Pulau Sambu Batam – Pesona, Aktivitas Piknik, Lokasi & Ongkos Rekreasi

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Sambu populer sebagai pulau kilang minyak di Batam yang menarik dieksplor pesonanya. Pulau mungil dekat Singapura memberikan bermacam-macam aktivitas seru dan fasilitas wisata terbaik.

Biaya Wisata: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Sari, Kec. Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Batam yaitu suatu Kepulauan yang memiliki berbagai macam pantai yang cantik dan tentu saja siap untuk  Anda kunjungi. Di Batam juga banyak berjajar-jajar pulau kecil yang ramah untuk pengunjung dan mempesona untuk dikunjungi, walaupun acap kali pulau itu belum populer karena akses menuju tempat tersebut yang sulit.

Salah satunya yaitu Pulau Sambu. Pulau ini masuk ke dalam gugusan pulau-pulau yang berada di Kepulauan Riau. Hanya yang berbeda, pulau ini tentu saja mempunyai daya tarik yang berlawanan dengan pulau yang lainnya. Pulau lain mempunyai wisata laut yang indah dan menciptakan para hadirin ingin untuk menyambanginya, namun cukup berbeda dengan pesona di pulau ini.

Di antara banyaknya pulau kecil yang berada di sekitar kawasan Batam, Pulau ini merupakan pulau yang sangat bersejarah. Karena pulau Sambu ini sudah dijadikan selaku storage oil tank yang dilakukan oleh perusahaan minyak Royal Dutch Shell mulai tahun 1927.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sambu

Pulau Sambu Batam
Image Credit: Google Maps Hendra Gunawan

Penduduk di Pulau Sambu banyak yang telah pindah tempat tinggal dan tidak lagi menghuni pulau yang sudah tak pernah lagi beroperasi. Pulau ini dulunya adalah tempat kilang minyak, sekarang telah tidak pernah beroperasi dan meninggalkan aneka macam gedung-gedung dan rumah kosong yang mempunyai arsitektur melayu.

1. Letak Pulau Sambu yang Strategis

Batam termasuk salah satu kota yang memiliki letak cukup strategis alasannya Batam terletak di jalur pelayaran internasional. Kota yang mempunyai luas sebesar 3.990 km2 ini mampu dikenali jika tempat ini mempunyai pelabuhan internasional terbanyak di Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti Pelabuhan Ferry Harbour Bay, Internasional Sekupang, Batam Centre, Noangsa Pura, Internasional Waterfront, Yang menjadi menarik, pelabuhan itu juga memberikan sebuah kemudahan bebas visa bagi para hadirin dari negara-negara tertentu.

2. Bangunan Kosong yang Indah

Tidak cuma rumah yang ditinggal para penghuninya, pulau ini lengkap dengan kemudahan umum mirip masjid, gedung bioskop, gedung yang terdapat secajar, pagoda selamat tiba, wisma, sampai ada kantor pos ada di Pulau Sambu ini. Dari masjid tersebut juga memberikan view yang sungguh indah sebab berada di dataran tinggi.

Di Gedung-gedung itu juga lah yang membuat para pengunjung kepincut untuk menyambanginya. Meskipun telah tidak ada penghuninya, tetapi gaya dan desain dari bangunan tersebut sungguh mempesona untuk Sebagian hadirin. Dari atas pulau ini,  Anda juga mampu melihat kapal yang berlayar dari Singapura karena jaraknya yang akrab.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Alamat Pulau Sambu
Image Credit: Google Maps The Ray Official

Pulau Sambu ini berlokasi di seberang Batam, tepatnya berada di sebelah utara dari Sekupang. Untuk menuju ke pulau ini, kita harus menaiki perahu motor atau yang umum disebut pancung dari pelabuhan Sekupang. Letak Pelabuhan Sekupang ini berada sempurna sebelum pintu masuk ke terminal ferry internasional, dan  Anda belok kiri untuk hingga di pelabuhan.

Biaya untuk naik pancung ini untuk menuju ke pulau seharga 15.000 rupiah (pada tahun 2016) dan untuk sampai ke lokasi cuma diharapkan waktu sekitar 15 menit saja. Sebelum masuk untuk menyaksikan-lihat di kawasan pulau ini,  Anda mesti mendapatkan ijin apalagi dahulu dari pihak security di sana.

Anda mampu mengunjungi Pulau Sambu tanpa ada harga tiket masuk yang biasa dikatakan gratis. Karena di pulau ini tidak ada orang yang menjual tiket masuk ke pulau ini.  Anda juga bisa mendatangi kawasan ini tanpa mesti menimbang-nimbang jam buka dan jam tutup. Karena tidak ada batasan waktu yang ditentukan untuk tiba ke Pulau ini. Pulau yang memberikan nilai sejarah dan arsitektur yang bagus tanpa dipungut ongkos tiket masuk untuk kesana.

Aktivitas yang Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pulau Sambu Batam
Image Credit: Google Maps Abdul Rafik

1. Explore Rumah Kosong Pulau Sambu

Di pulau Sambu ini banyak sekali rumah kosong yang sudah ditinggal oleh para penghuninya pada tahun 1990-an dikarenakan berhentinya operasi kilang minyak. Banyak penghuni pulau tersebut berpindah daerah ke Batam dan meninggalkan bangunan rumahnya tersebut.

2. Berkunjung ke Masjid Al-Muhajirin

Suasana di Pulau Sambu ini bisa dibilang sangat sepi dan lengang dari keramaian acara manusia. Sangat cocok untuk  Anda yang ingin sekali berlibur ke kawasan yang kondusif, tenang dan sepi.  Anda bisa mendatangi masjid kokoh bangkit dan terawat di kawasan pulau, masjid itu diberi nama masjid Al-Muhajirin.

3. Jalan-Jalan Menyusuri Tepian Pantai

Di tepi sepanjang jalan pantai hanya terdapat berderet-deret rumah kayu tak berpenghuni dan terbengkalai. Tetapi, pantai yang berada di Pulau Sambu masih terbilang bersih dan manis alasannya tidak adanya sampah yang dibuang ke maritim.

Dan juga  Anda mampu menyaksikan dari jauh Negara Singapura yang sangat terang sebab akrab dari pulau ini. Jalanan di pinggir pantai yang memiliki suasana asri dengan diiringi semilir angin bahari yang berdesir dan mendengarkan suara ombak bahari yang hening menciptakan liburan  Anda makin tepat.

4. Berfoto untuk Kenang-Kenangan

Di Pulau Sambu ini terdapat aneka macam bangunan-bangunan yang memiliki gaya arsitektur melayu yang pastinya cocok untuk  Anda jadikan spot foto yang keren dan juga instagrammable. Di pulau ini dengan banyaknya rumah dan gedung gedung kosong tidak membuat kesan yang menyeramkan, malah banyak dijadikan spot foto yang unik oleh para hadirin.

5. Memetik Buah Mangga

Anda dilarang memetik buah mangga asal-asalan di Pulau Sambu ini,  Anda mesti ijin apalagi dahulu kepada petugas yang berjaga dikala itu di pulau ini. Di pulau manis ini memang banyak sekali mangga bergelantungan yang tidak tahu pemilik siapa. Maka dari itu para petugas akan memberi ijin terhadap  Anda untuk memetik buah mangga di tempat ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Kilang Minyak

Penginapan Pulau Sambu Batam
Image Credit: Google Maps Abdul Rafik

1. KTM Resort Batam

Resort santai ini berlokasi di tepi Selat Singapura, berjarak sekitar 3 km dari Terminal Feri Internasional Sekupang. Tempat ini mempunyai situasi yang hening dan damai, cocok untuk  Anda yang suka dengan ketenangan. Dan juga KTM Resort Batam ini mempunyai pem  Anda ngan hamparan hijau flora dan tanam tanaman yang siap menyambut   Anda .

Fasilitas di KTM Resort Batam ini sungguh lengkap. Disini tersedia Spa,Wi-Fi gratis, Kolam Renang luar, Restoran, Bar, Resepsionis 24 jam, Business Center, Ruangan ber-AC, Tempat parkir yang luas dan gratis, Room Service, dan juga mempunyai saluran ke pantai yang mudah.

2. Hotel Gloris

Hotel berbintang tiga ini memiliki harga yang cukup murah namun tenteram untuk daerah bermalam sementara   Anda . Hotel ini beralamat di Komplek Nagoya City Centre Blok I No.8, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Di hotel Gloris ini mempunyai fasilitas yang cukup bagus untuk harga hotel yang terbilang murah. Hotel ini cocok untuk anak anak, disamping itu di hotel ini memiliki akomodasi kamar ber-Ac, dan juga Layanan Resepsionis 24 jam yang ramah.

3. Holiday Inn Resort Batam

Holiday Inn Resort Batam ialah salah satu hotel berbintang 4 yang akrab dengan Pulau Sambu. Hotel ini memiliki suasana yang sejuk dan tenang karena tempatnya yang cukup luas dan juga jarangnya orang yang menginap disini dikarenakan harganya yang agak mahal. Tetapi walau harganya mahal, hotel ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap.

Fasilitas di hotel ini meliputi kawasan parkir yang luas dan gratis, kolam renang, spa, Wi-Fi gratis, restoran, kafe, room service, daerah bermain golf, layanan resepsionis 24 jam, layanan penatu supermarket, layanan concierge, bak renang yang ada di luar dan di dalam ruangan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Sambu Batam
Image Credit: Google Maps Budi Surya Nugraha

Pulau Sambu untuk dikala ini masih mempunyai penduduk yang menghuni di dalamnya. Meskipun lebih banyak dahulu ialah sekitar 200 orang,  Anda sebagai hadirin masih tetap mampu menikmati beberapa kemudahan yang ada di daerah pulau. Disini tersedia tempat makan untuk  Anda makan yang sudah disediakan disana oleh para penduduk.

Di Pulau Sambu ini masih terdapat masjid yang berfungsi dengan baik untuk  Anda bisa melakukan ibadah atau cuma sekedar istirahat sejenak. Nantinya juga ada rumah-rumah para penduduk yang hendak menolong  Anda alasannya adalah tidak semuanya ditinggal oleh para pemiliknya untuk pindah ke tempat lain. Disini juga terdapat ATM yang masih berfungsi dan dipakai dengan baik.

Untuk  Anda yang suka traveller atau berpetualang dan suka menelusuri sejarah, masukkan Pulau Sambu selaku pulau yang nantinya bakal  Anda kunjungi. Karena disini aneka macam sejarah dan keindahan yang mampu  Anda explore biar mampu memperbesar wawasan  Anda ihwal sejarah.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!