Pantai Ide, Menikmati Pesona Pantai Air Tawar Yang Mengagumkan Di Luwu Timur

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Magani, Kec. Nuha, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Ide yang terletak di kota Sorowako, kabupaten Luwu Timur ialah salah satu destinasi rekreasi yang menarik. Sulawesi Selatan nyatanya memang cukup diketahui dengan berbagai wisata maritim yang ada. Pantai Ide ialah salah satu destinasi rekreasi yang cukup menarik buat anda datangi.

Kota Sorowako sendiri terletak di kawasana perbukitan yang mana mempunyai ketinggian sekitar 300 meter MDPL yang menjadika kota ini cukup sejuk dikala anda melaluinya nanti. Terlebih lagi dengan pepohonan rindang yang ada di daerah ini akan membuat suasana menjadi sungguh asri jadi sangat cocok untuk anda yang kepincut mendatangi pantai.

Pantai Ide memiliki sejarah yang cukup unik untuk anda ketahui. Berdasarkan kisah yang ada, nama pantai anggun ini awal mulainya terinspirasi dari para warga yang menimbulkan pantai tersebut untuk mencari pandangan baru oleh warga sekitar, serta pantai tersebut dijadikan selaku tempat refreshing untuk para pegawai kantor PT. Vale yang ada di sekeliling lingkungan Sorowako.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ide

Daya Tarik Pantai Ide
Image Credit: Google Maps Ratno Sardi. M

Setelah anda mengenali bagaimana rute menuju Pantai Ide yang merupakan salah satu destinasi di Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya di daerah Luwu Timur pastinya akan memberikan anda fasilitas untuk mendapatkan lokasi dengan mudah. Namun, siapa yang sangka bahwa dengan itu ada beberapa hal menarik yang akan anda temukan di pantai tersebut.

1. Pesona Pantai Air Tawar

Ketika anda berkunjung ke pantai ini, salah satu hal yang akan anda peroleh dan sekaligus menjadi hal yang cukup unik yakni bahwa air dari pantai ini tawar. Hal inilah yang menimbulkan pantai yang satu ini unik dan berbeda dengan pantai yang lain yang ada di Sulawesi. Penyebabnyaa alasannya air tawar ini berasal dari danau Matano.

Adapun hal lainnya selain dari air yang tawar, nyatanya Pantai Ide ini juga tidak akan anda temukan ombak yang besar ataupun hamparan pasir putih di sekitar pantai. Walaupun demikian, tidak akan menghemat keindahan dari pantai itu sendiri. Pemandangan di sekililingnya sungguh menawan.

2. Pemandangan Sunset

Selanjuntya yang menjadi daya tarik para hadirin ialah situasi senja di sore ketika menjelang malam. Pemandangan pada sore hari di pantai memanglah akan sungguh disayangkan untuk anda lewatkan. Terlebih lagi jikalau anda datang bareng dengan keluarga ataupun kekasih anda untuk melihat senja di Pantai Ide ini.

Lebih baik lagi apabila anda menikmati situasi senja hingga matahari karam demi melihat panorama sunsetnya yang terlihat menarik tersebut. Nah, anda yang berada di sana jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Buatlah piknik anda nanti di Pantai Ide menjadi lebih berkesan dan tidak akan pernah anda lupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ide
Image Credit: Google Maps Angler Boncosan

Seperti yang teaah dijelaskan sebelumnya bahwa Pantai Ide ini berada di Desa Magani, Kecamatan Nuha tepatnya di kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk anda yang ingin mengunjungi pantai tersebut ialah dengan jalur bandara Surowako dengan jarak tempuh yang meraih sekitar 3,1 kilometer.

Adapun rute yang hendak anda tempuh saat mendatangi Pantai Ide jika anda mengawali perjalanan dengan lokasi dari pusat kota Sorowako maka anda akan menempuh jarak ke pantai sekitar 8,7 kilometer yang mana hanya butuh waktu 16 menit saja buat anda yang menggunakan kendaraan mobil ataupun motor.

Selain itu, bagi anda yang memiliki ketertarikaan untuk mengunjungi pantai ini namun masih galau apakah perlu mengeluarkan uang tiket masuk atau tidak. Tidak ada harga tiket yang akan dibebankan terhadap anda apabila mendatangi Pantai Ide. Meskipun pantai tersebut berada di daerah swasta tetap mampu anda datangi dengan gratis tanpa anda biaya apapun.

Oleh sebab itu, dengan kebijakan tersebut anda akan dapat lebih leluasa untuk kapanpun tiba ke pantai ini. Anda mampu memanfaatkan waktu weekend anda untuk mencari ilham di pantai ini dan siapa yang tahu anda akan mendapatkan banyak sekali hal baru saat ada di Pantai Ide ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Ide

Aktivitas Seru di Pantai Ide
Image Credit: Google Maps hezron jepri

Membahas tentang aktivitas apa yang dapat anda lakukan saat berada di Pantai Ide yang letaknya di kawasan Luwu Timur, Sulawesi Selatan pastinya ada banyak. Wisata pantai yaitu salah satu daerah yang dapat anda lakukan berbagai acara apapun itu. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika berada di pantai ini.

1. Berenang

Keunikan dan juga keindahan yang dimiliki oleh pantai ini akan sukar dibayangkan kalau anda melalaikan waktu untuk meluangkan berenang. Anda akan bisa mencicipi bagaimana berenang di pantai yang tidak ada ombak dengan air jernih dan bersih yang mau menimbulkan pengalaman berenang anda menjadi lebih baik serta mengasyikkan.

Berada di tempat rekreasi pantai memang satu hal yang sangat menawan untuk anda ketahui bagaimana menikmati suasana yang baik dikala berada di pantai. Gunanya adalah biar anda tidak merasa ketidakpuasan ketika berada di daerah tersebut. Sehingga akan sungguh penting untuk anda mengetahuinya.

Aktivitas berenang di lokasi pantai tersebut merupakan saah satu hal yang wajib untuk anda lakukan. Dengan melakukan hal tersebut anda akan lebih bisa merasakan bagaimana suasana dari kesegaran alami air pantainya dan juga pesona alam yang memang masih sungguh tersadar.

2. Wahana Air

Selanjutnya, anda juga direkomendasikan untuk menjajal beragam wahana air yang ada di Pantai Ide dan juga anda dapat menikmati permainan yang lain bareng dengan anak-anak anda. Permainan yang dimaksud ialah balon atau pelampung yang dibuat khusus untuk anak-anak sehingga cukup aman dipakai.

Bukan hanya itu saja yang dapat anda manfaatkan di wahana air. Ada juga permainan yang lain yang mampu anda coba mainkan di pantai elok ini yakni perahu bebek, banana boat dan kano. Dengan demikian anda mampu menjajal aneka macam jenis wahana yang ada tanpa akan ada rasa bosan sebab memainkan permainan yang itu saja.

3. Memancing

Terakhir untuk acara yang dapat anda lakukan yakni dengan memancing. Air jernih yang akan anda lihat kalau berada di Pantai Ide akan menjadi penunjang buat anda saat memancing. Ikan-ikan akan mudah untuk anda lihat di atas perairan loh.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ide
Image Credit: Google Maps Muchlas Hidayat

Berbicara mengenai kemudahan, anda yang ingin liburan di Pantai Ide jangan cemas sebab sudah di dukung oleh akomodasi yang cukup lengkap mulai dari adanya warung makan yang dijajakan disekitar pantai, toilet umum dan kamar mandi yang ada di kawasan pantai.

Pengelola pantai indah ini juga sudah menawarkan kawasan menyewa alat renang untuk hadirin. Dengan begitu, Anda mampu berwisata dengan lebih nyaman dan mengasyikkan di pantai ini.

Itulah ulasan mempesona wacana Pantai Ide yang hits di Luwu Timur yang bisa menjadi tumpuan tujuan piknik Anda selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!