Pantai Wantopi, Pantai Unik Dengan Panorama Alam Eksotis Di Buton Tengah

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wantopi, Kec. Mawasangka Timur, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Indonesia mempunyai sangat banyak kesempatanwisata dan sedang berusaha dikembangkan. Salah satu kawasan yang di anugerahi dengan keindahan alam di Indonesia yang mempunyai potensi wisata yaitu Buton. Potensi wisata Buton juga mencakup wisata alam Budaya dan ketika ini sedang meningkat yaitu rekreasi laut.

Sulawesi Tenggara ialah salah satu provinsi di Indonesia bab tengah dengan aneka macam destinasi rekreasi. Namun belum banyak yang mengenali ihwal kabupaten buton tengah yang mempunyai terlalu banyak rekreasi alam. Kabupaten Buton Tengah, terletak di sebagian besar Pulau Muna dan sebagian Pulau Kabaena. Buteng berisikan 10 kecamatan dan 67 desa dengan luas 958,31 km² dan jumlah penduduk tahun 2020 sebanyak 118.907.

Selain branding pariwisata Buton adalah benteng-benteng sejarah peninggalan Kerajaan Buton. Sehingga mengundang banyak pelancong untuk berwisata ke buton. Namun tidak kalah menariknya buton mempunyai banyak rekreasi pantai yang tidak kalah indahnya. Pantai Wantopi yaitu salah satu potensi rekreasi bahari Buton Tengah yang mempesona untuk dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wantopi

Daya Tarik Pantai Wantopi
Image Credit: Google Maps Trisa Melati

1. Keunikan Pantai

Dari Buton Tengah hingga Pantai Wantopi, kita masih mampu mendapatkan destinasi pantai yang memanjakan mata di setiap segi keindahan alamnya. Terletak di Teluk Lasori di Kecamatan Mawasangka Timur di Buton Tengah, pantai ini dipadati hadirin setiap akhir pekan. Hamparan pasir putih, naungan bahari biru yang indah, kemeriahan pohon kelapa dan letak pantai yang seolah berada di tengah laut menambah keunikan pantai ini. Air lautnya jernih sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan terperinci, pesonanya cuma mempesona untuk berenang atau snorkeling.

Berbeda dari pantai-pantai pada umumnya, anda diajak seolah-olah berada ditengah-tengah lautan dikala berada di Pantai Wantopi. Sepintas, pantai ini terlihat seperti sebuah pulau yang dikelilingi oleh laut. Anda bahkan tidak perlu memakai perahu untuk hingga ke sana.

2. Pantai yang Nyaman

Karena pantai ini terletak di teluk, maka Pantai Wantopi tidak berhadapan pribadi dengan ombak, sehingga pantai ini kondusif. kalau ingin berlibur ke Pantai Wantopi bersama keluarga. Bagi anda yang belum hebat berenang tetapi tetap ingin berenang di pantai. Pantai Wantopi yakni jawabannya.

3. Pemandangan Pantai

Pasang surut air laut juga menjadi salah satu faktor keindahan pantai. Yang berlawanan dari pantai Wantopi ini ialah panorama yang mengagumkan serta bentuk pantai dan dermaganya. Bentuk pantai elok ini menjadi karakter S dikala air maritim surut dan terbentang luas.

Pada lazimnya dermaga ialah daerah pemberhentian kapal, tetapi berlainan ketika anda berada di Pantai Wantopi Jembatan dermaga bukanlah daerah pemberhentian kapal atau perahu, melainkan jalur akses dari rumah warga ke Pantai Wantopi.

Pantai Wantopi mempunyai wisata alam penunjang. Disekitar pantai tersebut terdapat rekreasi alam yang mantap berjulukan Gua Loba-loba yang terletak di sekeliling Pantai Wantopi.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Pantai Wantopi
Image Credit: Google Maps Ismul Muhammad

Untuk menuju ke Pantai Wantopi berjarak sekitar 27 km dari desa Lombai, Sulawesi Tenggara. Waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Saat anda menuju ke Pantai Wantopi anda akan dihidangkan dengan lahan yang gersang di sepanjang jalan. Kemudian kalau anda telah menyaksikan pantai dipinggir jalan, maka anda sudah nyaris sampai di tempat wisatanya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Wantopi, Anda bebas alias free entry. Liburan yang tepat untuk menghabiskan waktu bareng keluarga dan orang-orang tercinta, tempatnya yang cukup akrab dengan pedesaan menambah ketentraman para pengunjungnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wantopi

Aktivitas Seru di Pantai Wantopi
Image Credit: Google Maps Ang Leonard Anthony

1. Bermain air

Ketika mengunjungi Pantai Wantopi tak sedikit wisatawan yang suka bermain air untuk mencicipi sensasi mandi di laut. Dengan keadaan pantai seakan-akan berada di sebuah pulau kecil.

2. Bermain Pasir

Pantai eksotis ini menawarkan hamparan pasir putih yang lembut cocok untuk bermain pasir, khususnya bareng si kecil. Pantai ini juga cocok bila Anda ingin keseruan bareng sobat-teman.

3. Berkemah

Aktivitas yang menawan lainnya ialah mendirikan tenda di tepi pantai. Anda mampu menikmati keindahan pantai lebih usang dengan berkemah bareng keluarga ataupun sahabat-sahabat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Wantopi
Image Credit: Google Maps fahd Andyka gohing

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai masih kurang memadai. Anda butuh mepersiapkan bekal jika ingin berkunjung ke Pantai Wantopi, alasannya adalah belum tersedia warung untuk memenuhi keperluan Anda.

Di tempat pantai juga masih minim toilet dan gazebo yang sekiranya perlu menjadi perhatian pemerintah. Selain itu, di sini juga minim daerah sampah sehingga pengunjung menjadi resah untuk membuang kemana.

Pantai Wantopi memang mampu dikatakan selaku pantai yang masih perawan keindahannya. Namun, bila disokong dengan pengembangan wisata pendukung produksi tentunya mampu menjadi salah satu cara menaikkan ekonomi penduduk lokal.

Itulah peluangwisata yang ada pada Pantai Wantopi. Didukung dengan harapan-impian besar terhadap pengembangan dan perhatian pemerintah tempat kepada potensi wisata daerahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!