Curug Siluwok, Menikmati Pemandangan Riam Yang Menawan Di Kulon Progo

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pernah mendengar Curug Siluwok? Kalau belum masuk akal, sebab termasuk wista masih gres di Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mengger Malang, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Mendengar kata Jogja pastinya yang terlintas di benak Anda ialah keragaman wisata di sana. Hal ini memang benar adanya, karena kota tersebut seakan menjadi nirwana destinasi pelancong di Indonesia.

Curug Siluwok ini ada di kawasan Kulon Progo dan masih sungguh asri. Lokasinya berada di area hutan rakyat menjadikan keasriannya senantiasa terjaga. Jika Anda tertarikingin menjajal mengunjunginya, tidak ada salahnya melihat reviewnya dahulu di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Curuk Siluwok

Daya Tarik Wisata Curuk Siluwok
Image Credit: Twitter jogjaupdate.com

Salah satu alasan mengapa Anda harus menjajal tiba pribadi ke curug di kawasan Kulon Progo Yogyakarta ini yang mempunyai sejumlah daya tarik, diantaranya:

1. Panorama Air Terjun yang Mempesona

Air menggeluti atau Curug Siluwok ini terbukti mempunyai ciri khas sendiri. Sedikit berlainan dengan teladas pada umumnya utamanya di Kulon Progo. Air di curug ini mengalir dari tebing yang cukup tinggi. Warnanya pun mempesona yaitu biru muda.

Namun warna tersebut cuma akan muncul saat Anda mengunjunginya waktu trend kemarau saja. Beda cerita dikala Anda tiba pada isu terkini penghujan. Sebab, penampilan air curug menjelma coklat keruh.

2. Lokasinya Strategis

Faktanya, lokasi Curug Siluwok ini tidak jauh dengan  rekreasi lainnya yakni gerojokan Perawan Sidoharjo. Sampai sekarang, walaupun masih tergolong baru rekreasi penderasan Siluwok nyatanya semakin menjadi primadona di Kulon Progo.

Untuk bisa mengakses curug ini, Anda harus melaksanakan tracking menyusuri hutan yang masih sungguh alami. Oleh alasannya adalah itu, bila terpikatingin datang pastikan Anda memiliki tenaga dan keadaan tubuh yang cukup fit. Jalan setapak yang hendak dilewati berada di pinggir tebing serta lumayan licin.

3. Kesegaran Alami Air Terjun Pegunungan

Kedalaman Curug Siluwok sendiri kurang lebih cuma sekitar 2 meter saja. Kedalaman sebesar itu bergotong-royong telah cukup aman dipakai untuk berenang. Selain itu, ada banyak spot foto juga yang bisa Anda pakai untuk kenang-kenangan.

Kesegaran penderasan Siluwok dilarang dipandang sebelah mata. Anda mampu merasakan dinginnya air yang khas pegunungan. Bisa mendinginkan sejenak fikiran yang pengat untuk bisa segar dan kembali beraktivitas.

4. Tidak Terlalu Tinggi Namun Cukup Deras

Air menggeluti Siluwok bantu-membantu tidak terlampau tinggi, hanya sekitar 20 meter-an saja. Walaupun begitu, debit airnya mampu dibilang cukup deras. Di bawahnya terdapat bak alami sangat cocok digunakan untuk berenang dan main air.

5. Adanya Satwa Liar Eksotis

Untuk mampu hingga teladas Siluwok, pengunjung diharuskan trekking lewat jalan setapak di dalam hutan. Menariknya, jikalau mujur bisa menyaksikan pribadi gerombolan satwa eksotis yakni monyet. Bahkan, terdapat hamparan terasering sawah yang memanjakan mata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Siluwok
Image Credit: Twitter vinkacu

Curug Siluwok berlokasi di Jalan Kawenon, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Rute yang mampu diambil ialah melalui arah Seyegan menuju Balangan hingga kecamatan Minggir.

Saat di Minggir, Anda akan memperoleh perempatan Dekso lali ambil arah ke Samigaluh. Dari sana ikuti jalan saja sampai bertemu dengan petunjuk arah menuju Curug Sidoharjo. Wisata Curug Siluwok berada di bersahabat Curug Sidoharjo jadi dapat dikunjungi sekaligus.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai wisata ini ialah 1 jam perjalanan dari sentra kota Yogyakarta. Kira-kira jaraknya sekitar 31 kilometer dan mampu ditempuh dengan waktu wajar memakai kendaraan bermotor.

Dari tempat parkir, Anda diharuskan untuk berlangsung kaki sepanjang kurang lebih 700 meter untuk menuju jeram elok ini. Jalannya licin dan dipinggir jurang. Oleh alasannya itu, Anda harus selalu waspada selama perjalanan yang kira-kira menyantap waktu 20 menit tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Oleh alasannya terbilang gres, pengurus belum mengenakan ongkos masuk untuk bisa menyaksikan pribadi keindahan Curug Siluwok. Artinya, Anda bebas keluar masuk tanpa mengeluarkan uang ongkos sedikit pun.

Namun, khusus yang datang dengan membawa kendaraan, mampu dipersiapkan untuk ongkos retribusi parkir. Biayanya tidak mahal kok dan tergolong terjangkau. Untuk mobil biaya parkirnya sebesar Rp 5.000,- sedangkan motor Rp 2.000,- saja.

Mengenai jam buka, tampaknya belum ada ketentuan khusus. Artinya, Anda boleh berkunjung setiap hari. Lebih nyamannya Anda datang pagi sampai sore hari mengenang medan yang harus dilalui tidak terlampau gampang agar lebih kondusif.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Siluwok

Aktivitas Seru di Curug Siluwok
Image Credit: Google Maps Tommy Saputra

Lalu apa saja yang mampu dilakukan oleh pengunjung di sana? Ada banyak aktivitas walaupun cukup umum bagi para pelancong air terjun. Walaupun begitu, liburan di sana dapat menunjukkan pengalaman terbaik alasannya tempatnya masih sungguh asri. Anda bisa melaksanakan hal-hal seru seperti:

1. Berenang

Aktivitas yang senantiasa dijalankan saat tiba ke wisata curug atau jeram, terlebih bila bukan berenang. Di bawah Curug Siluwok terdapat semacam bak alami dengan kedalaman yang aman. Cocok bagi Anda yang gemar berenang sebab airnya pun sungguh segar dan cuek.

2. Berendam

Tidak terlalu suka berenang, atau kurang hebat? Tidak perlu dipaksakan untuk berenang. Anda juga mampu berendam saja, karena kolamnya pun sungguh kondusif. Namun, pada ketika animo hujan jangan sampai berendam di bawah riam.

Pasalnya bisa jadi gerojokan menenteng material berbahaya dari atas. Misalnya mirip bongkahan kayu atau batu. Semua itu mampu melukai Anda ketika terkena tubuh atau bagian kepala.

3. Bermain Air

Pengunjung pun bisa cuma sekedar bermain air di sekitar penderasan. Banyak sekali yang melakukannya. Sembari menikmati dinginnya air terjun, Anda boleh dapat mencicipi sejuknya udara khas pegunungan.

4. Melompat Dari Tepi Air Terjun

Curug Siluwok ini dikelilingi oleh beberapa tebing tinggi dengan bebatuan besar di tepinya. Anda bisa memanfaatkannya untuk meloncat ke dasar curug. Ini akan jadi sensasi sendiri dikala Anda berhasil hingga ke dasar kolam air nanti. Tentunya kegiatan ini hanya boleh dijalankan bagi yang terlatih saja.

5. Berfoto

Selain itu, jangan lewatkan untuk mengabadikan banyak momen menarik dikala berada di Air Terjun Siliwok ini. Banyak spot foto menarik yang tersedia. Cocok digunakan sebagai kenang-ingatan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Siluwok
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

Curug Siluwok belum dikontrol oleh siapapun. Sehingga, ihwal kemudahan mampu dikatakan masih sangat terbatas. Selain lahan parkir itu pun di rumah-rumah warga sekitar, di sana para penduduk juga telah banyak yang berdagang makanan dan minuman ringan.

Jadi bagi Anda yang cukup lelah setelah sehari penuh berkeliling, mampu sejenak mengisi tenaga dengan pesan hidangan sesuai selera. Harganya pun relatif terjangkau. Jangan lupa untuk selalu membuang bekas sampah makanan dan minuman ke tempatnya untuk menjaga kelestarian tempat rekreasi tersebut.

Itu ia tadi review yang cukup singkat ihwal wisata Curug Siluwok di Yogyakarta. Walaupun masih baru dengan akomodasi minim, keasriannya justru menjadi pesona tersendiri. Anda bisa membuatnya sebagai destinasi rekreasi terbaik dengan mengajak keluarga atau orang terdekat.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!