Coban Rais, Rekreasi Jeram Eksotis & Menantang Di Kerikil Malang

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Coban Rais adalah kawasan wisata teladas yang sering kali digadang-gadang selaku riam terindah di Kota Batu. Hal tersebut memang tak mengherankan sebab kawasan rekreasi ini sangat identik dengan daya tarik alamnya yang begitu memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Air menggeluti ini memiliki ketinggian yang mengagumkan ialah sekitar 75 meter. Warnanya sungguh putih dan tegas seakan-akan mirip pisau alam yang menjadi pemisah antara bebatuan dan pohon-pohon rindang yang berada di sekitarnya.

Karena keindahannya tersebut, Coban Rais pun menjadi lokasi yang paling kerap dikunjungi oleh para turis saat mengunjungi Batu, Malang. Banyak yang rela tiba dari kawasan yang sungguh jauh cuma untuk menyaksikan kemegahan yang disediakan oleh air terjun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rais

Daya Tarik Coban Rais
Image Credit: Google Maps Yusita Ika

Air terjun ini merupakan daerah rekreasi alam yang senantiasa ramai oleh hadirin bahkan pada saat hari-hari yang sibuk sekalipun. Daya tarik yang dimilikinya begitu bermacam-macam, sehingga tak ayal hal itu pun membuat semua orang akan merasa kesengsem untuk mengunjungi kawasan ini setidaknya sekali dalam hidup mereka.

1. Berada di Kawasan Perbukitan

Hal pertama yang menciptakan Coban Rais begitu menarik yaitu lokasinya yang begitu strategis alasannya berada di daerah perbukitan. Itulah yang membuatnya memiliki pemandangan alam yang sangat mengagumkan, dikelilingi oleh pepohonan dengan ketinggian lebat yang bisa menciptakan udara di sekelilingnya menjadi sungguh segar.

Berada di sekitar lereng Gunung Panderman juga menjadikannya menjadi spot rekreasi yang disenangi oleh para pendaki dan mereka yang menggemari petualangan. Hutan yang mengitari area gerojokan mampu melindungi pengunjung dari sengatan matahari yang sungguh panas, sehingga ketika dikunjungi pada siang hari pun pengunjung tidak perlu khawatir tentang kawasan untuk berteduh.

2. Aliran Air Mengalir dengan Memesona

Selain pepohonannya yang rindang, air yang berada di kawasan wisata ini mengalir dengan sangat memesona dan elok. Dari atas, suara air yang jatuh dengan segera akan menyebabkan gemuruh air yang sungguh besar, tetapi hal itulah yang menciptakan daerah ini begitu fantastis dibanding dengan daerah wisata alam yang yang lain.

Sungai-sungai yang ada di kawasan ini terlihat begitu jernih dan terawat kebersihannya alasannya sampah-sampah yang terbuang acak-acakan akan segera dibasmi oleh penjaga kawasan ini. Hal itu pun menciptakan hadirin bisa melihat ikan-ikan kecil yang ada di dalam sungai berenang ke sana dan ke mari dengan lincah memakai mata telanjang.

3. Suasana yang Damai di Coban Rais

Daya Tarik Dimiliki Coban Rais
Image Credit: Google Maps Arif Ygy

Tidak bisa dipungkiri, Coban Rais ini memang menunjukkan udara yang begitu segar. Anda tidak perlu cemas perihal polusi bunyi ataupun polusi udara karena tempat ini berada di tempat yang jauh dari pusat kota sehingga tidak akan ada hingar bingar ataupun kendaraan dengan suara bising yang menjengkelkan.

Anda cuma akan mendengar kicauan burung-burung kecil yang bersuara dalam waktu yang cukup sering, dan mereka pun terbang dalam jarak yang cukup tinggi dari tanah. Selain itu, gemericik air pun akan terdengar dengan lembut sehingga bisa menciptakan asumsi Anda menjadi tenang dan selalu berada dalam ketenangan.

4. Harus Ditempuh dengan Berjalan Kaki

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, hal itu menyebabkan saluran menuju tempat ini terbilang cukup sukar. Pengunjung harus berlangsung kaki sebesar kurang lebih 3 kilometer apalagi dulu sebelum sampai di lokasi yang bekerjsama. Meskipun begitu, panorama yang bisa Anda lihat sepanjang perjalanan terasa sungguh indah sehingga Anda pun tidak akan merasa capek.

5. Spot Foto yang Menarik

Di tempat rekreasi Coban Rais ini, terdapat beragam spot foto yang sungguh mempesona dengan bentuk yang berbeda-beda. Salah satu spot foto yang paling terkenal yakni spot foto dengan bentuk ‘I Love You’ berskala besar yang terbuat dari kayu. Spot foto ini mempunyai lokasi yang gampang ditemukan sebab berada di sebelah taman Bukit Bulu.

Karena bentuknya yang unik, banyak wisatawan yang memanfaatkan spot foto ini selaku latar belakang untuk melakukan selfie ataupun foto bareng dengan orang yang dicintainya. Suasana romantis pun menciptakan hadirin rela mengantre dalam waktu yang lama untuk memotret di spot foto yang dianggap selaku ikon dari tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat Coban Rais
Image Credit: Google Maps Ahsan Alfian

Coban Rais berlokasi di sekitar Gunung Panderman, sebuah gunung yang menjadi pemisah antara Kabupaten Blitar dan kawasan Malang Raya, Jawa Timur. Berada di Kecamatan Batu membuat turis dapat memperoleh kawasan wisata ini dengan cukup gampang karena telah semakin banyak transportasi biasa yang bisa dipakai untuk mencapai tempat ini.

Anda dapat mengawali perjalanan dari sentra Kota Batu dan menanti selama kurang lebih 30 menit hingga satu jam untuk mencapai lokasi, tergantung dari cuaca dan situasi di jalan. Dalam perjalanan, Anda mampu melalui Terminal Batu yang mana di daerah tersebut Anda mampu menemukan gosip tentang petunjuk arah yang mesti ditempuh untuk menuju penderasan ini.

Kemudian, Anda mampu memarkirkan kendaraan di sekeliling area perkemahan. Dari kawasan tersebut, Anda harus bersedia berjalan kaki dalam waktu yang lama dan harus penuh kehati-hatian sebab Anda akan menyebrangi belasan sungai yang sungguh menantang. Untuk itulah, ketika menuju daerah ini Anda harus memakai alas kaki yang tidak licin dan tidak memiliki hak tinggi.

Harga tiket masuk yang perlu dibayar sebelum memasuki Coban Rais terbilang cukup murah dan sungguh akrab. Pengunjung cuma akan dikenai ongkos sebesar 10 ribu saja per penduduknya, dan setelah itu mereka pun telah diperbolehkan memasuki area air terjun yang senantiasa buka setiap harinya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa harga tersebut masih termasuk harga tiket masuk saja. Sehingga, kalau Anda ingin menikmati wahana lain yang tersedia di tempat ini Anda masih mesti mengeluarkan uang untuk membayar tiket wahana tersebut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Coban Rais

Aktivitas Seru Coban Rais
Image Credit: Google Maps Evan Chandra Kusuma

1. Bermain Air

Kegiatan pertama yang wajib dikerjakan di kawasan rekreasi ini tentu saja yaitu bermain di dalam air. Sungai yang ada di daerah wisata ini mempunyai air yang begitu segar dan menyejukkan, sehingga sungguh manis saat dipakai untuk mandi ataupun sekadar berenang saja. Selain itu, fatwa airnya yang tidak terlalu ganas dapat dimanfaatkan selaku tempat untuk bermalas-malasan di dalam air.

2. Mengunjungi Bukit Bulu dan Batu Flower Garden

Di kawasan wisata ini, terdapat beberapa wahana lain yang tidak kalah mempesona adalah Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Bukit Bulu yakni bukit yang berada di sekeliling area tempat wisata ini, dan menawarkan pemandangan bukit yang dipenuhi oleh rerumputan segar berwarna hijau.

Sedangkan Batu Flower Garden ialah taman yang dipenuhi oleh bunga beserta spot foto yang sungguh indah. Taman inilah yang paling sering dikunjungi oleh pelancong alasannya adalah memberikan pemandangan menarik dan wahana permainan yang sungguh unik dibandingkan kawasan rekreasi yang lain.

3. Bermain di Hutan Salju

Apakah Anda penasaran bagaimana rasanya bermain salju? Jika iya, maka Coban Rais dapat menjadi tempat wisata yang tepat untuk menghapus rasa penasaran itu alasannya kawasan ini memiliki suatu zona khusus yang dipenuhi oleh salju.

Pada zona tersebut sudah tersedia bermacam-macam kemudahan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip kawasan di mancanegara. Untuk memanfaatkan zona ini, Anda tidak perlu khawatir karena pihak pengurus telah mempersiapkan kaos tangan yang tebal dan pakaian khas trend cuek untuk para pelancong.

4. Taman Hammock

Aktivitas Seru di Coban Rais
Image Credit: Google Maps Suman Entertainment

Taman Hammock yang masih satu lokasi di Batu Flower Garden ini pun menjadi wahana yang patut untuk dicoba. Taman ini telah menyediakan bermacam-macam wahana mempesona yang mampu membuat puas hadirin untuk menikmati keindahan Batu Flower Garden.

Beberapa wahana yang mampu dicoba adalah Flying Hammock, Hammock Tower, Triangle Hammock Tower, Spider Hammock, dan Hammock Garden. Semua wahana tersebut terdiri atas kegiatan unik yang dijamin menghidangkan sensasi tersendiri ketika Anda ingin mencobanya.

5. Bersepeda di Atas Udara

Wahana Sepeda Udara menjadi wahana yang dilarang dilupakan begitu saja saat membicarakan mengenai daerah rekreasi Coban Rais ini. Pengunjung yang menggemari sensasi menantang adrenalin pun mampu memakai wahana ini untuk membuat puas hasrat mereka sebab mereka mampu mencicipi betapa menegangkannya bersepeda di atas udara dan ketinggian.

Saat menaiki sepeda gantung tersebut, hadirin mampu meminta tolong fotografer yang ada di sekeliling wahana untuk memotret acara mereka dikala berada di atas. Pengunjung pun mampu menggunakan sepeda tersebut secara berdampingan, sehingga mereka yang ialah pasangan kekasih mampu memanfaatkan wahana ini untuk menciptakan momen indah bersama.

6. Berkemah di Sekitar Coban Rais

Selain menjadi daerah untuk piknik, ternyata daerah rekreasi ini juga populer selaku kawasan yang digunakan untuk bumi perkemahan. Hal tersebut pasti disebabkan oleh pemandangan alamnya yang sangat menantang sehingga menciptakan turis dan pihak akademis memanfaatkannya selaku area untuk berkemah dan berpetualang.

Tidak cuma itu, pada daerah ini terdapat sebuah jalur pendakian menuju puncak Gunung Panderman yang sangat cocok untuk digunakan oleh para pendaki awam. Areanya yang tidak terlalu sukar untuk dijangkau diikuti oleh situasi alam yang begitu segar menciptakan tempat ini begitu dicintai oleh para penikmat alam.

7. Menikmati Keindahan Air Terjun

Hal terakhir yang bisa dikerjakan saat berada di daerah ini adalah menikmati keindahan air terjun. Anda mampu duduk kalem di bawah area air terjun sambil memperhatikan bagaimana megahnya air yang turun dari atas menuju ke bawah dalam waktu yang begitu singkat.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Coban Rais

Fasilitas Coban Rais
Image Credit: Google Maps Pagon Setiawan

Fasilitas yang ada di Coban Rais sudah mampu dikatakan cukup lengkap, nyaris mirip dengan tempat rekreasi lainnya. Di kawasan ini, pengunjung telah disediakan akomodasi seperti warung makanan, area parkir, toilet, dan lain-lain.

Selain itu, pada pintu masuk banyak pedagang yang menjual bermacam-macam kuliner dan buah tangan khas Jawa Timur. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang merasa kelaparan dan ingin melaksanakan jelajah masakan di tempat ini.

Nah, begitulah beberapa gosip yang mampu Anda dapatkan tentang Coban Rais, sebuah rekreasi terkenal yang ada di Malang ini. Tidak cuma menghidangkan keindahan alam saja, namun ternyata kawasan rekreasi jeram ini pun menyimpan bermacam-macam kelebihan yang mau sungguh sayang untuk dilewati begitu saja.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!