Pantai Kuta Lombok, Daya Tarik Pantai Eksotis Yang Sarat Legenda

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Apabila membahas perihal Pantai Kuta, maka kemungkinan besar masyarakat akan menghubungkannya dengan salah satu pantai di Bali. Namun, ternyata ada terlalu banyak nama pantai yang nyaris mirip dengan pantai yang bagus itu, mirip Pantai Kuta Lombok.

Seperti namanya, pantai ini berlokasi di pulau Lombok. Kabarnya, nama dari pantai ini diambil dari lokasi desa daerah ini berada, ialah desa Kuta. Di golongan pelancong, pantai yang mempunyai panjang begitu luas ini cukup populer dan kadang-kadang ramai dikunjungi oleh hadirin.

Selain menyajikan pemandangan yang menarik mata, Pantai Kuta juga menyediakan beberapa keunggulan yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Tidak heran kalau pantai ini begitu dicintai oleh para pecinta alam dan hadirin yang ingin berwisata dengan leluasa.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Kuta

Pantai Kuta Lombok,
Image Credit: Twitter Made Adi Dharmawan

Bagi Anda yang menyukai pemandangan pantai yang indah, maka tidak ada salahnya bila Anda menentukan untuk berlibur di sini alasannya kawasan ini menyimpan beberapa daya tarik yang begitu menakjubkan.

1. Atmosfer Pantai yang Masih Alami

Membicarakan daya tarik Pantai Kuta tidak lengkap rasanya apabila tidak menambahkan atmosfer pantainya yang begitu unik dan alami. Bisa dibilang, suasana yang menyelimuti pantai ini merupakan perpaduan antara perasaan sepi, tenang, bahagia, dan tidak lupa indah. Banyak yang mengunjungi pantai ini dengan tujuan refreshing, dan hal itu ialah hal yang sempurna.

Sebab, pantai ini tidak akan menciptakan pengunjung terganggu dengan suara-suara berisik yang kerap kali terdengar di kawasan perkotaan. Justru sebaliknya, hadirin cuma akan dimanjakan oleh bunyi deburan ombak yang datang dengan silih berganti dan juga semilir angin yang berhembus dengan lembut.

2. Bentuk Pantai yang Indah

Tidak bisa dipungkiri, pantai yang satu ini memiliki bentuk yang cukup indah dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai kawasan latar belakang pemotretan. Luas pantainya cukup panjang, yaitu sekitar 7 kilometer. Luas tersebut mampu memuat begitu banyak pengunjung apalagi ketika memasuki hari-hari libur.

Bentangan pantai ini tentu akan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi begitu tertegun. Terlebih, bila dilihat dari ketinggian memakai drone atau menaiki Bukit Mandalika, maka akan tampakdengan terang betapa indahnya pantai ini diikuti oleh penampakan lautan biru yang begitu luas. Hanya memakai mata telanjang saja hadirin bisa melihat keindahan itu.

3. Warna Air yang Mengagumkan

Air bahari yang berada di sekitar Pantai Kuta terlihat begitu memikat mata sebab warnanya yang begitu cantik dan bersih. Anda akan disuguhi oleh air bahari yang bebas dari kotoran atau plastik, sehingga hadirin mampu berenang atau melaksanakan acara sesuka hati mereka dengan mempergunakan air laut tersebut.

Warna yang dimiliki oleh pantai ini terlihat biru cerah, dan pada siang hari warna tersebut akan tampak begitu mengkilap. Hal tersebut terjadi karena air laut sudah terkena biasan cahaya matahari dari langit, sehingga menciptakan air laut seolah-olah sedang bersinar. Pengunjung yang melihatnya pun dijamin akan merasa terpana oleh keindahan yang dihasilkan oleh pantai ini.

4. Legenda yang Dramatis

Tidak hanya keindahan alamnya saja, namun latar belakang atau legenda yang menyelimuti pantai ini juga tidak kalah menawan. Ada satu legenda yang menciptakan pantai ini menjadi cukup terkenal di kelompok penduduk sekitar, alasannya dongeng tersebut memang terdengar sedikit dramatis dan mampu menjamah hati siapapun yang mendengarnya.

Legenda tersebut menceritakan ihwal seorang putri dengan wajah jelita bernama Mandalika. Saking cantiknya, banyak orang dari banyak sekali tempat yang ingin mempersunting putri itu untuk menjadi istri. Suatu hari, Putri Mandalika dilamar oleh seseorang yang memiliki efek sangat tinggi terhadap kerajaan, yaitu Sang Raja itu sendiri.

Namun, putri tersebut tidak mempunyai keinginan untuk menerima lamaran raja. Sehingga, Putri Mandalika memutuskan untuk menetralisir diri dengan cara melompat menuju ke bahari. Setelah itu, putri itu diandalkan berganti wujud menjadi suatu cacing yang berjulukan Nyale. Karena itu, setiap tahun penduduk sekitar menyelenggarakan upacara Nyale untuk mengucapkan syukur pada tuan putri.

5. Dikelilingi Pohon Rimbun

Di sekitar bibir pantai, hadirin mampu menyaksikan bahwa pantai ini dikelilingi oleh sekumpulan pohon rimbun dengan tinggi yang begitu menjulang. Pohon tersebut tumbuh semenjak lama, dan senantiasa dilindungi oleh pengurus pantai biar selalu berada dalam keadaan aman sehingga udara yang ada di pantai bisa selalu terasa segar dan sejuk.

Tidak cuma itu saja, tetapi pepohonan tersebut juga mempunyai peran yang sungguh penting supaya membuat hadirin terhindar dari sengatan matahari yang terik pada siang hari. Karena itulah, banyak hadirin yang mempergunakan eksistensi pepohonan tersebut untuk duduk berpangku tangan sambil menikmati keindahan pantai yang begitu menawan.

6. Hamparan Pasir Putih yang Bersih

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh Pantai Kuta Lombok ialah hamparan pasir putih yang begitu bersih dan tampak menakjubkan. Bentangan pasir tersebut sangat luas dan menjangkau seluruh area pantai, dan warna yang dimilikinya pun tampak begitu menarik . Perpaduan antara warna putih yang begitu bersih akan menciptakan siapapun merasa betah berada di atasnya.

Selain itu, pasir yang ada di dalam pantai ini memiliki tekstur yang sungguh lembut dan sedikit kering. Karena itulah, hadirin bisa berjalan di atas pasir ini dengan leluasa bahkan tanpa memakai pemberian sandal atau sepatu sekalipun.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps Nurrahman Putra Waluyo

Pantai Kuta memang menjadi salah satu pantai primadona yang sering dibanggakan oleh masyarakat Lombok. Pantai yang juga populer akan rekreasi kulinernya ini memiliki lokasi yang sangat strategis adalah berada di Kuta, salah satu kota di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju pantai ini, Anda tidak perlu merasa khawatir alasannya terusan menuju lokasinya tidak terlalu sulit, bahkan cukup gampang untuk digapai. Anda hanya perlu mengawali perjalanan dari sentra Kota Lombok, lalu gunakanlah kendaraan kendaraan beroda empat ataupun transportasi umum biar mampu dipandu oleh pemandu yang memang sudah hafal daerah tersebut.

Dari sentra kota, Anda mampu segera mengarahkan kendaraan menuju jalur Mataram. Perjalanan menuju pantai dari jalur Mataram akan mengkonsumsi waktu selama kurang lebih 90 menit, sehingga Anda tidak akan merasa terlalu letih dalam perjalanan. Setibanya di lokasi, Anda akan eksklusif dimanjakan oleh pemandangan menawan yang begitu menawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta

Hingga sekarang, pengunjung yang memang mempunyai niat untuk mengunjungi Pantai Kuta Lombok tidak perlu khawatir dengan biaya tiket yang perlu dikeluarkan. Sebab, untuk menikmati pemandangan yang ada di pantai ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang tiket masuk, dan hanya perlu membayar parkir saja.

Bagi Anda yang membawa kendaraan eksklusif mirip motor akan dikenai biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenai biaya yang lebih mahal, yaitu 10 ribu rupiah.

Apabila Anda menyewa kendaraan untuk menuju pantai ini, maka kemungkinan harganya masih cukup bersahabat adalah dalam rentang harga 150 ribuan saja untuk satu hari. Karena itulah, alangkah lebih baik jika Anda memilih jasa paket liburan yang lebih efektif dan efisien untuk piknik ke sini.

Aktivitas Seru dan Menarik Dilakukan

Image Credit: Google Maps Deedee Chantique

1. Menyaksikan Ritual Bau Nyale

Sama mirip yang telah disebutkan sebelumnya, pada Pantai Kuta ada satu aktivitas unik yang diadakan setiap tahun yakni ritual Bau Nyale. Ritual ini dilaksanakan dengan cara mencari cacing Nyale yang diandalkan ialah jelmaan dari Putri Mandalika.

Apabila Anda mujur, maka Anda bisa melihat masyarakat setempat melakukan ritual ini di sekitar pantai. Biasanya, ritual ini diadakan pada bulan Februari atau Maret, dan hanya diadakan selama satu hari saja. Karena itu, lebih baik Anda mengunjungi pantai anggun ini pada bulan tersebut sehingga pengalaman yang Anda miliki akan lebih menyenangkan lagi.

2. Berenang atau Snorkeling di Pantai Kuta

Kegiatan menawan selanjutnya yang bisa dikerjakan di area ini adalah berenang di lautnya yang cukup damai. Jangan lupa untuk senantiasa mematuhi peraturan dan batas yang telah ditentukan sebelumnya sehingga Anda selalu berada dalam jangkauan yang aman.

3. Menikmati Wahana Bermain

Pada kawasan Pantai Kuta telah tersedia beberapa wahana bermain yang sangat seru dan dilarang diabaikan begitu saja. Wahana tersebut berupa olahraga air yang sungguh seru, mirip windsurfing, jetski, banana boat, dan wahana lainnya.

Semua wahana tersebut mampu disewa dengan harga tertentu, tergantung usia dan tinggi badan orang tersebut. Tidak hanya itu, ada pula wahana petualangan yang gres-gres ini diresmikan yaitu paragliding. Anda akan memanfaatkan wahana untuk menikmati panorama yang ada di dalam pantai ini dengan lebih maksimal.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Kuta
Image Credit: Google Maps Agung Rinjani

Harmony Villas Lombok

Penginapan pertama ini mempunyai jarak yang tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta Lombok, ialah cuma sekitar 700 meter saja. Terdapat beberapa kemudahan mempesona yang dilarang dilewatkan mirip kolam renang pribadi yang tepat bagi Anda yang menghendaki ketenangan.

Kies Villas

Kies Villas juga cuma berjarak sekitar 800 dari tempat pantai, sehingga tidak akan memerlukan waktu yang terlalu usang untuk berwisata ke sana. Penginapan ini tidak terlalu ramai, sehingga sangat sesuai bagi Anda yang ingin berwisata dengan santai dan tenang.

Pipe Dream Villas Resort

Hampir sama seperti penginapan di atas, Pipe Dream Villas Resort pun memiliki jarak yang cukup akrab dengan pantai adalah sekitar 900 meter saja. Pengunjung yang ingin menginap di sini bisa memilih kamar sesuai dengan keperluan sebab terdapat beberapa tipe kamar yang beraneka ragam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps Widia Indar

Hampir sama seperti pantai pada umumnya, pengurus kawasan pantai ini juga menawarkan akomodasi yang mampu membuat puas pengunjungnya. Ada area parkir yang mumpuni, toilet, dan beberapa warung makan yang bisa didapatkan dengan mudah di sekitar pantai.

Tidak hanya itu, ada pula akomodasi modern yang sungguh menolong pengunjung adalah mesin ATM. Dengan eksistensi fasilitas ini, hadirin pun bisa mengambil uang dengan lebih mudah dan tidak perlu pergi ke sentra kota apalagi dulu.

Begitulah kondisi Pantai Kuta Lombok pada ketika ini yang mampu Anda jadikan pola ketika ingin berkunjung ke sana. Tentunya, ulasan di atas akan menciptakan siapapun menjadi tertarik untuk mengenali seberapa indah pantai ini jikalau dilihat secara langsung.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!