Curug Ibun Pelangi, Teladas Dengan Pemandangan Yang Eksotis Di Majalengka

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Salah satu tempat rekreasi yang cukup menawan dan tidak kalah anggun dari tempat wisata lain yang ada di Bandung, yakni Curug Ibun Pelangi. Curug ini berada di daerah Majalengka. Jika Anda ingin mendapatkan sensasi berwisata mirip layaknya di Green Canyon maka, perlu mengunjungi kawasan tersebut.

Curug ini memang menghidangkan nuansa seperti halnya di Green Canyon. Tempat wisata tersebut memang sungguh asri dan memiliki pemandangan yang begitu mempesona. Pesona yang ditawarkan oleh Curug tersebut memang jarang sekali Anda dapatkan ketika berada di kawasan wisata yang lain.

Di daerah ini Anda mampu menyaksikan dua buah tebingnya yang mengapit sebuah sungai. Air menggeluti yang dihasilkan sangatlah jernih dan bersih serta mempunyai fatwa air yang deras. Mengajak keluarga, teman ataupun pasangan berkunjung ke kawasan tersebut pasti merupakan pandangan baru yang sempurna. Lebih lengkapnya, berikut akan diulas tentang daerah wisata ini dengan lebih rinci.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ibun Pelangi

Daya Tarik Wisata Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps Febry Artanto

1. Panorama Pelangi yang Elok

Jika Anda berniat untuk pergi berwisata ke lokasi alam bebas, maka Curug Ibun Pelangi memang merupakan opsi yang sangat tepat. Di tempat inilah nantinya Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah. Selain itu kesejukan air yang mengalir di bebatuan menciptakan pesona dari kawasan tersebut terasa begitu kuat.

Tempat ini memang menyajikan pesona yang sungguh hebat, sehingga mampu membuat banyak turis berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Salah satu pesona utama yang disediakan adalah keindahan pelangi yang terdapat di antara dua tebing. Dua tebing lava tersebut mengapit suatu sungai dengan airnya yang begitu deras.

Embun yang jatuh dari sungai nantinya akan membuat suatu cahaya pelangi saat tersinari oleh mentari. Pelangi tersebut akan timbul di area sekitar tebing. Karena itulah kawasan rekreasi ini dikenal dengan nama Ibun Pelangi. Sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung ke tempat tersebut, maka perlu untuk mempersiapkan peralatan seperti kamera.

Karena memang fenomena tersebut terlihat begitu eksotis dan indah serta sungguh layak untuk Anda abadikan dalam sebuah foto. Tidak sedikit para fotografer yang tiba ke tempat ini. Anda pun juga mampu melaksanakan foto selfie dengan memakai background cahaya pelangi yang begitu indah.

Cahaya matahari yang muncul di area sekitar tebing tampak makin indah saat Anda datang ketika sore hari dan pagi hari. Terlebih dikala kemiringan dari matahari tersebut mencapai 60 derajat, maka pemandangan yang disajikan di area sekitar Curug Ibun Pelangi akan menciptakan Anda terpukau oleh keindahannya.

Menjelang pukul 8 hingga pukul 10 pagi Anda pun akan disajikan pemandangan matahari yang semakin terang. Momen-momen yang begitu mengagumkan di kawasan ini, nyatanya mampu menciptakan para fotografer berlomba-kontes dalam mengabadikannya.

2. Tak Kalah Seperti Grand Canyon

Tentunya Anda sudah tidak aneh lagi dengan Grand Canyon yang merupakan salah satu daerah indah yang ada di tempat Amerika. Curug ini nyatanya menunjukkan keindahan yang tak kalah mempesona seperti Grand Canyon.

Di Curug Ibun Pelangi inilah nantinya Anda bisa mendapatkan tebing batu yang tampak begitu megah, panorama yang sangat anggun serta sungainya yang mengalir deras. Tempat eksotis tersebut memiliki penderasan dengan pemikiran airnya yang cukup kencang, serta bebatuan yang bisa membuat panorama di sekitar area terlihat begitu asri.

Oleh sebab itulah, masuk akal jikalau banyak sekali wisatawan yang merasa betah di tempat ini. Tebing besar yang terdapat di sana mengapit suatu sungai mirip halnya di Grand Canyon.

Anda nantinya akan melihat bebatuan dengan ukuran besar, serta tampak begitu indah. Karena itu, Curug tersebut menjadi salah satu tempat yang terkenal dan hits dikala ini, terutama di daerah Majalengka.

3. Air Terjun yang Sejuk dan Menyegarkan

Di Curug Ibun Pelangi ini nantinya Anda mampu menyaksikan panorama riam yang memiliki ketinggian hingga 87 meter. Airnya sendiri mengalir dari Muara Jaya. Sungai tersebut mengeluarkan sebuah uap, sehingga menciptakan embun. Dan ketika matahari menyinari embun tersebut, maka Anda bisa melihat penampakan pelangi yang begitu manis.

Makin deras jeram tersebut, pemandangan pelangi pun juga akan kian terlihat terang. Ketika Anda hendak mendatangi tempat rekreasi ini, pilihlah cuaca yang cerah dan tidak berawan. Karena saat Anda datang ke daerah ini saat mendung, maka pemandangan pelangi tidak bisa Anda saksikan.

Karena itu, seharusnya Anda memilih waktu ketika demam isu kemarau. Supaya pemandangan yang mampu Anda dapat semakin optimal. Bawa serta keluarga, saudara ataupun pasangan Anda semoga aktivitas berlibur nantinya jadi terasa makin seru. Di kawasan ini juga suasananya sangat alami, sehingga menciptakan Anda beserta dengan rombongan bisa rileks.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Image Credit: Google Maps Iwan Kristiana

Lokasi dari Curug Ibun Pelangi ini yaitu berada di Desa Sukasari Kaler. Tepatnya adalah berada di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Bagi Anda yang ingin mengunjungi kawasan tersebut, maka bila berangkat dari sentra Kota Majalengka akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jarak yang harus ditempuh sendiri kurang lebih ialah 16 km.

Lokasi rekreasi ini memang tidak susah untuk bisa Anda datangi. Oleh sebab jalan masuk jalan yang sudah baik, Anda pun mampu menenteng kendaraan langsung, baik itu kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Selama di perjalanan, pemandangan yang indah pun juga mampu Anda saksikan.

Jika masih gundah untuk mencari lokasi dari Curug tersebut, Anda bisa mempergunakan tunjangan dari Google Maps. Dengan menggunakan fitur dari Google, maka perjalanan untuk mendapatkan lokasi wisata akan jadi lebih gampang.

Ketika sudah hingga di kawasan dengan goresan pena Curug Ibun Pelangi Anda perlu memarkirkan kendaraan. Dari lokasi tersebut Anda harus berjalan kaki agar bisa meraih lokasi curug. Jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih 200 meter.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Wisata Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps AR91 Digital

Sama halnya seperti daerah rekreasi yang lain, bagi Anda yang ingin menikmati daya tarik alam yang ada di kawasan tersebut, maka perlu mengeluarkan uang tiket masuk. Tiket masuknya sendiri terbilang sungguh terjangkau. Anda cuma perlu membayar duit sebesar Rp 10.000 saja untuk tiap orangnya.

Sedangkan bagi Anda yang menjinjing kendaraan langsung, nantinya akan dikenakan ongkos parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000. Waktu operasional dari tempat wisata ini ialah dibuka saat pukul 6 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 5 sore.

Sebaiknya Anda pilih waktu dikala Anda mampu menyaksikan pelangi yang timbul di area Curug. Dan tentukan juga Anda menentukan dikala dikala musim kemarau. Dengan begitu pasti piknik Anda akan makin mengesankan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Ibun Pelangi

Aktivitas Wisata Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps Mang ib

1. Berburu Foto

Terdapat banyak sekali aktivitas menawan yang bisa Anda kerjakan saat berada di Curug Ibun Pelangi ini. Oleh sebab pemandangannya yang begitu manis dan memukau, maka salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan adalah berburu foto. Terdapat aneka macam spot-spot mempesona yang mampu Anda dapatkan dan pastinya sangatlah instagramable.

Anda semua pasti telah tidak sabar untuk menantikan momen dikala pelangi tersebut muncul dari sela-sela dua tebing besar. Pada saat itulah Anda bisa memperoleh gambar yang begitu fantastis. Dan tentunya hasil gambar yang didapat sungguh layak untuk Anda pamerkan di sosial media mirip Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Perlu untuk Anda pahami, Curug ini memang menjadi tempat favorit bagi beberapa orang melakukan kegiatan foto prewedding. Tebing-tebing yang tampak begitu megah dan eksotis membuat aktivitas tersebut banyak dilaksanakan di kawasan ini. Terlebih lagi ditambah dengan adanya pelangi di sela-sela tebing.

2. Bermain Air

Anda juga bisa bermain air saat berada di sungai ataupun penderasan. Karena itu, tentukan dikala hendak berangkat ke daerah rekreasi, Anda telah menyiapkan baju ganti. Airnya memang terasa sangatlah menyegarkan dan udara di sekeliling juga begitu sejuk. Sehingga mampu membuat Anda merasa rileks dikala berada di tempat ini.

3. Bersantai

Ketika Anda telah puas berburu foto dan juga bermain air di Curug, maka kegiatan berikutnya adalah bermalas-malasan. Suasana alam sekitar yang masih begitu alami, dipadu dengan pemandangan bagus alam yang terlihat begitu membius mata, pasti mampu membuat Anda rileks saat itu juga. Anda mampu sejenak melupakan beban kerja sehari-hari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Wisata Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps Guru Geografi

Curug Ibun Pelangi sekalipun di sini tergolong daerah rekreasi yang gres saja terkenal di kelompok penduduk , namun akomodasi yang sudah ditawarkan di kawasan tersebut sudah cukup memadai. Fasilitas utamanya ialah spot foto yang sangatlah instagenic. Selain itu juga Anda akan menemukan kemudahan penunjang lain di tempat ini.

Fasilitas tersebut seperti misalnya area parkir yang luas dan kondusif, toilet lazim dan juga warung makan. Di warung tersebutlah nantinya Anda mampu menentukan aneka macam macam hidangan yang begitu lezat, serta mampu menciptakan lidah Anda bergoyang. Menyantap kuliner enak sambil lalu menikmati pemandangan Curug adalah hal yang perlu untuk Anda kerjakan.

Fasilitas yang disediakan oleh Curug bisa menciptakan para turis betah berlama-lama. Tentunya dengan begitu Anda selaku para turis akan merasa mudah ketika ingin melaksanakan banyak sekali macam acara.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Curug Ibun Pelangi yang perlu untuk Anda ketahui. Curug tersebut ialah destinasi alam yang paling hits dan populer di tempat Majalengka. Karena itu, Anda perlu memasukkan Curug dalam salah satu daerah yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Majalengka.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!