Pantai Lampuuk Aceh Besar – Pesona, Aktivitas Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Lampuuk salah satu objek rekreasi pantai yang populer di Aceh Besar yang menawan dijelajahi keindahannya. Pantai pasir putih yang menjadi tujuan favorit peselancar dan olahraga air yang lain.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 07.00-17.00, Alamat: Meunasah Masjid, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh; Map: Cek Lokasi

Disebut-sebut selaku kota Serambi Mekah, Aceh memang banyak disorot sebagai kawasan otonom yang istimewa. Tidak cuma berkat sejarah perjuangan sebelum kemerdekaan Indonesia, nyatanya Aceh mempunyai kawasan rekreasi alam yang menakjubkan. Sebelum peristiwa tsunami Aceh di tahun 2004, sempat hits suatu kawasan rekreasi bernama Pantai Lampuuk.

Pantai yang satu ini terhubung eksklusif sampai ke Samudera Hindia. Tidak heran ombak laut serta kenampakan pantainya begitu luar biasa. Selain itu panorama alam juga masih sangat alami. Ini juga yang menjadi pesona tersendiri dari pantai ini, bahkan pengunjungnya juga banyak yang dari luar kawasan.

Berbagai daya tarik serta keunikannya bisa membuat siapapun takjub. Bisa dibilang, pantai ini masih menjadi primadona hingga sekarang. Terletak di Kabupaten Aceh Besar, Pantai Lampuuk menjadi tempat rekreasi pilihan yang layak masuk daftar tujuan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lampuuk

Daya Tarik Pantai Lampuuk
Image Credit: Google Maps Sarjana Politik

1. Pantai Dengan Hamparan Pasir Putih yang Indah

Mengingat Pantai Lampuuk yang ada di Aceh, ternyata pantai ini mempunyai garis pantai yang begitu indah. Selain itu, area pantainya juga dipenuhi dengan hamparan pasir putih nan halus. Yang paling unik dari penampakan pantai ini yakni bentuk pantai yang melengkung layaknya sebuah teluk. Selain itu, pantai ini juga terhampar sejauh 5 km.

Untuk ukuran pantai, Aceh memang tidak segan-segan menunjukkan bentang alam yang begitu memukau. Warna bahari yang nampak biru kehijauan juga menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi semilir angin khas pantai yang memberikan hawa sejuk kepada setiap hadirin.

Wilayah pantai manis ini memang masih alami. Hal ini alasannya adalah wilayahnya belum banyak tersentuh oleh pembangunan. Sehingga suasana liburan bareng alam pun mampu terwujud dan bisa lebih berkesan.

2. Dikelilingi Pepohonan Rimbun yang Menghijau

Suasana alami nan asri yang dimiliki oleh Pantai Lampuuk memang memberikan magis tersendiri. Di sinilah Anda mampu menikmati panorama bukit yang mengelilingi batas pantainya. Pegunungan yang nampak biru dari kejauhan. Juga pepohonan lebat yang merimbun menciptakan diri merasa tenteram.

Gemerisik pepohonan yang tertiup angin memberikan harmoni tersendiri. Belum lagi ombak pantai yang cukup riuh ikut menerpa bibir pantai. Sungguh menjadi satu paket yang luar biasa.

3. Konservasi Penyu

Daya Tarik di Pantai Lampuuk
Image Credit: Google Maps Herman Drone

Kekayaan alam yang dimiliki oleh Pantai Lampuuk memang menarik untuk dieksplore. Apalagi dengan adanya konservasi penyu yang sudah diberlakukan oleh pengelola tempat pantai. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa tukik yang menghampiri tempat pantai untuk bertelur. Atau Anda bisa pribadi berkunjung ke kawasan penangkaran penyu. Di mana tempat ini berada tidak jauh dari lokasi pantai.

Selain itu hadirin juga bisa menikmati pengalaman melepas penyu ke laut lepas. Pasalnya tukik yang berada di daerah konservasi akan dipelihara sampai cukup umur. Setelah itu tukik-tukik tersebut akan dilepaskan ke maritim lepas dan mengikuti keadaan dengan habitat aslinya.

4. Ombak Menakjubkan untuk Peselancar

Pantai Lumpuuk adalah surganya para peselancar. Pasalnya disinilah Anda bisa mendapati ombak pantai yang cukup riuh. Apalagi ketika ekspresi dominan kemarau tiba. Yaitu sekitar bulan Juni, Juli dan Agustus disini akan menjadi kawasan favorit para surfer.

Dengan menenteng papan selancar, hadirin dapat menikmati deru ombak yang menerjang besar lengan berkuasa. Menghempaskan setiap peselancar yang ingin menguji adrenalin.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Lampuuk
Image Credit: Google Maps Takwir Adam

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Lampuuk memang tidak bisa dinafikkan lagi. Banyaknya pengunjung yang datang ke daerah ini juga menjadi bukti bahwa pesonanya sukses memikat setiap khalayak. Jika penasaran, Anda mampu pribadi pergi ke Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar, provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Di antara zaman yang semakin meningkat , pantai ini juga ikut mengalami perubahan. Perubahan tersebut yakni dengan tergabungnya beberapa destinasi wisata lain yang berada satu tempat dengan wisata pantai ini.

Agar bisa sampai di lokasi yang tepat, hadirin mesti melalui beberapa rute. Jika berangkat dari kota Banda Aceh, Anda cuma memerlukan waktu sekitar 20 menit saja untuk hingga di lokasi wisata. Untuk kendaraanya sendiri dianjurkan untuk pakai kendaraan pribadi saja.

Pasalnya kalau Anda memakai kemudahan lazim mirip labi-labi. Membutuhkan waktu lebih usang untuk sampai di tempat wisata yang epik nan eksotis tersebut. Kira-kira waktu yang harus dipakai untuk perjalanan sekitar 40 menit.

Untuk pelancong lokal, biasanya menempuh rute perjalanan melewati jalur babah satu dan babah dua. Dalam bahasa Aceh sendiri, Babah juga bermakna Jalan. Jalur atau babah yang disebutkan di atas menandakan setiap ruas dari kawasan pantai.

Pantai Lampuuk, tempat indah berjuta daya tarik yang ada di Aceh ini memang banyak menjadi tujuan piknik. Meski hadirin diharuskan membayar tiket masuk, hal itu tidak mengurangi ketertarikan untuk berkunjung kesini. Selain itu, ongkos yang dikeluarkan juga masih ramah di kantong.

Hanya dengan membayar sebesar Rp 3000, Anda sudah bisa menikmati segala kenampakan alam yang ada. Puaskan diri Anda dengan berbagai acara pantai yang seru dan menggembirakan. Harga tersebut belum tergolong dengan alat pantai lainnya ya. Jadi, pastikan Anda menjinjing uang lebih untuk menikmati segala aktivitas menawan di pantai pasir putih ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Lampuuk

Aktivitas Seru Pantai Lampuuk
Image Credit: Google Maps Sukron Samosir

1. Berenang

Sudah berada di Pantai Lampuuk namun belum merasakan kesegaran airnya memang kurang afdhol. Jangan sia-siakan waktu Anda, pastikan menceburkan diri di air nan jernih pantai ini. Dikenal mempunyai air yang begitu segar dengan gradasi biru kehijauan, pantai ini memang menawan . Apalagi dengan formasi pegunungan yang ikut menjadi pemanis dari pemandangan alam di sini.

Jika tidak mampu berenang Anda mampu menyewa pelampung. Meski begitu harus tetap hati-hati ya. Pasalnya ombak di pantai ini cukup riuh. Pastikan Anda tetap berada di area aman untuk berenang.

2. Menikmati Panorama Sunset

Puas berkeliling di pantai, tak terasa waktu senja sudah nyaris tiba. Pada ketika itulah hadirin berbondong-bondong berkumpul di area pantai. Menghentikan segala acara yang sebelumnya dijalankan. Digantikan dengan keindahan pemandangan matahari terbenam yang begitu menawan .

Cahaya senja yang menyembul diantara formasi pegunungan. Membuat bias yang begitu indah di permukaan air maritim. Inilah pesona Pantai Lampuuk yang tak bisa dilewatkan siapa pun. Menandakan bahwa malam akan secepatnya tiba. Cahaya berwarna jingga menyinari langit di Aceh Besar. Sungguh lukisan Tuhan yang tiada dua. Seolah memanjakan pandangan cuma dalam sekali tatap.

3. Menaiki Banana Boat

Selain ativitas mampu berdiri diatas kaki sendiri mirip berenang dan berselancar, ternyata ada wahana menarik yang bisa Anda coba. Apalagi jika bukan menaiki banana boat. Biasanya wahana ini akan dinaiki oleh sekitar empat penumpang saja. Selanjutnya mereka akan ditarik memakai boat mulai dari kecepatan rendah hingga kecepatan sedang.

Pengunjung juga akan dilengkapi dengan pelampung. Dengan menaiki wahana ini Anda bisa menikmati berkeliling bahari sambil merasakan percikan air yang membasahi tubuh.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Hermes Palace Hotel
Image Credit: Twitter Hermes Palace Hotel

1. Hermes Palace Hotel

Masih ingin berlama-lama di Aceh Besar? Anda mampu menginap di salah satu penginapan terdekat Pantai Lampuuk yakni Hermes Palace Hotel. Penginapan yang satu ini berada tidak jauh dari lokasi pantai, tepatnya sekitar 2,5 km.

Dengan kemudahan berupa area parkir gratis, paket sarapan, serta full. internet, penginapan ini layak menjadi daerah menginap. Desain interiornya pun layak diacungi jempol.

2. Kyriad Muraya Hotel Aceh

Penginapan terdekat selanjutnya dimiliki oleh Kyriad Muraya Hotel Aceh. Penginapan yang satu ini berada 3,5 km dari lokasi pantai. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan aneka macam akomodasi yang ada. Anda juga mampu pilih jenis kamar sesuai kantong.

3. The Pade Hotel

Berjarak 3,6 km dari lokasi rekreasi, The Pade Hotel masuk ke dalam jajaran penginapan terdekat dari tempat rekreasi. Di sini hadirin mampu menikmati banyak sekali akomodasi properti maupun fitur ruangan yang bermacam-macam. Dengan interior modern, The Pade Hotel bisa menjadi daerah bermalam yang menggembirakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Lampuuk
Image Credit: Google Maps Ucik Ucik

Sebagai kawasan rekreasi yang pernah menjadi saksi bisu tsunami Aceh di tahun 2004, Pantai Lampuuk kini sedang melakukan perkembangan. Pasalnya, tragedi di kurun silam sempat meredupkan daya tarik dari pantai indah ini. Bahkan waktu itu pemukiman masyarakatjuga porak poranda balasan terjangan air yang begitu berpengaruh.

Meski begitu pihak pengurus tetap melakukan perbaikan dan pengembangan terkait tempat rekreasi. Sehingga, kini pengunjung mampu puas menikmati banyak sekali wahana pemanis yang ada. Bahkan untuk menunjang aktivitas pengunjung, di area pantai ini sudah tersedia restoran dan cafe. Tersedia pula daerah parkir, toilet, serta mushola.

Nah, itu beliau aneka macam ulasan menawan perihal Pantai Lampuuk di Aceh Besar. Tempat para peselancar menikmati hari bergelut dengan ombak. Meski pernah terpuruk, pantai manis ini tetap mempunyai pesona yang hebat. Pastikan Anda datang kesini saat libur tiba.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!