Gili Nanggu Lombok, Pulau Anggun Nan Eksotis Surganya Pecinta Snorkeling

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pulau terluar dari Kepulauan Lombok ini menyuguhkan keindahan bawah lautnya tersendiri. Bernama Gili Nanggu, Anda mampu memilih objek rekreasi bahari ini untuk menghabiskan waktu piknik.

Biaya Wisata: Mulai Rp 400.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Sekotong Barat, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Sebuah formasi pulau kecil yang terletak di ujung Lombok Barat ini mempunyai keindahan alam yang wajib masuk dalam daftar kunjungan piknik Anda. Bernama Gili Nanggu, merupakan sebuah pulau yang mempunyai luas 8 hektar dengan beberapa pepohonan yang tumbuh di bab tengah pulaunya.

Keindahan bawah lautnya menjadi kelebihan utama yang disediakan oleh daerah rekreasi tersebut. Sehingga terdapat banyak spot untuk melaksanakan aktivitas menarik yang berhubungan dengan perairan. Tak cuma itu, pulau kecil satu ini juga sering digunakan untuk menggelar acara tertentu.

Suasana yang terasa lebih sepi dari kawasan wisata lain di sekitarnya, menyebabkan lokasi pulau tersebut sangat sesuai untuk mengadakan program yang lebih privat. Jika Anda kepincut mengunjungi daerah wisata satu ini, Anda bisa mendengarkanbeberapa berita berikut ini.

Daya Tarik Wisata Gili Nanggu

Daya Tarik Wisata Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps Putranji Akhyar

1. Kekayaan Biota Laut

Kekayaan bawah laut dari pulau di ujung Lombok Barat ini memang menyuguhkan keindahan yang berlainan. Bagaimana tidak, air yang jernih dengan kondisi bibir pantai yang dangkal, menciptakan siapa pun mampu dengan mudah melihat ikan-ikan kecil berenang.

Tak hanya itu, keberagaman terumbu karang juga menjadi pesona lain dari tempat kepulauan tersebut. Anda bisa menikmati keindahan kekayaan biota laut ini dengan snorkling atau diving. Hal tersebut pasti kondusif dikerjakan karena ombak lautnya yang tak begitu ganas.

2. Menjadi Lokasi Favorit untuk di Sewa

Lokasi rekreasi pulau ini memang tidak begitu ramai, bahkan tak seperti tempat wisata lain yang berada di sekitarnya. Hal inilah yang menjadi alasan dari beberapa individu untuk menyewa pulau tersebut. Banyak program tertentu yang bersifat lebih privat digelar di pulau ini.

Banyak diantaranya yang rela memesan jauh-jauh hari untuk dapat menikmati keindahan pulau ini secara individu. Namun biaya untuk menyewa suatu pulau memanglah tak sedikit, harga yang disediakan pun cukup tinggi hingga meraih ratusan juta rupiah.

Bahkan tak jarang pelancong dari luar negeri yang sudah memesan pulau ini untuk mengadakan party khusus bareng sobat atau keluarga. Tak cuma itu, lokasi pulau tak berpenghuni ini juga diakses dengan angkutanair dari bandara terdekat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gili Nanggu

Alamat Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps Urs Dreyer

Untuk lokasinya sendiri, Gili Nanggu ini berada di daerah Kecamatan Sekotong Barat yang masih satu daerah dengan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan menuju lokasi wisatanya pun cuma mampu ditempuh dengan menggunakan angkutanair. Jika Anda ialah pelancong dari luar kawasan, maka rute keberangkatan akan berawal dari bandara tersebut.

Setelah berjam-jam berada pada ketinggian melewati banyak perairan di Indonesia, maka pesawat yang Anda gunakan akan mendarat di bandara internasional di Lombok Barat. Perjalanannya berikutnya akan dilanjutkan dengan memakai kendaraan biasa untuk menuju tempat pelabuhan. Kendaraan lazim yang biasa digunakan oleh para wisatawan ialah bus.

Kendaraan bus ini banyak diseleksi karena biaya yang dikeluarkan tidak terlampau mahal, jadi Anda mampu mengurangi biaya selama piknik berlangsung. Setelah 5-10 menit perjalanan dari bandara memakai bus, Anda akan sampai di Pelabuhan Lembar yang cukup ramai oleh wisatawan.

Kemudian Anda mampu memilih berbagai jenis kapal yang mau dipakai untuk menyeberangi perairan maritim lepas supaya sampai di lokasi wisata tersebut. Untuk biaya sewa kapalnya sendiri, suatu kapal dengan kapasitas maksimal 10 orang dipatok dengan harga Rp 400.000.

Agar menerima harga yang lebih ekonomis, Anda mampu berangkat bersama dengan wisatawan lain. Biaya sewa yang berharga ratusan tersebut dapat dibagi sama rata dengan para penumpang kapal yang lain. Selama perjalanan memakai transportasi air ini, akan melihat keindahan Pulau Lombok dari sudut pandang yang berbeda.

Bagi pelancong yang bermaksud mengunjungi kawasan wisata pulau Gili Nanggu, mampu apalagi dahulu menyiapkan dana sebesar Rp5000 untuk berbelanja tiket masuk. Dengan harga tiket yang terbilang sangat murah ini, Anda akan dimanjakan oleh pesona keindahan alam yang disediakan oleh pulau berpasir putih satu ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Gili Nanggu

Aktivitas Seru Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps Yudianto Ab

1. Camping

Bagi Anda yang menggemari dunia perkemahan, tak ada salahnya mencoba mendirikan tenda di kawasan pulau kecil satu ini. Selain dapat menginap di alam terbuka, Anda juga mampu meminimalkan biaya untuk mampu menginap beberapa malam di pulau ini.

Berbagai keperluan perlengkapan untuk camping ini, mampu Anda rencanakan terlebih dahulu dari rumah. Namun bila Anda tidak memiliki perlengkapannya sama sekali, jangan cemas, sebab akan ada tempat persewaan alat untuk mendirikan suatu tenda.

2. Sewa perahu nelayan

Wisatawan yang ingin merasakan kesegaran air namun takut untuk berenang, mampu menjajal berkeliling perairan bahari dengan menggunakan perahu nelayan. Anda akan diajak mengitari tempat pulau, dan mampu melihat ekosistem laut dari jarak yang cukup akrab.

Sebenarnya bahtera milik para nelayan ini berguna untuk menangkap ikan, yang ialah profesi sehari-hari dari warga setempat. Namun sebab keramahan dari warga sekitar, Anda mampu memakai bahtera tersebut untuk berkeliling di perairan jernih dari Gili Nanggu ini.

3. Berenang

Aktivitas Seru di Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps Husain Annuri

Untuk Anda yang langsung menceburkan diri bila bertemu air maritim, Anda wajib merasakan kesegaran air maritim yang tampaksungguh jernih dari pulau ini. Ombaknya yang damai dan tidak ada batuan karang yang membatasi, menjadi lokasi yang aman untuk melaksanakan aktivitas seru satu ini.

Setelah final berenang, Anda dapat mengganti busana di beberapa kamar ganti yang telah ditawarkan untuk para turis. Kemudian Anda bisa mencari sajian enak di restoran atau rumah makan terdekat, untuk mengisi perut sekaligus tenaga Anda yang telah kosong.

4. Jogging

Menikmati pagi hari dengan jogging, mampu Anda lakukan di pulau cantik satu ini. Selain tujuan berolahraga semoga tubuh menjadi lebih sehat, Anda mampu merasakan udara segar dari pulau di ketika pagi hari.

Dengan mengambil rute jalanan pinggiran laut Gili Nanggu, bunyi deburan ombak yang menenangkan akan terdengar seperti musik dari alam. Sinar matahari pagi yang mengenai badan Anda, akan terasa hangat dan tentu saja menunjukkan sejuta manfaat baik bagi badan.

5. Menyambangi konservasi penyu

Pulau kecil di bab luar Kepulauan Lombok ini menjadi lokasi untuk mendirikan balai konservasi penyu. Terdapat banyak telur penyu yang dirawat dengan baik di balai konservasi ini.

Wisatawan yang ingin melihat secara pribadi telur penyu yang telah menetas menjadi tukik. Lalu pengelola balai konservasi tersebut akan mengajak Anda untuk melepaskan tukik tersebut di lautan lepas.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau
Image Credit: Google Maps Swen Söhngen

1. Gili Nanggu Cottage and Bungalow

Penginapan satu ini terletak di kawasan wisata Gili Nanggu, ialah di bab segi selatan dari pulau tersebut. Walaupun ongkos sewanya yang populer cukup mahal, tetapi akomodasi yang diberikan dari penginapan ini pun cukup memadai.

Tema yang dipilih untuk setiap bangunan kamarnya pun juga unik, adalah dengan bentuk yang ibarat rumah honai dengan atap dari tanaman kering. Lingkungan terbuka yang tampakmenyatu dengan alam sekitarnya, membuat suasana asri akan terasa di penginapan satu ini.

2. Kiyakabin

Hotel yang penataannya rapi di setiap sudutnya ini, menjadi favorit bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi beberapa destinasi wisata di Lombok Barat. Letaknya yang berada dekat dengan bandara, mempermudah turis dari luar daerah untuk menjangkau lokasi penginapan tersebut.

Terdapat suatu kolam renang yang menghadap langsung ke arah pantai, yang mampu dipakai untuk menikmati pagi hari yang santai. Tak lupa ditemani oleh berbagai macam masakan yummy yang disajikan khusus untuk memenuhi isi perut Anda.

3. Alden Beach House

Resort glamor satu ini ialah salah satu penginapan lain yang berada erat dengan bandara maupun pelabuhan di kawasan Lombok Barat. Material bambu banyak dipilih untuk dipakai pada beberapa ruangan dari penginapan. Hal ini akan memperbesar pesona tersendiri dari penginapan tersebut.

Selain sebab pelayanannya yang ramah, resort ini juga menghidangkan panorama indah dari suasana lautan lepas. Keindahan alam tersebut dapat Anda nikmati dengan duduk di beberapa gasebo dari bambu yang sudah disediakan oleh penginapan satu ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Gili Nanggu

Fasilitas Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps Tisna Pratama

Di daerah rekreasi Gili Nanggu ini, tersedia berbagai fasilitas mencukupi yang dapat digunakan oleh para turis yang berdatangan. Bahkan dapat Anda dapatkan sebuah resort mewah dengan desain bangunan mempesona yang menawarkan kenyamanannya tersendiri.

Selain itu, beberapa cafe dan restoran mewah internasional dapat dengan mudah Anda dapatkan di daerah pulau kecil tersebut. Adapun sebuah gasebo yang ditawarkan bagi pelancong yang ingin bersantai menikmati semilir angin dari laut.

Itulah informasi mengenasi daerah rekreasi Gili Nanggu yang namanya kini mulai terkenal. Walaupun masih terbilang sepi dari kunjungan wisatawan, namun hal itulah yang menjadi pesona tersendiri dari pulau kecil yang tidak begitu luas ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!