Pantai Lasiana, Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Manis Di Kupang

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket Pantai Lasiana: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lasiana, Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Provinsi Nusa Tenggara Timur banyak mempunyai kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya. Salah satunya yakni obyek wisata Pantai Lasiana yang tepat berada di Kupang. Pantai tersebut memiliki luas kurang lebih sekitar 3,5 hektar dengan bermacam-macam keindahan yang mengelilinginya. Wisatawan lokal dan luar negeri banyak yang meliriknya dan menimbulkan rekomendasi tempat berlibur.

Pemerintah lokal mempunyai tujuan untuk menciptakan tempat pariwisata ini sebagai taman budaya flobamora. Artinya tempat berkumpulnya banyak sekali suku dan budaya sekitar dan dijadikan selaku wisata yang menarik. Kabarnya pantai tersebut sudah dibuka mulai tahun 1970-an dengan minimnya kemudahan. Namun seiring perkembangan waktu, pengelola berupaya melengkapi aneka macam akomodasi.

Pada siang hari wisatawan akan dimanjakan dengan panorama air bahari biru dan langit biru yang nampak senada. Sedangkan sore hari keindahan Pantai Lasiana nampak estetik dengan ditemani pemandangan matahari terbenam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lasiana

Pantai Lasiana Kupang
Image Credit: Facebook Putu Utomo

1. Banyak Pepohonan di Tepi Pantai

Destinasi Kupang ini diketahui memiliki udara yang sejuk untuk dihirup. Mulai dari pintu masuk depan Anda akan disuguhi oleh beberapa pohon hijau yang nampak asri. Terdapat kurang lebih 230 pohon lontar dan 65 pohon kelapa di sepanjang pasir pantai. Tujuan adanya penghijauan tersebut selain memperindah daerah juga untuk menghalangi abrasi.

Kabarnya kedua tanaman itu juga sering dimanfaatkan warga sekitar untuk membuat pondok kecil atau lopo-lopo. Pondok yang mirip payung ini nampak di sudut area rekreasi dengan atapnya yang berbahan dasar daun lontar. Tiang penyanggahnya terbuat dari batang pohon kelapa dan terdapat dingklik kecil yang mengelilingi.

2. Memiliki Jalur Pemecah Ombak

Pengunjung yang mendatangi Pantai Lasiana akan menemukan keunikan didalamnya. Hal tersebut sebab kawasan rekreasi ini mempunyai jalur pemecah ombak yang berupa seperti karakter J. Awalnya pengurus mengatakan dibentuknya jalan ini untuk menyingkir dari pengikisan akibat air bahari. Namun di sekitarnya belum dibangun pembatas sehingga pelancong dibutuhkan waspada.

Jalur treking tersebut dilengkapi dengan bebatuan yang disusun rapi berwarna corak hitam. Letaknya berada di tengah pantai sehingga ombak tidak pribadi masuk ke bibir pantai. Banyak pula pengunjung yang menimbulkan jalan ini selaku spot foto menawan.

3. Pasir Putih dengan Ombak yang Tenang

Pemandangan lain yang mempercantik pantai ini ialah butir pasirnya yang putih dan halus. Areanya nampak begitu bersih sebab petugas senantiasa berkeliling untuk memutuskan tidak ada sampah berceceran. Setiap turis yang berkunjung senantiasa menjinjing mainan pasir mulai dari cetakan dan penggaruk pasir.

Tak cuma itu saja, keindahan alam pantai juga dilengkapi dengan ombaknya yang tidak terlalu ganas. Hal ini yang menciptakan banyak orang bermain air di sekitarnya. Sejauh mata menatap terdapat pula bukit hijau yang mengelilingi ombak pantai terlihat begitu indah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Pantai Lasiana
Image Credit: Google Maps Afrizal Hilmiawan

Destinasi alam Pantai Lasiana terletak di Desa Lasiana, Kelapa Lima, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Dari sentra kota Kupang hanya berjarak sekitar 12 km untuk menuju daerah pariwisata tersebut. Wisatawan yang gres pertama kali berkunjung mampu mencari lokasi melalui google maps. Akses jalan gampang dilalui karena aspalnya sudah mulus dan tidak bebatuan lagi.

Anda dapat menjinjing kendaraan eksklusif atau menyewa travel yang biasanya ditawarkan di area bandara. Bagi yang ingin naik angkutan umum juga mampu dengan memilih kendaraan colt yang dikenai tarif Rp 5.000 saja. Banyak pula ojek yang berlalu lalang di jalan sekitar kawasan wisata.

Wisatawan yang dari arah bandara el tari hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit untuk hingga ke lasiana. Anda juga mampu melihat papan penunjuk jalan atau bertanya langsung kepada penduduk sekitar letak daerah pariwisata ini. Rute perjalanan yang mencukupi menciptakan wisata ini tidak pernah sepi pengunjung terutama ketika hari libur.

Harga Tiket Masuk Pantai Lasiana

Biaya berlibur ke Pantai Lasiana memang sangat ramah di kantong. Wisatawan cuma dikenai tarif tiket Rp 5.000 untuk orang akil balig cukup akal dan Rp 2.000 untuk bawah umur. Harga tersebut ditetapkan pengelola setempat mulai tahun 2020 sebab sebelumnya harga tiket hanya Rp 1.000. Namun peningkatan tersebut tidak membuat turis enggan berkunjung ke rekreasi ini.

Dengan harga masuk yang murah, wisatawan mampu menikmati keindahan pantai mulai pagi sampai menjelang malam. Bagi hadirin yang menenteng kendaraan eksklusif ada karcis parkir Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Pada hari libur pun harganya tetap sama dan tidak ada kenaikan.

Aktivitas Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Lasiana
Image Credit: Twitter #JendelaAngkot

1. Jogging di Pantai Lasiana

Selain berlibur, hadirin juga bisa menikmati hawa pantai dengan olahraga jogging. Kegiatan ini biasanya dijalankan pada ketika pagi hari alasannya adalah udara masih sejuk dan belum terasa panas. Anda mampu mencicipi banyak faedah dengan berjogging salah satunya mampu mengkremasi kalori tubuh.

2. Berenang di Tepi Pantai

Berenang menjadi hal yang wajib dijalankan dikala berlibur ke pantai bareng keluarga. Apalagi ombak Pantai Lasiana yang tidak begitu besar sungguh mendukung acara ini. Namun, pengurus tetap menyarankan biar turis tetap waspada karena seringkali angin yang besar dapat mensugesti ombak pantai.

3. Olahraga Snorkeling

Air laut yang jernih biru kehijauan menciptakan banyak hadirin tertarik untuk snorkeling. Anda mampu menikmati keindahan terumbu karang dari bawah maritim. Tak cuma itu, ikan warna warni, gurita, cumi-cumi dan berbagai biota maritim tampakmelengkapi air pantai eksotis ini. Wisatawan mampu menjinjing perlengkapan snorkeling dari rumah alasannya belum tersedia fasilitas penyewaan peralatan di daerah rekreasi.

4. Mengunjungi Kios Pedagang

Aktivitas di Pantai Lasiana
Image Credit: Instagram Tri Wasono Sunu

Pada area tempat pariwisata pantai terdapat beberapa kios pedagang yang menjual penganan . Wisatawan bisa menikmati jagung bakar, es kelapa muda, hingga masakan berat dengan duduk di kios tersebut. Anda mampu mengunjunginya dikala siang ataupun sore sebab tidak buka 24 jam.

5. Bermain Voli Pantai

Wisatawan mampu menjinjing sejumlah permainan saat mendatangi Pantai Lasiana ini. Salah satunya bola voli yang dapat Anda mainkan di area pasir putih pantai. Voli umumnya dimainkan oleh 4 orang atau lebih dengan tujuan melalui jaring yang dipasang. Pasti akan sungguh menyenangkan bermain ini dengan kerabat untuk menghabiskan waktu di pantai.

6. Menyaksikan Panggung Hiburan

Saat hari tertentu pelancong dapat melihat panggung hiburan rakyat di area pantai. Hal ini bermaksud untuk mengiklankan lokasi rekreasi dan semoga pelancong merasa betah berlibur kesini. Biasanya terdapat pentastari, live musik, ataupun teater yang dimainkan eksklusif oleh penduduk sekitar.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai lasiana
Image Credit: Google Maps Emiliana Mosa

1. Spot On 2518 Wilma Hotel li Premier

Penginapan ini letaknya sangat akrab dengan kawasan wisata, mampu ditempuh 15 menit saja bila berkendara. Tempatnya sangat nyaman dan petugas hotel juga ramah terhadap pengunjung. Setiap kamar sudah difasilitasi dengan TV kabel, lemari, dan kamar mandi pribadi. Anda bisa naik ke lantai 3 untuk menikmati suasana kota Kupang dan melihat pegunungan yang nampak mata.

2. Chrysant Hotel Resort

Mulai dengan harga Rp 200.000 saja pelancong dapat menginap di hotel ini. Di dalamnya tersedia kolam renang luar dengan view perbukitan, tempat karaoke, dan penyewaan kendaraan beroda empat. Tiap kamar tamu pun juga menghadap pegunungan fatuleu yang nampak indah. Letaknya yang strategis membuat penginapan ini dekat dengan sentra perbelanjaan dan bandara.

3. Hotel Neo Eltari

Salah satu penginapan yang erat dengan Pantai Lasiana ialah hotel neo eltari yang berjarak 5 km. Tersedia 137 kamar di 3 lantainya dengan harga yang beragam. Pada sudut hotel terdapat ruang pertemuan yang mampu disewa untuk kebutuhan bisnis. Restaurant makanan Indonesia juga mampu Anda cicipi dikala menginap di neo eltari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Lasiana
Image Credit: Instagram Elsje Mansula

Wisata Pantai Lasiana mempunyai kemudahan penunjang lengkap supaya hadirin dapat merasa tenteram. Salah satunya lahan parkir sepeda dan mobil yang luas di akrab pintu masuk. Pada ketika hari libur pun tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir, sebab disini bisa menampung sampai 40 kendaraan. Anda yang ingin sholat juga bisa menumpang ke kios penjualyang ada.

Wisatawan dapat menggunakan fasilitas kamar mandi yang ada di sudut pantai dengan membayar Rp 2.000 saja. Tempat duduk untuk bermalas-malasan juga nampak berjejer di sepanjang rekreasi ini. Pada hari tertentu umumnya akan ada panggung hiburan yang meramaikan pantai dengan aneka macam pertunjukan seperti live musik.

Tak hanya itu saja, pedagang yang menjual penganan di kios mampu dinikmati pelancong dengan harga murah. Pengelola juga menyediakan wahana bermain anak mirip ayunan di erat pintu masuk. Area sekitar pantai nampak bersih karena banyak daerah sampah di sepanjang area. Wisatawan diharapkan memakai semua kemudahan dengan baik dan tidak merusaknya.

Demikian ulasan perihal Pantai Lasiana yang wajib Anda datangi dikala ke Nusa Tenggara Timur. Pengunjung akan dibuat kagum dengan daya tarik dan keindahan alam di dalamnya. Hal yang terpenting sebelum berlibur siapkan kamera dan budget yang cukup.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!