu berenang. Anda mampu menikmati waktu dengan berenang. Jangan memilih air yang terlalu dalam bila takut berbahaya. Anda mampu menggunakan bab pinggiran yang lebih aman untuk berenang.

Apalagi jika pancuran air yang turun jauh lebih deras. Untuk yang membawa anak, mampu bermain di bab pinggir juga. Namun, harus tetap hati-hati karena batunya agak licin. Jadi, Anda mesti memantau anak juga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Randusari
Image Credit: Instagram Ananta ‘Anta’ Dwihasto

Ada banyak sekali macam akomodasi cukup memadai yang diberikan kepada Anda untuk menikmati waktu bermain di Air Terjun. Ada area parkir yang luas dan juga Gazebo daerah berpangku tangan.

Anda juga dapat menikmati pemakaian toilet umum yang higienis dan juga kawasan sampah. Ada banyak sekali opsi warung makan yang dapat Anda kunjungi juga.

Anda mampu menimbulkan Air Terjun Randusari selaku pilihan untuk berleha-leha. Jangan hingga Anda kesusahan alasannya tidak mencari berita secara terperinci dahulu. Untuk Anda yang membutuhkan healing dan mencari ilham baru, riam ini menjadi opsi yang membuat puas.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!