Keindahan Curug Cibulao Bogor, Menikmati Kesejukan & Beningnya Penderasan

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Liburan memang waktu yang sangat tepat untuk menenangkan diri. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk melaksanakan piknik. Ada yang berjalan-jalan lintas kota, ada yang menikmati panorama maritim. Ada pula yang menikmati suasana penderasan. Seperti halnya, Curug Cibulao Bogor. Air terjun yang terkenal ini memang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Keindahan tersebut menjadikan banyak pelancong khususnya setempat untuk mengunjunginya. Sensasi dan gemercik air terjun memperlihatkan gebrakan gres pada ketenangan. Salah satu yang menjadi sentra perhatian tidak hanya keindahan dan kesejukan air terjunnya saja. Akan namun juga keindahan alam yang ada di sekelilingnya. Berwisata ke lokasi ini, wisatawan mampu menerima banyak laba.

Curug Cibulao sudah ada sejak lama dan menjadi kawasan rekreasi yang paling diidamkan. Meskipun untuk mengunjunginya membutuhkan waktu yang relatif sedikit usang, akan tetapi kawasan ini tetap ramai dikunjungi pelancong. Meskipun sungguh letih, tetapi seakan kelelahan tersebut terbayarkan dengan keindahan yang mau diperoleh di penderasan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cibulao

Daya Tarik Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps Ceng Chiang

Wisata ini memiliki pesona yang bermacam-macam. Mulai dari lokasinya yang unik dan bersahabat dengan keindahan alam, sampai suasananya yang mengasyikkan. Hal tersebut, mengakibatkan lokasi ini banyak diburu oleh pelancong. Tidak cuma berlibur, namun juga melepas kerinduannya pada alam. Berikut ini beberapa pesona yang dimiliki rekreasi Curug Cibulao.

1. Warna Air Jernih Kebiruan

Pernah melihat riam dengan warna biru? Kejernihan air yang ada di lokasi ini memang sangat anggun. Selain jernih, airnya mempunyai warna biru yang menarik. Bahkan meskipun tidak menyelam, wisatawan mampu dengan mudah melihat ke dalam melalui permukaan air. Hal tersebut dikarenakan, saking jernihnya gerojokan ini.

Sebenarnya biru bukan warna asli dari air. Air tetap berwarna bening. Akan namun ketika sudah jatuh ke bawah, dan berkumpul dalam jumlah banyak, air akan tampakmemunculkan warna biru yang jernih. Tentu peristiwa ini ialah hal yang sangat unik. Terlebih lagi, jikalau dilihat akan sungguh menyegarkan dan menenangkan.

2. Memiliki Dua Tempat Telaga

Keunikan yang ada di lokasi rekreasi ini yaitu adanya dua telaga yang berlawanan dengan kedalaman yang berlawanan pula. Telaga pertama yang umumnya digunakan untuk berenang yakni yang mempunyai kedalaman berkisar 8 meter. Meskipun relatif dalam, akan tetapi pihak pengurus telah merencanakan sarana dan prasarana untuk keamanan setiap wisatawan yang berkunjung.

Ada pula telaga dengan kedalaman berkisar 5 meter. Telaga ini ada di daerah atas. Dengan kedalaman tersebut, air yang ada di telaga ini tampaksungguh jernih. Telaga yang satu ini juga menjadi salah satu daerah favorit pengunjung. Bukan saja alasannya tidak terlampau dalam, letaknya yang di atas menjadi tantangan tersendiri jika ingin mengunjunginya.

3. Wahana Bebatuan Alam

Bebatuan yang ada di Curug Cibulao merupakan murni dan bentukan dari alam. Sehingga bentuknya sungguh menarik walaupun tidak simetris. Bebatuan tersebut biasa dipakai oleh turis untuk menguji adrenalin mereka. Mereka diperbolehkan mendaki secara bebas oleh pihak pengelola. Akan tetapi kalau kondisi cuaca buruk dan bebatuan licin, wisatawan dihentikan bermain diatasnya.

Bebatuan yang ada di lokasi wisata ini sungguh banyak. Jika dipadukan dengan kesejukan gerojokan dan pemandangan alam yang menawan, tentunya momen duduk di atas kerikil akan sungguh unik. Jika sedang isu terkini kemarau, wisatawan akan menaiki batu hingga berjam-jam. Mereka berfoto atau sekedar memandangi pesona keindahan alam yang ada di rekreasi ini.

4. Hamparan Pepohonan

Air menggeluti memang selalu ada di lokasi sekitar hutan dan pepohonan. Seperti halnya Curug Cibulao. Wisata ini dikelilingi dengan pepohonan yang sungguh rindang. Bahkan saat pertama kali datang ke lokasi ini, pelancong akan dikejutkan dengan hamparan pepohonan yang berjajar dengan rapi. Bahkan seperti sejauh mata memandang cuma terlihat pepohonan rindang saja.

Bahkan saat pelancong melakukan pembayaran di loket, banyak yang terpukau dengan keindahan rekreasi alam ini. Serasa lengkap, teladas yang dipadukan dengan hutan yang memiliki pepohonan rindang. Wisatawan selalu mengambil foto estetik di sekeliling pepohonan. Banyaknya pepohonan yang rindang ini juga merupakan pesona dari wisata air tejun Cibulao.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cibulao

Alamat Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps Ceng Chiang

Bagi masyarakat yang ada di sekitar Jawa Barat tentu saja telah tidak merasa asing dengan air terjuj ini. Air menggeluti Curug Cibulao mempunyai lokasi di Jawa Barat yaitu di Daerah Bogor. Lokasi tepatnya ada di Puncak Kecamatan Megamendung. Akses untuk menuju lokasi ini juga dikatakan sangat mudah. Setiap pelancong mampu mendapatkan lokasi wisata dengan gampang dan tidak kesulitan.

Sedangkan jika berbicara mengenai rutenya, pengunjung mampu mengambil start dari Jalan Raya Puncak. Kemudian mampu mengambil arah sebelah kiri sampai masuk ke arah Desa Cilember. Dari arah situ, mampu terus mengikuti arah saja adalah ke arah Jalan Pesantren. Saat memasuki tempat ini, pelancong harus betul-betul memerhatikan langkah mereka.

Karena jalanan utama di sekeliling bisa dikatakan sungguh terjal. Bagi turis yang gres pertama kali datang ke lokasi ini, sebaiknya mengajukan pertanyaan apalagi dulu pada warga sekitar. Sehingga mampu mempersiapkan diri ketika melewati jalur ini. Meskipun jalurnya terjal, akan tetapi keindahan yang diperoleh akan sangat menakjubkan. Sehingga wisatawan akan merasa puas.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cibulao

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps hendra tutuy

Pihak pengurus sudah memutuskan harga yang berlainan untuk setiap turis. Hal tersebut ialah salah satu cara untuk mengorganisir kekayaan pariwisata di Indonesia. Setiap turis siap mengeluarkan uang berapapun untuk menikmati rekreasi yang sungguh indah ini.

Bagi turis setempat, maka dikenakan tarif sebesar 12 ribu per orang untuk sekali masuk. Sedangkan wisatawan mancanegara mesti merogoh kocek sebesar 50 ribu untuk mampu menikmati lokasi rekreasi ini. Kemudian untuk camping domestik, tarif yang dikenakan sebesar 22 ribu. Wisatawan asing dikenakan ongkos sebesar 60 ribu.

Bagi wisatawan yang menjinjing kendaraan langsung, juga ditawarkan lahan parkir yang bisa dibilang luas. Parkir kendaraan roda dua, memiliki tarif sebesar 5 ribu. Sedangkan untuk mobil dikenakan tarif 10 ribu rupiah. Wisata ini dibuka pukul 7 pagi sampai jam 5 malam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Cibulao

Aktivitas Seru Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps kristoper nugroho

Wisatawan mampu menikmati berbagai kegiatan di lokasi rekreasi ini. Tidak cuma tempatnya yang mendukung alasannya berbaur dengan alam. Akan tetapi juga kondisi serta suasananya yang sangat natural. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang lazimnya dilakukan pelancong di Curug Cibulao.

1. Berenang

Banyak wisatawan yang membawa baju ganti super lengkap. Karena mereka senantiasa memakai peluang di wisata ini untuk berenang. Telaganya tidak terlampau dalam. Sehingga wisatawan diperbolehkan berenang secara bebas. Akan tetapi tetap dalam pemantauan. Bagi wisatawan yang tidak mampu berenang, bisa menggunakan alat bantu.

Alat bantu untuk berenang mampu dibawa sendiri maupun menyewa. Tempat wisata ini menawarkan penyewaan perlengkapan untuk bermain air. Harganya sendiri juga beragam. Sehingga turis tidak perlu repot dan berat menjinjing perlengkapan dari rumah.

2. Menyelam

Keindahan bawah telaga di Curug Cibulao memang sungguh menawan . Banyak pelancong yang menentukan untuk melaksanakan penyelaman. Hal tersebut dijalankan supaya mereka mampu menikmati keindahan alam bawah permukaan air secara langsung. Keadaan air yang jernih turut menunjukkan pelancong fasilitas untuk menatap.

Penyelaman sendiri mesti memakai perlengkapan khusus. Wisatawan bisa juga menyewa di lokasi ini. Kemudian untuk daerah penyelaman, pelancong akan diberikan lokasi khusus. Sehingga tidak bercampur dengan permainan air yang yang lain. Pihak pengelola memang mengurus lokasi wisata ini dengan sangat bagus.

3. Cliff Jumping

Permainan ini hanya boleh dijalankan oleh andal yang profesional. Karena untuk melaksanakan hal ini dibutuhkan keberanian yang luar biasa. Tetapi bagi orang yang menyukai tantangan ekstrim, akan merasa tertantang dan sungguh bergairah. Untuk melakukan hal ini, hadirin mesti berani memanjat apalagi dahulu kemudian melakukan lompatan ke telaga.

Aktivitas tersebut mampu menjadi sangat berbahaya jika dijalankan oleh orang yang masih amatir. Sehingga sangat dianjurkan khusus untuk profesional saja. Karena lompatan yang tinggi sangat berbahaya.

4. Berfoto

Aktivitas Seru di Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps Muhammad Ramdani

Wisatawan lazimnya sangat menyukai berfoto di lokasi Curug Cibulao ini. Pasalnya keindahan yang ada di alam wisata ini sangat fantastis. Mereka mampu memilih berbagai background alam yang diharapkan.

Mulai dari pepohonan yang rindang dan menarik. Kemudian air yang sungguh jernih dengan gemericik yang menenangkan. Ada pula bebatuan besar yang sangat indah.

5. Bermain Air Terjun

Kegiatan yang satu ini memang menjadi acara utama dan niscaya dilakukan. Bermain dibawah jeram memang sangat menyegarkan. Sehingga banyak wisatawan memanfaatkannya sebagai media terapi. Ada yang percaya bahwa dengan berendam dibawah gerojokan mampu menyembuhkan penyakit mirip pegal-pegal dan lain-lain.

Pihak pengelola akan menunjukkan aba-aba tentang kawasan yang diperbolehkan dipakai untuk berendam. Air terjun hits ini memang menjadi destinasi rekreasi yang kaya dengan aktivitas permainan air. Segala bentuk sarana prasarana juga menunjang daerah wisata.

6. Kemah dan Piknik

Memiliki lokasi yang masih asri, menjadikan setiap wisatawan terpesona untuk mendirikan kemah atau ber piknik di Curug Cibulao. Hal tersebut dipermudah lagi dengan adanya banyak outlet yang ditawarkan. Menjual aneka macam jenis makanan dan minuman. Wisatawan mampu dengan leluasa mengisi perut saat sedang lapar.

Apabila ingin berkemah, maka pengunjung bisa mengeluarkan uang tarif sebesar 40 ribu. Dengan tarif tersebut, pengunjung bisa melaksanakan kemah di area gerojokan. Gemercik air dan suasana angin malam menyebabkan pengalaman berkemah lebih menyenangkan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Cibulao Bogor

Fasilitas Curug Cibulao Bogor
Image Credit: Google Maps ahmad fauzi 21

Pihak pengelola menyediakan banyak sekali kemudahan biasa untuk pelancong. Mulai dari adanya toilet, mushola dan masih banyak lagi. Sehingga turis tidak perlu khawatir. Kemudian ada pula aneka macam outlet yang menyediakan aneka macam makanan dan minuman. Tidak cuma itu, berbagai jenis permainan air juga disediakan fasilitas dan prasarana untuk turis.

Curug Cibulao menjadi lokasi paling terkenal dengan kelengkapan destinasinya. Tidak hanya adanya teladas, dua jenis telaga sampai pepohonan rindang menjadi alasan banyak pelancong yang kepincut. Tempat ini menjadi lokasi rekreasi yang paling banyak direkomendasikan ketika pelancong mengambil piknik. Memiliki saluran yang mudah dengan banyak sekali keindahan alamnya yang mengagumkan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!