Pulau Dua Tambrauw, Pulau Eksotis Nan Cantik Yang Memanjakan Mata

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Distrik Werbes, Kab. Tambrauw, Papua Barat; Map: Cek Lokasi

Pulau Dua Tambrauw ialah wisata pulau yang terletak jauh di wilayah timur Indonesia, ialah di Provinsi Papua Barat. Berbatasan eksklusif dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, sepasang pulau ini juga diketahui masyarakat sekitar dengan nama lain, ialah Pulau Amsterdam dan Meossu. Jika Anda berkunjung ke pulau ini, bersiaplah untuk menempuh perjalanan yang cukup melelahka.

Terlebih kalau Anda berkunjung dari pulau-pulau besar di tempat barat Indonesia. Pasalnya, Anda tidak hanya wajib menempuh perjalanan udara untuk mencapai Sorong, kota terdekat dari Tambrauw, Anda juga perlu menempuh perjalanan laut atau darat, kemudian perjalanan laut lagi untuk meraih lokasi.

Keeksotisannya memang sangat patut diacungi jempol. Tidak cuma itu, sepanjang jalan menuju ke Pulau Dua Anda akan disuguhkan aneka macam hal ‘unik’ yang takkan Anda jumpai di rekreasi lain. Tentunya, ini alasannya adalah medan yang tidak gampang ditempuh. Hutan di kanan-kiri, penerangan yang minim, serta ketidaktersediaan fasilitas yang erat dari pulau mengakibatkan spirit petualang Anda jadi semakin membuncah!

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Dua

Daya Tarik Dimiliki Pulau Dua
Image Credit: Facebook Erwin Rate

1. Pantai yang Indah

Keindahan pantai di pulau ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski tidak seterkenal Raja Ampat yang masih berlokasi di provinsi yang serupa. Hamparan pasir putihnya memang tidak terlalu luas, tetapi bukan berarti Anda tidak mampu bersantai dengan nyaman di pantainya.

Tak hanya hamparan pasir yang hendak menyambutmu sesampainya di pantai, ragam pepohonan pantai dan angin yang berembus sepoi-sepoi dengan ramah menyambutmu di pantai pulau yang memiliki batas eksklusif dengan Samudera Pasifik ini.

2. Pantai yang Masih Alami

Dengan keterbatasan fasilitas yang tersedia dan susukan yang termasuk susah menuju pulau ini, kealamian Pulau Dua Tambrauw ini masih sungguh tersadar. Jarang sekali didapatkan sampah yang berserakan di pantai. Oleh alasannya adalah itu, rasanya penat selama perjalanan ke pulau ini akan terbayar.

3. Air Laut yang Jernih dan Nampak Biru dari Kejauhan

Gradasi warna yang elok; yakni dari warna coklat muda pasir pantai, biru kehijauan, dan kian tua ke tengah laut begitu memanjakan mata setiap pengunjung pulau. Ombak bahari condong tenang, jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda ingin sekadar berenang santai di tepi pantai.

4. Konon, Pulau Ini yakni Pulau Tak Berpenghuni

Daya Tarik Pulau Dua
Image Credit: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Meski tidak ada sumber yang menyatakan secara jelas membahas mengenai hal ini, beberapa sumber mengatakan bahwa pulau bagus di Tambrauw ialah pulau yang tidak berpenghuni. Hal ini disebabkan alasannya penduduk orisinil Pulau Dua diungsikan ke Biak karena seringnya terjadi pertentangan bersenjata di daerah tersebut.

Walau begitu, Anda masih mampu menyaksikan beberapa rumah warga di pulau tersebut. Karena tidak ada warga, tidak ada warung penjaja masakan juga yang bisa Anda kunjungi saat lapar menyerang.

5. Keindahan Laut yang Bikin Anda Berdecak Kagum

Jika Anda merupakan pencinta olahraga diving, Anda mampu melakukannya di pulau ini juga. Meski demikian, Anda perlu menenteng perlengkapan sendiri alasannya di pulau ini tidak terdapat persewaan alat-alat untuk diving.

Demikian pula halnya bila Anda mengincar keindahan laut yang berbatasan pribadi dengan Samudera Pasifik ini dengan kacamata snorkelingmu. Keindahan maritim di perairan sekitar pulau ini menyebabkan spot ini patut dijadikan selaku spot snorkeling di daerah Papua Barat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Image Credit: Facebook Janny Rotinsulu

Pulau Dua terletak di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Lebih tepatnya, pulau ini berada di kawasan Werur, Koor, Tambrauw. Untuk berkunjung ke pulau ini Anda mungkin dapat menghabiskan waktu lebih dari sehari semalam, terlebih kalau Anda mengandalkan jalur darat untuk meraih daerah Werur di Kabupaten Tambrauw, Papua.

Rute yang mesti ditempuh untuk menuju Pulau Dua di Tambrauw adalah sebagai berikut:

1. Dari Domisilimu, Ambil Penerbangan Menuju Sorong atau Manokwari

Dari Jakarta, harga tiket pesawat (per Agustus 2021) menuju kedua kota tersebut kurang lebih setara. Namun, penerbangan eksklusif dari Sorong lebih banyak daripada ke Manokwari. Penerbangan ke Manokwari didominasi oleh penerbangan dengan transit sekali hingga empat kali.

Maskapai yang melayani penerbangan dari Jakarta menuju Sorong atau Manokwari kurang lebih sama, contohnya Batik Air, Lion Air, Sriwijaya, Garuda Indonesia, bahkan maskapai gila mirip Air Asia.

2. Sorong/Manokwari à Werur, Tambrauw

Dari Sorong atau Manokwari, Anda perlu menyewa kendaraan untuk menuju Werur, yang berlokasi di Kabupaten Tambrauw. Werur merupakan suatu kampung yang terletak di Distrik Werur. Distrik ini ialah distrik terdekat untuk menuju lokasi pulau ini.

Dari Sorong, Anda mampu menumpang angkutan untuk menuju Pantai Werur di Tambrauw. Anda bisa juga menyewa kendaraan secara pribadi, tetapi biaya yang perlu Anda siapkan jauh lebih besar-yaitu sekitar 4-5 jutaan rupiah per kendaraan sekali jalan (mobil Hilux).

3. Werur à Pulau Dua

Dari sini, Anda dapat menggunakan kapal speedboat untuk menuju daerah pulau. Biaya yang dibutuhkan tidak terlampau besar. Untuk kelas direktur, ongkos yang ditarik tentunya lebih besar ketimbang kelas ekonomi. Namun perlu diingat, pelayaran tidak setiap hari tersedia.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau
Image Credit: Facebook Erwin Rate

Untuk menuju ke Pulau Dua Tambrauw, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tiket masuk. Akan namun, mirip yang mungkin sudah Anda perkirakan, biaya transportasi yang harus Anda bayar lumayan besar. Rinciannya ialah selaku berikut (dengan pikiran Anda berangkat dari Jakarta menuju Sorong):

  • Biaya perjalanan Sorong ke Werur via darat: Rp 4.000.000,- s.d. Rp 5.000.000,- (sewa Mobil Hilux sekali jalan)
  • Biaya speedboat Werur ke Pulau Dua: Rp 100.000,-

Sebagai opsi alternatif, Anda juga mampu memilih untuk melaksanakan perjalanan udara dari Sorong ke Sausapor. Penerbangan menuju Sausapor dari Manokwari pun juga mampu dipilih untuk menyingkir dari melintas jalur darat yang memang masih ‘hutan’. Penerbangan Manokwari – Sausapor hanya tersedia pada Selasa dan Jumat dengan tarif sebesar ±Rp 300.000,- per penumpang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Dua

Aktivitas Seru di Pulau Dua
Image Credit: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

1. Berenang di Tepi Pantai

Puaskan kegemaran berenangmu saat mendatangi Pulau Dua Tambrauw. Dengan ombak yang tidak begitu ganas (asal tidak terlalu jauh dari pantai), Anda mampu dengan puas melaksanakan olahraga air yang satu ini.

2. Diving

Asal Anda bisa menjinjing perlengkapan sendiri, tidak ada satu pun orang yang mau melarangmu untuk menyelam. Perlu diingat, senantiasa jaga keselamatan diri sendiri ketika menyelam, ya!

3. Snorkeling

Lihat lebih bersahabat kehidupan bawah bahari dengan melakukan acara ini. Tentunya, Anda perlu menenteng perlengkapan sendiri alasannya tidak ada persewaan alat snorkeling di sana.

4. Bersantai di Pantai

Hal ini ialah salah satu hal yang sangat dianjurkan dikala berkunjung ke Pulau Dua. Pasalnya, di pulau yang sepi ini, Anda tidak perlu khawatir akan berdesakan dengan pengunjung lainnya. Temukan spot terbaikmu, dan nikmati keseruan berpangku tangan di pulau tak berpenghuni ini. Menarik bukan?

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Terdekat Pulau Dua
Image Credit: Google Maps Swiss Belhotel Manokwari

1. Mess Distrik Kebar

Mess yang dimiliki pemerintah daerah ini terbilang cukup sering disinggahi oleh pelancong yang berniat ke spot wisata Kabupaten Tambrauw. Sayangnya, tidak ada informasi berapa duit yang perlu Anda siapkan untuk menginap di sini.

2. Je Meridien Hotel Sorong

Opsi lain yang mampu Anda pilih yakni menginap di Sorong. Aston Hotel menjadi salah satu hotel yang mampu Anda singgahi sebelum berkunjung ke pulau manis ini. Per malamnya, Anda perlu membayar Rp 400.000 (harga dapat berubah).

3. Swiss-Belhotel Manokwari

Berkunjung dari Manokwari? Anda mampu menginap di hotel ini sebelum berangkat ke Tambrauw. Harga yang ditawarkan memang lebih mahal dibandingkan hotel sebelumnya, adalah Rp 950.000,- per malamnya. Meski demikian, kemudahan yang mampu Anda dapatkan tentu setara dengan harga yang mesti dibayarkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Dua
Image Credit: Facebook Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sayang sekali, meski dengan biaya angkutanyang mahal, Anda tidak mampu memperoleh fasilitas penunjang baik itu akomodasi (penginapan), restoran, atau bahkan sekadar toilet. Oleh sebab itu, Anda perlu membawa makanan sendiri ketika berkunjung ke pulau ini.

Bagi Anda penggemar renang, snorkeling, atau diving, akan lebih baik jika Anda membawa sendiri perlengkapan yang dibutuhkan. Karena pulau ini tidak berpenghuni, pasti Anda tidak akan menjumpai kawasan persewaan perlengkapan olahraga laut ini.

Selain absennya rumah makan, daerah ibadah pun tidak mampu ditemui dari pulau ini. Oleh alasannya itu, Anda perlu mengenali hal-hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan dikala berlibur ke lokasi tersebut.

Itulah sedikit ulasan tentang Pulau Dua di Tambrauw, Papua Barat. Meski terkesan misterius karena kondisinya yang tidak berpenghuni, keindahan alam yang disediakan mampu dikatakan bisa bersaing ketat dengan Raja Ampat, lho! Kaprikornus kian penasaran, kan?

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!