10 Pantai Terindah Di Palembang Yang Wajib Anda Datangi

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Apa Saja Tempat Menarik di Palembang? Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Palembang, Sumatera Selatan. Destinasi Wisata Bahari Kaya Pesona, Populer dan Terhits yang Patut Dikunjungi Saat Liburan.

Kota Palembang yang populer dengan istilah Bumi Sriwijaya ini memiliki sederet keindahan alam yang sangat luar biasa. Berlibur ke destinasi alam yang ditawarkan kota ini tentunya akan membuat piknik Anda lebih mempesona, utamanya rekreasi pantainya yang mempunyai keindahan memesona. Palembang cuma memiliki area pesisir di bagian timur, namun tetap memperlihatkan pilihan pantai menarik untuk dijelajahi.

Jika berkunjung ke Kota Palembang, Sumatera Selatan, berikut deretan wisata pantai populer yang tak boleh dilewatkan dan bisa menunjukkan pengalaman liburan yang tak terlalaikan.

1. Pantai Pulau Maspari

Pantai Pulau Maspari
Image Credit: Google Maps Arwin Novansyah

Diklaim selaku salah satu pantai yang sangat terkenal di Palembang, tak heran destinasi ini pun dikunjungi banyak orang. Daya tarik terutama, ialah pantai ini mempunyai batu karang yang berskala besar. Dengan begitu, mampu dijadikan selaku spot foto yang sangat menawan. Tidak kalah penting, pulau Maspari juga menjadi lokasi bertelurnya penyu penyu yang dikala ini telah susah ditemukan. Oleh sebab itu, pantai ini pun jadi salah satu daerah yang dilindungi.

Tak hanya memiliki pesona yang unik, pantai yang berada di pesisir timur ini juga memiliki sederet fasilitas untuk para wisatawan. Anda mampu camping di camping ground dengan alat alat yang sudah tersedia sungguh lengkap. Tak hanya itu, bagi yang tidak suka bergulat dengan nyamuk di malam hari, Anda juga bisa bermalam di guest house dengan harga terjangkau. Pengelola pantai juga telah menawarkan rumah makan, rest room, dan banyak sekali akomodasi lain.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Simpang Tiga Sakti, Kec. Tulung Selapan, Kab. Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

2. Pantai Desa Sungsang

Pantai Desa Sungsang
Image Credit: Google Maps Reza Pahlevi

Destinasi satu ini dihentikan Anda lewatkan sebab mempunyai sederet keindahan yang hebat. Desa Sungsang menghidangkan panorama yang tidak biasa, ialah keindahan pantai yang tiada duanya. Untuk menikmati keindahan pantai, Anda disarankan untuk menempuh jalur air dengan menaiki speed boat dari sungai Musi. Perjalanan ini tentu akan sangat menggembirakan karena selama perjalanan mampu menyaksikan pemandangan yang memanjakan mata.

Tak cuma pemandangan indah selama perjalanan, Anda juga akan disuguhi panorama yang tak biasa jikalau berkunjung di bulan Oktober sampai Desember. Wisatawan yang datang ke pantai ini bisa melihat lumba lumba dan burung yang bermigrasi secara bersamaan. Hewan hewan ini berpindah dari Siberia ke maritim di Desa Sungsang secara berkelompok. Migrasi kedua jenis hewan ini mampu Anda lihat secara langsung saat air laut sedang surut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Sungsang IV, Kec. Banyuasin II, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan.

3. Pantai Bongen

Pantai Bongen
Image Credit: Facebook Ismail Hatta

Ingin berlibur ke pantai tanpa harus menempuh jarak yang jauh ? Pantai Bongen ini cocok selaku destinasi liburan Anda, alasannya adalah terletak di pusat kota. Tak heran, banyak orang yang menjadikan pantai ini sebagai salah satu daerah piknik di tamat pekan. Selain erat, pantai ini juga mempunyai daya tarik unik yang menciptakan banyak orang penasaran untuk berkunjung ke daerah itu. Keunikan pantai ini berasal dari namanya yang mempunyai arti pasir atau Sungai Musi yang mengering.

Oleh karena itu, waktu berkunjung terbaik yakni musim kemarau dikala air maritim surut. Tak hanya surut, pantai ini pun mengering dan menyisakan pasir. Panorama yang disuguhkan saat air surut ini sangat indah dan tiada duanya. Anda bisa menikmati panorama yang tak kalah indah dengan pantai yang ada di Pulau Dewata. Selain pemandangan yang indah, Anda juga akan menikmati berbagai event besar yang cuma ada ketika isu terkini kemarau datang di sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Ngulak, Kec. Sanga Desa, Kab. Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

4. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh
Image Credit: Bintama.com

Keunikan pantai ini sudah terdengar hingga ke berbagai daerah, sehingga mampu memikat banyak orang dari luar kota. Seperti namanya, pantai ini dipercaya memiliki cerita romansa yang sungguh unik. Banyak yang percaya, bahwa sepasang kekasih yang berkunjung ke area ini maka relevansinya akan langgeng sampai akad nikah. Oleh karena itu, Pantai Jodoh kerap jadi salah satu spot untuk prewedding, lokasi untuk menyatakan cinta, atau bahkan melamar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Serijabo, Kec. Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

5. Pantai Tanjung Menjangan

Pantai Tanjung Menjangan
Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Diklaim sebagai pantai yang baru saja didapatkan, sehingga belum banyak yang berkunjung ke tempat tersebut. Selain itu, aksesnya pun belum terlalu mudah karena masih mesti menyeberang dengan speed boat ke kecamatan Cengal. Lokasinya yang cukup tersembunyi menciptakan banyak orang kurang bisa mengeksplor lokasinya. Anda pun mesti menyewa kapal untuk sampai ke daerah ini, tetapi dijamin tidak akan rugi atau menyesal berlibur ke Pantai Tanjung Menjangan.

Daya tarik utama yang disuguhkan untuk para hadirin, yakni keragaman biota bahari yang mampu dilihat dari jarak dekat. Para hadirin difasilitasi dengan perlengkapan snorkeling yang sungguh lengkap untuk menyaksikan ikan berenang di bawah bahari. Tak cuma itu, Anda juga bisa melihat banyak sekali jenis terumbu karang beserta warnanya yang beragam. Disediakan pula spot terbaik untuk menyelam, sehingga Anda akan menyaksikan banyak biota bahari di dalamnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Sungai Lumpur, Kec. Cengal, Kab. Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

6. Pantai Dermaga Sungai Gerong

Pantai Dermaga Sungai Gerong
Image Credit: Wisatapro.com

Seperti pantai pada umumnya pantai Dermaga Sungai gerong ini tak memiliki nilai istimewa. Hal tersebut akan Anda rasakan jika berkunjung di siang hari. Tak ada daya tarik unik yang ditawarkan oleh para pengelola kepada turis yang tiba. Anda cuma akan melihat dermaga beralaskan kayu yang berdiri dengan cukup kuat. Air mengalir di bawahnya pun tak ada bedanya dengan pantai pantai lainnya yang ada di Bumi Sriwijaya.

Lain halnya, jika Anda berkunjung di sore bahkan malam hari. Panorama yang dihidangkan untuk para pelancong sungguh manis dan eksotik. Anda mampu menikmati matahari terbenam hingga ke ditelan laut dengan semburat jingga di atas mega. Setelah malam menjelang, dermaga akan dipenuhi lampu kerlap kerlip cocok selaku kawasan swafoto. Anda juga akan melihat kapal milik Pertamina Plaju yang berlalu lalang di sekeliling dermaga Sungai Gerong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sungai Gerong, Kec. Banyuasin I, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan.

7. Pantai Pasir Payuputat

Pantai Pasir Payuputat
Image Credit: Pariwisataku.com

Berlokasi di kecamatan Prabumulih, Anda mampu berkunjung ke pantai ini bila kebetulan sedang ada di area sekitarnya. Daya tarik khususnya, yaitu pasir berwarna coklat yang turut andil dalam memperbesar suasana alami di pantai tersebut. Paduan pasir coklat dengan air maritim yang jernih sangat pas untuk menyajikan panorama yang tak biasa. Tak cuma itu, Anda juga akan menyaksikan pohon nyiur yang melambai lambai di tepi pantai memperbesar keindahan alam sekitar.

Palembang adalah salah satu kota yang masih memegang erat kebudayaan, sehingga tak jarang wisatawan juga akan disuguhi event event besar di kota ini. Pantai Pasir Payuputat jadi salah satu tempat untuk menyelenggarakan acara kebudayaan, salah satunya balap perahu tradisional. Bibir pantainya yang cukup luas menjadi salah satu alasan tepat untuk menggunakan pantai ini sebagai tempat balap perahu, sekaligus dijadikan sebagai tempat bersandar bahtera.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Payuputat, Kec. Prabumulih Barat, Kab. Prabumulih, Sumatera Selatan.

8. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Panduanwisata.id

Secara geografis, pantai ini termasuk dalam kawasan atau kota Lampung. Akan namun, sebagian besar masyarakat Palembang justru berlibur ke kawasan ini karena jaraknya yang sangat erat. Anda tak perlu menempuh perjalanan jauh, karena destinasi satu ini mampu ditempuh cuma sekitar 1 jam dari pusat kota. Selain jarak yang dekat, argumentasi utama para wisatawan menentukan lokasi ini karena menghidangkan keindahan pantai yang hebat.

Pantai Tanjung Setia ini memiliki ombak yang sangat besar dengan asumsi waktu pada saat pertengahan tahun. Sekitar bulan Mei sampai Juli, ombak pantai ini sungguh besar sehingga banyak orang yang berkunjung ke pantai ini. Mayoritas pengunjung yaitu para pecinta surfing karena tak banyak pantai di Palembang yang bisa dijadikan selaku spot surfing. Tak cuma surfing, Anda juga mampu menikmati sunset di lokasi yang menyajikan sunset terbaik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan, Lampung.

9. Pantai Mutun

Pantai Mutun
Image Credit: Pantainesia.com

Menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi oleh turis setempat, sebab destinasi ini mempunyai pesona yang berlainan. Pantai Mutun mempunyai pasir berwarna putih yang sangat lembut, sehingga sangat sesuai untuk dipakai membangun kastil pasir. Selain itu, air laut yang jernih dan berwarna biru juga melengkapi panorama dari destinasi wisata satu ini.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan menawan, Anda juga mampu menyaksikan beberapa perahu yang bersandar di sekitar pantai. Perahu bahtera ini mampu Anda sewa untuk berkeliling di sekitar pantai. Fasilitas lain yang bisa dirasakan, adalah arena bermain yang sesuai untuk anak anak, kawasan memancing, kawasan makan dengan sajian yang sangat enak, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

10. Pantai Supi

Pantai Supi
Image Credit: Instagram.com @oganilirupdate

Diklaim selaku salah satu rekreasi yang sungguh populer di Bumi Sriwijaya dan mampu menarik para wisatawan untuk tiba. Anda tentu akan sungguh oke, alasannya pantai ini mempunyai panorama alami dengan paduan pasir dan air maritim yang sangat cantik. Pantai ini dikontrol dengan sangat baik dengan dana dari desa setempat, sehingga bisa menciptakan fasilitas yang memadai. Anda mampu bermalas-malasan di tepi pantai dikarenakan telah tersedia pondok atau gazebo yang lumayan banyak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sungai Pinang I, Kec. Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Tak hanya populer dengan Pempek, Palembang juga terkenal dengan destinasi wisata baharinya yang luar biasa. Meskipun tidak memiliki wilayah perairan yang luas, Anda mampu mengeksplor pantai dengan panorama yang sungguh cantik di kota Palembang. Daya tarik yang dihidangkan pun berlainan beda, sehingga Anda mampu memiliki pengalaman liburan yang beragam. Mulai dari keindahan pemandangan, spot sunset, sampai kawasan terbaik untuk swafoto di malam hari.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!