Pantai Katembe Buton, Rekreasi Pantai Eksotis Yang Berbalut Legenda

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Madongka, Kec. Lakudo, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Bagi masyarakat lokal, nama dari Pantai Katembe Buton memang sudah lekat terdengar. Pasalnya, keindahan hidangan alam yang disajikan oleh pantai ini mampu menarik semua orang untuk tiba dan berkunjung. Keindahan yang disajikan oleh pantai ini seakan tidak ada ujungnya jika dibahas. Sangat disarankan untuk Anda yang hendak menghabiskan liburannya di pantai satu ini.

Ternyata, selain menyuguhkan pemandangan alam mempesona, pantai ini pun memiliki bermacam-macam cerita yang berseliweran di masyarakat setempat. Konon, di pantai ini dulunya terdapat seorang ibu yang melompat ke lautan meninggalkan beberapa buah hatinya. Lalu, ibu tersebut berubah menjadi seekor ikan duyung. Sehingga, pada ketika bulan tertentu pantai ini dipercaya sering dilalui oleh beberapa ekor ikan duyung.

Tak cuma itu saja, nama dari pantai ini berasal dari bahasa tempat penduduk sekitar ‘Katembe’ yang mempunyai arti air tawar. Sungguh menarik bukan tentang semua hal terkait pantai ini, mulai dari legenda yang meningkat hingga asal-usul dari penamaan Pantai Katembe. Pantai ini pun tak mau ketinggalan dalam menyuguhkan panorama alamnya yang bisa menarik siapapun untuk menghabiskan liburan disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Katembe

Daya Tarik Pantai Katembe
Image Credit: Google Maps Huda Dee

Pantai cantik ini merupakan suatu destinasi bahari yang berlokasi di Sulawesi Tenggara tepatnya di Kabupaten Buton Tengah. Pantai ini termasuk pantai favorit kunjungan pelancong yang akan melihat keindahannya. Pengunjungnya pun tidak cuma berasal dari hadirin dalam tempat Buton saja tetapi juga luar daerah. Beragam daya tarik yang dimiliki menjadikan hadirin kepincut untuk tiba.

1. Pasir Dua Warna dan Airnya yang Jernih

Pantai Katembe yang eksotis ini memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari pantai-pantai lain, ialah pasirnya yang mempunyai dua warna. Jika dilihat sekilas, warna dari pasir pantai ini mempunyai warna putih seperti pasir pantai biasa. Namun jikalau dilihat secara seksama, warna dari pasir pantai di Buton Tengah ini mempunyai warna merah muda disamping itu air lautnya pun populer jernih. Keren!

2. Kecantikan Biota Bawah Lautnya yang Beragam

Bagi turis pecinta olahraga snorkeling, Anda tidak bisa melewatkan pantai satu ini. Pasalnya bermacam-macam biota bawah lautnya tampakbegitu anggun dan masih tersadar. Terumbu karang yang berada di bawah bahari pantai ini tidak ada satupun yang rusak, seluruhnya masih terlihat utuh dan terjaga. Belum lagi jika dipadukan oleh air lautnya yang jernih kian memperjelas pemandangan bawah lautnya.

3. Keberadaan Sumur yang Melegenda

Sesuai asal-seruan penamaan pantai ini yang bermakna air tawar. Keberadaan sumur disini menjadi pendukung atas asal-ajakan nama pantai ini. Konon, terdapat sebuah sumur yang telah bau tanah dengan air tawar yang berada di dalamnya, meskipun lokasinya berdekatan dengan pantai. Air dari sumur renta ini pun tidak pernah kering dan tidak pernah berhenti mengeluarkan air meskipun demam isu kemarau sudah datang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Katembe
Image Credit: Google Maps Salim Tarma

Pantai Katembe ialah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Buton Tengah tepatnya di Kecamatan Lakudo, Desa Madongka, Sulawesi Tenggara. Pantai ini berjarak 25 km dari sentra Kabupaten Buton Tengah. Akses jalan menuju destinasi wisata alam ini telah dinilai mencukupi. Namun, lokasinya yang berada di pedesaan menyebabkan wisatawan mesti melalui jalan setapak untuk menuju pusat pantai.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi pantai ini kurang lebih 40 menit jikalau perjalanan dimulai dari sentra Kabupaten Buton Tengah. Waktu ini bisa berubah mengingat rute turis yang harus melalui jalan setapak. Wisatawan akan ditemani dengan panorama rumah-rumah khas pedesaan lengkap dengan masyarakatnya yang populer ramah. Kaprikornus, turis tidak merasa jenuh.

Untuk menyambangi Pantai Katembe dengan sejuta daya tarik khasnya ini, pelancong mampu memakai mobil ataupun dua. Ada dua rute jalan yang mesti pelancong tinggalkan. Pertama yakni pelancong melalui jalan raya dan yang kedua, turis melalui jalan setapak yang menghubungkan jalan menuju pantai. Wisatawan mampu memulai perjalanan dari sentra Buton Tengah ke pantai.

Bagi turis yang kesengsem untuk menginjakkan kaki diatas pasir unik dari pantai ini, turis dapat memulai perjalanan dari Jalan Poros Lombe untuk kemudian menuju Jalan Ahmad Yani. Belok ke arah kiri menuju Jalan Jend. Sudirman dan teruskan hingga ke Jalan Poros Lakapera-Waara. Kemudian, teruskan ke Jalan Gersamata dan Jalan Poros Wamengkoli sampai hingga ke destinasi yang dituju.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai
Image Credit: Google Maps Huda Dee

Untuk menyambangi pantai ini, turis tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan harga yang tergolong ramah dikantong, pelancong sudah bisa menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan oleh Pantai Katembe ini. Sejarah serta asal-usulnya yang menarik dapat pelancong nikmati dengan harga tiket masuk yang murah. Sehingga tidak ada argumentasi untuk melalui pantai dari Butong Tengah satu ini.

Wisatawan yang kepincut untuk menyambangi pantai ini dapat menyiapkan dana sebesar Rp 5.000 sebagai tiket masuknya. Nominal ini tergolong murah untuk suatu tiket masuk pantai yang menunjukkan daya tariknya yang menarik. Pantas saja pantai ini menjadi destinasi favorit dikalangan pecinta rekreasi. Wisatawan tidak akan menyesal berkunjung kesini, alasannya adalah di setiap sisinya menunjukkan keindahan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Katembe

Aktivitas Seru Pantai Katembe
Image Credit: Google Maps Portabel Comp

1. Piknik Diatas Pasir Pantainya yang Unik

Warna pasir dari Pantai Katembe memang termasuk unik, dengan perpaduan warna putih dan pink membuatnya dilirik oleh pelancong. Pasir pantai ini pun mempunyai tekstur yang lembut. Wisatawan bisa piknik ataupun sekedar bermain bersama buah hati diatas pasir pantainya. Wisatawan juga tidak perlu cemas bila buah hati terjatuh, alasannya pasir pantainya yang lembut tidak akan melukai kulit.

2. Snorkeling Bersama Biota Bawah Lautnya yang Cantik

Pantai yang berlokasi di Buton Tengah ini ternyata juga tak ingin ketinggalan dalam menyuguhkan keayuan biota bawah lautnya. Layaknya nirwana bagi penyuka snorkeling, pantai ini sangat sesuai bila dijadikan sebagai area menyelam. Beragam terumbu karang dengan ikan-ikan yang berenang diatasnya menjadi panorama yang pasti Anda saksikan saat menyelam di pantai ini. Sangat Menakjubkan!

3. Mencicipi Rasa Air Tawar dari Sumur Legenda

Sumur yang lokasinya tidak terlampau jauh dari pantai ini memiliki air yang tawar, hal ini memang terdengar sedikit bantalan mengenang keberadaannya yang berdekatan dengan pantai. Untuk membuktikannya, wisatawan bisa merasakan sendiri air dari sumur ini. Selain itu, sumur ini layaknya berkah bagi masyarakat lokal utamanya pada ketika ekspresi dominan kemarau telah datang, penduduk bisa memanfaatkan air sumur ini.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi
Image Credit: Google Maps anwar anwar

1. Hing Amimah Hotel

Hotel ini tergolong murah sehingga menjadi favorit para pengunjungnya. Walaupun harganya murah, kemudahan yang disediakan di Hing Amimah Hotel tidak perlu disangsikan lagi kelengkapannya. Beragam kemudahan yang tersedia bisa menunjang bermacam-macam aktivitas para pengunjungnya sepeti area parkir, sarapan dan Wi-Fi gratis, ruangan ber-Ac, resepsionis yang melayani 24 jam hingga jemputan bandara.

2. Calista Beach Hotel

Calista Beach Hotel memperlihatkan penginapan yang higienis dengan hiasan kamar minimalis. Cocok dijadikan selaku kawasan menginap para wisatawan yang lelah selepas berlibur di Pantai Katembe. Fasilitas Calista Beach Hotel pun telah tergolong lengkap dan memadai seperti Wi-Fi gratis, akses eksklusif ke pantai, ruangannya yang sudah dilengkapi Ac, sampai resepsionis yang melayani 24 jam.

3. Wisma Kahyangan

Penginapan ini mempunyai rancangan eksterior dan interior yang menunjukkan situasi layaknya rumah sendiri. Dengan ukuran kasur yang terbilang cukup luas mengakibatkan penginapan ini cocok dijadikan selaku daerah istirahat. Fasilitas yang tersedia di penginapan ini telah lengkap dan mencukupi dengan terusan internet Wi-Fi gratis, ruangan full AC, sampai pelayanan 24 jam sarat . Tertarik untuk menginap disini?

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Katembe

Fasilitas Pantai Katembe
Image Credit: Google Maps Huda Dee

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Katembe termasuk kurang mencukupi, mengenang lokasi obyek wisata ini yang berada di pedesaan tepatnya Desa Madongka. Walaupun fasilitasnya yang tergolong kurang memadai, pantai ini berjaya dalam menyajikan pemandangan alam yang hendak menciptakan siapapun terkesima melihatnya. Hal ini juga didukung oleh bermacam-macam daya tarik yang dimilikinya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini memang kurang lengkap dan memadai. Hanya ada beberapa fasilitas kecil yang akan menunjang piknik para wisatawannya mirip warung kopi dan toilet. Beberapa warung kopi yang sederhana disini menyajikan kopi yang begitu nikmat kalau diseruput sembari memandang pemandangan pantai. Terlebih jika dicicipi pada ketika sore hari bersama pesona sunset yang mengagumkan.

Selain kopi, terdapat akomodasi lain yang tersedia di sekitar pantai ini adalah toilet. Keberadaan toilet disini memang tidaklah banyak, bahkan jumlahnya mampu dijumlah oleh satu tangan saja. Wisatawan bisa memanfaatkan toilet ini untuk membersihkan badan sehabis berenang di asinnya air pantai. Namun, seringkali pelancong harus mengantre untuk memakai akomodasi ini karena jumlahnya yang sedikit.

Demikianlah beberapa hal mempesona seputar Pantai Katembe di Buton Tengah. Walaupun lokasinya berada sedikit jauh dari hingar bingar alasannya adalah letaknya di pedesaan serta fasilitasnya yang kurang lengkap, pantai ini tetap tidak ketinggalan dalam menyuguhkan panorama alam lengkap dengan keberagaman biota maritim dan legenda sumur tuanya. Tarif masuknya yang dikenal murah pun menjadikannya selaku destinasi favorit.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!