15 Rekreasi Pantai Di Banyuwangi Yang Paling Hits

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Ingin Liburan di Pantai? Inilah Rekomendasi Wisata Pantai di Banyuwangi, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits untuk Liburan yang lebih Berkesan.

Banyuwangi ialah tempat yang kaya akan keindahan alamnya. Di kota yang berada di ujung timur provinsi Jawa Timur ini terhampar banyak rekreasi alam mirip puncak gunung Bromo, hingga jajaran pantai yang indah. Banyuwangi juga disebut selaku the Sunrise of Java, dimana keindahan matahari terbitnya sudah mendunia.

Untuk saksikan sunrise tersebut, Anda mesti sempatkan diri singgah di banyak sekali pantai di kota ini yang memukau. Tidak cuma cocok untuk berfoto, wisata pantai di Banyuwangi juga diketahui selaku surga para peselancar.

1. Pulau Merah

Aktivitas Menarik Pantai Pulau Merah
Image Credit: Google Maps Praptana Mardipuspito

Berada di Desa Sumberagung, Pesanggaran, pantai ini mempunyai pemandangan pulau eksotis yang menjulang tinggi di bibir pantai. Pulau itulah yang disebut dengan nama Pulau Merah. Untuk pantainya sendiri merupakan tempat pesisir yang diselimuti dengan hamparan pasir putih yang higienis. Meski lokasi wisata ini makin naik daun dan diketahui warga, tetapi keasriannya masih terjamin dengan kebersihan setiap lingkungannya.

Tidak hanya pasir putih dan pulau eksotis yang kerap dijadikan latar belakang foto, tetapi perairan pantainya juga menjadi pesona tersendiri. Gulungan ombaknya yang cukup besar sangat ideal untuk acara berselancar. Karena itulah di lokasi ini sering dijalankan lomba Surfing tahunan yang mampu datangkan peselancar internasional. Bagi Anda yang suka berswafoto, jangan sampai melupakan keayuan sunset berwarna jingga dan biru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Teluk Biru Atau Blue Bay

Teluk Biru Atau Blue Bay
Image Credit: Aku Ucox https://www.google.com/maps/contrib/102246313649423204129

Para pencinta snorkeling baiknya kunjungi pantai Teluk Biru yang terletak di Sengrong Alas Purwo, Kalipait Muncar. Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung sebab pesonanya akan menciptakan setiap wisatawan berdecak takjub. Pasir pantai putih yang terbentang luas bersanding dengan bahari biru yang jernih. Begitu jernihnya, Anda bisa menyaksikan keindahan biota bawah laut yang masih asri dan belum terekspos dengan sungguh terang.

Pada dasarnya, keindahan alam ini mampu didapat alasannya teluk ini masih ialah tempat Taman Nasional Alas Purwo. Sehingga ada di bawah tunjangan komunitas gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku). Komunitas ini bantu bangkit perkembangan biota bahari teluk kian beragam dengan melakukan transplantasi terumbu karang hingga menanam fish apartemen. Karena itulah Anda dihentikan melewatkan keindahan biota lautnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Purworejo, Kalipait, Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

3. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi
Image Credit: Bambang Eko Listrianto https://www.google.com/maps/contrib/103272163042818866995

Di Kecamatan Pesanggaran desa Sarongan terdapat salah satu pantai yang sangat terkenal akan keindahan lokasinya. Saat Anda menjejakkan kaki di sini, maka akan dihidangkan dengan pantai pasir berwarna coklat. Tidak cuma itu, tempat ini juga sungguh sejuk alasannya dikelilingi oleh hutan tropis hijau. Bahkan karang dan deretan bukit sekitarnya menciptakan pantai ini menjadi target para pencinta photography.

Ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikannya lokasi yang sempurna untuk berenang, snorkeling, atau berendam dan menikmati dinginnya pantai selatan. Selain itu, pantai ini juga dikenal akan lokasi yang ramai dengan nelayan setempat yang berlabuh sehabis memancing. Kadang pula ada pelelangan ikan yang dijalankan nelayan, dan Anda pun berkesempatan untuk ikut berbelanja ikan segar hasil tangkapan mereka.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

4. Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi
Image Credit: Diah Ayu Widyaningrum https://www.google.com/maps/contrib/100824463512789615989

Masih berada di kecamatan yang sama, Anda bisa datangi pantai yang hits dengan nama Pantai Parang Kursi yang dipenuhi dengan panorama memukau. terdapat pasir putih halus dan cukup dalam yang disandingkan dengan air bahari biru dan karang kemerahan. Yang menjadi pesona utama yakni adanya beberapa karang yang menyerupai kursi singgasana. Jika berdasarkan mitos, karang bangku tersebut adalah singgasana dari Nyi Roro Kidul.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Pesaranggan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

5. Pulau Tabuhan

Daya Tarik di Pulau Tabuhan
Image Credit: Google Maps Achmad Fachrie

Apabila Anda berkenan untuk menyeberang dalam beberapa waktu, maka jangan lewatkan pulau Tabuhan. Pulau eksotis di tempat Desa Bangsring kecamatan Wongsorejo ini mempunyai banyak keindahan yang tidak mampu dilupakan. Hamparan pasir putih dan jernihnya air adalah primadona utama. Meskipun telah terlena dengan keindahan alamnya, namun Anda juga tidak boleh melalaikan acara selancar angin atau selancar layang yang menantang adrenalin.

Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

6. Pantai Boom

Daya Tarik di Pantai Boom Tuban
Image Credit: Ayuk Rhy https://www.google.com/maps/contrib/111448476457437281845

Apabila Anda tak mau jauh – jauh dari pusat kota, maka ada baiknya untuk singgah ke Pantai Boom yang hanya berjarak 10 menit saja. Berada di Kampung Mandar, pantai ini mempunyai pasir hitam yang berikan performa menarik selama matahari terbenam. Tidak hanya itu, keindahan pantai kian meningkat dengan sejumlah kapal nelayan yang terjajar di bibir pantai secara rapih.

Salah satu yang bisa menarik wisatawan yakni pertunjukan rutin Sewu Gandrung, yang mampu disaksikan oleh siapa pun. Kegiatan ini ialah tari kolosal dengan total partisipan mencapai 1000 orang. Apabila Anda tiba di waktu yang sempurna, Anda mampu mengabadikan momen tersebut. Tidak kalah menarik, Anda yang suka dengan alunan musik Jazz harus tiba ke Banyuwangi Jazz Festival di pantai Boom.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Kampung mandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

7. Pantai Wedi Ireng

Daya Tarik Pantai Wedi Ireng
Image Credit: André Hae. https://maps.google.com/maps/contrib/103398954422394005458

Jika berbicara wacana pantai Hits di Banyuwangi, maka Anda dilarang melewatkan Pantai Wedi Ireng. Seperti namanya, pantai ini mempunyai pasir hitam yang sangat kontras dengan birunya lautan. Meski demikian, para pelancong merasa terpincut dengan keindahan alam sekitar yang masih asri. Jelas saja, terdapat bebatuan karang besar, deretan bukit, dan hutan hijau yang mengelilingi pantai ini yang menjadikannya tampak lebih natural.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

8. Pantai Plengkung G-Land

Pantai Plengkung G-Land
Image Credit: Sonia Chubby https://www.google.com/maps/contrib/108471564194942888557

Anda penggemar surfing? Maka siapkan diri untuk beranjak ke pantai Plengkung yang disebut sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Pantai yang berlokasikan di kawasan taman Nasional Alas Purwo ini memiliki rangkaian gulungan ombak yang mampu meraih ketinggian 6 meter. Meski terdengar menakutkan, namun ombak tersebut yang menjadi incaran para peselancar profesional baik dari luar negeri atau para surfer asing.

Bahkan alasannya adalah ombak besar tersebut, G-land ini juga disebut sebut selaku pantai dengan ombak terbaik kedua di dunia sesudah pantai Hawaii. Keindahan pasirnya sendiri yang diselimuti dengan pasir putih lembut dan hamparan bibir pantai yang luas adalah salah satu alasan warga suka berkunjung. Selain itu, keindahan sunsetnya yakni magnet tersendiri bagi penikmat fotografi atau mereka yang datang bareng pasangan dan cari suasana romantis.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

9. Teluk Hijau Atau Green Bay

Teluk Hijau
Image Credit: Catur Rudy Atmoko https://www.google.com/maps/contrib/108167921085834087350

Berbeda dengan Teluk Biru, teluk Hijau ini lebih diketahui sebab situasi pantainya yang dihiasi dengan keindahan alamnya. Sebut saja hamparan pasir putih yang higienis, gradasi lautan biru hijau yang jernih, jeram yang mengalir ke pantai, dan juga hutan hijau sekitarnya niscaya akan menciptakan hadirin tercengang. Bagi Anda penggemar fotografi atau hobi berswafoto, maka harus sempatkan diri untuk abadikan momen di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

10. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol
Image Credit: Google Maps Rendy Zesario

Berada tepat di jalur utama Situbondo – Banyuwangi, pantai Watu Dodol sudah menjadi salah satu tujuan rekreasi yang wajib dikunjungi pelancong. Namanya yang unik ternyata didasari dari kisah misteri yang berkaitan dengan sebongkah watu besar di pantai ini. Jika Anda turun ke pantai, maka Anda mampu nikmati banyak acara. Seperti berfoto, berenang, memancing di batu karang berwarna hitam, hingga menyewa kapal motor.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Gumukremuk, Ketapang, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

11. Pantai Mustika

Pantai Mustika
Image Credit: Priyopw https://www.google.com/maps/contrib/105674377466114251652

Pantai yang masih higienis dan alami kadang kala menjadi tujuan favorit para wisatawan. Salah satu pantai dengan persyaratan tersebut ialah Pantai Mustika yang terletak di Desa Pancer, Pesanggaran. Yang menarik dari lokasi ini adalah garis pantainya yang sangat panjang hingga mencapai 2 km. Hal ini menawarkan kesan pasir putih dan bibir pantai yang tak terbatas. Bahkan uniknya, bibir pantai di lokasi ini membentuk setengah bulat.

Lokasi yang masih segar, asri, dan sangat luas ini akan sangat sesuai untuk anak berlarian atau sekedar berjalan menikmati hembusan angin pantai yang sejuk. Berwisata ke pantai akan terasa kurang bila tidak menjajal kuliner sekitar. Di pantai ini, Anda bisa mencoba olahan kuliner lobster yang sangat unik. Terdapat sejumlah lapak – lapak masakan yang mampu Anda datangi untuk beli segala macam olahan kuliner lobster ala pantai Mustika.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Desa Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

12. Pantai Pancur

Pantai Pancur
Image Credit: Abdullah Hadiansyah https://maps.google.com/maps/contrib/110905659687667201686

Di daerah Taman Nasional Alas Purwo juga terdapat satu lagi pulau anggun yang tidak boleh lupa masuk list jalan jalan di Banyuwangi, yakni pantai Pancur. Terdapat panorama menarik yang disuguhkan oleh hamparan pasir putih, bebatuan dengan lumut hijau, dan gulungan ombak yang menderu. Adanya bebatuan dan karang yang tersebar di bibir pantai menciptakan ombak menjadi sedikit lebih santai.

Sehingga kondusif untuk berenang dan bermain air. Tidak cuma itu saja, bentangan pesisir pantai yang landai dan lembut juga aman untuk ditelusuri. Anda mampu berfoto di segala lokasi atau mencari sebuah air terjun mini yang mengalir eksklusif ke pantai. Air terjun ini yakni pedoman sungai kecil basah tawar yang mampu Anda jadikan kawasan untuk membilas diri, atau berendam dan menikmati gemercik air yang terjatuh tanpa takut kesakitan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Brawijaya, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

13. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan
Image Credit: Ben Kumoring https://www.google.com/maps/contrib/112973242243599938194

Apabila Anda singgah ke Kecamatan Tegaldlimo tepatnya di desa Gladak Kembar Purwoagung, maka sempatkan untuk kunjungi pantai Ngagelan yang masih sungguh asri. Pantai perawan ini menjadi andalan Banyuwangi selaku lokasi yang semakin naik daun. Pantai ini memberikan keindahan pasir putih, lautan biru, dan pepohonan rindang di sekitarnya. Tidak cuma itu, Anda juga bisa berkeliling kawasan pantai dengan menggunakan bahtera.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Gladak Kembar, Purwoagung, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

14. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi
Image Credit: Hardanta Putra https://www.google.com/maps/contrib/101191645075687671715

Pergi berwisata ke pantai tentu saja tidak lengkap jika tidak mempunyai foto senja atau dikala matahari terbenam. Pantai Tranggulasi yakni daerah yang paling sempurna untuk berfoto dengan latar belakang langit berwarna jingga. Pantai yang berlokasikan di Pancer Sumberagung ini memiliki keindahan gradasi warna pasir putih dan jernihnya lautan. Bahkan jikalau mujur, Anda mampu saksikan rusa – rusa berlarian di pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kaliagung, Kendalrejo, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

15. Pantai Penyu Sukamade

Pantai Penyu Sukamade
Image Credit: Google Maps Gustiawan Godi

Terakhir ialah pantai yang sangat popular sebab keayuan lokasi, asri, dan kemudahan yang telah mencukupi. Tidak hanya itu, yang menjadi daya tarik utama yakni pantai ini ialah lokasi konservasi penyu. Hal ini mempunyai arti pantai ini adalah lokasi dimana penyu dikembang biakkan, dirawat, dan juga dilepas. Jika datang di waktu yang sempurna, Anda mampu menyaksikan secara pribadi penyu lucu yang hilir mudik di bibir pantai Sukamade.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Sukamade, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai tempat yang akrab dengan pesisir, pastinya tak aneh jikalau pantai yang berjajar di Banyuwangi punya daya tarik tersendiri. Lokasi wisata pantai tersebut tidak hanya hits di mata wisatawan mancanegara, namun banyak juga wisatawan aneh yang ingin mencobasurfing bahkan bermain di pantai ini. Tidak perlu pikir panjang, mengunjungi pantai tersebut pasti akan menciptakan liburan ke kota Banyuwangi lebih berkesan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!