Pantai Pailus Jepara, Pantai Anggun Untuk Menikmati Sunset

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Pailus yang berlokasi di Kabupaten Jepara provinsi Jawa Tengah ini masih belum memiliki banyak hadirin karena masih belum terekspos luas. Tentu hal ini masuk akal mengenang pantai ini gres diresmikan oleh pemerintah setempat menjadi objek rekreasi alam sekitar tahun 2020. Pantai yang tergolong gres tetapi panorama yang disediakan telah cukup untuk memanjakan mata para pengunjungnya.

Ombak di Pantai Pailus termasuk kecil, sehingga membuat anak-anak mampu menikmati bermain air sepuasnya. Pantai yang terbentuk di sebuah selat ini membuatnya lebih kondusif untuk kau yang suka bermain air namun tidak bisa berenang.

Tidak cuma ombaknya yang kecil. Tetapi rimbunnya pohon waru yang mampu didapatkan sepanjang bibir pantai membuat pengunjungnya dapat berteduh dari panasnya matahari sambil menikmati hamparan pantai yang diselimuti pasir putih. Wisata pantai ini tergolong higienis, jadi untuk para pengunjung yang datang dibutuhkan tetap menjaga kebersihan. Agar keindahan pantai ini tetap tersadar dan mampu dinikmati semua orang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pailus

Daya Tarik Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps Muhammad Besar Rifai

Sebuah pantai pasti mempunyai daya tariknya sendiri dalam memikat hadirin. Berikut mari kita diskusikan beberapa hal yang menjadi pesona tersendiri dari Pantai Pailus di Kabupaten Jepara ini.

1. Ombak yang Relatif Kecil

Ombak di pantai terkesan kecil dan sangat sesuai untuk belum dewasa atau untuk orang dewasa yang ingin bermain air namun tidak mampu berenang. Pantai ini aman alasannya adalah letaknya yang terbentuk dari selat sehingga ombak yang ada di pantai ini tergolong kecil.

Oleh alasannya itu, para hadirin yang memiliki anak kecil tidak butuhtakut alasannya adalah anak mereka mampu bermain air dengan sepuasnya. Tapi harus tetap dalam pengawasan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan untuk hadirin yang tidak bisa berenang, bisa menyewa ban yang ada di pesisir pantai untuk dijadikan pelampung dikala berenang.

2. Pesisir Pantai

Pohon waru yang tumbuh sepanjang bibir pantai membuat para pengunjungnya bisa berteduh sambil menikmati angin laut yang segar. Ditambah pasir putih yang membentang sejauh mata memandang menciptakan indahnya Pantai Pailus lebih terlihat. Untuk kamu yang ingin melepaskan penat dari hirup pikuknya dunia perkotaan cobalah mendatangi pantai yang satu ini.

Lokasinya yang jauh dari kota ditambah suasana sepi di pantai ini menciptakan para pengunjungnya merasa mirip pantai pribadi. Memang ada ketika dimana pantai mulai terasa tidak mengecewakan ramai. Namun, alasannya adalah ukurannya yang cukup panjang menciptakan kita tidak terlalu terganggu dengan kedatangan hadirin lainnya.

3. Sunset

Daya Tarik di Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps OFJ Company

Tidak lengkap rasanya kalau tidak menikmati sunset atau matahari terbenam jika sudah berada di Pantai Pailus. Dari pantai ini kau mampu menikmati saat matahari terbenam dan langit berubah menjadi warna kuning kemerahan. Ditambah kau juga mampu melihat panorama PLTU yang berada di sekitaran pantai.

4. Tangkapan Nelayan

Tidak cuma keindahan alam saja yang menjadikan rekreasi pantai begitu berkesan. Namun, hasil tangkapan nelayan setempat juga membuat nilai tambah dikala mengunjungi daerah yang satu ini.

Para pengunjungnya mampu membeli lalu menentukan ikan segar yang mampu langsung dibakar dan disantap di pantai. Ketika pulangpun kita mampu berbelanja dan menenteng pulang ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Pailus

Alamat Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps Tony A. M.

Pantai ini berlokasi di Kabupaten Jepara. Lebih tepatnya di Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo, Jawa Tengah. Yang berjarak sekitar 12 Kilo Meter dari Kota Jepara dengan perjalanan sekitar 25 menit memakai kendaraan bermotor.

Rute atau jalur yang mampu ditempuh dari sentra Kota Jepara menuju lampu merah pertigaan Mlonggo, kemudian ambil jalur ke arah pantai blebak. Namun jangan hingga ke pantai blebak, alasannya Pantai Pailus berada tidak jauh dari gapura pantai blebak.

Untuk jalannya sendiri telah beraspal jadi tidak perlu cemas wacana keadaan jalan yang kurang anggun. Tetapi harus perlu sedikit hati-hati sebab lebar jalan menuju pantai cukup kecil. Dimana cuma bisa dilewati satu mobil saja.

Untuk harga tiket dan beberapa akomodasi yang dapat digunakan di pantai ada beragam jenis. Namun, tetap tergolong murah. Berikut harga tiket dan kemudahan pelengkap di dalam pantai. Hari biasa (Senin sampai Sabtu) yaitu gratis untuk tiket masuk. Hari Minggu dan hari libur memakai motor Rp 3.000. Hari Minggu dan hari libur menggunakan mobil Rp 5.000.

Hari libur idul fitri Rp 10.000 perkendaraan. Untuk toilet Rp 2.000, penyewaan ban kecil Rp 5.000 dan penyewaan ban besar Rp 10.000.Perlu dikenali dimana ongkos masuk sudah termasuk tiket dan duit parkir. Kaprikornus hitungannya perkendaraan tidak perorang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pailus

Aktivitas Seru di Pantai Pailus
Image Credit: Google Maps OFJ Company

Tidak cuma indah untuk dipandang. Namun, para pengunjung juga mampu melakukan beberapa aktivitas dikala sudah hingga di pantai ini.

1. Berenang

Jelas saat hingga di sebuah pantai, akan kurang rasanya jika tidak membasahkan diri dengan air laut. Kegiatan yang pertama yang mampu dilaksanakan di pantai ini adalah berenang.

Tidak cuma untuk orang sampaumur, namun belum dewasa pun bisa menikmati bermain air tanpa takut dengan ombak yang besar. Untuk mereka yang ingin merasakan berjemur di atas permukaan air maritim mampu menggunakan ban atau pelampung yang mampu di sewa di sekitaran pantai. Ada yang berukuran besar dan kecil, silahkan sesuaikan dengan keperluan.

2. Bermain Bersama Keluarga

Pantai ini ialah pantai yang sangat cocok untuk acara wisata bersama keluarga. Oleh alasannya itu, kamu yang mempunyai anak kecil mampu secara puas bermain disini. Mulai dari bermain air bersama, bermain kejar-kejaran sepanjang bibir pantai, atau bahkan bermain ayunan bersama anak atau kerabat.

Tidak cuma untuk yang sudah berkeluarga, bagi para pasangan muda-mudi juga mampu bermain ayunan sambil tertawa bersama.

3. Camping

Menjauh dari hiruk pikuk kota dan menikmati indahnya alam terbuka nan alami yakni cara menetralisir stress yang paling ampuh. Untuk pencinta alam bebas, kamu mampu menjajal untuk melaksanakan camping di sekitaran pantai.

Pohon waru yang berkembang sepanjang bibir pantai mampu kamu jadikan kawasan untuk mengikat tendamu dan bermalam disini. Jangan lupa meminta izin ke warga setempat untuk mendapatkan keamanan lebih.

4. Berofoto

Mengabadikan beberapa momen adalah hal wajib yang perlu dilakukan ketika berlibur. Selain untuk mendapatkan ingatan yang indah dalam bermain air. Kamu juga mampu berfoto di ayunan kayu yang ada di sekitaran pantai. Jangan lupa menambahkan senyuman semoga tampaklebih mempesona.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai
Image Credit: Google Maps ning rum

Ada beberapa penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam bagi kau yang ingin ke Pantai Pailus. berikut beberapa penginapan tersebut.

1. Sekuro Village Beach Resort

Yang pertama ada Sekuro Vilage Beach Resort yang berjarak kurang lebih 3 kilo meter yang mampu ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 9 menit. Resort ini kau bisa menikmati indahnya sunset di pinggir pantai. Untuk kemudahan pemanis ada wifi dan tv yang bisa dipakai.

2. Mlonggo Asri

Berikurnya ada penginapan yang berjarak 2.5 kilo meter. Dengan asumsi perjalanan mencapai 7 menit. Penginapan ini bersahabat dengan Masjid jadi buat kamu yang ingin beribadah berjamaah bisa eksklusif kesana.

3. Santo Mencuk Hotel

Berjarak sekitar 4.5 Kilo meter dari pantai. Dan bisa ditempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Hotel ini juga mampu dipakai selaku opsi kalau kau memerlukan daerah penginapan yang tidak jauh dari pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pailus Jepara

Fasilitas Pantai Pailus Jepara
Image Credit: Google Maps khoir roni

Ada beberapa akomodasi yang bisa dipakai oleh para hadirin ketika berlibur ke pantai ini. Berikut beberapa kemudahan tersebut.

1. Warung Makan

Ketika berlibur para pengunjung mampu membeli makan di beberapa warung yang terdapat tidak jauh dari bibir pantai. Disini tidak hanya kuliner namun ada snack dan kopi untuk para pencinta kopi. Selalu amati kebersihan ketika selesai makan. Agar pantai tetap terlihat higienis dan mampu dirasakan bersama.

2. Kamar Mandi atau Toilet

Ketika sudah puas bermain air bahari. Para pengunjung bisa membersihkan diri memakai air higienis yang ada di kamar mandi. Buat yang ingin membuang air besar juga terdapat toilet yang mampu dipakai dengan harga Rp 2.000 saja.

3. Penyewaan Ban

Untuk kamu yang tidak mampu berenang namun ingin menikmati bermain air maritim jangan takut. Karena ada daerah penyewaan ban yang berskala besar atau kecil. Sehingga kamu bisa dengan puas bermain air tanpa takut tidak mampu berenang.

4. Lahan Parkir

Jelas hal yang paling utama saat mendatangi tempat wisata adalah lahan parkir. Agar saat para pengunjung menikmati liburan, mereka tidak perlu takut dengan kondisi kendaraan mereka. Disini juga ada lahan parkir yang mampu digunakan untuk memarkirkan kendaraan bermotor dan akan dijaga dengan aman hingga pengunjungnya pulang.

Demikian beberapa pembahasan mengenai Pantai Pailus yang berlokasi di kabupaten Jepara. Jika kamu ingin berlibur bareng keluarga atau pasangan dengan situasi pantai pribadi maka kamu harus menjajal ke pantai berpasir putih yang satu ini. biar berfaedah dan selamat berlibur.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!