Curug Bibijilan, Riam Bertingkat Dikelilingi Hutan Pinus Nan Asri Di Sukabumi

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Cimerang, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Sukabumi mempunyai ragam keindahan alam yang mempesona sebagai destinasi wisata, salah satunya Curug Bibijilan. Secara geografis, kawasan ini masih didominasi dengan keadaan alamnya yang asri dan menawan untuk diekspor. Beragam destinasi alam mulai dari curug, pantai, hingga perbukitan bisa menjadi alternatif liburan.

Air menggeluti atau curug merupakan destinasi di Sukabumi sangat populer di penduduk . Ada banyak pelancong dari dalam maupun luar kota yang tiba untuk menikmati keindahannya. Bagi Anda yang menggemari wahana air dan petualangan yang menyebabkan adrenalin, rekreasi ini sungguh dianjurkan.

Curug Bibijilan yakni destinasi gerojokan terbaik di Jawa Barat. Keindahan yang hebat menjadi daya tarik terbesar bagi para hadirin. Terlebih kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan banyak wahana yang membuat liburan semakin seru.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Bibijilan

Daya Tarik Curug Bibijilan
Image Credit: Instagram Suhematshunaga

Selain daerah yang masih terasa alami, rekreasi di Sukabumi ini memiliki banyak pesona. Berikut ulasan perihal keunikan wisata air Bibijilan.

1. Air Terjun 14 Tingkat

Nama unik dari curug ini berasal dari bahasa Sunda yang artinya bermunculan. Penamaan tersebut dikarenakan pancaran air yang terlihat keluar dari dalam bebatuan. Air di Curug Bibijilan bersumber dari Gua Buniayu dengan fatwa yang bertingkat-tingkat.

Dari kejauhan, Anda akan melihat seolah air yang bermunculan dari batuan-batuan besar dengan percikan putih. Batuan kapur tersebut tersebar secara tidak merata yang memecah pemikiran air. Namun, hal tersebut justru menambah pesona keindahan curug.

Terdapat 14 tingkat yang mana masing-masing tingkat khas dengan karakteristik yang berlainan. Umumnya wisatawan cuma berada di gerojokan tingkat pertama dan kedua. Untuk menuju tingkat yang lebih tinggi lebih disarankan mempergunakan pemandu rekreasi karena medan yang ekstrim.

Masing-masing tingkat mempunyai fatwa yang air yang bersih dan relatif deras. Anda juga mampu menikmati segarnya air pegunungan di dalam kolam alami.

2. Dikelilingi Hutan Pinus yang Asri

Ketinggian Curug Bibijilan kurang lebih meraih 100 meter dengan air berwarna biru kehijauan yang indah. Dari atas ketinggian curug ini, Anda mampu menyaksikan pemandangan hutan pinus yang berada disekeliling curug.

Hutan pinus yang manis di sekitar curug menciptakan suasana lokasi terasa lebih sejuk. Disamping pemandangan teladas, hijaunya panorama alam mampu menyegarkan mata turis. Suasana alam kian kental dengan bunyi pemikiran air dan kicauan burung liar di lokasi wisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Bibijilan
Image Credit: Instagram nandi

Sukabumi termasuk sebuah kawasan di Jawa Barat yang mempunyai destinasi alam yang menarik. Untuk mencapai Curug Bibijilan mesti lewat kanal jalan yang cukup panjang. Walaupun demikian, pesonanya senantiasa mempengaruhi para pengunjung.

Alamat destinasi rekreasi ini berada di Kampung Lebak Nangka yang lokasinya tidak jauh dari Gua Buniayu. Tepatnya berada di desa Kerta Angsana, yang masuk di wilayah Kecamatan Nyalindung, Jawa Barat.

Dari sentra Sukabumi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menuju Curug Bibijilan. Akses jalan menuju lokasi mampu dilewati oleh kendaraan roda dua dan empat. Anda bisa menjalankan kendaraan ke arah Gua Buniayu, hingga menemukan pintu masuk curug.

Sepanjang perjalanan Anda akan melalui hutan pinus kurang lebih sepanjang 1,5 km. Setelah itu menuruni bukit dengan susukan jalan beraspal dan berhenti di pos pengawalan 2. Usai pos 2 Gua Buniayu tersebut, cukup berlangsung beberapa menit menuju curug.

Selain menggunakan kendaraan langsung, turis juga bisa mempergunakan kendaraan umum. Untuk mengakses Curug Bibijilan Anda dapat menaiki angkot dan bus.

Usai berhenti di terminal bus tujuan, mampu dilanjutkan dengan menaiki ojek menuju lokasi. Apabila berhenti di Tugu Kampus Rindu Alam, kurang lebih mesti menempuh perjalanan 2 km untuk menuju lokasi.

Pengunjung harus waspada ketika harus melalui hutan pinus. Utamanya jika setelah hujan, rute menuju teladas bagus ini akan berlumpur dan lebih licin.

Rute menuju lokasi juga dihiasi dengan tebing yang curam, sehingga perlu berhati-hati pula ketika berlangsung. Agar lebih kondusif, pelancong mampu memanfaatkan Map atau pemandu ketika menuju curug.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk Curug Bibijilan sungguh terjangkau, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berlibur di lokasi. Masuk destinasi cuma perlu mengeluarkan uang Rp 8.000 tiap orang, ditambah dengan biaya parkir kendaraan Rp 5.000-Rp 10.000. Biaya tersebut tentu sangat terjangkau dengan pesona alam hebat yang diperoleh.

Saat akan berlibur bareng rekan atau keluarga tentukan jam operasional objek wisata. Destinasi ini saban hari buka dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

Pastikan berlibur ke lokasi saat cuaca cerah karena daerah curug akan ditutup dikala demam isu hujan. Sebab anutan air makin besar serta kanal jalan yang licin dapat membahayakan pengunjung.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Bibijilan

Aktivitas Seru di Curug Bibijilan
Image Credit: Instagram Kusti Wulan

Usai mengenali daya tarik dan lokasi, berikutnya akan dibahas aktivitas yang mempesona dilakukan di Curug Bibijilan. Ada banyak acara yang bisa dilakukan ketika berada di lokasi mirip berikut ini.

1. Berenang dan Bermain Air

Pada tingkatan curug terdapat bak-bak alami yang memuat air yang jernih dan segar. Dimana pelancong bisa berenang dan bermain air di dalam kolam tersebut. Kedalaman bak masing-masing tingkat berlainan-beda ada yang dalam dan juga dangkal.

Pengunjung mesti memperhatikan fatwa air di dalam kolam sebelum berenang. Apabila terlihat deras, diusulkan untuk tidak berenang. Hal ini untuk menyingkir dari hal yang tidak dikehendaki di Curug Bibijilan.

Anda juga bisa bermain air untuk menikmati kesegaran air saat berada di curug. Duduk di tepian bak sambil memandang indahnya riam. Bagi wisatawan yang beruntung, bisa melihat hewan lutung yang ada di area curug.

2. Flying Fox dan Outbond

Bagi Anda yang suka acara memacu adrenalin, mampu juga di dapatkan di Curug Bibijilan. Yang mana turis mampu melakukan outbond yang menantang maupun mengikuti kegiatan flying fox. Untuk itu siapkan fisik dan mental Anda untuk mengikuti aneka macam aktivitas mempesona di lokasi.

3. Camping

Pengunjung bisa melaksanakan camping di lokasi, yaitu membuat tenda dan menikmati keindahan alam hingga malam hari. Anda bisa mendirikan tenda di antara hutan pinus yang siap memanjakan mata.

4. Berburu Foto

Mengabadikan foto di Curug Bibijilan adalah hal wajib untuk dijalankan. Pesona alam yang indah tersebut mampu menambah feed sosial media yang menawan. Ada sejumlah spot yang mampu diabadikan mirip riam, bak, hutan pinus, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Bibijilan
Image Credit: Instagram ujang dereded12

Curug Bibijilan termasuk lengkap dari segi kemudahan lazim yang disediakan. Fasilitas tersebut pasti membuat wisatawan kian merasa tenteram ketika berlibur.

Di dalam lokasi, Anda akan mendapatkan toilet umum, mushola, dan area parkir kendaraan yang luas. Kawasan ini juga menawarkan gazebo yang mampu dipakai pengunjung untuk beristirahat. Adapula fasilitas warung makan yang menyediakan aneka macam masakan dan minuman.

Bagi sebagian orang, liburan tidak lagi kebutuhan sekunder melainkan salah satu kebutuhan wajib. Dilihat dari ulasan di atas, Curug Bibijilan sangat cocok masuk bucket list piknik ketika liburan tiba.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!