Pantai Cemara Sadu Jambi – Pesona, Kegiatan Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Cemara Sadu salah satu rekreasi pantai yang unik di Tanjung Jabung Timur, Jambi yang mempesona untuk dieksplor. Pantai anggun yang menjadi kawasan migrasi burung dari Asia Timur dan Australia.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi; Map: Cek Lokasi

Tanah Andalas menyimpan aneka macam keunikan alamnya tersendiri. Tidak hanya karena rangkaian pegunungan barisan yang ada di bagian tengahnya saja, tetapi bagian pesisirnya juga tidak kalah memukaunya. Pada salah satu Provinsi terluasnya, yaitu Jambi, terdapat sebuah pantai unik. Tempat tersebut yaitu Pantai Cemara Sadu.

Objek wisata tersebut populer karena menjadi kawasan bermigrasi bagi berbagai jenis burung yang berasal dari seluruh dunia. Tak ayal fenomena ini menjadi bonus tersendiri bagi para pelancong yang akan singgah ke sana untuk sekedar menghabiskan waktu luang mereka. Selain itu, ada berbagai hal lainnya yang membuat pengunjung tertarik untuk datang ke sana.

Dengan lokasinya yang berada bersahabat dengan salah satu taman nasional terbesar di nusantara, bahkan seluruh Asia Tenggara, menjadikannya semakin mempesona untuk dikunjungi. Tak jarang orang berdatangan ke sana hanya untuk sekadar berburu foto-foto. Hal itu sebab memang pemandangan yang ditawarkan menciptakan siapapun yang tiba menjadi rugi bila tidak melaksanakan kegiatan tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemara Sadu

Daya Tarik Wisata Pantai Cemara Jambi
Image Credit: Twitter Cipto Dwi Handono

1. Migrasi Burung-Burung Dari Seluruh Dunia

Ini menjadi daya tarik utama yang membuat orang-orang tertarikuntuk tiba ke sana. Dengan mengunjungi kawasan tersebut, maka hadirin dapat secara pribadi melihat berbagai jenis burung yang sedang melaksanakan migrasi dari kawasan asal mereka. Disinyalir gerombolan hewan tersebut berasal dari negara-negara di bagian utara, seperti China dan juga Rusia.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak setiap waktu pelancong yang berkunjung bisa menikmati fenomena alam tersebut. Hal itu alasannya adalah migrasi hanya dikerjakan pada saat negara asal binatang-hewan tersebut masih dalam musim cuek. Biasanya hal tersebut terjadi pada final tahun sampai beberapa saat sehabis pergeseran tahun, ialah pada Desember sampai sekitar bulan Mei.

Terdapat puluhan jenis burung yang bisa dilihat oleh warga sekitar dan juga siapapun yang berwisata di Pantai Cemara Sadu. Kawanan fauna itu sudah melayang bermil-mil jauhnya dari kawasan asal mereka untuk mencari suhu yang pas untuk mencari makan dan juga meningkat biak tentu saja. Tidak jarang diantara mereka yang melahirkan di tempat-tempat migrasi mereka karena memang cocok untuk bagi bayinya.

Berdasarkan pernyataan para peneliti, daerah pesisir kawasan Sadu memang telah menjadi titik singgah kawanan itu sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Dengan keadaan dan juga bentuk bentangan alamnya yang landai dan juga area pasirnya yang cukup luas, memang cocok bagi segerombolan burung untuk singgah sejenak.

Kawasan Pantai Cemara di kawasan Sadu merupakan salah satu rangkaian jalur untuk migrasi di daerah Asia Timur sampai ke Benua Australia. Hal ini menjadi bukti bahwa salah satu kawasan di nusantara masih terbilang asri dan wajib untuk dijaga keasliannya.

2. Kondisi Alami Pantai Cemara Sadu

Karena lokasi tersebut menjadi salah satu tempat burung-burung dari banyak sekali kepingan dunia singgah, maka otoritas setempat belum melaksanakan pengembangan lebih lanjut kepada tempat rekreasi itu. Hal ini bermaksud semoga kawasan tersebut masih tetap digunakan oleh hewan-binatang tersebut untuk menetap sementara selama beberapa bulan.

Pemerintah daerah di sana khawatir bila dikerjakan pembangun meskipun kecil pada beberapa titik di sana, akan menyebabkan fenomena elok tersebut menjadi hilang. Burung-burung tidak lagi tertarik menggunakannya untuk tempat hidup sejenak. Hal ini akan menjadikan kerugian yang cukup besar, mengenang sesungguhnya hal itulah yang menciptakan kawasan ini menjadi terkenal.

Langkah tersebut menciptakan keadaan di sana masih terbilang alami dari tangan-tangan manusia. Pasir di sana masih murni dan tidak nampak sedikitpun sampah yang tergeletak. Luas area pasir juga cukup besar, menciptakan pengunjung bisa saja bermain dengan leluasa. Namun, tetap harus menjadi perhatian bahwa jangan sampai acara langsung mengusik eksistensi hewan di sana.

Panorama di Pantai Cemara Sadu juga memikat banyak orang untuk menjernihkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari-hari. Hal ini tidak mengejutkan karena di bersahabat sana banyak di tumbuhi vegetasi alam yang membuat sejuk situasi. Dengan semua bagian yang ada di sana, pemandangannya sesungguhnya sangat indah. Bahkan tak jarang yang menyamakannya dengan kawasan-kawasan di luar negeri.

3. Vegetasi Sekitar Pantai

Keunikan dari tempat wisata ini sama seperti namanya. Bisa ditemui dengan mudah banyak sekali pohon cemara yang ternyata tidak hanya menjadi ciri khas dari pantai itu saja, akan tetapi juga area sekitarnya. Tumbuhan tersebut banyak hidup di sekitar sana dan menghiasi tempat sekitar destinasi wisata di sana.

4. Pasir Coklat yang Memikat

Pasir yang terhampar pada destinasi rekreasi tersebut berwarna coklat yang pekat sampai seringkali tampakhitam. Hal ini memperbesar keeksotisan area tersebut. Dengan luas hamparannya yang mencapai nyaris 500 hektar membuatnya sangat luas untuk menjadi area bermain turis yang singgah. Pengunjung mampu dengan bebas memainkan pasir-pasir tersebut.

5. Suasana Sepi nan Syahdu

Area tersebut memang belum dibangun lebih lanjut oleh pihak-pihak sekitar. Selain karena demi menjaga kealamiannya, tetapi juga alasannya adalah kondisinya yang cukup jauh dari pemukiman insan. Akan namun, hal tersebut justru membuatnya semakin mempesona untuk dikunjungi sebab pelancong mampu dengan leluasa mencicipinya dengan kondisi yang teramat hening dan syahdu.

Alamat, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Sadu Jambi

Alamat Wisata Pantai Cemara
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

Salah satu destinasi wisata yang ada Pulau Sumatra ini berada di suatu desa kecil yang bernama Sungai Cemara. Letaknya ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tepatnya di Kecamatan Sadu, Jambi. Itulah sebabnya daerah itu dinamakan Pantai Cemara Sadu. Karena lokasinya tersebut, maka jalur saluran untuk sampai di sana mampu melalui air maupun darat.

Pantai ini berada di samping Taman Nasional Berbak yang merupakan kawasan pertolongan alam lembap terluas di Asia Tenggara. Area konservasi itu banyak didominasi oleh hutan rawa sehingga tanahnya berjenis gambut. Sebenarnya di sana juga ada pantai yang banyak disinggahi oleh burung-burung dari luar tempat, akan tetapi tujuan singgah mereka masih tetap di Pantai Cemara.

Dikarenakan letaknya ada di tempat pesisir timur Pulau Sumatra dan berbatasan pribadi dengan Provinsi Kepulauan Riau serta berada di sekitar rawa, membuat konturnya lembek. Perlu menjadi pertimbangan dikala menetapkan untuk mengunjungi destinasi tersebut bila lewat jalur darat.

Hal ini alasannya infrastruktur untuk menuju daerah itu belum terbangun secara tepat. Jika berasal dari Ibukota Provinsi Jambi, maka perlu menempuh perjalanan menuju ke tempat Nipah Panjang. Tempat itu berada di kabupaten yang sama dengan objek rekreasi tersebut.

Pengunjung mampu menempuhnya dengan aneka macam moda transportasi baik langsung maupun publik. Jika telah sampai di tempat tersebut, maka perjalanan harus dilanjutkan dengan jalur air. Hal tersebut memang dikarenakan pantai itu berada di area rawa dan sungguh susah bila menggunakan angkutandarat untuk sampai di titik rekreasi itu.

Untuk mengakses seluruh kawasan rekreasi itu, pengunjung tidak butuhmengeluarkan ongkos apapun. Karena lokasinya yang masih dalam tahap pengembangan, pemerintah lokal tidak membangun infrastruktur yang memadai di sana sehingga siapapun yang ingin mengunjungi tempat tersebut bisa dengan bebas singgah tanpa harus khawatir akan tarif masuknya.

Tidak ada batas-batas waktu untuk berkunjung ke destinasi itu, tetapi patikan jangan berkunjung dikala hari telah gelap. Hal ini karena belum ada infrastruktur yang lengkap sehingga orang yang singgah di sana pastinya hanya mampu melihat keadaan dengan samar-samar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cemara Sadu

Aktifitas Wisata Pantai Cemara
Image Credit: Facebook Jambi, take your vacation.

1. Berpotret Ria

Hal ini menjadi acara yang harus dijalankan ketika mendatangi objek rekreasi alam itu. Karena keadaannya yang masih sungguh natural, banyak hal mampu menjadi objek berfoto para turis yang hadir. Selain itu, fenomena migrasi yang menjadi ciri khas objek ini juga dapat menjadi salah satu latar belakang yang pas untuk gambar yang diambil.

2. Berkeliling Mengitari Pantai

Selain mengambil potret gambar yang indah, hadirin juga dapat menikmati keseluruhan area wisata itu dengan berlangsung-jalan menikmati keindahan alamnya. Pasirnya yang lembut dan juga terpaan angin yang sejuk hilir pulang kampung di area tersebut membuat aktivitas yang satu ini menjadi sungguh wajib dikerjakan. Akan sungguh rugi jikalau pengunjung tidak berkeliling menikmati seluruh sisi daerah tersebut.

Banyak hal yang dapat dieksplorasi di pantai yang elok itu. Selain alasannya adalah pasirnya, pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya juga menjadi objek yang indah untuk dinikmati. Pengunjung bisa berkeliling ke tempat pepohonan cemara yang hidup mengitari pantai. Hal ini menjadi suatu pengalaman yang luar biasa manakala berlibur di objek rekreasi pesisir timur Sumatra tersebut.

3. Berteduh di Rindangnya Pohon Cemara

Karena banyaknya pohon tersebut tumbuh di sekitarnya, menciptakan hadirin mampu saja menggunakan untuk berteduh menikmati suasana. Aktivitas yang satu ini mampu menjernihkan pikiran dan menciptakan badan menjadi rileks. Suasana pantai eksotis Jambi ini sangat hangat membuat siapapun akan merasakan sensasi hebat sebuah rekreasi bahari.

4. Berkemah

Meskipun tidak ada penginapan yang ada di sekitarpantai, namun pengunjung bisa saja menghabiskan malam di tempat tersebut dengan mendirikan tenda-tenda bareng dengan teman-sahabat ataupun saudara lainnya. Aktivitas berkemah memang menjadi alternatif bagi mereka yang mau menikmati situasi malam hari di Pantai Cemara kawasan Sadu tersebut.

Jika telah mendirikan tenda perkemahan, maka acara lain yang mampu dijalankan adalah menciptakan api unggun. Menikmati kehangatan tersebut bersama dengan orang-orang Istimewa yang turut hadir bantu-membantu memang sangat amat menyenangkan untuk dilaksanakan.

Pada dikala yang serupa wisatawan dapat memasak masakan dan menciptakan minuman hangat untuk bantu-membantu dikonsumsi oleh rombongan yang ikut. Dengan begitu, pengalaman berekreasi di sana menjadi makin indah dan tak terlalaikan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cemara Sadu

Fasilitas Wisata Pantai Cemara
Image Credit: Facebook Iwan Londo

Tempat ini masih belum mempunyai akomodasi yang memadai layaknya destinasi wisata serupa yang lain. Lokasi itu memang cocok untuk mereka yang ingin mengeksplorasi tempat yang masih alami dan orisinil. Namun, setidaknya ada perahu-perahu warga yang hidup di sekitar sungai cemara untuk hilir-mudik orang-orang yang tiba.

Keindahan Jambi ternyata bisa didapatkan di berbagai sisi tidak cuma pada bagian hutan konservasinya saja. Pada pesisirnya juga menyimpan berjuta keindahan orisinil alam yang mampu dinikmati oleh masyarakat. Pantai Cemara Sadu merupakan salah satu dari sekian kawasan di pesisirnya yang rugi bila tidak dikunjungi.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!