Pantai Tanjung Batu Sorong, Pesona Pantai Eksotis Yang Memanjakan Mata

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Tj. Kasuari, Malaingkedi, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Tanjung Batu berada di salah satu kota yang paling maju di Papua Barat. Meskipun udara di Sorong cukup panas dan padat penduduk, tetapi di kawasan pantai ini mempunyai banyak pepohonan yang teduh dan sunyi khususnya ketika hari-hari kerja. Sangat cocok untuk wisata keluarga yang murah meriah.

Pasir di pantai ini berwarna putih. Lingkungan di sekeliling juga higienis sehingga panorama sekitar tampak masih alami dan tersadar. Air laut yang higienis dengan ombak yang tidak terlalu besar dengan air yang sungguh segar. Pantai ini menjadi kawasan yang kondusif untuk bermain air di sekitar bibir pantai tanpa harus takut akan terseret ombak.

Menjadi destinasi rekreasi yang mulai menjadi populer di Sorong, Pantai Tanjung Batu cukup ramai dikunjungi dikala final pekan atau musim piknik. Namun bila datang pada hari-hari biasa, maka pantai ini akan sangat sepi dan sunyi. Maka, bagi hadirin yang mengharapkan daerah yang nyaman untuk menenangkan diri bersama alam, mampu tiba di pantai ini pada hari-hari kerja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Batu

Image Credit: Google Maps ELIAS KARAMOY

Ada beberapa pesona yang mampu menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung. Beberapa pesona pantai ini seperti berikut.

1. Keindahan Pantai

Daya tarik utama dari Pantai Tanjung Batu yaitu panorama pantai yang sungguh indah. Hamparan pasirnya yang putih mempunyai tekstur yang lembut sehingga tidak akan melukai kaki kalau berlangsung di atas pasir tanpa bantalan kaki. Warna pasirnya yang putih kecoklatan juga tampak lebih indah jika terkena dengan sinar cahaya matahari.

Selain itu, air lautnya juga memperlihatkan warna yang memanjakan mata. Dengan warna biru muda dengan gradasi biru kehijauan menjadikannya sungguh indah dipandang. Dipadukan dengan pasir putihnya, juga lingkungan sekitar yang sangat higienis dan juga masih alami sehingga menciptakan keindahan pantai menjadi tujuan utama hadirin datang menikmati piknik.

2. Ombak Pantai

Pantai ini memiliki ombak yang cukup damai di bibir pantai. Meski perlu kehati-hatian dan tetap harus diawasi, namun anak-anak maupun orang remaja mampu dengan leluasa bermain air di sekeliling bibir pantai. Meski demikian, ombak di perairan yang lebih dalam cukup kencang. Dengan kondisi ombaknya, pantai ini menjadi spot yang menggembirakan untuk berselancar.

Keadaan ombak ini tentu menjadi pesona tersendiri. Pengunjung datang untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang mempesona, termasuk bermain air atau berselancar. Ombak di Pantai Tanjung Sorong mendukung pengunjung untuk menikmati liburan dengan mengasyikkan. Tidak mengherankan jikalau risikonya pantai ini menjadi kawasan yang makin populer untuk kawasan liburan.

3. Batu Besar

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps ELIAS KARAMOY

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pantai Tanjung Batu ialah adanya batu besar yang menjorok ke bahari. Batu ini tidak terlampau tinggi, tetapi perlu tenaga untuk bisa sampai di atasnya. Banyak pengunjung yang datang untuk menaiki batuan besar ini dan menikmati keindahan alam dari atas. Sensasinya memang sangat berlainan dengan deburan air bahari yang terasa lebih bersahabat.

4. Hembusan Angin

Pantai ini memang cukup terik dan panas alasannya adalah berada di kawasan katulistiwa. Meski begitu, angin di tempat ini sangat lembut sehingga terasa menenangkan. Hembusan angin yang menerpa muka hadirin akan terasa menyejukkan. Karena itu tempat ini acap kali menjadi kawasan untuk menenangkan diri dan beristirahat dari acara sehari-hari yang jenuh.

Tidak hanya itu, di sekeliling pantai ini dikelilingi dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Pepohonan ini mampu menjadi daerah yang segar dan sejuk untuk berteduh. Pohon-pohon dengan banyak sekali jenis ini tidak cuma untuk berteduh pengunjung. Manfaat yang lain juga sungguh penting yaitu melindungi dari pantai ini dari bahaya pengikisan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps Benkris Koloman

Pantai Tanjung Batu berada di Sorong Manol, Kota Sorong, Papua. Lebih tepatnya berada di Jl. Tanjung Kasuari, Malaingkedi. Pantai ini tidak terlalu jauh dengan pantai lain, adalah Pantai Tanjung Kasuari. Banyak yang menduga jikalau keduanya ialah pantai yang serupa, tetapi sebenarnya berlainan. Hanya lokasinya saja yang berdekatan.

Pantai ini juga cukup akrab dengan Bandara DEO. Jaraknya cuma sekitar 15 kilometer atau kurang lebih perlu menempuh perjalnan selama 35 menit. Jika Anda berasal dari luar kota, Anda dapat mendapatkan penginapan atau homestay di sepanjang perjalanan ini. Dengan begitu, Anda tidak butuhlagi gundah di mana mesti bermalam.

Untuk mencapai lokasi pantai akan lebih gampang jika memulai perjalanan dari Kota Sorong. Jaraknya cuma sekitar 7 kilometer saja. Anda dapat memakai kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika tidak ada kendaraan eksklusif, Anda juga dapat menggunakan ojek. Biayanya kira-kira Rp 30.000 meski cukup bersahabat alasannya memang ada perbedaan harga kalau ketimbang pulau yang lain.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps Jelajah Pelosok

Pantai Tanjung Batu ialah daerah rekreasi yang sangat murah semarak. Buka setiap hari dan akan lebih ramai ketika weekend, memasuki pantai ini tidak ditarik ongkos tiket masuk. Anda cuma perlu mengeluarkan uang ongkos parkir. Untuk kendaraan roda empat, ongkos parkir seharga Rp 50.000, sedangkan untuk sepeda motor seharga Rp 20.000.

Harga parkir ini memang cukup mahal bila ketimbang harga di pulau lainnya, seperti Pulau Jawa. Namun di Papua mempunyai perbedaan harga, sehingga ongkos parkir tersebut termasuk harga yang wajar. Apalagi setelah sampai di pantai, Anda akan disajikan dengan keindahan pantai dengan pasir putih dan air lautnya yang biru.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Batu

Aktivitas di Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps kaleng khong guan

Ada banyak acara yang mampu dilakukan kalau berada di Pantai Tanjung Batu. Dengan berbagai aktivitas ini akan menciptakan liburan Anda di kawasan ini menjadi lebih mengasyikkan. Tidak cuma dapat melaksanakan kegiatan sendirian, tetapi Anda juga mampu melakukannya bareng sobat atau dengan keluarga.

1. Rekreasi

Jika Anda datang bareng keluarga, maka rekreasi menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilaksanakan. Anda mampu menggelar tikar dan menikmati bekal makanan yang Anda bawa dari rumah. Dengan angin yang sepoi-sepoi di bawah pepohonan, juga suara deburan ombak, tentu akan menciptakan nafsu makan bertambah, apalagi jika dilaksanakan dengan bersama orang-orang tercinta.

2. Berenang

Dengan ombak yang tidak terlalu besar di bibir pantai sehingga sangat sesuai selaku kawasan untuk melakukan aktivitas berenang. Baik belum dewasa maupun dewasa dapat menikmati kesegaran air bahari dengan leluasa. Tentu saja Anda hanya dapat melakukannya di bibir pantai saja dan perlu pengawasan untuk anak-anak sebab kian ke tengah laut, ombak akan semakin kencang.

3. Berselancar

Jika Anda menggemari aktivitas berselancar, maka pantai ini ialah kawasan yang sangat cocok untuk melaksanakan acara olahraga air yang satu ini. Ombak di Pantai Tanjung Batu ini memang mendukung untuk melaksanakan aktivitas yang sungguh mengasyikkan ini. Karena itu, banyak hadirin tiba menenteng papan selancar untuk menjajal ombak di salah satu pantai di Sorong ini.

Penginapan Terdekat

3 Penginapan Terdekat Pantai Tanjung Batu
Image Credit: Google Maps Garry Julian

1. City Home Stay

Penginapan ini sungguh akrab dari kawasan pantai dan sangat terjangkau. Jaraknya cuma 4 kilometer saja dari lokasi. Selain itu, penginapan ini juga strategis dan erat dengan daerah umum lain. Dengan kamar yang tenteram, menginap di penginapan ini hanya perlu mengeluarkan uang Rp 290.000 saja untuk per malamnya.

2. Kofiyau

Jarak penginapan ini dari pantai jauh lebih erat daripada penginapan sebelumnya. Hanya beberapa meter saja dari lokasi pantai. Hotel ini juga cukup strategis untuk para turis dari luar tempat alasannya bersahabat dengan bandara. Untuk harga sewa hanya Rp 270.000 saja per malam.

3. You&Me Hotel

Berjarak hanya 4 kilometer saja dari pantai, penginapan ini memiliki akomodasi yang cukup memadai. Hanya dengan ongkos sewa Rp 250.000 saja per malam, Anda tidak cuma akan mendapat kamar yang tenteram namun juga WiFi, AC, dan parkir. Selain itu penginapan ini juga menawarkan pelayanan selama 24 jam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai
Image Credit: Google Maps Azarya Wanggai

Fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Batu cukup memadai. Tersedia lahan parkir untuk kendaraan langsung Anda, disamping itu juga tersedia kamar mandi untuk Anda yang berenang di pantai. Tersedia juga musala untuk beribadah.

Jika Anda tidak menjinjing tikar, maka Anda dapat menentukan untuk beristirahat di meja bangku kayu yang banyak tersebar di tempat pantai. Meja bangku ini terdapat sempurna di bawah pohon sehingga dapat sekalian berteduh dari sengat matahari.

Ada juga banyak kedai kuliner di sekeliling pantai, sehingga Anda masih dapat mengisi perut jika tidak menjinjing bekal. Kedai-kedai ini akan menawarkan banyak sekali makanan khas. Sehingga tidak hanya mengisi perut, Anda juga bisa berwisata kuliner khas kawasan Papua.

Pantai Tanjung Batu memang berada di kota yang cukup padat penduduk dan udara yang panas, namun daerah ini justru menyuguhkan ketenangan dan kesegaran dari pepohonan di sekeliling . Menjadi daerah wisata yang murah meriah, Anda juga mampu melakukan banyak sekali acara menarik bareng keluarga.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!