Pantai Wedi Awu Malang, Surga Para Peselancar & Pemandangan Sunset

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pantai berbentuk tapal kuda yang sesuai untuk berselancar. Pantai Wedi Awu terletak di Kabupaten Malang selatan dan masih sungguh alami untuk kau yang mencari ketenangan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Balearjo, Purwodadi, Kec. Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Wedi Awu mungkin kurang populer di indera pendengaran wisatawan kalau mengetahui lokasinya yang berada di Kabupaten Malang Selatan. Namun dari kurang tenarnya itu yang membuatnya masih alami. Jika kamu ingin pergi berlibur ke pantai yang berada di Kabupaten Malang tetapi tidak suka hiruk pikuk. Maka kau mesti mencoba mendatangi pantai yang masih sungguh alami ini.

Pantai yang tidak terlampau besar dan tidak terlalu kecil ini memiliki pepohanan hijau yang berada di sekitaran bibir pantai. Hal ini mengambarkan jika pantai ini masih sangat alami. Tidak hanya itu pantai ini juga bisa memanjakan mata para pengunjungnya dengan dua bukit yang mengelilingi sehingga membuat sebuah selat kecil yang berbentuk seperti tapal kuda.

Tidak cuma ombaknya yang menjadi daya tarik di pantai ini namun dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya membuah tempat ini menjadi salah satu spot anggun untuk kau yang mau bercamping atau melakukan acara outbound. Untuk kamu yang cuma ingin bermain air dan berlarian di bibir pantai bisa puas menikmati pantai yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wedi Awu

Daya Tarik Pantai Wedi Awu
Image Credit: Google Maps whiempy

Mungkin pantai ini akan kalah saing jikalau kamu bandingkan dengan pantai-pantai terkenal di Malang lainnya seperti pantai Balekambang, pantai Sedang Biru dan beberapa pantai yang lain. Namun, pantai ini juga memiliki sesuatu yang tidak ada pada pantai-pantai populer yang lain. Berikut beberapa pesona dari pantai yang berada di Desa Purwodadi ini.

1. Ombak

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya salah satu pesona dari pantai Wedi Awu ialah ombaknya yang lumayang besar. Ombak ini akan terasa menantang bagi wisatawan yang suka berselancar. Banyak orang yang tiba jauh-jauh ke pantai ini hanya untuk menantang ombaknya.

Namun, untuk kamu yang baru memulai di dunia selancar. Sebaiknya hati-hati dalam memilih ombak yang ingin kau taklukan. Diluar itu dalam sisi keamanan masih dibilang elok. Karena pantai ini yang tergolong tidak terlalu besar, membuat para penjaganya mampu dengan gampang mengawasi orang-orang yang berselancar disini.

2. Pemandangan Sunset

Dua bukit kecil yang mengelilingi pantai Wedi Awu membuat pemandangan matahari terbenamnya sangat indah untuk disaksikan. Jika sudah hingga di pantai ini cobalah untuk menikmati salah satu keindahan alam ini. jangan hingga terlupakan momen untuk berfoto yang langkah ini.

3. Alam yang Masih Hijau

Tidak mampu dibantah jika wisata pantai ini masih sangat alami. Hal ini yang membuatnya menjadi kawasan anggun untuk berkemah atau melaksanakan aktivitas outbound. Namun, kamu harus sedikit waspada karena masih sangat alaminya pantai ini yang membuat beberapa hewan liar masih bisa ditemui disini. Jangan lupa juga meminta izin terhadap warga setempat jikalau ingin menciptakan tenda untuk menginap disini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Wedi Awu

Alamat Pantai Wedi Awu
Image Credit: Google Maps Toto Froto

Pantai Wedi Awu Malang ini berlokasi di Kecamatan Tirtoyudo. Tepatnya berada di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Jawa Timur. Pantai ini populer dengan mana Balearjo atau nama dusun daerah pantai ini berlokasi.

Untuk meraih pantai ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam memakai kendaraan bermotor dari Kota Malang bila tidak terkena macet. Untuk jalannya sendiri telah aspal tetapi banyak belokan sehingga cukup menguras stamina para pengemudi dalam perjalanan. Namun, semuanya akan terbayar lunas dikala hingga di lokasi.

Untuk perjalanan sendiri bisa dimulai dari alun-alun Kota Malang, mengarah ke Stasiun kota lama atau pasar Gadang, lalu ke arah Dampit. Setelah sampai di Dampit cari arah ke Kecamatan Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo ambil jalur kanan pada pertigaan lalu ikuti jalur tersebut kurang lebih 30 menit dan kamu akan hingga di bibir pantai.

Untuk mampu memasuki area pantai, hadirin harus mengeluarkan uang ongkos masuk. Untuk tiket masuk pantai ialah Rp 5.000 perorang. Sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor yaitu Rp 5.000 perkendaraan.

Makara total untuk berlibur ke pantai yang ada di Dusun Balearjo ini adalah Rp 10.000 untuk satu orang dan satu kendaraan. Harga yang sangat murah dengan penawaran pemandangan yang sangat indah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wedi Awu

Aktivitas Seru di Pantai Wedi Awu
Image Credit: Google Maps Budiharjo budiharjo

Tidak banyak acara yang bisa disediakan oleh tempat wisata yang satu ini. namun cukup untuk membuat pengunjungnya melepaskan penat dari hirup pikuknya situasi kota. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dijalankan di pantai ini.

1. Berselancar

Jelas yang paling pertama ialah berselancar alasannya ombaknya merupakan pesona yang paling utama. Tenang walaupun ombaknya yang lumayan besar tetapi pantai yang indah ini termasuk aman. Karena letaknya yang diapiti oleh dua buah bukit kecil sehingga membentuk sebuah selat kecil yang membuah orang-orang yang berselancar akan merasa lebih kondusif secara alami.

Tidak seperti pantai-pantai besar yang lain yang tidak bisa menyaksikan ujung pantai. Pantai Wedi Awu mampu dilihat dari ujung ke ujung. Sehingga semua orang yang berselancar bisa dipantau dan dibantu bila terjadi sesuatu hal yang tidak dikehendaki.

2. Camping

Menjauh dari hirup pikuknya situasi ramai perkotaan memang menjadi salah satu cara menetralisir penat yang diminati banyak orang. Di pantai ini kamu mampu mendirikan tenda untuk menginap sambil menikmati alam yang masih asri dengan pemandangan bintang diatas bibir pantai.

Bunyi suara ombak yang diikuti oleh suara hembusan angin yang menciptakan dedaunan seakan bernyanyi menunjukan betapa damainya kawasan ini.

3. Berfoto

Tidak lengkap rasanya bila tidak mengabaikan suasana liburan dengan berfoto ria. Pantai mempunya berbagai spot cantik untuk berfoto. Di pantai Wedi Awu cara yang paling manis ketika kamu berfoto adalah menggunakan go-pro di tengah-tengah bibir pantai yang mau menciptakan fotomu terlihat seperti melingkar.

Ditambah background dari pantai yang diapiti oleh dua buah bukit menjadi nilai tambah sempurnah untuk fotomu.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Pantai
Image Credit: Google Maps Toto Froto

Walaupun pantai ini berlokasi di desa tetapi masih ada beberapa tempat bagus untuk mampu dipakai untuk bermalam bagi kamu yang tidak senang menginap dengan membuat tenda di alam terbuka. Berikut beberapa kawasan yang mampu digunakan untuk bermalam dengan situasi desa namun cukup dalam hal ketentraman.

1. Almes Homestay

Berjarak kurang lebih 500 meter dari pantai yang mampu ditempuh dengan 2 menit perjalanan memakai kendaraan bermotor. Tempat ini menyediakan kamar ber AC dan free wifi bagi kau yang memerlukan internet.

2. Pak Citro Homestay

Berikutnya adalah suatu penginapan yang berjarak kurang lebih 2.5 kilo meter dari pantai. Yang diperkirakan akan memakan waktu 7 menit dalam berkendara untuk hingga ke pantai. Harga yang ditawarkan sekitaran Rp 160.000 permalamnya.

3. Banyuanjlok Homestay

Banyuanjlok homestay adalah suatu penginapan sederhana yang ada di Desa Wisata yang menawarkan air hangat nan segar. Jarak dari pantai sekitar 3 kilo meter yang mampu ditempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Untuk akomodasi aksesori ada free wifi dan tv untuk para pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wedi Awu Malang

Fasilitas di Pantai Wedi Awu Malang
Image Credit: Google Maps Fendi Ardian

1. Warung Makan

Bagi kamu yang berlibur ke kawasan ini tidak perlu takut untuk problem makanan. Karena ada beberapa warung makan yang mampu kau datangi disini. Tidak cuma itu, disini ada tempat pembakaran ikan hasil nelayan. Kaprikornus kamu bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan para nelayan lokal.

2. Toilet

Jika kita berbicara ihwal pantai tidak lengkap jika tidak ada toilet atau tempat untuk mandi sehabis puas berendam di lautan. Disini juga terdapat toilet yang mampu kau pakai untuk membersihkan diri dari air asin setelah kamu puas berenang atau berselancar sepanjang hari.

3. Parkiran

Para pengunjung akan merasa kondusif ketika tiba berwisata disini. Pasalnya ada lahan parkir untuk kendaraan mereka dan dijaga dengan kondusif oleh para petugasnya. Sehingga para pengunjung mampu bersenang-senang tanpa takut terjadi sesuatu terhadap kendaraan mereka.

4. Lapangan Kosong

Di pinggir pantai terdapat satu lapangan kosong yang bisa dijadikan kawasan untuk menciptakan tenda atau bermain bola. Biasanya tempat ini akan ada tenda dimalam hari untuk mereka yang mengadakan camping. Sedangkan untuk siangnya akan dipakai untuk bermain seperti sepak bola atau hanya kejar-kejaran diantara anak kecil.

5. Penyewaan Perahu

Untuk kamu yang ingin menikmati lautan dari atas bahtera bisa menyewa beberapa perahu nelayan untuk berlayar di sekitar pantai. Kamu bisa berfoto-foto diatas perahu yang sudah kau sewa.

Demikian sedikit pembahasan tentang pesona, alamat, jalur, harga tiket, kegiatan yang dapat dijalankan, penginapan, dan fasilitas yang ada di pantai Wedi Awu. Mungkin masih belum banyak orang tahu tentang pantai yang satu ini.

Namun pesona terkhususnya lokasi yang unik dengan diapiti oleh dua bukit menciptakan pantai ini sangat indah untuk dipandang. Jika kamu berlibur disini tetap amati kebersihan pantai supaya tetap terlihat alami. Sekian artikel ini biar berguna dan selamat berlibur.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!