Pantai Sidem Tulungagung, Rekreasi Pantai Yang Indah Di Kaki Bukit

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pantai Sidem salah satu objek rekreasi favorit di Tulungagung, Jawa Timur yang mempesona dijelajahi. Pantai berpasir yang berada di kaki bukit ini menympan pemandangan yang mempesona dan fasilitas yang mencukupi.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Sidem atau dikenal juga Bendungan Niama, sebuah bendungan yang menjadi titik final sungai di kawasan Tulungagung bagian selatan. Berlokasi di erat PLTA Niama, turis mampu menemukan sebuah area perkampungan tempat hidup nelayan lokal. Di samping itu, terdapat pula pemandangan unik dikala arus air sungai dan bahari saling terhubung.

Secara spesifik, bergotong-royong berada di sebelah barat Teluk Popoh. Administrasi wilayahnya masuk Desa Besole, Kecamatan Besuki. Menawarkan pemandangan yang terhampar di atas lahan cukup sangat luas. Sejauh mata memandang Anda akan disuguhi formasi bukit di seberang lautan, Pantai Gemah di segi barat, juga Dermaga Popoh di sisi timur.

Pantai Sidem mempunyai hamparan pasir berwarna kecoklatan, bukan alasannya kotor, melainkan begitulah adanya. Serpihan kerang tersebar hampir secara acak di sepanjang tempat pesisir. Ditemani deru ombak relatif kecil, sebagaimana layaknya pantai yang diapit oleh teluk. Walau ukuran wilayahnya sungguh luas, tetapi pengunjung akan merasa tetap sejuk akhir banyaknya pepohonan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sidem

Daya Tarik Pantai Sidem
Image Credit: Google Maps Sri Anik

1. Sejuk Akibat Banyaknya Pepohonan

Anda akan disuguhi jajaran pohon kelapa di tepi pantai dikala pertama kali menginjakkan kaki di sini, susunannya tampakbegitu ciamik. Sebelum itu, dalam perjalanan menuju daerah destinasi, terdapat banyak sekali pohon jati hingga terlihat bagai hutan jati di sepanjang jalan. Karena itu, udara tetap terasa sejuk walau di tengah cuaca terik saking beranekaragamnya pepohonan.

Udara sejuk tersebut seakan perlahan mengalir meresap ke dalam paru-paru. Tentu, situasi demikian mampu mendatangkan kesan relaksasi yang tepat, di mana Anda bisa menyegarkan asumsi dan hati sepuasnya. Belum lagi, panorama hamparan pasir halus putih yang turut memberi efek penenang.

2. Air Biru Jernih Hadirkan Rasa Tenteram

Pantai Sidem mempunyai bentangan air maritim yang berwarna biru dan jernih sehingga menciptakan rasa nyaman bagi semua orang yang menatapnya. Lingkungan di sini sungguh dijaga kebersihannya. Kalaupun Anda mendapatkan sampah, bisa dipastikan itu yakni kepingan kerang di atas pasir, yang mana hal tersebut sudah ialah suatu kelaziman bila didapatkan di bilangan pantai.

Ditemani gejolak ombak yang relatif tenang dan tidak terlampau menyambar-nyambar sebagaimana halnya suasana lautan yang lain di jajaran kawasan Samudra Hindia. Sejauh mata memandang, Anda juga akan menemukan gugusan bahtera nelayan, baik sedang berlayar atau sekadar berlabuh tak jauh dari pesisir. Semua komponen tersebut menghasilkan perpaduan panorama yang penuh harmoni.

Diliputi oleh embusan angin sepoi seolah membelai tampang, sensasi bagai meditasi agaknya dapat dinikmati oleh setiap pengunjung. Di nyaris seluruh penjuru pantai, pengunjung akan disuguhi jajaran industri rumah tangga.

3. Batu Karang yang Tampak Kokoh

Mengingat betapa luasnya kawasan Pantai Sidem, Anda memang butuh upaya lebih keras untuk bisa menelusuri seluruh keindahan yang ada. Agak sedikit di akrab bentangan air gila, Anda mampu melihat panorama bebatuan karang. Terlihat begitu artistik dan ikonik sehingga tidak jarang berhasil menggoda para hadirin untuk berfoto ria di atasnya.

Tak sekadar bebatuan keras dan kokoh, di sekelilingnya berkembang deretan pulau tak berpenghuni dengan formasi pepohonan hijau di kejauhan. Kabar baiknya, Anda bisa naik ke atas perbukitan yang berisi aneka pepohonan kalau tertarik mengetahui lanskap sarat dar destinasi satu ini. Kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri dikala mengarahkan persepsi mata ke arah samudra.

4. Serpihan Kerang Tampak Bagai Kilau Mutiara

Daya Tarik di Pantai Sidem
Image Credit: Google Maps Bumi Bupolo

Jika Anda berani meninjau dari sudut pandang berbeda, bagian kulit kerang yang tersebar di atas hamparan pasir justru akan meninggalkan kesan eksotis. Kulit kerang bab dalam yang berwarna putih mengilat tampaksedemikian kontrasnya dengan pasir yang secara umum dikuasai kecokelatan.

Terlebih, dikala sinar sang surya memantul di atas potongan tersebut, perpaduan yang dihasilkan sungguh mampu manjakan mata. Jika Anda merasa butuh kegiatan tak umumselama bertamasya, memungut kulit kerang barangkali mampu dijadikan salah satu tumpuan.

Tak perlu cemas atau malu, hadirin lain terlalu sibuk bersenang-bahagia untuk mengamati orang yang tak dikenal. Hanya dengan dibayangkan, momen tersebut telah terasa mengasyikkan untuk dilakoni di Pantai Sidem.

5. Banyak Spot Foto yang Menarik

Tak sekadar menyajikan pemandangan menawan , pihak pengelola juga berusaha menawarkan pelayanan terbaik kepada para pengunjung. Salah satunya terwujud dalam penyediaan spot foto buatan dengan beraneka bentuk seperti heart, landmark pantai, dan sebangsanya.

Bagi para pecinta fotografi atau sekadar menyukai acara berfoto ria untuk dipajang di kanal sosial media, tempat ini bisa menyanggupi hasrat narsis Anda. Abadikan setiap momen agar tidak gampang dilupakan. Baik itu di spot foto yang sifatnya memang sudah tercipta secara alami mirip bebatuan karang, atau didesain sedemikian rupa oleh pengelola walau agaknya terkesan sederhana.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sidem

Alamat Pantai Sidem
Image Credit: Google Maps ngindi karimul

Tepat di lokasi 2 km dari Pantai Popoh yang telah lebih dahulu dikenal luas, tempat Pantai Sidem terbentang. Berada di barisan yang serupa, pantai ini membentang di balik kaki bukit. Di samping itu, termasuk salah satu pantai di Samudra Hindia. Mengingat lokasi yang demikian, cukup sulit mendeskripsikan rute menuju ke sini dengan spesifik.

Umumnya, pengunjung mampu menumpang kendaraan pribadi berupa motor dan juga kendaraan biasa serupa ojek. Berangkat dari Tulungagung, Jawa Timur, ambil jalur ke arah Boyolangu, teruskan perjalanan hingga tiba di Campurdarat. Mulai dari sini, Anda bisa mengikuti isyarat arah ke destinasi tujuan.

Namun demikian, tentukan Anda tetap memberdayakan Google Maps. Ikuti setiap isyarat voice over sebaik mungkin semoga tidak kehilangan arah. Alternatif rute lainnya, Anda bisa berpatok pada Pantai Popoh. Jalur pertama, Anda perlu melintasi suatu jembatan di tebing karang, persisnya di Pantai Popoh sebelah barat. Jalur kedua, ambil arah yang sama dengan pintu keluar Pantai Popoh.

Beroperasi setiap hari selama 24 jam penuh, Anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000. Jika membawa motor ditambah biaya parkir Rp 1000, sedangkan mobil Rp 2.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sidem

Aktivitas Seru Pantai Sidem
Image Credit: Google Maps Trio Santoso

1. Berjemur di Tepi Pantai

Sangat direkomendasikan terhadap para pengunjung yang kesehariannya habis di perkantoran, di mana ada terlalu banyak waktu yang terlewati di bawah guyuran AC. Waktunya melepaskan diri sejenak dari kegiatan rutin, penuhi kembali kebutuhan sinar mentari Anda selagi di Pantai Sidem. Di antara hilir pulang kampung insan, di bawah naungan langit biru, Anda mampu menggelar tikar di atas hamparan pasir.

Berbaringlah tanpa rasa beban di hati. Nikmati setiap detik yang mungkin jarang terjadi dalam hidup Anda karena padatnya permintaan pekerjaan. Benda wajib yang mesti disiapkan adalah sunblock dan kacamata hitam, mampu juga ditambah topi lebar. Kawasan pantai yang luas, cukup memungkinkan Anda untuk mencari arena berjemur lain jika keberatan merebah di atas pasir.

2. Berenang atau Sekadar Berendam

Walau gejolak ombaknya tidak terlampau ganas, tetapi Anda tetap perlu berhati-hati. Bagaimanapun juga, Pantai Sidem termasuk kawasan Samudra Hindia. Karena itu, kalau ingin bermain di air, sebaiknya ambil arena di akrab pesisir. Hindari bergerak terlalu ke tengah karena mampu jadi berbahaya.

Apabila Anda datang bersama anak kecil, kegiatan di air tidak begitu disarankan, sebaiknya cari yang lain. Terlebih, bila Anda kesusahan mengontrol mobilisasi si kecil. Tentunya, Anda ingin bersenang-bahagia selagi di sini, bukan justru dibikin pusing sendiri.

3. Memancing

Aktivitas Seru di Pantai Sidem
Image Credit: Google Maps Maz Iriil

Walau memancing dirasa terlalu membosankan bagi pada umumnya orang, namun ada saja yang menggemari kegiatan tersebut. Bagi Anda yang kegemaran menunggu ikan mengkonsumsi umpan, cobalah minat terhadap nelayan setempat untuk dikirimkan ke tengah lautan. Anda mampu menyewa bahtera milik warga dan menanyakan di mana kiranya lokasi yang tepat untuk memperoleh ikan.

Apabila Anda berhasil membawa pulang ikan, akan makin seru untuk dikonsumsi bareng di tempat pantai. Cara penyajiannya mampu dengan dibakar untuk lebih gampangnya. Jika memang berniat demikian, artinya Anda perlu mempersiapkan perlengkapan mencukupi sedari rumah.

4. Menjelajah Pantai Hingga Lelah Menerpa

Khusus para pecinta petualangan, Pantai Sidem bisa dikatakan arena yang cukup menantang. Baik dari sisi ukuran, sejarah, budaya masyarakat lokal, bahkan keberadaan spot menariknya layak untuk ditelusuri. Tebing karang, gugusan pulau tak berpenghuni, gugusan perbukitan hijau, luasnya samudra, dan masih banyak lagi. Tinggal menyesuaikan dengan selera.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Sidem

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Sidem
Image Credit: Google Maps Wisma Mina Popoh

1. Agbil Homestay

Tempat menginap ini menyediakan fasilitas lazim berbentukparkiran dan terusan Wifi. Anda cukup mengeluarkan uang Rp 97.000-an per malam.

2. Karanggoso Indah Hotel

Menginap di Karanggoso Indah dipatok tarif Rp 100.000-an per malam. Fasilitasnya berbentukWiFi, AC, parkiran, dan resepsionis 24 jam.

3. Crown Victoria Hotel

Hotel dengan harga terjangkau disokong fasilitas yang memadai, seperti lift, WiFi, resepsionis 24 jam, kolam renang, parkir, restoran, dan AC. Tarif per malam kisaran Rp 560.000-an.

Sebagai catatan, seluruh rekomendasi penginapan bisa Anda pesan melalui situs atau aplikasi perjalanan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Sidem Tulungagung

Fasilitas Pantai Sidem Tulungagung
Image Credit: Google Maps Aufa Alfarikhi

Pantai ini sudah didukung oleh akomodasi yang memadai selaku objek rekreasi. Sudah tersedia kamar mandi, daerah istirahat, warung makan, dan musala. Kebutuhan dasar hadirin bisa tercukupi. Makanan dan minuman yang disediakan berupa olahan hasil bahari dan harganya sungguh ramah di kantong.

Sepanjang jalan ke Pantai Sidem di Tulungagung akan merasakan kedekatan dengan alam, khususnya sehabis memasuki daerah hutan jati. Untuk acara berkendara yang lebih menggembirakan, tentukan Anda tidak tiba sendirian. Ajaklah orang terdekat mirip pasangan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!