Pantai Air Bagus Padang – Pesona, Acara Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Air Manis salah satu objek rekreasi pantai favorit yang penuh legenda di Kota Padang. Pantai bagus dengan hamparan pasir cokelat keputihan, ombak yang bersahabat dan memiliki pemandangan yang indah.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pesona yang tersaji di seluruh penjuru nusantara tidak hanya didasarkan pada keunikan tempat-daerah tertentu saja yang menampilkan alam ataupun keindahan yang lain. Banyak dongeng-cerita rakyat ataupun epos yang beredar di penduduk Indonesia tercipta alasannya terdapat suatu bukti fisik ataupun komponen dongeng di dalamnya ada secara kasatmata di kehidupan sehari-hari.

Salah satunya yakni Pantai Air Manis di Padang yang ialah latar dari cerita rakyat yang sungguh populer di kelompok anak kecil, yakni Malin Kundang. Oleh alasannya itulah, pantai tersebut mempunyai pesona tersendiri yang menjadi argumentasi mengapa orang-orang berlomba-lomba untuk tiba ke sana.

Selain itu, panorama alam di sana juga tersaji begitu indah membuat siapapun yang tiba menjadi kagum akan keelokannya. Bentangan alam di sana terhiasi oleh hamparan pasir lembut yang berpadu dengan karang-karang di sekitarnya. Tumbuh-tumbuhan di sana juga secara bagus menghiasi kondisi sekitarnya sehingga menciptakan pesonanya kian besar lengan berkuasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Air Manis

Daya Tarik Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps Caesario Kisty

1. Kisah Fenomenal Malin Kundang

Cerita tentang anak durhaka yang tidak menilai ibunya tersebut memang sangat dikenali betul oleh orang-orang Indonesia. Pasalnya, kisah itu sudah dikisahkan dari jaman duduk di kursi SD bahkan juga pendidikan dini. Kisah itu memang menawarkan suatu pembelajaran yang begitu mendalam terutama untuk belum dewasa perihal baktinya kepada orang tua.

Mengapa cerita ini begitu terkait dengan pantai indah di Pulau Sumatra tersebut? Karena batuan karang yang konon merupakan bukti dari kebenaran cerita tersebut terdapat di sana. Pengunjung dapat dengan leluasa melihatnya secara pribadi tatkala berlibur ke salah satu destinasi unggulan di daerah Padang tersebut.

Pada bab karang-karang yang terdapat di sekitar Pantai Air Manis, terdapat salah satu batuan yang berupa begitu mirip seperti seorang insan yang menyatu dengan watu. Nampak seorang laki-laki seolah sedang memohon namun sudah berganti mengeras menjadi batu. Spot itulah yang kadang kala menjadi objek yang diserbu oleh para pelancong yang datang.

Tidak jarang orang-orang rela untuk jauh-jauh tiba dari berbagai penjuru kawasan yang ada di Indonesia, hanya untuk menengok batuan karang tersebut. Selain itu, ternyata beberapa turis luar negeri juga tertarik alasannya sebelumnya juga sudah mendengar dan mengetahui dongeng tersebut. Tak dibantah memang keberadaannya menarik minat banyak orang untuk mengunjungi objek itu.

2. Hamparan Pasir Nan Indah

Ini ialah salah satu pemikat pengunjung untuk datang berwisata di Pantai Air Manis. Pasir pantai yang terhampar di sana berwarna coklat muda. Pada beberapa ketika, nampak pasir tersebut seolah menjadi lebih cerah sehingga nyaris seperti putih yang tercampur sedikit coklat. Teksturnya lembut akan membuat kaki yang menapakinya secara langsung menjadi tenteram.

Hal tersebut membuat banyak orang betah untuk berlama-lama di sana. Tak dibantah memang pasir di sana bisa mempengaruhi pelancong untuk betah berekreasi di sana. Bermacam hal juga bisa dilakukan dengan bentang alam itu. Suasana bertambah seru tatkala air maritim menyiram berair seluruh permukaannya.

3. Ombak yang Bersahabat

Air laut di sana menampar bibir pantai dengan cukup deras. Hal ini membuat ombak di objek wisata tersebut menjadi dapat dipakai untuk melakukan berbagai hal mirip selancar. Suara ombak yang terhembus kencang tersebut juga membuat kondisi di sana menjadi lebih asik dan seru. Tetapi, tidak perlu risau alasannya ombak yang ada di pantai itu tergolong aman dan tidak berbahaya bagi turis.

4. Suasana Terbenamnya Matahari

Daya Tarik Dimiliki Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps Fauzi ST

Momen ketika sang surya sedang tergelincir memang menjadi salah satu waktu yang ditunggu-tunggu para wisatawan yang datang ke sana. Peristiwa alam sehari-hari tersebut akan menciptakan penampakan di sana menjadi hebat indahnya. Hal ini akan membuat kagum penduduk yang sedang berlibur menghabiskan waktunya.

Bentuk pantainya yang landai menciptakan turis yang datang mampu melihat dengan terang dan leluasa matahari. Sang surya sedang memancarkan semburat cahaya ke seluruh penjuru langit sehingga berwarna seperti kuning jingga agak kemerah-merahan.

Dengan situasi tersebut, pengunjung bisa dengan bebas hadir untuk menikmati waktu yang sedang berjalan. Terdapat banyak daerah seperti pondok untuk kawasan beristirahat dan juga santai sejenak semua wisatawan yang hadir.

5. Pulau Pisang Ketek

Pada tepat bab seberang Pantai Air Manis, ada suatu daratan kecil yang ditumbuhi oleh aneka macam vegetasi alam sehingga menjadikannya berwarna hijau. Pulau mini itu terpaut setengah kilometer dari bibir pantai.

Untuk menjangkaunya, pengunjung tidak perlu tunjangan alat ataupun moda angkutanair. Wisatawan mampu secara langsung mengunjunginya dengan berlangsung kaki menyusuri lautan yang dangkal. Akan namun, pada malam hari terjadi pasang air laut sehingga mesti menggunakan bahtera kalau hendak singgah ke pulau dengan sebutan pisang kecil tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis

Aktivitas Menarik di Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps euis widianti

Pantai tersebut berada di bab barat pesisir tanah Andalas, tepatnya di Provinsi Sumatra Barat. Keberadaannya bila dari jantung Ibukota provinsi tersebut yakni berjarak kurang lebih sepuluh kilometer. Destinasi rekreasi tersebut ada di bab belakang suatu gunung yang berjulukan sama mirip kotanya.

Karena tempat tersebut tidak terlalu jauh dari keramaian Kota Padang, maka tidak perlu repot-repot ketika hendak menjangkaunya. Pengunjung yang mau ke sana mampu menggunakan kendaraan eksklusif ataupun dengan menyewa kendaraan beroda empat ataupun bus. Selain itu, ada juga transportasi publik yang menyediakan rute menuju ke sana.

Pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan dengan jalur Lubuk Buaya sampai Pasar Raya. Setelah itu, melanjutkan sampai melalui tempat atas kota. Untuk melewatinya, maka perlu melewati salah satu jalan raya yang ada di sana, adalah Teluk Bayur. Setibanya di persimpangan, maka tinggal lurus untuk hingga di lokasi Pantai Air Manis.

Jika ingin mengunjungi pantai yang ada di kawasan Sumatra bab utara tersebut, maka tidak butuhmengeluarkan biaya apapun. Pihak pengurus ataupun otoritas lokal memang tidak mematok harga khusus untuk mampu dengan bebas menikmati waktu dan daerah di sana. Akan tetapi, hanya beberapa biaya aksesori yang perlu dibayarkan.

Diantaranya yaitu tarif parkir untuk kendaraan pribadi di sana. Jika menggunakan motor atau kendaraan roda dua, maka biaya yang wajib untuk dibayarkan yakni sebesar Rp 2.000 saja. sedangkan kalau hendak memakai kendaraan roda empat yang kecil mirip halnya mobil, maka pemerintah mengeluarkan uang Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Air Manis

Aktivitas Menarik di Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps Marsanto Hary

1. Berjalan Menyusuri Pantai

Dengan bentuknya yang melandai dan mempunyai pasir pantai yang cukup lembut, destinasi wisata Pantai Air Manis cukup cocok menjadi salah satu daerah untuk menjernihkan ulang pikiran. Pengunjung bisa berjalan menelusuri setiap detail area-area di sana.

Hal ini menjadi salah satu hal yang mampu saja dijalankan oleh siapapun yang datang ke sana. Pasalnya, dengan garis pantai yang memanjang, kawasan ini prospektif untuk dirasakan bagi mereka yang menggemari sebuah petualangan.

2. Berfoto Mengabadikan Momen

Memotret pemandangan sekitar merupakan salah satu hal yang mesti dilaksanakan di sana. Banyak hal bisa menjadi latar belakang yang pas untuk foto yang diambil. Selain itu, beberapa diantaranya juga ialah objek yang sesuai untuk mendukung potret gambar yang akan diambil.

Tidak hanya memperlihatkan panorama yang luar biasa indahnya, di sana juga terdapat suatu batuan karang yang membentuk seperti seseorang yang sedang menyembah. Ya, itulah patung yang dipercaya ialah bukti dari cerita Malin Kundang. Ini ialah salah satu objek yang cocok untuk mendukung hasil jepretan kamera manakala berkunjung ke sana.

Pada sisi keindahan alamnya, pantai ini juga menunjukkan pesonanya yang tak kalah apiknya dengan tempat-kawasan yang lain. Pemandangan alam mampu menjadi latar belakang yang pas bagi turis yang akan berfoto mengabadikan momen di daerah tersebut.

3. Bermain ATV

Terdapat penyewaan salah satu kendaraan wisata yang seru ini di Pantai Air Manis. Tarif untuk menikmati ATV di sana yakni berkisar kurang lebih Rp 100.000 untuk setiap jamnya. Hal ini akan sangat mendukung bagi semua orang yang hendak menjelajahi area rekreasi tersebut dengan sesuatu yang berlawanan.

4. Menikmati Terbit dan Terbenamnya Sang Mentari

Objek wisata pantai memang selalu memperlihatkan keanggunan matahari ketika sedang proses persiapan untuk mulai menyoroti bumi, sampai akan final melakukannya. Tak terkecuali di pantai tersebut. Di sana pengunjung bisa menikmati fenomena saat matahari hendak timbul untuk menyinari seluruh permukaan bumi. Fenomena alam tersebut bisa dilihat pada pagi hari.

Keadaan alamnya yang terbuka memang menciptakan hal ini tidaklah sesuatu yang sulit terjadi. Oleh karena itu, pengunjung perlu melakukan antisipasi apalagi dahulu semoga mampu menikmati insiden ini. Namun, alternatif lain yang kerap kali menjadi favorit pelancong yaitu ketika matahari tenggelam. Hal tersebut akan memperlihatkan semburat cahaya indah yang menghiasi cakrawala.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Air Manis

Mercure Padang
Image Credit: Twitter Salika Travel

1. Air Manis Hillside Bungalow

Berada tidak jauh dari lokasi rekreasi tersebut, penginapan ini mampu disewa dengan biaya kurang dari Rp 400.000. Tamu yang datang pun juga mendapatkan bermacam-macam fasilitas mirip kedai makanan, wifi, serta lahan parkir yang cukup.

2. Budget Hotel By The Harbour

Bertempat di lokasi yang cukup bersahabat dengan pantai, harga yang disediakan tidak berbeda jauh dari penginapan sebelumnya. Tamu yang mau menginap juga mampu mencicipi fasilitas seperti AC, wifi, daerah parkir dan lain sebagainya.

3. Mercure Padang

Penginapan ini terpaut lebih dari lima kilometer dari lokasi wisata. Tempat kelas menengah tersebut akan memberikan aneka macam fasilitas terhadap tamu yang ingin menginap. Diantaranya yaitu kolam renang, jaringan wifi, restoran, dan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Air Manis Padang

Fasilitas Pantai Air Manis Padang
Image Credit: Google Maps SA

Melakukan kunjungan di sana untuk menghabiskan waktu liburan tidaklah sesuatu yang akan membuat rugi wisatawan. Terdapat berbagai kemudahan yang bisa dirasakan oleh turis. Beberapa diantaranya yakni bilik-bilik toilet, daerah untuk beristirahat, tempat pantai untuk bermain-main, serta lain sebagainya.

Pantai Air Manis yang penuhakan nilai budaya ini memang menjadi salah satu ikon Kota Padang. Lebih dari itu, ini juga menjadi representasi akan nilai yang dianut dalam masyarakat melayu dan meluas menjadi seluruh kawasan di nusantara. Melakukan piknik di sana akan menciptakan suatu pengalaman tak terlupakan alasannya keindahan alam serta patung Malin Kundang yang berada di salah satu sisinya.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!