Pantai Carolina Padang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Carolina salah satu objek wisata pantai di Bungus, Kota Padang. Pantai cantik yang menghidangkan pemandangan alam yang mengagumkan dihiasi banyak pepohonan, bebatuan dan mercusuar peninggalan Belanda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-19.00 WIB, Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Carolina telah dikenal sejak dahulu, kisaran tahun 1880-an. Ukurannya secara biasa terbilang luas, namun garis pantai condong pendek. Seiring meningkatnya jumlah wisatawan di Padang, pemerintah dan masyarakat setempat melakukan sejumlah pembenahan.

Suasananya tidak mengecewakan sejuk, aneka pepohonan serupa pinus dan kelapa berkembang di pinggir pantai. Pasirnya tidak begitu putih dan halus. Banyak kerikil batu tersebar di dekat hamparan pasir. Namun, masih aman untuk dijadikan arena bermain utamanya bagi anak kecil.

Pengunjung akan menyaksikan deretan bukit di kejauhan. Gemuruh bunyi ombak terdengar amat jelas, disertai oleh intensitas yang tinggi. Airnya tidak terlampau jernih, sebagaimana layaknya kondisi bahari di area pemukiman. Meski demikian, beragam aktivitas seru mampu Anda kerjakan setiba di Pantai Caroline.

Daya Tarik yang Dimiliki di Pantai Carolina

Daya Tarik Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps frans sinatra

1. Ombak yang Menantang

Intensitas ombak di sini cukup tinggi, tetapi tidak terlalu berbahaya mirip di bahari lepas. Cocok untuk dimanfaatkan sebagai lokasi berselancar bahkan oleh pemula sekalipun. Sebelum itu, tentunya Anda mesti mempunyai kemampuan berenang yang mumpuni apalagi dahulu.

2. Banyak Pepohonan

Pohon pinus dan kelapa tersebar di seluruh kawasan pinggir pantai. Ditata sedemikian rupa hingga menciptakan kenyamanan. Tingginya diperkirakan mencapai 1,5 meter. Walau udara di akrab bahari terkenal panas menyengat, namun kehadiran pepohonan mampu memberi keteduhan. Meski demikian, Anda mesti tetap memakai sunblock.

3. Bebatuan yang Terlihat Estetis

Banyak batu-watu tersebar di daerah pesisir. Bentuknya beragam dengan tekstur yang mampu dikatakan halus. Pengunjung kerap duduk kalem di atas bebatuan sambil menatap bentangan laut. Salah satu spot yang estetis untuk berfoto ria.

4. Area Daratan Landai dan Luas

Inilah yang paling menawan dari Pantai Carolina. Sebelum menginjak hamparan pasir, Anda akan melewati daratan landai yang tampakbagai hutan pinus. Tanah lapang yang juga difungsikan selaku area parkir. Biasa dipakai menjadi arena outbond dan liburan oleh rombongan hadirin.

5. Sebuah Mercusuar Peninggalan Belanda

Memang benar, mercusuar merupakan sesuatu yang lumrah di tempat pantai. Namun, Pantai Carolina memiliki pemancar yang sudah ada semenjak periode kolonial. Alat peninggalan Belanda ini menyimpan nilai klasik dan bersejarah. Anda pun akan disuguhkan lanskap menawan dikala berada di puncaknya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Caroline

Alamat Pantai Caroline
Image Credit: Google Maps frans sinatra

Banyak alternatif fasilitas transportasi bila Anda berencana ke Pantai Carolina, baik memberdayakan kendaraan pribadi maupun lazim. Berlokasi di Jalan Padang Painan, Kelurahan Bungus Selatan, terpaut sekitar 30 kilometer dari sentra kota Sumatera Barat. Setidaknya butuh 50 menit perjalanan untuk sampai di sini.

Apabila ingin menumpang kendaraan umum, Anda mampu mengambil bus yang bertrayek Kota Padang-Bungus. Anda akan dihidangkan beragam panorama memesona di antara jalanan berliku. Tidak sukar untuk mendapatkan pantai ini karena telah dilengkapi isyarat yang mencukupi.

Ketika Anda memakai kendaraan eksklusif, ikuti setiap instruksi Google Map. Pastikan Anda berkendara dengan hati-hati. Medan menuju pantai termasuk berbahaya, banyak tebing dan jurang. Jam operasional lazimnya berlangsung dari pukul 08.00 sampai 19.00 WIB, namun mampu berubah menyesuaikan kepadatan pengunjung.

Setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenai biaya pelengkap Rp 10.000. Tarif yang relatif murah mengenang banyak keistimewaan yang menanti Anda di sini.

Jika Anda di saat-waktu kekurangan duit, tidak perlu khawatir alasannya adalah di sekitar pantai telah ditawarkan sejumlah mesin ATM. Intinya, seluruh kebutuhan pengunjung bisa diakomodir. Bahkan, duduk perkara alas duduk seperti tikar bisa Anda sewa seharga Rp 15.000 – Rp 20.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Carolina

Kegiatan Menarik Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps Kaprinata Eka

1. Piknik dan Berkemah

Melihat keadaan lingkungan dan tanah di Pantai Carolina, tidak ada ruginya Anda mencoba untuk piknik. Pepohonan yang tumbuh di area lapang membuat kesan teduh. Telah ditawarkan penyewaan tikar oleh penduduk lokal.

Hanya saja, jika ingin berhemat, alangkah baiknya Anda menyiapkan segala keperluan semenjak dari rumah. Kegiatan seperti ini lebih cocok dikerjakan bersama keluarga. Manfaatkan waktu final pekan untuk memperbesar quality time.

Selain itu, bagi Anda yang punya waktu luang, disarankan semoga sekalian menjalani perkemahan. Tidak susah membangun tenda di sini karena tanahnya rata. Ketika malam datang, lakukan acara seru lainnya mirip bakar-bakar ikan dan jagung.

Anda pun berkesempatan menyaksikan sunrise dan sunset selagi menginap di Pantai Carolina. Matahari akan muncul perlahan dari balik perbukitan, lantas karam di antara kepungan maritim. Semilir angin turut serta memanjakan Anda.

2. Mengunjungi Pulau-Pulau Kecil di Sekitar Pantai

Sejumlah pulau kecil nan eksotis berada tidak jauh dari pantai. Anda bisa mengunjungi spot-spot tersebut dengan menumpang boat yang disewakan penduduk. Referensi kegiatan yang mempesona untuk dilaksanakan berupa snorkeling. Keunggulan yang dimiliki pulau-pulau ini adalah pemandangan bawah lautnya.

Selain itu, diving pun patut Anda jajal. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menikmati keindahan Pantai Carolina dan sekitarnya. Hanya saja, belum ada kemudahan lazim untuk penyewaan alat-alat yang berhubungan . Oleh sebab itu, Anda mesti menyiapkannya sendiri.

3. Bermain Ayunan

Kegiatan Menarik di Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps fiqar tamin

Ayunannya berupa kepingan kayu yang digantungkan pada ranting pohon memakai tali tambang. Tidak perlu khawatir, sudah banyak orang yang mencobanya. Dengan kata lain, cukup aman untuk digunakan khususnya oleh anak kecil.

Jangan lupa siapkan makanan ringan supaya semakin lezat. Sembari berayun, Anda bisa memandang kemudian-lalang hadirin lain. Posisi ayunan tersebut cukup jauh dari bibir pantai. Anda tidak akan terkena cipratan air. Kegiatan demikian disarankan bagi Anda yang enggan berair-basahan.

4. Membuat Video Dokumenter

Video dokumenter seharusnya dimulai semenjak Anda berangkat dari kawasan bermalam. Pasalnya, panorama di sepanjang perjalanan menuju Pantai Carolina layak untuk diabadikan. Meski medannya berliku dan sedikit ekstrem, namun Anda akan kondusif selama berhati-hati.

Pastikan Anda telah menentukan desain video sebelum mulai merekam. Hasil karya tersebut mampu dibagikan lewat saluran media sosial. Selain menolong penawaran spesial pariwisata, juga selaku bahan untuk mempercantik tampilan akun Anda.

5. Memancing

Satu lagi acara seru yang dihentikan dilewatkan, yakni memancing. Anda mampu memancing di tengah bahari dengan menumpang boat. Jika khawatir dihantam ombak, seharusnya menepi ke pulau sekitar yang lebih sunyi. Tentu, itu akan menjadi kepuasan tersendiri apabila Anda sukses menangkap ikan.

Setelahnya, Anda bisa mengolah hasil pancingan di lokasi destinasi. Namun, Anda pun boleh membawanya pulang. Sebaliknya, jika gagal, tidak butuhterlalu kecewa. Minimal Anda tahu bagaimana keseruan memancing.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Caroline

Penginapan Pantai Caroline
Image Credit: Google Maps Valliani Octavian Mercedes

1. Downtown Homestay

Tarif per malam dipatok seharga Rp240.000. Fasilitasnya berbentukranjang berskala king, akses WiFi sepuasnya, AC, kulkas, kamar mandi, teh atau kopi gratis di lobi, dan masih banyak lagi. Suasana di sini juga aman dengan nuansa klasik.

Alamat penginapan ada di Jalan Kampung Nias II No. 23D, Kelurahan Belakang Pondok. Terpaut sejauh 6,15 kilometer dari Pantai Carolina, penginapan ini juga erat dengan daerah wisata lain seperti Pantai Nirwana.

2. Cavery Beach Hotel

Pihak pengurus memberikan 34 unit kamar dengan pembagian 5 deluxe double room, 6 twin double superior room, 3 double cottage room, serta 10 standart room. Tarif per malam cukup variatif pada kisaran Rp 375.000 – Rp 475.000. Setiap kamar memiliki brankas, televisi, AC, dan kamar mandi lengkap dengan shower.

Tidak hanya itu, Anda pun mampu memilih ruangan conecting door. Disediakan smoking area, ruang keluarga, parkiran luas, WiFi, layanan kamar dan resepsionis stand by 24 jam, restoran, serta parkiran luas. Fasilitas di sini mampu dikatakan sangat lengkap dengan harga yang terjangkau.

3. Losmen Carlos Beach Homestay

Berlokasi di Bungus Selatan, Jalan Padang Painan km 20, penginapan ini terpaut sejauh 800 meter dengan Pantai Caroline. Tarif per malam berkisar Rp 200.000 – Rp 450.000 menyesuaikan tipe kamar. Ada ekonomi, tolok ukur, sampai deluxe.

Halaman depannya cukup luas walau tampaktandus, nyaman diberdayakan selaku area parkir. Fasilitas dan layanan yang ditawarkan berbentukkipas angin, AC, hingga jasa pemandu rekreasi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Carolina Padang

Fasilitas Pantai Carolina Padang
Image Credit: Google Maps Rahmat Irfan Denas

Fasilitas di sini patokan saja, setidaknya bisa menyanggupi kebutuhan dasar hadirin. Sejumlah tempat sampah di titik-titik tertentu, gazebo, ruang ganti, parkiran, kamar mandi, musala, dan warung makan milik penduduk lokal. Tentu, ini tidak terlepas dari tiket masuk yang terbilang murah.

Tidak cuma itu, ada sewa boat kalau Anda kepincut menyambangi pulau di sekitar Pantai Carolina. Disarankan untuk datang bareng rombongan agar mendapatkan penawaran terbaik. Persoalan harga mampu Anda diskusikan dengan pemilik speed boat dengan persyaratan Rp 600.000 – Rp 800.000.

Pantai Carolina mempunyai sejarah yang panjang. Hingga kini, keberadaannya telah menjadi sebuah pujian bagi masyarakat Padang. Apabila Anda berkunjung ke sini, pastikan untuk turut serta menjaga lingkungan dengan tidak meninggalkan sampah sesuka hati.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!