Pantai Bopong Kebumen, Pantai Yang Eksotis Dihiasi Laguna

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Bopong salah satu pantai populer di pesisir selatan Kebumen, Jawa Tengah. Wisata pantai berpasir kecoklatan ini menunjukkan panorama bahari dan laguna yang indah.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Kebumen ialah sebuah kawasan di Jawa Tengah yang memiliki beberapa kawasan rekreasi yang cukup mempesona untuk dikunjungi. Pantai Bopong sendiri yakni salah satu pantai yang sejatinya ialah laguna yang indah berada di sebuah pantai untuk dikunjungi oleh para pelancong. Beberapa hal mampu dikerjakan oleh pengunjung yang singgah ke pantai tersebut.

Tempat tersebut memiliki daya tarik yang tidak kalah eloknya dari beberapa pantai yang ada di tempat tersebut. Meskipun belum terlalu terkenal mirip halnya objek wisata serupa yang lain, maka mengunjunginya akan memperlihatkan nuansa lain dari berwisata ke Kebumen. Sebuah laguna ialah ikon khas yang paling menonjol dari objek rekreasi yang satu ini.

Hamparan pasir yang ada di Pantai Bopong pun juga cukup berlawanan dari pantai-pantai yang ada di kawasan tersebut. Pemandangan yang ditampilkan pun cukup indah untuk diamati. Beberapa vegetasi alam juga mampu ditemukan dengan mudah dan semakin menambah keayuan pantai. Pengunjung pun juga mampu meraihnya dengan mudah karena aksesnya tidak terlampau ekstrem untuk dilewati.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bopong

Daya Tarik Seru Pantai Bopong
Image Credit: Google Maps spet naze

1. Keindahan Pasirnya yang Mempesona

Pantai Bopong ialah salah satu pantai pasir putih yang ada di bab selatan Pulau Jawa tepatnya ada di Kabupaten Kebumen. Karena beberapa pantai yang ada di kawasan sana memiliki pasir yang rata-rata berwarna gelap, maka kawasan yang satu ini cukup berlawanan. Dengan demikian, objek rekreasi ini cukup menarik untuk dikunjungi.

Hamparan pasirnya cukup lembut dikala menyentuh kulit. Pesona pasirnya cukup indah untuk dijamah oleh para turis dengan kaki telanjang. Pengunjung bisa menikmati panorama yang diberikan kawasan sekitar sambil berlangsung menyusuri area pasir tersebut. Selain itu, bermain-main dengan pasirnya juga merupakan sesuatu yang cukup menawan untuk dilakukan.

2. Laguna Pinggir Pantai yang Menarik

Inilah ciri khas dari Pantai Bodong, yakni eksistensi sebuah area perairan berada cukup dekat dengan area lautnya. Ini ialah daratan hijau karena ditumbuhi banyak sekali rerumputan yang tumbuh cukup subur dan diselingi dengan adanya fatwa sungai di bagian tengahnya. Tanah tersebut ialah keunikan paling mencolok dari kawasan tersebut.

Beberapa tumbuhan juga nampak hidup menyelingi area hijau daratan tersebut. Letaknya berada persis di samping kawasan pasirnya membuat laguna itu makin indah untuk dijelajahi oleh siapapun yang menghabiskan waktu di sana. Kehadirannya seolah semakin memperbesar tepat bentangan alam yang ada di tempat tersebut dan mempercantik kondisi sekitarnya.

Kehadiran laguna di dekat pantai tersebut semakin membuat kenampakan yang ada di sana menjadi indah. Perairan pada laguna tersebut nampak seolah seperti kolam unik dan kadang kala menjadi objek para pelancong dalam berburu foto. Pada salah satu bagiannya juga dibentuk sebuah jembatan rekreasi yang memang dikhususkan selaku latar belakang dalam mengabadikan momen para turis.

Pada perairan tersebut juga merupakan daerah yang mampu digunakan untuk menikmati air selain lautan sekitarnya. Hal itu cukup kondusif dilaksanakan khususnya jika membawa anak kecil ke sana. Kedalamannya cukup dangkal dan menyenangkan untuk dijadikan lokasi bermain. Inilah alternatif lain khususnya ketika ombak laut selatan sedang cukup ganas menerpa bibir pantai dan hamparan pasirnya.

3. Keelokan Pemandangan Lautannya

Salah satu ciri dari Pantai Bopong ialah air bahari di sana nampak cukup jernih. Itulah sebabnya beberapa pengunjung sangat suka bermain airnya yang memang terasa cukup sejuk dikala menjamah kulit. Pemandangan maritim tersebut seolah menyatu dengan apik beserta sungai yang ada pada lagunanya. Ombak yang menerjang cukup deras dan bagi para wisatawan yang singgah ke sana harus selalu berhati-hati.

Hal itu karena pantai tersebut tergolong ke dalam jajaran garis pantai selatan Pulau Jawa yang pastinya langsung berhadapan eksklusif dengan Samudra Hindia. Ombak yang menerjang pun cukup deras dan pada saat-dikala tertentu cukup tinggi. Namun, ada keindahan tersendiri di balik ombak-ombak yang saling bersahut-sahutan singgah ke tempat tersebut.

Ombak tersebut tiba berbarengan dengan hembusan angin yang tiba menyambut orang-orang yang sedang menghabiskan waktu di tempat tersebut. Suasana di sana juga cukup tenang sehingga dapat membuat hati dan asumsi menjadi hening. Angin yang tiba di pinggir pantai memang selalu menghadirkan nuansa tersendiri yang rugi jika dilewatkan, apalagi bila telah berada di sana.

4. Kawasan Konservasi Penyu

Ini merupakan pesona lain dari Pantai Bopong, alasannya selain dapat menikmati keindahan alamnya para hadirin juga bisa menikmati pemandangan penyu-penyu yang sedang dikembangbiakkan. Lokasi ini memang menjadi satu dari tiga objek rekreasi yang menjadi konservasi penyu dengan alami. Bentangan alamnya memang nampak cocok untuk lokasi mengeluarkan dan menetaskan telur penyu.

Pada saat-saat tertentu, para turis mampu beruntung mampu menyaksikan panorama dilepaskannya bibit penyu berbentukanakan yang masih kecil dan tentu saja terlihat imut dan menggemaskan. Dengan begitu, kehadiran mereka memperbesar sesuatu yang berlainan dari daerah yang cukup menarik menjadi tujuan rekreasi dikala singgah di kawasan Kebumen.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Bopong

Alamat Pantai Bopong
Image Credit: Google Maps mardiana rahman

Pantai elok ini berada di suatu desa di Kecamatan Puring, yakni Desa Surorejan. Berada di selatan Kabupaten Kebumen, jarak yang ditempuh dari sentra kota yaitu kurang lebih 24 kilometer jauhnya. Pengunjung akan lebih erat menjangkaunya kalau berangkat dari Kota Gombong, sebab cuma berjarak sekitar 4 kilometer lebih bersahabat dari pada pusat hingar bingar Kebumen, Jawa Tengah.

Rute yang harus ditempuh untuk meraih lokasi yang cukup memukau tersebut yaitu berangkat dari Kota Kebumen menuju ke arah barat daya. Pengunjung harus menempuh Jalan Ronggowarsito apalagi dulu. Setelah itu, ambil lajur yang akan menenteng ke jalur Petahanan. Arahkan kendaraan yang digunakan menuju ke Kecamatan Klirong dan balasannya ke Kecamahatan Petahanan itu sendiri.

Ketika telah berada di Jalan Deandles, maka akan memperoleh sebuah pertigaan. Persimpangan itu berada di Desa Klegensari. Wisatawan perlu mengambil lajur kanan dan ikuti jalur itu hingga hingga kepada Pertigaan yang seringkali disebut pertigaan Munggu.

Ketika sudah sampai di sana, maka hanya perlu mengikuti jalur itu dan masuk ke Kecamatan Puring. Dari kecamatan tersebut, terdapat papan arah yang mengantarkan pengunjung ke Pantai Bopong atau lebih tepatnya Desa Surorejan itu sendiri.

Seperti halnya daerah rekreasi pantai pada umumnya di kawasan-tempat lain, maka berkunjung ke lokasi ini juga tidak akan dikenakan biaya tertentu untuk membayar tiket masuk. Pengunjung dapat dengan bebas memasuki daerah pantai dengan percuma tanpa budget yang harus dikeluarkan dari dompet.

Namun, jikalau membawa kendaraan sendiri ke sana tentu saja mesti membayar ongkos parkirnya. Tarif parkirnya juga tidak terlampau tinggi, sama seperti kebanyakan yang ada di lokasi lainnya. Untuk kendaraan beroda empat, maka perlu mengeluarkan uang sebesar 5 ribu saja. Tetapi, untuk kendaraan roda dua harus membayar 2 ribu saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Bopong

Aktivitas Seru Pantai Bopong
Image Credit: Google Maps Ady Soemitro

1. Menikmati Keindahan Pantainya

Berkunjung ke kawasan wisata pastinya perlu untuk sekadar berdiam ataupun berjalan-jalan menyusurinya. Dengan bermacam-macam hal yang dihidangkan Pantai Bopong, maka akan tidak lengkap rasanya jikalau hadirin tidak menikmati panorama tersebut. Beberapa titik bisa dipakai untuk sejenak rehat dengan duduk dan menyaksikan-lihat keadaan sekitar.

2. Berkunjung ke Laguna

Adanya laguna yang berjarak kurang lebih hanya 400 meter saja dari pinggir pantainya, sangat menawan untuk dijelajahi. Dataran yang dihiasi rerumputan hijau nampak subur dan lembut untuk dilewati oleh para wisatawan. Ini menjadi lokasi favorit para hadirin ketika berada di sana. Terdapat pula sungai mungil yang bisa dibuat untuk bermain-main dan area untuk istirahat yang syahdu.

3. Menunggu Terbenamnya Matahari

Pantai Bopong juga dapat dipakai sebagai lokasi untuk sejenak menanti sang mentari turun dan bersembunyi di gelapnya malam. Momen tergelincirnya sang surya amat manis untuk dicicipi alasannya membawa variasi warna apik di cakrawala.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Bopong

OYO 90385 Hotel Cadaka
Image Credit: Google Maps Die Hard Gooner

1. Candisari Hotel and Resto

Dengan aneka macam fasilitas yang mampu dinikmati oleh para tamu, mirip AC dan jaringan wifi, para tamu penginapan ini akan merasa nyaman saat menginap di sana. Biaya inap tiap malamnya cukup dekat, adalah berkisar pada angkat 400 ribuan saja.

2. Bungalow Suwuk River View

Penginapan ini menunjukkan beberapa akomodasi mirip AC, bak renang, dan area parkir yang memadai. Hanya perlu biaya mulai dari seratusan ribu saja maka bisa menginap di sana.

3. OYO 90385 Hotel Cadaka

Biaya kawasan ini juga cukup murah mirip tempat sebelumnya. Para tamu juga mampu menikmati banyak sekali hal mirip jaringan wifi, layanan makan sarapan, dan juga daerah parkir untuk kendaraan yang digunakan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Bopong Kebumen

Fasilitas Pantai Bopong Kebumen
Image Credit: Google Maps Febbiardani

Tempat ini mempunyai beberapa fasilitas yang mendukung aktivitas pelancong yang datang. Terdapat tempat parkir yang cukup luas menampung kendaraan wisatawan. Selain itu, ada juga mushola dan toilet bagi siapapun yang memerlukan. Tidak jauh dari lokasinya, mampu ditemukan dengan gampang beberapa pondok makan untuk membuat puas perut dikala berwisata di pantai ini.

Berkunjung ke Kebumen tidak lengkap rasanya kalau tidak mencobauntuk singgah ke lokasi rekreasi yang satu ini. Dengan banyak sekali hal serta pemandangan yang fantastis, Pantai Bopong akan mensugesti siapapun yang berkunjung ke sana.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!