Pantai Base G Jayapura, Pesona Pantai Indah Dengan Hidangan Alam Yang Memukau

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua; Map: Cek Lokasi

Obyek rekreasi yang dimiliki oleh Papua memang tidak pernah absen dalam menyita komentar baik dari para pengunjungnya. Oleh alasannya adalah itu, pengunjungnya tidak cuma berasal dari dalam daerah saja namun bahkan luar negeri. Salah satu bukti bahwa Papua mempunyai obyek rekreasi memukau yaitu Pantai Base G Jayapura dengan hidangan panorama yang berperan layaknya obat untuk menghilangkan penat.

Pantai ini mempunyai butiran-butiran kecil pasir nan halus yang berwarna putih. Pasir ini membentang dari ujung ke ujung pantai. Sambutan mempesona dari pemandangan lautnya yang berwarna biru pun mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Tidak puas dengan itu saja, gundukan bukit yang bangkit tegap dengan warna hijaunya yang sejuk turut menghiasi tepian pantai ini. Sungguh memukau!

Bukan hanya pesonanya saja yang menyebabkan pantai ini dilirik oleh turis mancanegara. Pantai Base G memiliki nilai sejarah yang menarik untuk diulas. Nama asli dari pantai ini berjulukan Pantai Tanjung Ria. Dulunya lokasi ini digunakan homebase bagi pasukan Sekutu pada Perang Dunia ke-2. Huruf G yang berada di ujung nama pantai diambil dari karakter ke-7 yang bermakna homebase ke-7 Sekutu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Base G

Daya Tarik Dimiliki Pantai Base G
Image Credit: Facebook NusaTrip

Pemandangan pantainya yang mempesona disokong oleh nilai sejarahnya yang masih sangat tercium terperinci sampai sekarang tak aneh bila pantai ini menjadi destinasi favorit para turis. Layaknya berada di nirwana, pelancong mampu menghilangkan penat ketika menyaksikan pemandangan yang disajikan. Dengan berwisata kesini wisatawan tidak akan menyesal karena beragam daya tariknya yang menarik.

1. Suguhan Panorama Pantai

Hal pertama dan yang paling utama diincar dari sekian juta pesona pantai ini yaitu sajian panoramanya. Berbeda ketika berkunjung ke sebuah desa yang dimana turis akan disambut oleh tarian khas daerah tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Base G akan disambut oleh dekorasi alam khas ciptaan-Nya. Pasir putih yang lembut dan air bahari biru serta gundukan bukit yang asri.

2. Melimpahnya Ikan-ikan

Bukan hanya santapan panoramanya saja yang patut dipuja-puja. Melimpahnya ikan-ikan disini pun memperbesar panorama pantai. Beragam jenis ikan dari berbagai ukuran hidup hening di perairan sekitar pantai ini. Tidak hanya melimpah saja, biota bahari yang berada disini juga masih sangat tersadar alami dan higienis jauh dari tangan perusak alam.

3. Gulungan Ombak yang Tenang

Tidak seperti pantai-pantai lainnya yang memiliki ombak yang besar, Pantai Base G memiliki struktur ombak yang tergolong tidak terlalu besar. Ombaknya yang damai ini terlihat sangat kontras dengan pemandangan indah dari pantainya. Buih-buih putih yang dibawa dari gulungan ombaknya mengusap lembut pasir pantainya yang berwarna putih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Base G
Image Credit: Google Maps BabyD Channel

Sudahkah anda mencatat Pantai Base G dalam daftar destinasi anda? Jika iya, maka langkah berikutnya ialah mengetahui alamat lengkap dan rute menuju miniatur surga tujuan. Pantai ini berlokasi di Kota Jayapura tepatnya Kecamatan Jayapura Utara, Desa Tanjung Ria, Papua. Lokasinya berjarak kurang lebih 10 km dari Distrik Jayapura Utara.

Akses jalan yang hendak dilalui oleh para hadirin sangatlah gampang. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dari Kota Jayapura Utara berkisar antara 17 menit. Adapun untuk wisatawan yang datang dari luar daerah bisa menyediakan waktu cukup usang mengenang jarak yang ditempuh juga cukup jauh. Yaitu selama 80 menit perjalanan kalau pelancong memulai perjalanan dari Bandara Sentani.

Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Jalan Kinsa yang berlokasi di Kota Jayapura Utara untuk lalu berbelok ke arah kiri menuju Jalan M. Yamin. Dari Jalan M. Yamin turis bisa berbelok ke arah kiri lagi menuju ke Jalan Sujarwo Condronegoro. Setelahnya, arahkan kendaraan ke kiri menuju Jalan Tanjung Ria IV. Dari sini, turis bisa mengikuti rute jalan untuk menuju ke Pantai G Base.

Sedangkan untuk wisatawan yang mungkin berasal dari luar kawasan dan turun di Bandara Sentani bisa mengawali perjalanan dari Jalan Bandara Sentari untuk kemudian berbelok ke arah kiri menuju Jalan Raya Abepura. Saat menemui bundaran ambil jalan menuju Jalan Ardipura Raya. Teruskan perjalanan sampai ke Jalan Dr. Sam Ratulangi untuk ke Jalan Tanjung Ria IV belok ke arah kanan hingga menemui lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Base G
Image Credit: Google Maps Mc_Ephend Srava Cabva

Berkunjung ke Pantai Base G tidak perlu menyiapkan ongkos yang banyak-banyak karena pantai ini mempunyai harga tiket masuk yang sungguh terjangkau. Bahkan, anda yang mungkin notabennya selaku anak kos-kosan pun mampu dengan leluasa masuk ke pantai ini alasannya harga tiketnya yang akrab. Cocok juga disambangi oleh anda yang berjiwa ekonomis tetapi mengharapkan liburan pantai.

Dengan uang sebesar Rp 5000 sampai dengan Rp 10.000 saja, wisatawan telah bisa melihat keindahan panorama yang disajikan secara ciamik oleh pantai anggun ini. Wisatawan yang membawa kendaraan langsung juga akan dibebankan oleh ongkos parkir sebesar Rp 20.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp 50.000 untuk kendaraan beroda empat. Karena kawasan ini masih dikelola oleh penduduk .

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai G Base

Aktivitas Seru di Pantai G Base
Image Credit: Instagram gwl

1. Menyaksikan Kemegahan Sunrise

Jangan heran jikalau dikala pagi-pagi buta telah banyak turis yang berdatangan ke Pantai Base G. Sebab, mereka semua sedang menanti detik-detik sunrise yang hendak tersaji secara mengagumkan. Langit gelap yang semakin berubah menjadi berwarna jingga keungu-unguan tampakbegitu indah dengan pesona ombak lautnya yang hening. Kicauan burung-burung dari gundukan bukit juga akan menghiasi suasana.

2. Memancing Limpahan Ikan

Memancing merupakan sebuah aktivitas yang cukup disenangi oleh sebagian orang, mungkin termasuk anda. Berkunjung disini ialah opsi yang sungguh sempurna dijalankan kalau anda yakni pemancing sejati. Wisatawan bisa memancing ikan-ikan yang jumlahnya melimpah disini. Dari berbagai jenis dan ukuran. Wisatawan juga akan ditemani penduduk sekitar yang turut menggemari kegiatan memancing.

3. Berenang Santai di Bibir Pantai

Ombak yang berada di Pantai Base G ini termasuk tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan pemecah gelombang yang berlokasi 1 km dari bibir pantai telah dibangun oleh para pengurus. Sehingga ombak yang berada di Pantai Base G ini tidak terlampau besar. Wisatawan dapat berenang di bagian bibir pantainya. Sebab disini cukup luas dengan kedalaman yang rendah.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Base G
Image Credit: Google Maps Arno Febrianto

1. Hotel BEISSJI INN

Hotel BESISSJI INN berlokasi erat dengan Pantai Base G. Lokasinya yang dekat ini memiliki dampak baik bagi panorama yang dihidangkan. Dari lantai empat hotel ini, pelancong dapat dengan mudah menyaksikan pemandangan Kota Jayapura Utara lengkap dengan pemandangan pantai pada malam hari. Suara deburan ombak pada malam hari pun akan menjadi alunan musik alam yang indah.

2. Tirta Mandala Hotel

Tirta Mandala Hotel mempunyai akomodasi yang cukup menawan bagi wisatawan yakni bak renang. Kolam renang di hotel ini berskala cukup besar dan mampu menampung banyak hadirin. Tidak hanya bak renangnya saja yang mesti dilirik, restoran yang berada di hotel ini pun cukup unik. Restoran yang berada di Tirta Mandala Hotel berada persis diatas air.

3. Edotel Yotefa View Jayapura

Bermalam di hotel yang berada bersahabat pantai tidak perlu khawatir kehilangan koneksi internet. Edotel Yotefa View Jayapura menawarkan kemudahan Wi-Fi stabil bagi para pengunjungnya. Kebersihan juga mampu dengan gampang anda jumpai dalam setiap sudut hotel disini. Tidak lupa dengan desain bangunan luarnya yang didominasi oleh warna putih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Base G
Image Credit: Google Maps Eko B Christian

Lokasi pantai yang berdekatan dengan Kota Jayapura serta rute dan saluran perjalanan yang sangat mudah untuk ditempuh menyebabkan fasilitas di pantai ini telah tersedia secara lengkap dan memadai. Wisatawan akan difasilitasi oleh berbagai fasilitas yang ada dengan tujuan kepuasan pengunjung. Pantas kalau Pantai Base G selalu ramai disambangi oleh pelancong daerah maupun luar negeri.

Area parkir yang berada disini mampu wisatawan manfaatkan untuk menaruh kendaraan eksklusif baik itu kendaraan beroda dua ataupun empat. Harga yang harus dikeluarkan pun sudah tersedia. Kamar mandi dan toilet disini bisa turis manfaatkan untuk membersihkan badan selepas berenang ataupun bermain. Toiletnya pun bisa digunakan sebagai tempat untuk mengubah busana bila ingin berenang.

Gazebo yang tersedia mampu pelancong manfaatkan untuk berleha-leha sembari mengobrol dengan keluarga ditemani pesona panorama pantai. Warung makan yang berada disini pun akan melengkapi aktivitas selama disini. Beragam jenis masakan dan minuman tersaji untuk para pengunjungnya. Wisatawan bisa mencicipi kesejukan dari rimbunnya pepohonan sembari bersantap dibawah gazebo.

Kaprikornus, untuk anda yang telah merasa penat entah itu alasannya adalah pekerjaan atau lain hal itu tandanya otak anda perlu istirahat. Beristirahat di Pantai Base G Jayapura menjadi opsi yang cermat sekaligus efektif untuk menetralisir penat. Harga tiket yang erat tidak akan memperbesar kepenatan para pengunjung selagi berlibur disini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!