10 Pantai Cantik Yang Ada Di Sumatera Barat

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Ingin Liburan Hangat di Pantai? Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Sumatera Barat. Objek Wisata Bahari Cantik, Eksotis dan Terhits yang Menarik untuk Dijelajahi Saat Liburan.

Apabila mengulik tentang keindahan pantai di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Seperti halnya dengan Provinsi Sumatera Barat sudah lama dikenal sebagai salah satu kawasan yang kaya akan budaya, alam, serta kuliner yang melimpah dan serba lengkap. Tidak heran jikalau banyak wisatawan yang berkunjung ke ranah minang tersebut.

Salah satu hal yang paling banyak dicari oleh para wisatawan ialah rekreasi baharinya. Sumatera Barat mempunyai formasi pantai indah, yang pribadi menghadap ke arah Samudera Hindia yang pastinya menawan untuk dikunjungi.

1. Pantai Air Manis

Fasilitas Pantai Air Manis Padang
Image Credit: Google Maps SA

Wisata maritim pertama yang wajib untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Sumatera Barat yakni Pantai Air Manis yang ada di tempat Padang. Tentu Anda ingat legenda malin kundang yang menceritakan seorang saudagar kaya, yang kemudian dikutuk menjadi watu oleh ibunya lantaran telah menjadi anak yang durhaka.

Di Pantai Air Manis ini, terdapat sebuah relief kerikil yang jikalau diperhatikan terlihat seperti kepingan kapal dan seseorang yang tertelungkup pada pasir pantai. Konon relief tersebut merupakan jelmaan dari malin kundang. Keberadaan dari batu malin kundang inilah yang sukses menarik para pelancong berbondong bondong tiba kemari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Pantai Padang

Pantai Padang Melang
Image Credit: Google Maps Aries Andjar

Pantai berikutnya yang tidak kalah menawan untuk dikunjungi yaitu Pantai Padang yang berada di sentra kota Padang, sehingga akses menuju lokasi pantai tersebut sungguh gampang untuk dilalui. Wisata bahari satu ini cukup berbeda dengan pantai yang lain, sebab di Pantai Padang sudah dijalankan pembangunan yang lebih modern.

Jadi di pantai ini Anda mampu menemukan berbagai kemudahan mencukupi, mulai dari sentra kuliner sampai area bermain anak. Terlepas dari fasilitasnya yang lengkap, panorama di area pantai juga begitu patut untuk dikagumi. Perbukitan hijau yang populer dengan nama Gunung Padang nampak elok mengelilingi area pantai, yang membuat situasi menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

3. Pantai Caroline

Pantai Caroline
Image Credit: Google Maps Ade QlinikPhone

Pantai Caroline yang berada di tempat Teluk Bungus menjadi salah satu bukti bahwa keindahan alam Sumatera Barat tidak butuhAnda ragukan lagi. Pantai ini dulunya diketahui selaku pantai langsung alasannya sepinya hadirin yang tiba. Namun sekarang Pantai Caroline senantiasa tampak ramai akan turis, dan menjadi salah satu objek yang wajib disinggahi di kota Padang.

Keunikan yang bisa menggaet para turis untuk mampir kemari yaitu terletak pada garis pantainya yang membentuk aksara W, atau berupa hati bila dilihat dari atas memakai drone. Selain itu ombaknya yang cukup hening juga banyak diminati oleh hadirin, alasannya adalah mereka mampu bermain air dengan puas dari bibir pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

4. Pantai Nirwana

Daya Tarik di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps Indra Hutagalung

Pantai Nirwana menjadi destinasi rekreasi yang sesuai bagi Anda penggemar fotografi, alasannya objek rekreasi ini mempunyai pemandangan senja yang ialah salah satu spot terbaik dan terfavorit untuk berburu foto kece di tempat Padang. Karakteristik Pantai Nirwana ini memiliki debur ombak yang termasuk tenang, sehingga cocok dipakai bermain air sepuasnya.

Selain itu hamparan pasir putihnya yang bertekstur halus juga menciptakan para pengunjung betah untuk berlama usang di sini, menikmati pasir halus di jari jari kaki. Menariknya lagi, dari area Pantai Nirwana ini Anda mampu menyaksikan formasi kapal berjejer rapi di Pelabuhan Teluk Bayur yang tiba dan pergi pelabuhan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan
Image Credit: Google Maps dhedi saputra

Selanjutnya ada Pantai Pasumpahan yang juga dihentikan Anda lewatkan dikala berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat. Pantai yang berada di Pulau Pasumpahan ini menjadi salah satu wisata bahari dengan pemandangan alam yang terindah di Padang. Di destinasi ini, Anda tidak cuma dimanjakan dengan hamparan pasir putih halus saja, tetapi juga disajikan hamparan bahari eksotis.

Laut di Pantai Pasumpahan mempunyai warna kebiruan yang begitu jernih, dimana Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang begitu menawan. Ditambah lagi dengan panorama landscape dari perbukitan hijau yang berada di sekitararea pantai, sungguh sangat indah dan begitu menyegarkan sejauh mata menatap.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Google Maps Eza Lenza

Pantai Pasir Jambak populer oleh keayuan alamnya yang bisa menciptakan siapapun yang melihatnya tidak henti hentinya untuk berdecak kagum. Pantai ini juga menjadi salah satu primadona tujuan wisata di Padang bila piknik tiba. Pantai Pasir Jambak sendiri hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Padang, sehingga cukup mudah ditemukan.

Di Pantai Pasir Jambak Anda mampu bermain air sepuasnya ditemani dengan debur ombak pantai yang hening, dan angin semilir khas pantai yang begitu menyejukkan. Selain pemandangan alamnya yang begitu indah, wisata maritim satu ini juga dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas yang cukup memadai mulai dari toilet bersih, ruang bilas, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah
Image Credit: Google Maps Fajar Aditya Emozha

Pantai Gandoriah berada di kawasan Padang pariaman, dan menjadi salah satu destinasi wisata maritim yang dilarang Anda lewatkan di Sumatera Barat. Asal undangan dari nama pantai ini sendiri mempunyai kisah mempesona di baliknya. Dimana nama Gandoriah adalah nama dari seorang gadis di dalam dongeng rakyat Minangkabau.

Perjalanan cinta Gandoriah dan Anggun Nan Tongga diabadikan dalam nama pantai ini, dan hotel Nan Tongga yang ialah hotel tertua di Pariaman yang terletak di tepi pantai. Terlepas dari legendanya, pantai satu ini memiliki pemandangan alam yang begitu unik. Terdapat setidaknya deretan 6 pulau kecil yang tampakbegitu indah seolah menghiasi cakrawala.

Selain pemandangan maritim lepas yang memiliki gugusan pulau kecil yang begitu apik digunakan selaku latar belakang foto, di pantai ini Anda juga bisa memperoleh monumen berbentuk tank. Monumen tersebut berjulukan Monumen Perjuangan TNI Angkatan Laut Kota Pariaman, yang turut serta dijadikan sebagai objek untuk berburu foto instagramable.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

8. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman
Image Credit: Google Maps alfonsus leonard

Pantai Kata ialah pantai pujian orang Pariaman, yang nama pantainya sendiri diambil dari dua buah nama daerah yang berada di kota Pariaman tersebut. Nama kawasan yang dimaksud yaitu Desa Karan Aur dan Desa Taluak, jadi kata Ka berasal dari Karuan Aur dan Ta berasal dari Taluak. Kini Pantai Kata ini menjadi salah satu rekreasi favorit bagi para pelancong yang berkunjung.

Bagi Anda para pemburu spot foto yang instagramable, maka sungguh direkomendasikan untuk berkunjung ke Pantai Kata satu ini. Karena di wisata ini Anda bisa menemukan aneka macam spot foto estetik yang mampu dibidik dan diabadikan di dalam suatu potret. Selain itu Pantai Kata juga memiliki hutan pinus hijau nan rindang, yang menciptakan situasi sekitar menjadi lebih sejuk.

Pantai Kata Pariaman ini juga merupakan salah satu spot untuk menikmati matahari terbenam yang menjadi favorit warga sekitar. Indahnya lembayung senja yang membayang di maritim dan panorama kapal kapal nelayan yang menjauh dari bibir pantai, menjadi sebuah pemandangan eksotis yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

9. Pantai Cermin

Pantai Cermin
Image Credit: Google Maps Uda_Redo Official

Satu lagi wisata bahari yang terletak ada di Pariaman, Sumatera Barat yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu Pantai Cermin. Lokasi pantai satu ini cuma sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota Pariaman, dan secara administratif berada sempurna di Desa Karan Aur. Anda cuma perlu berkendara sekitar 15 sampai 20 menit saja dari pusat kota kalau ingin bertandang ke pantai ini.

Begitu datang di tempat pantai, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang mempunyai dataran landai yang disekitarnya ditumbuhi oleh pohon kelapa dan pohon pinus yang rindang. Ini ialah kesempatanalam yang begitu menarik untuk Anda saksikan dan nikmati. Sejauh mata menatap panorama hijau tersebut dijamin mampu menyegarkan mata.

Di Pantai Cermin ini Anda mampu duduk di pinggir pantai sembari menikmati pemandangan hamparan bahari yang begitu luas dan indah. Selain itu di sini Anda juga mampu mencoba bermain main air maupun berenang, alasannya adalah gelombang ombaknya condong damai dan tidak besar. Namun kalau Anda ingin beranang, tetap selalu berhati-hati supaya tidak terjadi hal yang tak dikehendaki.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Karan Aur, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

10. Pantai Ketapiang

Pantai Ketapiang
Image Credit: Google Maps Masril Rustam

Terakhir Pantai Ketapiang atau sering juga disebut dengan Pantai Katapiang, yang juga dilarang Anda lewatkan saat berada di Sumatera Barat. Pantai ini berada tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau, yaitu hanya berjarak sekitar 9 kilometer saja. Namun jika ditinjau dari pusat kota Pariaman sendiri, pantai ini memang terletak lebih jauh dari pantai yang lain.

Hampir mirip dengan Pantai Cermin, Pantai Ketapiang juga dipenuhi dengan pepohonan yang berkembang dengan subur. Ada juga beberapa area yang sengaja ditanami dengan rumput, dan tampakbegitu terawat. Sehingga situasi pantai menjadi sangat sejuk dan menyegarkan, ditambah dengan semilir angin khas pantai yang membuat deretan pohon melambai anggun.

Dengan situasi yang tenang, Pantai Ketapiang banyak dikunjungi di simpulan pekan atau dikala demam isu liburan. Di pantai ini Anda mampu melaksanakan banyak sekali kegiatan pantai yang begitu seru, seperti bermain layang layang. Angin yang cukup kencang di area pantai bisa membuat permainan layang layang menjadi makin seru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Katapiang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Itulah beberapa pantai tercantik yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Meski tidak cukup termasyhur di kalangan masyarakat luar, tetapi gugusan pantai ini menghadap eksklusif ke arah Samudera Hindia sehingga memiliki pemandangan maritim lepas yang begitu eksotis. Berbagai pantai manis tersebut sangat layak dijadikan selaku destinasi piknik Anda berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!