Pulau Perak, Menikmati Keindahan Alam Bawah Maritim Di Kepulauan Seribu

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Biaya Wisata: Mulai Rp 80.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau kecil memang mempunyai banyak daerah rekreasi. Pulau Perak Kepulauan Seribu menjadi salah satu di antaranya yang memang akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Di mana, pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni yang sempurna untuk mencari ketenangan.

Meskipun memang dikenal dengan pulau tidak berpenghuni, tetapi pulau ini tetap mempunyai penjaga. Selain itu, di dalamnya Anda mampu mendapatkan penjual kuliner dan minuman yang berada di tepi pantai. Mereka memang tidak mendiami pulau tersebut, tetapi hanya memasarkan atau mempertahankan pantai saja.

Trip Jelajah 3 Pulau di Kepulauan Seribu

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Perak

Daya Tarik Pulau Perak
Photo: Google Maps/Tedy Ginting

Sebelum mendatangi kawasan ini, Anda perlu tau bahwa memang tidak ada jam operasional di sini. Para turis bebas untuk berkunjung kapan saja, tetapi memang mesti menyesuaikan dengan agenda kapal yang tiba ke daerah ini.

Sama seperti pada umumnya pulau yang lain, Pulau Perak memiliki pesona tersendiri, sehingga banyak orang yang mengunjunginya. Adapun beberapa daya tarik yang dimaksud sebagai berikut.

1. Area Perairan yang Jernih

Pulau yang mempunyai luas kurang lebih 3 hektar ini mempunyai keseluruhan alasnya berbentukpasir. Sebagian besar dari daerahnya telah ditumbuhi oleh pepohonan yang sungguh rimbun. Belum lagi area perairannya sangat jernih dan memiliki warna gradasi.

Pulau satu ini memiliki warna air mulai dari hijau tosca di bersahabat pulau dan akan makin biru bila mengarah ke lautan. Sudah niscaya warna airnya yang jernih akan menciptakan Anda hening. Terlebih sesudah melihat keindahan di bawah lautnya.

2. Keindahan Alam Bawah Laut

Sesuai dengan apa yang telah disinggung di atas, Pulau Perak memiliki keindahan bawah laut yang sungguh mempesona. Menariknya, dasar dari pulau ini terbilang dangkal. Sehingga memang sungguh aman jikalau ingin berenang menyaksikan keindahan alam di bawah lautnya.

Anda akan memperoleh banyak sekali ikan warna-warni, mulai dari ikan dori hingga dengan ikan badut. Di sini juga Anda bisa memperoleh banyak sekali terumbu karang yang masih bangkit dengan kokoh. Tidak cuma itu, anemon laut yang tampakbergoyang pun akan menjadi pemandangan yang sangat menawan.

Promo Hotel & Resort di Kepulauan Seribu

3. Berkemah

Daya tarik terakhir yang mampu didapatkan dari pulau ini yaitu Anda mampu berkemah di sini. Sebelumnya, sudah pasti mesti mengumumkan dulu ke penjaga pantainya. Nantinya, Anda hanya akan diminta uang untuk kebersihan saja. Sementara, untuk perlengkapan berkemah harus telah dipersiapkan sebelumnya, alasannya di sini memang tidak ada tempat penyewaan.

Nantinya, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang akan sungguh menawan . Bisa juga menanti terbenamnya matahari yang sangat indah. Pokoknya dua hal ini senantiasa menjadi pesona utama banyak turis untuk berkunjung ke Pulau Perak.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Perak

Alamat Pulau Perak
Photo: Google Maps/Tedy Ginting

Ternyata, pulau ini masuk ke dalam daftar 23 pulau kecil yang ada di wilayah manajemen Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk mampu menuju ke tempat ini, Anda mesti melakukan penyebrangan dari Muara Angke ke Pulau Harapan. Selanjutnya, mesti melakukan penyebrangan lagi memakai sebuah bahtera ojek.

Nah, untuk penyebrangan ini mampu dilaksanakan dari pulau keinginan pribadi ke Pulau Perak. Tentunya rute yang gampang menciptakan siapa pun bisa berkunjung ke daerah ini dengan mudah. Hanya saja jadwal kapalnya tidak saban hari, jadi perlu tau dahulu agenda kapal menuju ke sana.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Pulau Perak sendiri tidak memiliki biaya tiket masuk. Hanya saja memang ada beberapa ongkos tertentu. Seperti biaya untuk kapal penyebrangan pertama yang berkisar Rp. 80.000. Kemudian, ada juga ongkos memakai ojek perahu yang biasanya di bagi per tim dan lazimnya hanya Rp. 50.000 saja.

Selanjutnya, untuk biaya berkemah sendiri ialah sebesar Rp. 30.000/orang. Nantinya ongkos tersebut akan dipakai untuk kebersihan dari pulau tersebut. Ada juga ongkos untuk menyewa pulau snorkeling sebesar Rp. 25.000 – Rp. 35.000.

Paket Wisata 2H1M Pulau Harapan di Kepulauan Seribu

Aktivitas yang Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Seru di Pulau Perak
Photo: Google Maps/Siti Nur Hasanah

Ada aneka macam aktivitas yang mampu dijalankan di sini. Di mana banyak sekali acara tersebut akan membuat Anda hening dan puas saat mendatangi tempat ini.

1. Menikmati Keindahan Pulau Perak

Salah satu aktivitas yang bisa dilaksanakan di Pulau Perak ini adalah menikmati keindahan pulaunya. Para turis bisa menggelar bantalan dan tidur di atas pasirnya. Sudah niscaya Anda bisa menikmati tiupan dari angin sepoi-sepoi. Sudah pasti kegiatan ini akan menciptakan Anda damai.

2. Memainkan Ayunan dan Berfoto

Seperti yang telah disinggung di atas, ada banyak pepohonan rimbun yang berada di sekeliling pulau. Di mana memang di dahan-dahannya terpasang ayunan yang bisa digunakan dengan bebas. Tentunya, selain menikmati ayunan, Anda bisa berfoto di sini.

Ada berbagai spot foto yang mempunyai latar anggun. Sudah pasti Anda akan bisa menciptakan foto yang anggun pula. Anda mampu berfoto dengan latar bahari lepas, atau berfoto di sekitar pepohonan rimbun.

3. Berenang dan Menyelam Menikmati Bawah Laut

Keindahan alam bawah maritim dari Pulau Perak ini akan sayang jikalau dilewatkan begitu saja. Anda bisa berenang di perairan pulau ini yang memiliki dasar dangkal. Airnya pun cukup damai, sehingga Anda akan kondusif saat berenang di sini.

Untuk lebih jelas menyaksikan keindahan alam dari pulau mempesona ini, Anda mampu menyelam. Nantinya, akan terlihat anemon bahari dengan warna cerah dan cantik. Mulai dari warna kuning terang, merah muda, sampai dengan warna ungu. Warnanya yang cerah berpadu dengan air di lautan menjadi kombinasi yang membuat puas.

4. Bermain Banana Boat

Aktivitas lain yang mampu dijalankan yakni dengan menjajal bermain banana boat. Hanya saja, banana boat ini tersedia pada hari libur atau selesai pekan saja. Nantinya Anda akan dibawa untuk menaiki ban karet berbentuk pisang. Setelahnya, ban karet tersebut akan ditarik menggunakan bahtera.

Kemudian, ban karet tersebut akan dibawa untuk berputar-putar di lautan. Biasanya memang semakin usang perahu akan semakin kencang dan biasanya hal yang dinantikan ialah dikala banana boat tersebut terbalik dan penumpang pun akan jatuh ke Pulau Perak tersebut. Tentu saja, para penumpang telah dilengkapi dengan pelampung keselamatan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Perak
Photo: Google Maps/Haekal Zulfikar

Hal yang perlu Anda pahami dari pulau ini ialah fasilitasnya belum memadai. Bahkan, untuk toilet umum saja cuma ditutup memakai epilog ala kadarnya. Sehingga, bila ingin bermalam dan berkemah di sini mesti merencanakan perlengkapan selengkap mungkin. Sehingga nantinya akan gampang ketika berlama-lama di sini.

Pulau ini memang tidak berpenghuni, tetapi memang punya banyak hal menawan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bahkan ada juga budidaya terumbu karang yang bisa menjadi opsi dikala berkunjung ke sini.

Itulah beberapa hal perihal Pulau Perak yang perlu diketahui. Pulau yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Di mana memang akan menjadi kawasan terbaik untuk mencari ketenangan. Bahkan memang pasirnya yang halus dan air yang jernih bisa menciptakan Anda lebih betah berada di sini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!